30 Dec 2017

Mencintai Anak dengan Memahami Kepribadiannya

Saya baru memahami cinta tulus seorang ibu sejak menjadi orang tua pertama kali. Saat pertama kali mendengar detak jantung bayi dalam perut, perasaan tulus-setulusnya kepada seseorang yang belum pernah saya rasakan itu muncul. Lalu saat proses melahirkan anak pertama, disitulah saya semakin memahami bagaimana perasaan cinta kasih yang sangat tulus ibu kepada anaknya. Semakin hari cinta itu kian bertambah. Saya pun semakin sayang kepada kedua orang tua saya terutama ibu.



Namun seiring bertambahnya usia sang anak, terkadang saya pun tidak mengerti kenapa anak bertingkah seperti ini atau seperti itu. Adakalanya saya bingung bagaimana menghadapi anekdot anak yang setiap hari bisa berubah. Tingkah laku anak yang lucu dan menggemaskan membuat hari-hari saya lebih bahagia. Namun adakalanya saya stress dibuatnya. Disitulah saya menyadari bahwa menjadi orang tua itu adalah sekolah seumur hidup. Tempat belajar tak terbatas. Bertindak sebagai gurunya adalah anak-anak sendiri dan lingkungan. Mereka mengajarkan saya banyak hal, kesabaran, kelembutan, ketegasan, dan banyak hal lain. 

Saya yang menyadari bahwa memberikan kasih sayang ke anak itu tidak sembarangan, saya pun senantiasa mencari ilmunya. Walaupun kata orang "Menjadi orang tua itu nggak ada sekolahnya" namun kita kan bisa belajar dari pengalaman dan menimba ilmu dari orang lain yang lebih berpengalaman. Saya sering mendatangi seminar-seminar parenting, menambah pengetahuan dengan membaca dari internet soal parenting, dan lain sebagainya. Pun setiap cerita dari orang tua lainnya bisa saya ambil hikmahnya.

Meskipun saya menyerap berbagai hal soal teori-teori parenting dari orang tua-orang tua berpengalaman, namun saya tidak serta merta menerapkan gaya parenting orang lain terhadap anak-anak saya. Tidak ada formula khusus yang tepat karena setiap kondisi dan keadaan keluarga itu berbeda-beda.

Setiap Anak itu Unik

Bunda-Ayah, perlu kita pahami bersama bahwa anak-anak itu adalah individu. Mereka mempunyai karakter dan kepribadian masing-masing. Disitulah saya harus memahami bahwa anak-anak saya ini karakternya tidak sama. Iya, kedua anak saya, Dhia dan Akram, mempunyai dua kepribadian yang jauh berbeda bahkan cenderung bertolak belakang. Sedari mereka kecil, saya selalu melakukan observasi dengan anekdot (tingkah laku) mereka. Sehingga ketika usianya bertambah saya sudah memahami karakter mereka dan bagaimana menghadapi keduanya. Biasanya anak usia 4-5 tahun sudah menunjukkan kepribadiannya.

sumber gambar : pinterest.com

Kedua anak saya ini berbeda kebiasaan, berbeda barang kesukaan, beda hobi, beda reaksi, pokoknya lebih banyak perbedaannya dari pada kesamaannya. Maka dari itu, saya dalam menghadapi mereka juga tidak sama. Yang satu sedikit pendiam dan cenderung menikmati kesendirian atau biasa kita kenal dengan introvert, sedangkan satu lagi cerewet dan mudah bergaul atau yang biasa kita kenal dengan ekstrovert.

Saya juga semakin mengenali mereka. bagaimana mereka ingin dicintai, bagaimana bahasa tubuh mereka jika ingin dimanja, dan sebagainya. Disinilah kepekaan saya sebagai orang tua sangat diperlukan. Karena walaupun kata kita, kita sudah mencintai anak sangat besar, belum tentu anak berfikir demikian karena tindakan kita tidak sama dengan persepsi mereka tentang cinta.

Bagaimana Cara Mengenali Karakter Anak?

Mengapa saya perlu membahas tentang kepribadian dalam mencintai anak? Karena kepribadian adalah bagian dari manusia yang sangat unik dan memiliki kecenderungan yang besar untuk merespon segala sesuatu. Kepribadian inilah yang menjadi dasar dari pembentukan karakter seorang anak. Dengan memahami kepribadian anak berarti saya telah menyingkat waktu untuk menebak-nebak, berusaha mengerti dan memahami anak. Saya bisa jauh lebih mudah untuk memahami seseorang anak dengan memperhatikan tipologi kepribadiannya.

Sebelum menikah, Alhamdulillah, saya pernah belajar di Personality School. Setelah menikah, saya sudah memahami karakter/kepribadian saya sendiri sehingga lebih mudah untuk memahami kepribadian orang lain termasuk kepribadian suami dan anak-anak saya. Kalau yang belum pernah mempelajari kepribadian, gimana? Banyak, kok, informasi baik dari internet dan buku-buku jika kita memang mau belajar. Ada satu buku yang bagus untuk memahami diri sendiri dan orang lain yaitu Personality Plus dan Personality Plus for Parents, dan sebagainya. Biasanya tersedia di toko buku.

Kepribadian setiap anak itu berbeda beda. Seperti yang saya ceritakan di atas, kedua anak saya mempunyai kepribadian yang sangat berbeda. Dhia cenderung Plegmatis bercampur Melankolis sedangkan Akram cenderung Sanguinins bercampur Koleris. Tetapi perbedaan malah membuatnya menjadi harmonis. Mereka berdua bisa saling melengkapi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. 



Secara umum type kepribadian yang dikenal ada 4. Ini banyak dipakai oleh family terapis, oleh para HRD ataupun praktisi-praktisi di sumber daya manusia untuk menganalisa kepribadian seseorang. Kepribadian ini membagi manusia menjadi empat golongan besar yaitu korelis, sanguinis, plegmatis dan melankolis.

1. Koleris
Pemimpin yang dilahirkan secara alamiah begitulah koleris. Mewakili tipe kepribadian yang tegas dan kemudian cenderung untuk memimpin. Ciri-cirinya, anaknya To The Point, dia ingin segala sesuatunya cepat dan dilakukan saat itu juga, dia tidak bertele-tele. Pernah menemui anak yang ceplas ceplos atau keinginannya harus selalu terpenuhi? dialah anak koleris. Tetapi pada titik ekstrimnya, anak koleris menjadi terlalu dominan dan terlalu mengatur, terlalu mengontrol, misalnya saat bermain dengan teman-temannya, si anak koleris ini pengennya mengatur temannya harus begini dan begitu, jika temannya tidak nurut dia akan marah. Ini bisa membuat temannya tidak tahan. Dia ingin segala sesuatunya dilakukan dengan sangat cepat, namun anak koleris bisa lupa detail-detail tentang hal penting yang harus dilakukan. Inilah tipe kepribadian koleris yang sejati.

Seorang anak yang koleris, biasanya memiliki motivasi yang kuat dari dalam, istilahnya “ku tahu yang ku mau”. Terus saat memakai baju, biasanya tidak mau ribet. Jika ingin mengarahkan mereka, sebaiknya tunjukan keuntungan bagi anak. Misalnya, "jika mau tidur lebih awal, besok bisa berangkat jalan-jalan lebih pagi". Atau "jika mau mau menabung, nanti bisa punya banyak uang dan bisa membeli mainan yang sedang kamu incar".

Namun yang perlu kita ketahui, kepribadian ini tidak ada yang 100% koleris, sanguinis, melankolis atau plegmatis. Dari 4 kepribadian ini selalu ada komponen dari kepribadian lainnya. Mana yang cenderung dominan, itu yang akan membentuk karakter/kepribadian si anak.

2. Sanguin/Sanguinis
Sanguin itu orangnya cerah, ceria, heboh sekali dan jika memakai pakaian pakaian biasanya berwarna cerah meriah (bisa juga dengan banyak sekali aksesoris). Sanguin adalah orang yang senang menjadi pusat perhatian. Jika kita melihat sekumpulan anak sedang bermain, lalu ada satu anak yang dikelilingi anak lain, dia bercerita, lalu semua terhibur dan tertawa, maka anak yang bercerita itulah seorang sanguinis. Ia menjadi pusat perhatian. Biasanya anak sanguin suaranya keras, bahkan kita bisa mendengar suaranya saat belum melihat anaknya.

Anak sanguin akan berjalan dengan gayanya yang ceria dan akan menoleh ke kanan kiri. Ia suka melempar banyak senyum kepada anak-anak dan orang-orang di sekitarnya. Anak ini sangat senang sekali bermain dan berkumpul dengan banyak teman-temannya. Senang dengan aktivitas outdoor atau kebersamaan yang menyenangkan.



Tipe koleris dan tipe sanguin adalah tipe yang Ekstrovert, tipe yang terbuka kepada orang. Anak sanguin bisa cerita tentang banyak hal kepada orang lain dan kemudian bisa dengan mudah melupakannya. Anak sanguin begitu mudah minta maaf. Akram termasuk tipe ini karena dia mudah sekali bergaul dengan orang. Supel. Dan mudah sekali minta maaf. Sedangkan anak koleris tidak akan melakukannya, dia akan gengsi untuk minta maaf kepada kita.

3. Melankolis
Melankolis adalah orang yang rapi. Biasanya tulisannya rapi, rajin, dan lengkap. Dia akan memiliki gaya dandan yang rapi. Semuanya rapi seperti diatur pada tempatnya. Orang melankolis suka warna warna yang memiliki perpaduan yang cocok. Jadi dia tidak akan sembarangan, difikirkan betul-betul dan mempertimbangkan segala sesuatunya. Misalkan, dia tidak akan mungkin memakai bawahan yang berwarna kuning lalu atasnya berwarna hijau cerah. Dia akan memikirkan betul-betul sebelum bertindak, itulah orang melankolis.

Anak melankolis, jika memendam sesuatu bisa dipendam sangat lama, ngambeknya bisa sangat lama sekali, tetapi anak melankolis sangat detail, suka barang-barang ataupun benda yang kecil-kecil. Seperti Dhia, suka sekali dengan mainan bentuknya kecil-kecil. Ia begitu ahli di dalam perencanaan. Seperti Dhia itu, kalau besok pagi mau bepergian, pada malam harinya Dhia akan menyiapkan baju apa yang akan ia pakai besok, mainan apa dan makanan apa yang akan ia bawa. 

Anak melankolis sangat suka “mengontrol” semuanya sendiri. Terkadang menentukan pakaian yang akan dipakainya, makan apa siang ini, dan sebagainya. Mereka terkadang suka mengingatkan kita. Tipe Dhia banget, contohnya ia seringkali mengingatkan jika keluar kamar lampu dimatikan, jika ibu capek ya istirahat, ibu hati-hati saat berkendara jangan terlalu cepat, dan sebagainya.

4. Plegmatis
Plegmatis adalah kepribadian yang suka melakukan segala sesuatu berdasarkan urutan yang telah diberikan, jika memang sudah begini ya begini, pokoknya mengikuti saja apa yang sudah ada. Itulah plegmatis, tipe pengikut yang setia. Anak Plegmatis bisa tahan duduk berjam-jam melakukan sesuatu. Melakukan hal yang sama selama berhari-hari, berminggu-minggu dan berbulan-bulan dimana itu tidak mungkin bisa dilakukan oleh seorang yang koleris ataupun seorang sanguin. Mereka tidak akan tahan duduk berjam-jam melakukan satu hal yang sama berulang-ulang kali.Anak plegmatis sangat mudah diatur dan mereka sangat toleran.

Saya punya anak plegmatis, saat saya bilang “Dhia sekarang makan ya”, “Ya” kalau saya sibuk, saya bisa berkata “Dhia, sekarang ummi lagi sibuk, nanti aja makannya ya”, “Iya” . Anak-anak plegmatis tidak akan banyak menuntut. Berbeda dengan anak koleris “Akram, makannya nanti ya”, “Tidak! Aku maunya sekarang. Ini lihat perutnya udah kecil. Nanti Akram bisa kurus.”. 

Anak plegmatis biasanya cenderung diam dan mengalah. Mereka sering menghindari konflik dan sering merelakan peralatan tulisnya untuk dipinjam walaupun tidak dikembalikan dan tak jarang raib karena anak ini merasa “tidak enak” untuk meminta alat tulis yang dipinjem temannya. Dhia banget ini. Tiap minggu pasti ganti penghapus dan pengserut baru.

Sekarang kita sudah mengetahui tipologi kepribadian anak. Kita jadi bisa menyesuaikan bagaimana kita akan bereaksi terhadap masing-masing anak. Tidak bisa disamakan kecuali kepribadian anak satu dan lainnya mirip. Ketika anaknya kepribadiannya bertolak belakang, ya cara saya menghadapinya juga berbeda. Disinilah pentingnya kita mengenal kepribadian anak. Kepribadian adalah dasar dari pembentukan karakter bagaimana anak bereaksi dan bertindak. Disinilah kita dapat menerapkan pola asuh mana yang cocok untuk buah hati kita.



Mana diantara keempat kepribadian itu yang paling baik? Yang perlu dimengerti, bahwa tidak ada satupun tipologi kepribadian ini yang lebih baik daripada lainnya. Artinya kita semua mempunyai kadar dari keempat tipologi kepribadian ini. Di dalam diri kita ada unsur koleris, ada unsur sanguinis, ada unsur melankolis dan ada unsur plegmatisnya. Hanya saja di bagian manakah kita atau anak kita dominan dan itulah yang membentuk kita, itu yang membedakan kita dari yang lainnya. Tidak ada satu orangpun yang memiliki komposisi yang sama. 

Kita juga perlu memahami bagaimana persepsi anak tentang kasih sayang. Ada anak yang menganggap orang tuanya tidak sayang karena tidak pernah mengatakan "Nak, Ayah/Ibu sangat menyayangimu.". Ada juga anak yang tiap hari orang tuanya bilang sayang namun ternyata anak tidak merasa disayangi, karena dalam persepsi anak, sayang itu bukan cuma berkata sayang namun juga harus dibelai atau menggunakan sentuhan (dibelai rambutnya atau dielus punggungnya, misal). Ada juga anak yang sudah merasa disayang hanya dengan melihat perjuangan orang tuanya tanpa perlu orang tua secara lisan berkata sayang. 


Memahami Tingkah Laku Anak Saat Sakit



Seperti reaksi sikap sehari-hari, begitu juga saat anak sakit. Mereka sama-sama butuh perhatian lebih. Butuh waktu ditemani lebih dari biasanya. Butuh lebih banyak belaian. Tidak beda jauh dalam tingkah laku sehari-hari, Dhia dan Akram saat sakit juga memiliki kebiasaan yang berbeda satu sama lain. Dhia lebih banyak diam sedangkan Akram biasanya akan banyak menyuarakan apa yang dirasakannya. Kalau Dhia harus ditanya dulu apa yang ia rasakan atau saya yang bertanya misalnya apakah perutnya sakit, apa kakinya sakit, mau dipijitin, pengin makan apa dan sebagainya. Ketika sakit dan ingin dipijit, Dhia lebih banyak menggunakan bahasa isyarat sedangkan Akram akan langsung bilang "ingin dipijit, ingin makan bubur, ingin dielus-elus kepalanya" dan sebagainya. Lagi-lagi, sebagai orang tuanya harus peka saat seperti ini.

Ketika anak sakit, pastilah saya sebagai ibunya akan merasa sedih sekali. Dulu sekali, menghadapi anak sakit sempat panik dan merasa bersalah banget. Namun semakin hari saya belajar bagaimana menangani anak sakit terutama saat demam. Disini ada persamaan yang akan saya lakukan (yang tidak menyesuaikan dengan kepribadian mereka) dalam menangani demam anak, diantaranya :

    sumber gambar : OneThousandSmile
  • Tidak panik dan tetap jaga stamina tubuh sendiri.
Tidak panik adalah hal pertama kali yang saya lakukan. Bayangkan kalau sudah panik. Dalam keadaan panik, biasanya mengambil tindakan akan terburu-buru. Misalnya, anak demam di malam hari, karena panik langsung dibawa ke rumah sakit. Padahal tidak perlu langsung ke rumah sakit. Demam adalah reaksi tubuh ketika ada kuman menyerang tubuh sehingga tubuh meningkatkan suhunya untuk melawan kuman penyakit. Saya paham betul, saat anak sakit, ibu pun ikut hancur merasa bersalah dan sebagainya. Hal itu wajar saja, saya pun pernah merasa begitu. Namun jangan lama-lama karena saya juga harus memperhatikan kesehatan diri sendiri saat harus mengurus anak-anak yang sakit. Jangan sampai saya ikut-ikutan nge-drop dan ikut sakit. Akan repot urusan.
  • Saat anak deman, kompres dengan menggunakan air hangat untuk menurunkan suhu badan. Kompres bagian ketiak, kening, dan selangkangan. Mengompres dengan air hangat lebih efektif ketimbang menggunakan air dingin. Karena pusat suhu tubuh anak akan menerima pesan bahwa suhu disekitar tubuh sedang hangat sehingga tubuh akan menurnkan suhunya secara otomatis. Segera ganti baju yang telah basah atau lembab.
  • Saat anak demam, perbanyak asupan cairan dan kenakan baju yang tidak terlalu tebal serta tempatkan pada ruangan yang punya sirkulasi udara lancar namun tidak berangin.
  • Saat anak demam jangan lakukan pemijatan karena hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya pecah pada pembuluh darah. Seringkali Dhia dan Akram juga minta dipijat. Untuk alternatif lain, hanya dielus-elus saja pada bagian kaki, perut atau punggung. Atau saya oleskan minyak untuk menghilangkan kembung dan pegal-pegal di badan karena demam bisa jadi pemicunya adalah kecapaian dan masuk angin.
  • Cek suhunya badannya menggunakan termometer, sehingga suhu tubuhnya terpantau dengan akuran. Batasan suhu tubuh dikatakan demam adalah jika diatas 37,5 derajat celcius.

  • Jika suhu tubuh belum juga turun setelah dikompres, apalagi bertambah sampai diatas 38 derajat celcius, berikan obat penurun panas yang mengandung parasetamol.
  • Jika suhu tubuh tetap tinggi ( lebih dari 39 derajat celcius ) meski sudah diberi obat penurun panas dan berlangsung selama lebih dari 2 x 24 jam, segera bawa anak ke dokter.

Sebagai orang tua yang terpenting kita harus jeli dan peka mengamati gejala demam pada anak. Demam yang ringan biasanya hanya berlangsung sebentar saja lalu turun lagi, namun jika demam tinggi berlangsung lebih dari 2 hari jangan ambil resiko. Segera bawa anak ke dokter dan jika perlu minta untuk dilakukan tes darah. Demam tinggi dan lama bisa jadi karena gejala penyakit serius seperti infeksi virus Thypus, Demam Berdarah, Leptospirosis, Meningitis hingga Sepsis. 


Untuk mengatasi demam anak-anak saya, dari dulu saya percayakan pada Tempra dari PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk. yang mengandung Paracetamol. Tempra adalah obat penurun panas yang selalu tersedia di kotak obat di rumah saya maupun saat saya bepergian jauh dengan anak-anak.

Kenapa saya memilih Tempra? Karena Tempra ini aman di lambung anak-anak dan dosisnya sudah tepat yang sudah disesuaikan dengan usia anak jadi tidak usah takut kekurangan atau kelebihan dosis. Tempra cepat menurunkan demam karena mengandung Paracetamol yang dapat menurunkan panas dan juga meredakan nyeri. Paracetamol ini bekerja sebagai antipiretik  pada pusat pengaturan suhu di otak dan analgetik dengan meningkatkan ambang rasa sakit. Oiya, sebelum minum obat biasanya harus dikocok dulu kan? Saya kadang suka lupa kalau obat tertentu harus dikocok dulu sebelum diminum. Kalau Tempra Syrup ini tidak perlu dikocok karena formulanya dia sudah larut 100%. 

Ada tiga jenis Tempra yang diproduksi oleh PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk, yaitu:

1. Tempra Drops (Rasa Anggur)
Tempra Drops dengan rasa anggur dikhususkan untuk anak berusia 0-1 tahun. Cara menggunakan obat ini adalah dengan pipet yang diteteskan langsung pada lidah anak. Dalam setiap 0.8 ml Tempra Drops mengandung 80 mg paracetamol dengan dosis pemakaian:

Dosis: Gunakan sesuai anjuran dokter, bila perlu satu dosis setiap 4 jam, namun tidak lebih dari 5 kali sehari

2. Tempra Syrup (Rasa Anggur)
Ini obat penurun panas yang digunakan Akram (5 tahun) karena dikhususkan bagi anak usia 1 – 6 tahun. Cara penggunaanya yaitu dengan menakar dosis yang dianjurkan pada gelas takar yang tersedia lalu berikan langsung pada anak yang sedang demam. Dalam setiap 5  ml Tempra Syrup mengandung 160 mg paracetamol dengan sosis pemakaian:

Dosis: Gunakan sesuai anjuran dokter, bila perlu satu dosis setiap 4 jam, namun tidak lebih dari 5 kali sehari.

3. Tempra Forte (Rasa Jeruk)
Bagi anak dengan usia 6 tahun ke atas yang sedang demam dapat menggunakan Tempra Forte. Dalam setiap 5 ml Tempra Forte mengandung 250 mg paracetamol. Dosis yang digunakan :

Dosis: Gunakan 3 – 4 kali sehari

Paracetamol dapat menurunkan panas dan meredakan nyeri, selain itu juga membantu meredakan sakit kepala, sakit gigi, demam setelah imunisasi atau atas petunjuk dokter. Perhatikan dosis penggunaanya, jangan sampai berlebihan. Apabila demam masih berlanjut jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Selain Tempra Syrup, perhatian, kasih sayang, belaian, dan kelembutan juga ikut berpengaruh dalam mempercepat penyembuhan. Jadi, curahkan lebih banyak cinta saat ananda sakit agar mereka lekas sembuh dan sehat kembali.

sumber gambar : pinterest

Menjadi orang tua itu universitas kehidupan seumur hidup. Terus belajar dan belajar terus agar kita tidak salah langkah dalam membimbing ananda. Bagi keluarga saya, kesuksesan mendidik anak itu tujuan utama bukanlah anak pintar dan berpendidikan tinggi (namun jika anak pintar itu merupakan bonus). Namun kesuksesan itu jika berhasil mendidik anak dengan penuh cinta dan kasih sayang sebanyak-banyaknya. Sehingga hasilnya adalah anak tidak kekurangan kasih sayang dan anak pun akan menebarkan kasih sayang serupa ke orang-orang di sekitarnya.

Curahkan cinta kepada pasangan dan anak-anak kita lebih banyak, lebih banya waktu berkomunikasi, mendengarkan curhat serta berinteraksi dengan seluruh anggota keluarga. Mencurahkan cinta dan kasih sayang itu bukan menuruti semua yang anak-anak minta. Melainkan kami semua bisa menikmati waktu kebersamaan sambil bercanda ria. Dan yang tak kalah penting adalah mencintai anak dengan penuh kasih sayang menciptakan memori supaya saat kelak mereka tumbuh dewasa , mereka akan selalu punya ikatan emosional yang kuat dengan orang tua. Supaya anak-anak selalu ingat bahwa meskipun saya dan suami sudah tak bersama mereka, mereka tetap merasakan kedekatan dan cinta kami.



Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Tempra.

27 Dec 2017

Meetup Blogger x HIJUP : Tips Keluarga Harmonis dengan Resik V Godokan Sirih


Meetup Blogger x HIJUP : Tips Keluarga Harmonis dengan Resik V Godokan Sirih
Bandung, 14 Desember 2017
Kamis lalu, saya dapat kesempatan ikut #HIJUPevent yaitu Arisan Resik V with HIJUP bersama sekitar 20 teman-teman perempuan berhijab lainnya dari kota Bandung. Acara ini berlangsung Morning Glory Rooftop Hotel Mitra Bandung. Ya ampuun, Morning Glory itu tempatnya kece dan asyik banget buat acara ngumpul-ngumpul kayak arisan ini.

Sebagai pembicaranya adalah Rimma Bawazier ( media social influencer ) dan Yuna Eka Kristina ( Senior PR Manager PT. Kino Indonesia Tbk ).

Rimma Bawazier sebagai media social influencer yang jadwalnya tentu saja padat, membagikan tips kepada kami. Ngomong-ngomong, Rimma Bawazier ini sudah punya suami dan baru saja melahirkan, tapi dilihat dari bodynya masih kayak gadis aja, lho. Langsing dan fresh banget. Sebagai wanita yang sibuk dengan segudang aktivitas pekerjaannya dan urusan rumah tangga, Rimma membagikan tips supaya keluarganya tetap harmonis. Rimma yang baru saja memiliki momongan ini mengatakan dari segudang aktivitasnya, tentu saja yang ia prioritaskan adalah keluarganya (suami dan anaknya). Wanita yang sudah berumah tangga haruslah mengerti apa yang menjadi kebutuhan anak dan tentu saja kebutuhan suaminya.



Suami itu kebutuhannya adalah kepuasan mata, kepuasan perut dan kepuasan urusan ranjang. Makanya, untuk memuaskan kebutuhan matanya, suami harus melihat penampilan istri yang tampil rapi dan wangi setiap saat selama bersama di rumah. Lalu untuk urusan perut, setidaknya istri bisa menyiapkan makanan untuk suami, jika enggak masak setidaknya yang menyiapkan dan menunggui suami makan itu istrinya, imbuhnya.

Untuk urusan satu lagi ini jelas. Istri harus menjaga agar area kewanitaannya terawat, bersih dan tidak berbau. Rimma memberikan tips agar daerah kewanitaan terjaga kebersihannya yaitu menggunakan Resik V  Godogan Sirih.



Dulu katanya, setelah menikah diwajibkan oleh ibunya untuk menggunakan godokan daun sirih sebagai pembersih area kewanitaan. Ini karena daun sirih memiliki banyak kegunaan. #Manfaatdaunsirih dipercaya mempunyai kandungan antiseptik yang tinggi sehingga bisa membunuh bakteri di sekitar area kewanitaan. Setelah ada Resik V Godokan Sirih yang lebih praktis, Rimma beralih ke Resik V Godokan Sirih.

Berikutnya mbak Yuna Eka Kristina sebagai Senior PR Manager PT. Kino Indonesia Tbk memberikan product knowledge tentang Resik V Godogan sirih ini.



Resik V godogan sirih terbuat dari asli godokan daun sirih tanpa tambahan zat kimia seperti pengharum dan pewarna. Diproses secara halal dan higienis dari pengolahan hingga pengemasannya. Resik V Godokan sirih ini bukan sabun dan tidak ada tambahan sabun di dalam nya sehingga tidak berbusa ketika digunakan (pas saya pakai, busanya ada namun sedikit banget). Wanginya, wangi godokan daun sirih alami. Setelah menggunakannya, terasa segar dan kesat.

Resik V Godokan Sirik sebaiknya digunakan wanita yang sudah mengalami haid/menstruasi. Baik digunakan selama dan setelah haid. Karena Godokan sirih ini menjaga daerah kewanitaan terhindar dari bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap, #mengatasikeputihan dan gangguan seputar daerah kewanitaan lainnya.

Oiya, Resih v Godokan Sirih juga aman digunakan pada ibu hamil.



Cara menggunakan
- Tuangkan sedikit ke telapak tangan
- Usapkan pada bagian luar daerah kewanitaan
- Bilas sampai bersih
- Keringkan menggunakan handuk lembut

Workshop Hand Lettering



Selain talkshow bersama Rimma bawazier dan mbak Yuna, arisan Resik x Hijup juga mengadakan workshop hand lettering menggunakan brush atau kuas. Seperti yang kita ketahui, hand lettering itu kelihatannya gampang. Namun setelah mencoba sendiri membuatnya, itu gak ada mudah-mudahnya sama sekali.

Hand Lettering bersama komunitas bandung menulis (instagramnya bisa dilihat di @kulapanik ) diajarkan dasar-dasar hand lettering seperti cara menggunakan kuas dan cara menuliskan huruf demi hurufnya. Peserta arisan #HIJUPmeetupBandung juga ditantang untuk mencoba membuat satu quote dan hasil hand letteringnya ini dilombakan. Tiga karya hand lettering terbaik pilihan juri, mendapatkan bingkisan dari Hijup dan Resik V Godokan Sirih. Awww asik banget nih yang menang.

serius belajar membuat hand lettering

Oiya, buat teman-teman pembaca blog saya ini, ada special gift dari Hijup.com lho buat teman-teman semua. Teman-teman berhak mendapatkan voucher belanja di HIJUP.COM sebesar Rp 50.000 dengan minimum pembelian Rp 250.000 . Silahkan memakai kode voucher : HIJUPBMUBANDUNG
saat akan menyelesaikan pembelanjaan. Kode voucher ini berlaku sampai dengan 28 Februari 2018.

Seru sekali acara #HIJUPbloggersmeetup ini. Selain mendapat ilmu tentang keharmonisan rumah tangga, juga kami bisa belajar hand lettering secara cuma-cuma.

Sukses selalu ya HIJUP dan Resik V Godokan Sirih.

This entry was posted in

24 Dec 2017

Madinah Cake Kini Hadir di Bandung

5 Rasa Madinah Cake

Assalaamu'alaikum...

Di Bandung, kini telah hadir cake artis yang cantik dan rasanya unik lho. Kali ini Angel Lelga yang membuka berinvestasi di bisnis kue. Pada hari Sabtu (23/12) kemarin adalah soft launchingnya. Toko yang berada di jalan Banda nomor 21-Bandung ini, pagi-pagi sudah nampak barisan orang-orang mengantri untuk membeli Madinah Cake. Saya sempat mengobrol dengan beberapa pengantri. Mereka mengaku warga dekat dari lokasi Madinah Cake. Sengaja datang pagi-pagi untuk membeli Madinah Cake. Mereka mengakui bahwa tahu informasi tentang soft launching ini dari media sosial Instagram.



Kenapa dinamakan madinah Cake?
Nama madinah Cake diambil dari nama ibu kota profinsi di Arab Saudi. Bagi umat Islam, Madinah merupakan kota suci. Bagi yang sudah pernah ke sana, pasti akan rindu untuk kembali dan kembali lagi. Begitu juga dengan cake ini. Dari paduan rasanya yang unik semoga Madanians (sapaan penggemar Madinah Cake) juga enggak akan bosen dan balik lagi balik lagi untuk menikmati Madinah Cake.



Lima rasa unik tersebut diantaranya yaitu : Banana Cheese, Bluberry Cheese, Mango Cheese, Chocolate Cheese dan Lemon Cheese. madinah Cake terbuat dari bahan premium sehingga menghasilkan lapisan demi lapisan yang yummy dan cantik, diantaranya Swiss Sponge, Flavor Filling Baked Cheese Cake, Premium Butter, Cream, dan Cake Crumb.

lihat lapisannya

Jika teman-teman sedang berlibur di Kota Kembang, Madinah Cake ini bisa dijadikan oleh-oleh.

Harga Madinah Cake dibandrol dengan harga Rp 65.000. Tetapi, selama Soft Opening mulai tanggal 23 - 31 Desember 2017, Madinah Cake memberikan Promo Cantik 50% menjadi Rp 32.500 saja. Waaah, sangat terjangkau ya. jadi tergoda buat borong kan kan?

Madinah Cake Bluberry Cheese

Eits, tunggu dulu, masih ada juga promo cantik lainnya yaitu Buy 1 Get 1 Free selama seminggu ini. Tapi catat dulu ketentuannya. Promo cantik Buy 1 Get 1 Free terbatas hanya 100 pcs per hari dan hanya dilakukan jam-jam tertentu saja. yaitu pada pukul 9-10 pagi, 1-2 siang, 4-5 sore, 7-8 malam. jadi agar kebagian yang promo buy 1 get 1 free, kamu harus mengantri dari pagi ya. Sebelumnya kamu harus repost foto yang ada di instagram madinah Cake.

Oiya, untuk ketentuan selengkapnya, cuss ke instagram Madinah Cake aja deh di @madinah.cake
nantikan juga siapa tahu nanti ada promo cantik-promo cantik lainnya.

MADINAH CAKE

Jalan Banda no 21 Bandung

instagram @madinah.cake
twitter : @madinahcake 

22 Dec 2017

Tips&Trik Smartphone Photography with Polytron Prime 7

Polytron ada smartphone-nya? Hei Wiiien kemana aja ya kamu ini. Produk smartphone Polytron tuh sudah banyak loh. Bisa kamu cek di webnya nih di sini : www.polytronstore.com . Baru-baru ini, Polytron Indonesia juga ngeluarin produk smartphone terbarunya Prime Series yaitu Prime 7. Dengan slogannya #BREAKRESISTANT , Polytron Prime 7 didesain dengan build quality yang tinggi, didesain khusus menggunakan frame metal dan  teknologi nano Molding, sehingga menjadikannya kuat sekaligus ringan digenggam untuk melengkapi gaya hidup yang aktiv. Apa aja spesifikasi Polytron Prime 7 ? Untuk spesifikasi lengkapnya bisa dibaca di bagian akhir tulisan ini, ya.

Sedikit cerita, Polytron yang saya ketahui selama ini adalah merk barang-barang elektronik terkemuka di Indonesia. Di rumah ada satu produk Polytron yang saya gunakan yaitu mesin cuci. Itu mesin cuci saya beli sudah 5 tahun yang lalu, sampai sekarang masih bagus aja. Enggak berisik dan getarannya enggak sampe yang glodak-glodak gitu. Jadi untuk urusan teknologi, kurasa Polytron ini salah satu merk yang patut diperhitungkan kualitanya. 



Kembali ke Smartphone Polytro Prime 7, semakin bertambahnya minat pengguna media sosial terutama Instagram, maka, kemarin (21/12), di Ngopi Doeloe Setiabudi Bandung, Polytron ngadain acara bertajuk "Food Styling & Smartphone Photography" dengan pembicara Felicia dan Meidi ( kakak beradik food blogger dibalik akun instagram @foodaffair). Selain ngasih trik dan tips memotret makanan agar menarik, mereka juga ngenalin keunggulan smartphone Prime 7 lho untuk food photography. Agar hasil jepretan kamu lebih keren tentunya.


Mau tahu kan tips dan trik dari dua gadis cantik ini?

1. Natural Light
Cahaya natural yaitu cahaya alami yang berasal dari sinar matahari, cahaya natural akan memberikan kesan lembut dan memang tidak dibuat-buat. Usahakan memotret pada jam-jam emas atau biasa disebut "Golden Time" yaitu pada pukul 8 sampai 10 pagi atau 4-5 sore. Ini akan memberikan kesan hangat dan dramastis. 

Untuk "menangkap" natural light ini, kita bisa gunakan Reflector
Reflector ini akan membantu memantulkan cahaya. Saat cahaya berasal dari kanan, letakkan reflector di sebelah kiri objek foto. Jadi cahayanya seimbang. Reflector bisa menggunakan sesuatu yang berwarna putih seperti kertas putih, sterofoam putih, kain putih, dsb.

Lalu, saat kita memesan makanan di sebuah tempat. Carilah meja di dekat jendela agar saat hendak memotret bisa mendapat cahaya yang memadai. Sesuaikan tema foto dengan pencahayaan, misalnya saat memotret makanan untuk sarapan tentu akan berbeda saat memotret lunch. Cahayanya saat makan siang akan lebih terang dari pada saat sarapan. Usahakan sebisa mungkin jagan memakai flash.

2. Find the Right Angle
Memotret makanan bisa dilakukan dengan dua angle ( sudut pengambilan gambar ) yaitu Eye Level (sejajar dengan mata) dan Top Angle (foto dari atas). Pilihan sudut pengambilan gambar bergantung pada pesan yang ingin disampaikan. Misalnya : ketika memotret burger, angle idealnya adalah sejajar dengan mata karena ketika mengambil gambar dengan top angle, lapisan burger yang menjadi 'pesan' tidak akan terlihat. Atau saat memotret pizza, idealnya adalah memakai top angel.

3. Styling
Fotografi makanan erat hubungannya dengan styling. Meskipun obyek utamanya adalah makanan, akan terliat kurang menarik apabila hanya menampilkan makanan di atas piring. Harus ada hal lain yang membuatnya jadi menarik. Misalnya bisa menata benda-benda di atas meja menggunakan properti seperti serbet, sendok garpu, dan garnish. Tetapi properti jangan sampai berlebihan . Tetap prioritaskan makanan sebagai onjek utama . jangan sampai properti malah justru mendominasi foto, gunakan seperluya dan buat seindah mungkin.



4. Shoot the Fresh Food
Harus segera memotret saat makanan dalam kondisi segar. Dianjurkan agar styling dilakukan sebelum makanan datang. Nantinya ketika makanan tiba, kita bisa langsung memotretnya.

5. Rule of Thirds
Area foto dibagi menjadi 9 kotak dengan 2 garis vertikal 2 garis horizontal. Ada 4 titik pertemuan dari keempat garis tersebut. Letakkan obyek utama yang akan kita foto di salah satu titik tersebut. Dalam rule of thirds ini, sepertika bagian dari frame digunakan untuk objek utama, sedangkan 2/3nya untuk background.

Itu dia tips dari Felicia dan Meidi. Bisa diterapkan buat manteman yang baru belajar memotret nih. 

Lalu, untuk memotret makanan dan objek lainnya, Felicia dan Meidi merekomendasikan smartphone Prime 7 yang cocok buat pemula dan nggak mau ribet dengan DSLR untuk memotret. Kelebihan memotret dengan smartphone itu bisa langsung update si sosial media. Memotret menggunakan Prime 7 lebih bagus lho hasilnya. Karena apa? karena smartphone keluaran Polytron ini menggunakan ISOCELL. Sensor Isocell  menghasilkan komposisi warna dan kualitas gambar lebih tajam walaupun dalam kondisi minim cahaya. 

Kemarin saya sempat mencoba memotret makanan menggunakan kamera dari Prime 7 ini. Dan hasilnya warnanya emang lebih 'keluar' dari pada menggunakan smartphone yang saya punya. Namun sayang hasilnya nggak sempat dipindahkan untuk dipajang di blog nih. Tapi bisa dilihat bedanya di gambar ini :

kiri : prime 7; kanan : HP saya
foto by : Dedew
Terlihat jelas kan bedanya? Selain Isocell, kamera Prime 7 juga menggunaka PDAF Sensor. PDAF itu Phase Detector Auto Focus yang dilengkapi dengan Ball Bearing AP Motor, ini membuat fokusnya lebih cepat dan akurat bahkan saat objek benda bergerak. Gak akan ada lagi foto ngeblur dong.

Prime 7 dengan kamera depan 13 Mp juga dilengkapi dengan Dual Tone Bright LED Flash yang memberikan cahaya secara merata untuk hasil lebih terang dan jelas di setiap kondisi.

Lensa kameranya ini berkualitas tinggi yang didesain untuk mengurangi flare saat memotret di dekat sumber cahaya dan memaksimalkan penangkapan cahaya dari lingkungan sekitar sehingga menghasilkan kualitas gambar yang maksimal. Hemm... jadi meminimalisir pengeditan nih. Kita biasanya rempong di edit foto sebelum aplot kan ya. :)



Iich atulah kalau punya Prime 7 mah feed instagram akan jauh lebih kece.

Lalu, keunggulan lain dari Polytron Prime 7 ini apa?

Selain kamera canggih yang udah saya sebutkan di atas, Polytron prime 7 juga memiliki beberapa fitur-fitur lainnya. Diantaranya :

- NFC with eSE
Kamu pernah lihat di film-film atau drama Korea saat orang membayar sesuatu ( saat naik bus atau belanja di minimarket ) hanya dengan menempelkan smartphone-nya? nah itu dia teknologi NFC.
Dengan Polytron Prime 7 kita juga bisa mengisi top up E-Toll, lho. Jadi kalau kamu kehabisan saldo e-toll pas mau masuk toll gak perlu puter balik dulu nyari minimarket buat ngisi saldo.


- Wireless Kotrol
Polytron Prime 7 bisa digunakan sebagai remote untuk mengontrol perangkat electronik merk Polytron seperti AC, LED TV, Home Theater, dll. Untuk merk lain bisa juga, namun perlu aplikasi tambahan.


- Turbo charging
Didukung dengan teknologi Turbo Charging terbaru sehingga proses pengisian baterai lebih cepat dan efisien dibanding dengan generasi sebelumnya.

- Enhaced Audio
Teknologi audio multi-channel dan DTS sound, dengerin musik berasa berada di barisan paling depan konser.

- Fira TV
Kamu juga bisa livestreaming menonton acara favorit selama 24 jam nonstop.

- Google Play Protect
Google Play Protect memeriksa aplikasi dari Google Play Store sebelum kamu mendownloadnya. Fitur ini memindai perangkat secara berkala dan memeriksa aplikasi berbahaya (malware). Ini akan memberitahu kita apabila ada malware di smartphone dan akan menghapusnya.

Oiya, untuk spesifikasi, lihat gambar di bawah ini ya.

Nah itu dia keunggulan dan spesifikasi smartphone Polyttron Prime 7. Siapa tahu diantara teman-teman ada yang mau ganti smartphone di tahun 2018. Tinggal ceki-ceki aja harganya di marketplace atau konter smartphone langganan kamu. Atau bisa beli langsung di websitenya di bawah ini, ya. ;)

website : 

instagram polytron : 
@polytron.communityid dan @polytron.mobile 

This entry was posted in

20 Dec 2017

Miss Tourism Ambassador 2017 dan Mrs. Culture World 2017 dari Indonesia

Miss Tourism Ambassador 2017 dan Mrs. Culture World 2017. Mungkin ada yang baru dengar? Kalau ada, berarti sama seperti saya. Kurang mengikuti informasi tentang kontes putri-putrian semacam miss world dan sebagainya. Kenapa tiba-tiba membahas tentang Miss Tourism Ambassador 2017 dan Mrs. Culture World 2017, Win? Karena kali ini perwakilan anak bangsa berhasil meraih gelar di ajang ini, nama Indonesia kembali berjaya di mata internasional. Dan tepat pada tanggal 12 Desember 2017 lalu, sekembalinya mereka ke Indonesia, mereka melakukan konferensi pers di Rumah Sakit Melinda 2 Bandung. 

Siapakah anak bangsa yang telah mendapatkan gelar tersebut?

Adalah Riana Puspita Dewi, S.Par (25 tahun) yang ikut dalam ajang Miss Tourism Ambassador 2017  berhasil meraih gelar Miss Model, Top Miss Tourism Ambassador 2017, dan Top Best 6 National Costume. 
Kemudian pada ajang Mrs adalah Marsya Safira, SH.,M.Kn (28 tahun), wakil Indonesia dalam Mrs. World Peace 2017 juga berhasil meraih gelar Mrs. Culture World 2017 dan Mrs. Charity Ambassador 2017. 



Kenapa di RS Melinda 2 ?

Mengapa acara Press Conference dilangsungkan di RS Melinda 2 yang merupakan sebuah rumah sakit umum? Hal ini dikarenakan, baik Miss Tourism Ambassador dan Mrs. World Peace Indonesia memilih RS Melinda 2 sebagai lokasi syuting presentasi mereka di ajang pemilihan.

RS Melinda 2 dipilih karena RS Melinda 2 bukan hanya sebuah rumah sakit, tetapi juga sebagai galeri seni, sebagai tujuan kuliner, bahkan pariwisata di Indonesia, khususnya di Bandung. Di RS Melinda 2 juga terdapat satu tempat yang memang khusus untuk membantu tumbuh kembang anak atau dikenal juga sebagai Melinda Child Development Center dan juga Bandung Urology Center.

RS Melinda 2 hadir sejak Juni 2014 merupakan rumah sakit umum yang memiliki pelayanan yang unggul, baik di  dalam bidang medis maupun non-medis. Sesuai dengan mottonya yaitu “Melayani Sepenuh Hati” RS Melinda 2 bisa terus memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. 



Rumah Sakit Melinda juga berbeda dengan rumah sakit lainnya. RS Melinda turut serta mendukung medical tourism (program pemerintah dalam bidang kesehatan). RS Melinda berkonsep hostel dan art. Dimana keindahan itu juga mendukung proses healing/proses penyembuhan. Ketika pasien-pasien datang ke RS Melinda mungkin 1/3 kesakitannya akan hilang. Apalagi Miss dan Mrs dengan kelembutan dan kesabarannya turut serta menyapa pasien. 

Miss Tourism Ambassador 2017 dan Mrs. Culture World 2017 ini foundernya adalah Amerika , sebagai tuan rumahnya dilaksanakan di Manila-Filipina. Organizernya dari Vietnam dan Taiwan.  Untuk Miss diikuti oleh 47 negara atau kontestan sedangkan Mrs diikuti oleh 24 Mrs perwakilan dari seluruh negara. Kontes ini akan dibuat berkesinambungan. Setelah mendapatkan gelar, Miss dan Mrs akan terus melakukan kegiatan kemanusiaan dan mempromosikan pariwisata Indonesia ke internasional.

(ki-ka) dr. Ancilla Linna L., MM., MKes., MHKes (Direktur Utama RSU Melinda 2) ; Riana Puspita Dewi, S.Par ;
Marsya Safira, SH.,M.Kn


Medical Tourism yaitu Pariwisata Kesehatan. Di bandung ternyata ada Rumah Sakit yang sudah mumpuni, fasilitasnya sudah baik. Di Melinda Hospital 2 ini bukan hanya RS Ibu dan Anak saja, tapi ada juga program2 lainnya. Di tahun 2018 yang akan datang akan ada program Melinda Fest.

Melinda Hospital adalah lini terdepan di kota Bandung Jawa Barat untuk medical tourism. Ecofreindly bulding mendapatkan tanggapan sangat baik dari Kementrian pariwisata.

Konsep Rumah Sakit Melinda sudah dipergunakan oleh pasien-pasien luar negri. Banyak sekali tamu-tamu luar negri merasakan kenyamanan dan pelayanan di RS melinda. Di Melinda juga ada dokter-dokter yang diakui di kancah Internasioal. Sangat pas sekali dengan duta-duta Miss&Mrs tourism ini yang membawa misi tourism.

Maju terus Rumah Sakit Melinda dengan medical tourismnya dan maju terus pariwisata indonesia.


RSU Melinda 2 

Jl. Dr. Cipto No. 1 Bandung

www.rsmelinda2.com

This entry was posted in

17 Dec 2017

Curhat di Gathering Netizen MPR dan Blogger Bandung

Senin kemarin (11/12), saya berniat berangkat dari rumah di Cimahi menuju hotel Aston Tropicana di Cihampelas-Bandung di acara Gathering Netizen MPR dan BloggerBDG dengan harapan bisa bertemu dengan ketua MPR RI pak Zulkifli Hasan dan mengutarakan keresahan saya sebagai netizen (pengguna internet).

Akhir-akhir ini gejolak politik di tanah air mempengaruhi pula "temperatur" kehidupan maya ( baca : sosial media ). Setiap kali membuka timeline sosial media yang ada (kebanyakan dari teman-teman) share-share berita dan hatespeech yang menurut saya enggak ada gunanya. Nggak ada gunanya karena nggak menyelesaikan masalah. Saya pikir netizen berpikiran mundur. Mbokyaaa, menyampaikan pendapat pribadi itu yang bisa menyelesaikan masalah gitu lho. Bukannya menjadi sebuah "bola salju" yang lama-lama tanpa mereka (penyebar provokasi dan kebencian) sadari akan menjadi boomerang. Dan bola salju yang sudah membesar itu menghancurkan mereka sendiri. Kenapa begitu? Karena menurut pemikiran bodoh saya ini, dengan menyebarkan hatespeech, orang (yang waras) enggak akan respec dengan orang yang tiap hari membuat emosi muncul di hati orang lain.

Kamu sendiri gimana Win? Saya sendiri? Saya mah memilih enggak berkomentar apa-apa mengenai dunia perpolitikan yang makin panas....ya begitulah. Bukan saya apatis. Saya emang gitu orangnya. Ada sisi plegmatis dalam diri saya. Orang plegmais itu ya pengennya adem ayem, nggak suka mematik konflik. Nggak suka berdebat apalagi di dunia maya yang nggak bisa melihat dan mendengar mimik dan intonasi suara. Selain itu, saya ngeri membayangkan bahwa setiap orang yang membaca provokasi dari saya (misalnya) lalu dalam hatinya mendoakan saya dengan hal yang mengerikan (sumpah serapah misalnya). Saya ngeri kalau malaikat mencatat bisikan orang itu lalu Allah mengabulkan. Na'udzubillah.

Acara ngobrol bareng netizen dan MPR RI ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaaan Indonesia Raya. Lalu usai menyanyikan lagu, pak Zulhasan hadir beserta pak Ma'ruf Cahyono (Sekretaris Jendral MPR RI). Setelah menyapa para netizen yang semuanya merupakan blogger Bandung dan sekitarnya, pak Zul mempersilahkan peserta yang hadir untuk menyampaikan uneg-uneg dan mencurahkan isi hati mereka. Mumpung ada yang menampung dan pak Zul memang mempersilahkan kami untuk curhat, BloggerBDG banyak yang mau menyampaikan pendapat.




Namun entah mengapa saya mah enggak berani mengangkat tangan untuk menyampaikan keresahan saya sebagai warga negara Indonesia dan netizen. Mungkin karena kemampuan public speaking saya yang memprihatinkan sehingga takut berbicara di depan banyak orang. Belum apa-apa sudah ndredeg duluan. hahaha

Dari sepuluh orang yang curhat, ada satu orang yang menarik topiknya. Yaitu tentang persekusi ustadz Abdul Somad yang tengah ramai dan viral di jagad maya. Sehingga ada ramai-ramai bahwa ustadz menjadi sasaran tembak lalu Bali dinyatakan sebagai daerah intoleran karena provokasi segelintir orang.

ps. buat yang belum tahu apa yang terjadi sebenarnya, silahkan baca klarifikasi resmi ustad Abdul Somad dan cari sumber berita yang kredibel.

Jadi beginilah tanggapan yang menentramkan dari pak Zul mengenai hal tersebut :

"Memang sangat disayangkan hal tersebut bisa terjadi. Tangkap saja orang yang menjadi provokatornya. Karena yang 'nakal' dari kejadian di Bali itu hanya beberapa orang. Tangkap saja.
Lalu, dengan kejadian tersebut, janganlah lalu mengecap Bali sebagai daerah intoleran. Yang salah itu cuma beberapa orang. Banyak orang Bali yang baik-baik. Teman saya, ada orang Bali dan mereka pun baik. Sama halnya dengan yang menyebut Islam intoleran. Yang intoleran itu hanya sedikit orang. Jadi jangan juga karena beberapa orang Islam yang tidak baik, jadi mencap bahwa Islam intoleran. Karena masih banyak orang Islam yang baik-baik."

ps. tulisan tidak sama persis dengan ucapan pak Zul, namun intinya adalah seperti itu.

Kesembilan penanya lain mengangkat tema yang berbeda. Diantaranya keresahan kelangkaan gas melon 3 kg, permasalahan sampah di kota Bandung, pajak royalti penulis buku yang sangat besar, plagiasi semakin marak, dan sebagainya dan sebagainya.

Waktu satu jam saya rasa enggak cukup untuk ngobrolin semua permasalahan rakyat kepada wakil rakyat di MPR. Namun setidaknya, suara kami ini didengar langsung oleh pak Zul dan dan semoga disampaikan kepada wakil kami di legislatif untuk kemudian hari mereka membuat peraturan perundangan di Indonesia yang berpihak kepada rakyat kecil.

Acara ngobrol bareng netizen seperti ini sangat membuat rakyat jelata kayak saya menjadi seperti enggak ada pembatas dengan wakil kami di legislatif (MPR). Jadi seperti orang tua dan anak gitu yang sedang ngobrol mencurahkan isi hati. eaak..
Kalau diadakan tiap tahun dan menyasar ke berbagai daerah sih kurasa akan sangat baik. Lalu, mungkin nggak ya MPR ngadain ngobrol bareng mahasiswa atau anak-anak SMA? Agar dedek-dedek gemesh ini juga sedikitnya aware sama 4 Pilar Kebangsaan.

Pertemuan netizen dan MPR RI sore itu ditutup dengan foto bersama dan nggak lupa netizan yang hadir bergantian mengajak wefie pak Zul. :))

Semoga lain waktu bisa ngobrol-ngobrol lagi ya, Pak.

Salam

sumber foto diambil dari instagram @bangaswi 


This entry was posted in

14 Dec 2017

Tips Berhemat Saat Berburu Promo Harbolnas 2017 di Bukalapak

Menjelang tahun baru itu berarti masyarakat harus siap-siap diserbu ribuan promo diskon ataupun lainnya saat berbelanja. Bukan saja pada toko konvensional tetapi juga toko online yang akan hadir moment besar yaitu pesta Harbolnas. Kabarnya promo harbolnas 2017 di Bukalapak akan memberikan tawaran yang lebih menarik dari pada tahun lalu. Nah, kesempatan satu tahun sekali ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja, apalagi mengingat perlengkapan rumah memerlukan beberapa barang yang terbaru. Bukan itu saja tetapi Anda juga bisa mengupgrade fashion terbaru dengan memanfaatkan promo besar-besaran tersebut.



Harbolnas sendiri sudah berlangsung selama beberapa tahun belakangan ini, muncul pertama kalinya pada tahun 2012. Dan sampai sekarang ini semakin banyak masyarakat yang antusias menyambut pesta besar para pelaku belanja online. Tetapi dalam berbelanja Anda harus tetap mengontrol diri supaya tidak kalap dan akhirnya membuat pengeluaran semakin membengkak. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk berhemat saat berburu promo harbolnas di Bukalapak yaitu:

1. Catat beberapa keperluan.
Lakukan pencatatan belanja apa saja yang diperlukan, buat skala prioritas dari yang paling penting sampai dengan yang tidak terlalu penting. Hal ini dimaksudkan agar Anda tetap memprioritaskan beberapa produk yang memang harus dibeli terlebih dahulu. Contohnya saja lebih memilih membeli perlengkapan rumah dari pada fashion, atau juga bisa lainnya.

2. Cari informasi.
Langkah kedua yaitu Anda harus mencari informasi kebeberapa sumber mengenai berbagai produk yang Anda perlukan tersebut. Misalnya dari harga dipasaran, kualitas yang terbaik, toko yang rekomendasi atau lainnya. Seperti yang diketahui sekarang ini banyak toko online yang menyediakan beragam jenis barang yang Anda perlukan.

3. Lihat pemasukan dan anggaran yang diperlukan.
Selanjutnya saatnya Anda membuat anggaran belanja dengan melihat juga pemasukan uang bulanan Anda. Tetapi dalam hal ini Anda juga harus memperhitungkan promo harbolnas 2017 di Bukalapak yang dapat membuat Anda lebih berhemat. Misalnya dengan potongan harga, pemberian voucher ataupun promo lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi anggaran yang diperlukan.

4. Lakukan perbandingan.
Sebelum melakukan pembelanjaan akan lebih baiknya Anda melakukan perbandingan harga baik dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal ini dimaksudkan Anda mendapatkan barang yang benar-benar terjangkau, karena terkadang ada toko online yang berlaku tidak jujur dengan menaikkan harga terlebih dahulu sebelum didiskon.

5. Stop belanja.
Maksudnya disini adalah berhentilah belanja setelah anggaran yang telah Anda siapkan diawal telah habis. Misalnya semua keperluan yang harus dibeli sudah lengkap akan lebih baiknya Anda berhenti berbelanja karena dapat membuat pengeluaran semakin banyak.

Bukan tidak mungkin Anda bisa memanfaatkan event harbolnas dengan membeli beberapa perlengkapan tetapi uang tetap terkendali. Tidak bisa dipungkiri adanya hari belanja nasional sendiri memang banyak menarik banyak pihak untuk melakukan belanja. Tawaran diskon yang diberikan memang tidak pernah main-main, bahkan di Bukalapak sendiri masih menawarkan nego pada setiap produknya. Hal itu tentu saja membuat Anda sebagai konsumen mempunyai keinginan membeli segala barang dengan keuntungan yang diberikan.

Jadi pada intinya berhemat ataupun boros itu kembali lagi pada diri Anda sendiri yaitu dalam melakukan pengontrolan diri saat berbelanja. Misalnya dengan berhenti berbelanja saat anggaran telah habis, mempersiapkan finansial jauh-jauh hari atau lainnya. Banyaknya promo harbolnas 2017 di Bukalapak tentunya akan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Anda tetap bisa berburu perlengkapan tetapi tetap dalam pengaturan uang secara tepat.


10 Dec 2017

Grand Launching Lineation Korea Centre ( Rebranding DF Clinic )



Halo semua..!
Kalau kalian pembaca lama blog ini, pasti sudah pernah tahu DF Clinic, dong. Klinik Utama di Bandung yang ahli menangani masalah kecantikan dan kesehatan. Saya pernah melakukan perawatan di sini tahun lalu. Ulasannya bisa kamu baca di sini :

Health&Beauty : DF Clinic Series

Nah beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan hadir pada grand launchingnya. Dari semula DF Clinic menjadi Lineation Korean Center. Waktu saya datang, mbak-mbaknya menyapa dengan "Annyeonghaseyo". Duuh jadi berasa lagi di drama Korea kesukaan saya.

Saya suka banget dengan dekorasi Lineation. Semuanya bernuansa ungu-pink-putih, cute dan girly banget. Dengan branding yang baru, tentunya Lineation ingin menyasar customer yang lebih luas lagi. Tidak hanya kalangan ekpatriat dan high class, namun juga kalangan menengah yang mengalami permasalahan pada kesehatan dan kecantikannya. Dan tentu saja, trend Korean kini lagi nge-hits banget di masyarakat Indoneia terutama penggemar K-pop dan drama.



Musik yang mengalun berirama membuat kehangatan tercipta di lantai satu Lineation. Ada photobooth dengan dekorasi yang indah sehingga sayang untuk dilewatkan. Terlihat dokter David Budi menyapa semua yang hadir dengan senyum berserinya.

Acara sudah mau dimulai, semua tamu undangan dipersilahkan naik ke lantai 3 yang sudah dipersiapkan dengan kursi-kursi untuk duduk.



Acara dimulai dengan penjelasan dari dokter David mengenai sejarah DF Clinic hingga sekarang. Berawal dari ibu dari dr. David yang mengalami mal praktek di klinik kecantikan sehingga wajahnya jadi tidak karuan, akhirnya beliau mendirikan klinik sendiri. Dengan tujuan agar tidak ada lagi orang yang tertipu salon-salon kecantikan. DF (diambil dari singkatan Dokter First) menangani pasien bukan berdasarkan inginnya pasien, namun dengan apa yang sebenarnya harus diperbaiki. Sesuai dengan namanya, jika kita treatment di sini, harus konsultai dulu dengan dokter untuk didiagnosa apa yang dibutuhkan oleh pasien.

Acara dilanjutkan dengan peresmian nama Lineation sebagai brand baru dari DF Clinic. Peresmian dilakukan dengan memukul gong oleh dr David bersama dengan ibundanya.


dr David, ibunda, dan dr Tessa

Setelah itu, dokter David memperkenalkan personil - para dokter yang ahli pada bidangnya masing-masing. Sekarang, di Lineation ini ada banyak pelayanan. Tidak hanya masalah kecantikan kulit saja, namun ada juga fisioteraphy, akupunktur, gigi, trauma healing, dll.



Selanjutnya, dr. David melakukan perbaikan hidung seorang model dengan filler. Petama-tama. dokter memaparkan, bahwa untuk menjadi cantik itu tidak harus wajah tirus, hidung mancung, dagu lancip atau kulit putih murni namun cantik itu bisa dimiliki tanpa mengubah bentuk asli. Sehingga untuk mencapai aesthetic/keindahan wajah yang perlu dilakukan adalah memproporsionalkan antara bentuk dagu, hidung, mata. Hal tersebut bisa dilakukan tanpa surgery. Dan ini bisadilakukan di Lineation dengan cara FILLER.

Oiya, warning dari dokter David: jika kita ingin suntik filler, botox, dll jangan di sembarang salon, ya. Apalagi dilakukan sembarang orang yang bukan dokter. Suntik menyuntik harus dilakukan oleh dokter yang sudah memiliki lisensi.





Saya awalnya ngeri waktu pas dokter menyuntikkan filler ke dalam hidung model. Namun setelah selesai, malah takjub. wah, langsung mancung hidungnya.

Setelah penyuntikan filler, pasien diharap hati-hati terhadap hidungnya minimal selama24 jam. Paling tidak sampai filler benar-benar mengeras. Jangan ditowal-towel, jangan tidur tengkurap karena dikhawatirkan fillernya akan nyengsol.

Filler ini bertahan selama setahun. jadi setelah satu tahun bisa disuntik lagi.

Waaa ... merarik bukan? Bisa mendapatkan wajah yang ideal tanpa bedah plastik. Anda tertarik? silahkan hubungi call center Lineation untuk berkonsultasi sama dokter.



Leumah Neundeut No. 10
Bandung Satu, Jawa Barat, Indonesia 40164

(022) 2010593

instagram : @lineation.id
facebook : Lineation Centre

5 Dec 2017

Agar Usaha Ritel Sukses Seperti Alfamart

Di warung bakso, ketemu sama penjual yang cuek (ketika masuk warung enggak disapa sama sekali), lalu dilayani sama pramusajinya yang nggak tersenyum, cemberut melulu mukanya. Kami yang mau makan dan selama makan kan nggak enak jadinya. Mana pelayanannya lama. Gak akan lagi balik ke warung bakso ituh.
Terus kami berbisik-bisik : "Mereka perlu ikut managemen retail, nih."
Ini karena kami (blogger Bandung) habis menyimak pelatihan tentang 'Managemen Retail' yang diadakan Alfamart nih. Jadi kita-kita pada ngomong gitu. :)

Sama halnya saat kita membeli sesuatu di sebuah warung. Pas nemuin penjualnya jutek, enggak ramah, seringnya kita akan mbatin "Ih, si ibu/bapaknya judes banget sih."
Lalu (kalau saya sih) enggak akan kembali untuk membeli di warung tersebut.

Jumat (24/11) saya ikut menyimak pelatihan Manajemen Ritel yang diadakan di Kantor Alfamart di Nanjung, Kota Cimahi. Pas kebeneran deket sama tempat tinggal. Pesertanya para pemilik UMKM. Ada sekitar 30 pemilih usaha retail yang hadir.



Usaha ritel(retail) a.k.a eceran adalah salah satu cara pemasaran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis. Organisasi ataupun seseorang yang menjalankan bisnis ini disebut pula sebagai pengecer.

Contoh usaha ritel : Alfamart, Indomaret, Yomart, Matahari, Hypermart, Kcircle, 7eleven, dll. warung sayur dan pedagang bakso/makanan juga termasuk ritel.

Pelatihan hari itu diisi oleh bapak Yogie Septiyana Rochman -Branch Trainer PT. Sumber Alfaria,Tbk.



Diantara pembaca blog ini, mungkin ada yang jadi penjual retail? Jika teman-teman ingin belajar dari kesuksesan Alfamart, berikut ini hal-hal yang mesti kita lakukan agar usaha ritel kita bisa sukses dan bertahan lama :

1. Pelayanan yang Baik

Pernah datang ke Alfamart? Setiap ada pembeli yang masuk, selalu disapa dengan ramah kan? Biasanya kasir selalu mengucapkan : "Selamat datang di Alfamart."
Nah ini ngaruh juga lho sama psigologi pembeli. Jadinya pembeli akan merasa nyaman. Ya, kalau di warung kebutuhan pokok sehari-hari semacam warungnya Pak Lurah, ya nggak segitunya. Cukup disapa : "Mangga', Jang/Neng/Bu/Pak. Bade meser naon?" (Silahkan, Mas/Mbak/Bu/Pak. Mau beli apa?"
Kata pak Yogie, pelayanan yang baik mendatangkan keuntungan (profit) untuk perusahaan dan kesejahteraan karyawan.
Harapan pembeli kepada pedagang:
- Pedagang menyapa pembeli
- Pedagang mengucapkan 'Terima Kasih' setelah selesai melakukan transaksi.
- Kebersihan produk dan lingkungan yang bersih
- Pedagang tersenyum ramah
- Pedagang memahami pengetahuan tentang produk dengan baik
- Bersedia membantu dengan senang hati

2. Penataan Barang 

Kalau kita datang ke warung yang penataannya amburadul, tentunya akan membuat bingung kan ya? Sabun dan makanan jadi satu, campur-aduk nggak karuan, jadi ragu-ragu mau belanja di warung tersebut. Coba kita belajar dari Alfamart dalam menata barang :
- Merk produk menghadap ke depan
- Usahakan tidak mendisplay barang yang sama
- Tata dan atur barang agar terlihat penuh
- Cek tanggal kadaluarsa
- Barang yang dipajang terlihat oleh pembeli
- Jaga kerapihan penataan barang

pic source : tulisbaca.com


3. Mengenali Produk

Meniru dari Alfamart, megenali produk yang kita jual itu meliputi :
- Kemasan : pembungkus produk seperti kardus, botol, tetrapack, dll
- Jenis : baha dasar produk seperti cari, batang, krim, gel, sprey, dll
- Ukuran : Satuan isi/ berat suatu produk seperti kg, ge, ml, liter, dll
- Merk : nama atau identitas produk seperti : nuvo, ciptadent, dll
- Manfaat : kegunaan produk seperti mengobati sakit kepala, alat pencukur jenggot, dll
- Barcode/PLU : kode barang
- Expired Date : batas konsumsi produk. Apabila melewati tanggal tercantum akan menyebabkan resiko kesehatan secara langsung. contoh : EXP 060617
- Rasa : sifat atau cita rasa atau warna suatu produk

Itulah tiga cara yang bisa kita tiru dari Alfamart agar usaha ritel/eceran milik kita bisa sukses dan bertahan lama. Oiya, satu lagi yang bisa kita contoh. Jika kita perhatikan, setiap toko Alfamart itu pencahayaannya edun kan ya? Selalu terang benderang. Nggak ada toko Alfamart yang remang-remang atau menggunakan lampu yang redup. Ini karena Alfamart memakai sistem "Laron". Laron akan tertarik dengan cahaya yang terang. Konsumen juga agar tertarik dengan warung yang terang kan?

Demikian, semoga bermanfaat.

This entry was posted in