03 April 2021

Betapa Pentingnya Belajar Investasi

 

 

Artikel ini akan membahas mengenai betapa pentingnya belajar investasi. Dalam hal ini, tidak ada kata terlambat, karena apapun itu yang berkaitan dengan belajar, kata terlambat tidak ada pada kamusnya.

Kata ‘Investasi’ sendiri pasti sudah banyak diketahui oleh banyak orang baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Namun, apakah kamu sudah tahu seluk-beluk dari kegiatan ini? Nah, mempelajari seluk-beluk dari kegiatan investasi inilah yang sangatlah penting untuk dilakukan.

Apalagi, saat ini sudah semakin banyak jenis investasi yang tersedia di Indonesia maupun di seluruh dunia. Selain itu, pemerintah juga memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia melalui berbagai macam perusahaan untuk memulai investasi. Tren dari investasi online juga membuat kegiatan investasi semakin diminati oleh banyak orang dari berbagai kalangan yang beragam. Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai belajar tentang kegiatan investasi.

 

Alasan pentingnya belajar investasi

 

Menurut https://investbro.id/, Investasi adalah salah satu cara terbaik untuk membuat kondisi finansial atau keuangan masa depan manusia untuk lebih baik lagi. Maka dari itu, belajar investasi termasuk pembelajaran yang sangat penting untuk dilakukan apalagi di jaman yang semakin canggih seperti sekarang ini.

Memulai investasi sejak dini akan membuatmu semakin mendapat keuntungan yang akan bisa kamu manfaatkan untuk kehidupan di masa depanmu. Jadi tunggu apa lagi segera belajar investasi mulai hari ini.

Kalau kamu masih ragu dengan pernyataan di atas, kamu bisa menyimak beberapa alasan yang ada di bawah ini yang kemungkinan besar dapat membuatmu semakin yakin untuk belajar investasi. Berikut alasan-alasannya:

1.      Dapat mengontrol investasi

Dengan mempelajari ilmu investasi lebih luas lagi, kamu juga akan bisa belajar mengontrol diri sehingga bisa menyisihkan pemasukan untuk digunakan investasi. Dan kegiatan penyisihan pemasukan ini akan memberikan dampak yang sangat positif bagi keuanganmu dalam jangka waktu yang panjang.

2.      Mencapai kebebasan finansial

Kamu berkeinginan untuk mencapai kebebasan finansial secepat mungkin? Jika iya, maka belajar investasi merupakan solusi yang paling tepat untuk kamu lakukan. Sebab, dengan belajar investasi dan memulai investasi itu sendiri akan semakin mendekatkanmu pada pencapaian kebebasan finansial yang kamu idam-idamkan bahkan sebelum usia tua.

3.      Memahami perekonomian Indonesia

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia perekonomian Indonesia juga bisa kamu dapatkan dari kegiatan belajar investasi. Dengan mengetahui dunia perekonomian Indonesia secara jelas, maka kamu tidak akan lagi menyalahkan salah satu pihak secara sepihak dan tanpa bukti yang jelas. Selain itu, dengan memahami perekonomian Indonesia kamu juga bisa dikatakan turut berkontribusi pada kemajuan ekonomi Indonesia. Jadi, mengapa tidak mulai berkontribusi meskipun dengan langkah perlahan?

4.      Belajar menanggung resiko

Dengan belajar investasi, kamu juga jadi bisa belajar menanggung resiko, karena tidak ada investasi yang tidak dilengkapi dengan sebuah resiko. Kenapa yang dibahas disini adalah belajar menanggung resiko dan bukan belajar menghadapi sebuah keuntungan? Karena, menanggung resiko akan lebih susah untuk dilakukan sehingga tidak cukup banyak orang yang mampu melewatinya. Selain itu, belajar investasi juga akan membuatmu belajar untuk mengelola kerugian dengan bijak.

5.      Mengurangi sifat konsumtif

Sifat konsumtif yang berlebihan tidak akan membawa keuntungan bagi siapa pun. Jadi, belajar investasi sangat cocok bagi kamu-kamu yang masih suka menghambur-hamburkan uang secara sembarangan, contohnya saja membeli barang-barang yang semestinya tidak terlalu dibutuhkan sehingga hanya bisa didiamkan di rumah sampai berdebu atau bahkan rusak.

Dengan belajar investasi dan memulai investasi, maka kamu bisa memanfaatkan uangmu dengan lebih baik lagi. Apalagi, investasi juga akan menguntungkan kehidupan finansialmu di masa depan, jadi tentu kegiatan ini jauh lebih baik dibandingkan menghambur-hamburkan uang untuk belanja barang yang tidak terlalu penting.

 

3 hal supaya anak paham investasi sejak dini

 

Meskipun tidak ada kata terlambat dalam belajar investasi, akan tetapi lebih baik jika melakukannya sedini mungkin. Jadi, bagi kamu-kamu yang sudah memiliki anak yang berusia sekitar 5-7 tahun, kamu bisa mulai mencoba memberikan ilmu investasi dengan perkataan yang sesuai dengan usia mereka.

Berikut adalah beberapa poin yang bisa kamu coba lakukan supaya si buah hati dapat mempelajari konsep investasi secara mudah:

1.      Ajarkan konsep anggaran

Penentuan anggaran keuangan adalah dasar dari pengelolaan keuangan. Jadi, langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk membuat buah hatimu mengetahui dunia investasi adalah mengajari konsep anggaran. Caranya, kamu hanya perlu menyuruhnya untuk menyisihkan beberapa uang sakunya di satu tabungan saja dan sediakan beberapa tabungan berbeda yang sesuai dengan anggaran yang diinginkan.

Jika sang buah hati masih merasa belum paham, kamu bisa menjelaskannya lagi dengan menggunakan bahasa anak-anak yang mudah dipahami oleh anak-anak seumurannya.

2.      Ajarkan konsep money makes money

Meskipun mungkin terlihat susah, tapi alangkah baiknya jika hal ini dilakukan sejak dini supaya sang buah hati akan semakin terbiasa dengan pola pikir seperti ini. Melakukan kebiasaan untuk menyisihkan uang sakunya pada tabungan akan membuat sang buah hati memiliki pola pikir money makes money secara alami. Jadi, kamu hanya perlu membiasakan anakmu untuk menyisihkan uang sakunya ke tabungannya berapa pun nominalnya dan mencoba membantunya untuk menanamkan pola pikir seperti ini sejak dini.

3.      Gunakan bahasa yang sederhana

Yang paling penting adalah kamu perlu menggunakan bahasa yang tidak rumit atau sederhana untuk menjelaskan tentang kegiatan investasi kepada sang buah hati. Karena anak-anak masih belum paham betul dengan bahasa-bahasa yang sering digunakan oleh orang dewasa, jadi lebih baik kamu menggunakan bahasa yang sesuai dengan umurnya dan gunakan perumpamaan yang sesuai dengan umurnya juga.

 

Bagaimana? Jadi tertarik untuk belajar investasi bukan? Apalagi di jaman sekarang ini pentingnya belajar investasi semakin terlihat secara jelas. Jangan terlalu menganggap penting umur, karena tidak ada kata terlambat untuk belajar apapun itu.

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.