7 Jul 2018

Pengalaman Menggunakan Produk Erha Jerawat, Review Sebulan Setelah Pemakaian

Discloure : tulisan ini berdasarkan pengalaman menggunakan produk ERHA jerawat. Tidak bisa menggantikan konsultasi kepada ahlinya. Hasil akhir penggunaan produk bisa jadi berbeda satu dengan lain tergantung jenis kulit, kondisi dan permasalahannnya.


Halooo, assalamu'alaikum teman-teman.. ^_^

Tulisan ini merupakan sambungan tulisan seri ERHA sebelumnya. Silahkan klik link di bawah ini untuk baca dan agar lebih memahami isi tulisan ini.

baca juga : Produk ERHA untuk Kulit Berjerawat

Ngomong-ngomong, sudah sebulan ini saya memakai beberapa jenis produk ERHA untuk kulit berjerawat. Saya mendapatkan produk ini di Aphotecary tanpa resep ( namun tetap konsultasi dulu dengan tenaga ahli di Aphotecary-nya, sih.). Oiya, sudah tahu 'kan tentang produk Over The Counter (OTC) ERHA yang sudah bisa didapatkan tanpa resep dokter? Kita bisa dapatkan produk OTC ini di Aphotecary di pusat-pusat perbelanjaan di berbagai kota di Indonesia, lhoh. Langsung aja datang ke aphotecary ERHA kalau kamu enggak mau konsultasi terlebih dahulu sama dokternya. Atau mau datang ke kliniknya tapi jauh.

Ada empat produk yang saya pakai yaitu :
- Exfoliating Cleansing Scrub
- Age Corector Serum
- Acne Clarifying Gel
- Acne Spot Gel
(sudah saya jelaskan di tulisan pertama, ya). Jadi sekali lagi boleh dibaca buat yang belum baca supaya lebih memahami tulisan ini. Di tulisan pertama, ada penjelasan tentang masing-masing produk tersebut.

Sekarang, akan saya jelaskan perubahan yang terjadi pada kulit saya, tahap demi tahap.

Exfoliating Cleansing Scrub

Hari pertama menggunakan produk ERHA untuk kulit berjerawat.

1. Saya mencuci muka di malam hari menggunakan ERHA Exfoliating Cleanser / pembersih wajah.

ERHA Exfoliating Cleanser ini bisa digunakan sehari dua kali pagi dan malam. Teksturnya yang terdapat butiran halus berwarna biru berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran di wajah dan mengurangi minyak. Namun tetap lembut di kulit. Wanginya segar, tidak menyengat di hidung. Saya menggunakannya di pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.
Setelah mencuci wajah dengan ini, kulit terasa bersih dan segar. Aromanya saya suka.



2. Setelah membersihkan wajah, saya menggunakan Age Corrector Serum.

Age Correcector Serum ini saya gunakan dua kali sehari setelah mencuci wajah. Diamkan beberapa menit sampai serum meresap sempurna ke dalam kulit. Oiya, tips agar serum ini lebih efektif bekerja, gunakan sesaat setelah wajah dikeringkan (saat wajah masih lembab oleh air). Atau bisa juga memakai semprotan wajah sebelum mengoleskan serum.

Age Corector Serum

Serum ini bentuknya liquid agak bening. Tidak lengket dan tidak beraroma. Saya menggunakan 2 - 3 kali pump. Ratakan ke wajah lalu ditepuk-tepuk agar meresap ke dalam kulit. Setelah menggunakan ini, kulit wajah terasa lembab dan kenyal.



3. Setelah memakai serum, lanjut dengan ERHA Acne Care Lab Clarifying Gel.

Setelah serum meresap sempurna ke kulit, saya menggunakan Clarifying Gel ini. Saya diamkan beberapa menit sampai meresap dan mengering.
Gel-nya berwarna putih, lembut, seperti susu.


4. Menotolkan ERHA Acne Care Lab Acne Spot Gel pada jerawat yang baru tumbuh atau yang sedang meradang. Kebetulan waktu itu ada satu jerawat baru yang baru tumbuh di bawah hidung.



Keesokan paginya...

Saya kaget karena kulit saya terasa panas, gatal dan pori-pori membesar. Nah lhoh! Apa yang salah nih? Tenaaang... tenang. Jangan panik.

Lalu buru-buru saya konsultasi dengan tenaga ahli ERHA. Penjelasannya, kulit wajah saya tidak cocok dengan Clarifying Gel dan disarankan untuk menghentikan pemakaiannya. Baik saya hentikan pemakaian pada hari itu.

NB : Buat manteman yang kulitnya super sensitif, sebaiknya hati-hati juga memakai Clarifying Gel ini. Konsultasikan dulu dengan ahlinya. Dan hentikan penggunaan produk jika terjadi hal yang tidak biasa.

Namun untuk kulit yang enggak sensitif sih reaksinya baik-baik saja, katanya.(saya browsing tentang ini).

ERHA Exfoliating Gel


Hari kedua....

Penggunaan Erha pada pagi dan malam hari langkah-langkahnya sama. Cleancer – Serum – (skip menggunakan Clarifying Gel) – Acne Spot Gel  - Sunscreen saat hendak keluar rumah sementara saat malam hari tidak perlu.

Hari kedua, kulit wajah berangsur kembali normal (tidak gatal dan panas seperti sebelumnya). Jerawat yang ada di bawah hidung juga berkurang radang dan kemerahannya.

Hari ketiga, rasa gatal dan panas sudah hilang. Jerawat mulai mengering.
Hari keempat, jerawat satu ini sudah kering tinggal bekasnya saja.
O iya. Sejak dulu wajah saya memang mudah banget tumbuh jerawat. Saat hamil jerawat tidak tumbuh sama sekali. Setelah melahirkan, kulit kembali seperti sebelum hamil, namun pertumbuhan jerawat hanya satu dua. Enggak "seliar" dulu.


Sebulan kemudian setelah menggunakan produk Erha khusus jerawat...

- Masalah kerutan halus di dahi dan garis senyum agak memudar. Saya sadar yang namanya perawatan itu harus kontinyu, terus menerus. Saya terbilang agak terlambat  menggunakan Age Corrector Serum / anti aging. Bagusnya sejak usia 25 kan ya (?) Sedangkan saat ini umur 30 menjelang 31, anti aging hanya berfungsi untuk mencegah penuaan dini saja, nggak bisa kalau untuk terlihat lebih muda mah, ihik. Yang jelas, mungkin hasilnya akan terlihat lebih signifikan setelah beberapa bulan rutin menggunakan Age Corrector Serum dari ERHA21 ini. Baru sebulan memakainya saja, kulit terasa lebih lembab dan kenyal. Saya jadi suka banget pegang-pegang pipi yang cubby ini, soalnya jadi lembut dan kenyal sih. Hehe

- Jerawat yang meradang menjadi cepat kering dan sembuh. Prosesnya sekitar 3-7 hari sampai jerawat mengering tergantung parah tidaknya. Beberapa waktu lalu, ada jerawat kecil di bawah hidung, setelah 3 hari memakai Erha Spot Acne Gel jerawat kering dan rata. Bekasnya tipiiis banget. Sementara satu jerawat lagi di sebelahnya, semingguan baru sembuh karena memang ukurannya lebih besar.

Bareface/tanpa make-up. Waktu sama (bangun tidur/pagi hari). Tempat sama (depan pintu). Kamera sama.
Jerawat yang ada di foto before, gak ada bekasnya pada foto after. Sementara itu foto jerawat di foto after itu tumbuh beberapa hari sebelum foto (jerawat baru).
- Wajah saya biasanya saat bangun tidur berminyak banget. Setelah menggunakan ERHA minyak berkurang banyak, nggak lagi kayak bungkus gorengan.

- Merah-merah bekas jerawat berangsur hilang. Bukan hanya yang masih merah, yang sudah menghitam pun berangsur hilang.

- Scar/bopeng bekas jerawat nampaknya harus lebih sabar dan telaten lagi agar memudar sampai menghilang. Saya akui sulit sekali menghilangkan scar bekas jerawat ini. Butuh waktu bertahun-tahun dan ketelatenan yang tinggi.

***

Oiya, satu produk lagi yang penting dipakai untuk menghindari kerusakan kulit akibat sunburn dan efek buruk sinar matahari yaitu ERHA Helios Total Skin Protector Daily Use.

"Menerapkan perawatan harian tidaklah cukup jika kita hanya rajin mencuci wajah tetapi membiarkan kulit terpapar sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya."




Helios Skin Protector Daily Use 

Aktivitas saya yang setiap hari antar jemput sekolah anak-anak menggunakan sepeda motor, menjadikan kulit tangan dan muka jadi belang. Soalnya saya kadang malas pakai masker dan sarung tangan, sih. Saya juga nggak pernah pakai sunscreen. huhuhu

Ini kalau dibiarkan terus menerus semakin lama akan semakin menambah kerusakan kulit seperti munculnya bintik dan flek hitam. Sebulan setelah menggunakan Erha Helios Skin Protector,  punggung tangan dan muka nggak lagi belang. Selain menggunakan sunscreen juga dibarengi dengan memakai handshock/sarung tangan dan juga masker kain saat keluar rumah. Walaupun sudah menggunakan sunscreen harus tetap meminimalisir panas-panasan, ya say.



Klaim produk : memberi perlindungan dari penuaan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Membantu melindungi kulit dari sunburn dan memperlambat tanda-tanda penuaan kulit akibat efek buruk sinar matahari. Dilengkapi dengan antioksidan dan ekstrak tumbuhan untuk memberikan rasa nyaman pada kulit yang terpapar matahari. Diformulasikan dengan formula yang ringan sehingga nyaman digunakan sehari-hari.

Cara penggunaan : Oleskan pada seluruh wajah atau tubuh 15 menit sebelum keluar ruangan.



Kelebihan : kemasannya yang slim mudah dibawa saat bepergian karena nggak makan banyak tempat. Kemasan 30 gram cukup untuk sebulan termasuk irit ya menurut saya. Saya memakainya tipis-tipis aja sih. Setelah memakai pelembab, saya oleskan sunscreen ini. Setelah itu pakai bedak. Saya nggak pinter makeup-an. Dan nggak pernah pakai make up komplit (sampai pake bulu mata, blush on, dll). Untuk make up simple yang sehari-hari saya pakai, sunscreen ini mudah meresap dan nge-blend sama bedak tabur yang biasa saya pakai. Jadi nggak mempengaruhi make up karena nggak mblok-mblokan bikin kayak muka tembok. Dengan SPF 50, Helios bisa dipakai selama 12 jam tanpa ditouch-up. Namun perlu diulangi penggunaan jika berkeringat atau mencuci muka.

***

Itu tadi pengalaman saya menggunakan produk ERHA khusus jerawat. Adakah teman-teman yang pernah memakai produk dari ERHA? Share yaa di kolom komentar. Oiya, jangan segan untuk membagikan tulisan ini jika dirasa bermanfaat baik buat kamu atau siapa tahu saudara dan teman-temannya mempunyai masalah serupa.



facebook : Erha Clinic 
instagram : @erha.dermatology

34 comments:

  1. Amit2 ERHa ini mihil banget ya mak harganya, tapi emang bikin muka jadi mulus sih :D dulu saya perawatan Erha pake resep dokter sih buat ngilangin bekas cacar, eh Alhamdulillah skrg bekas cacarnya hilang sama sekali, pdhl udah putus asa bngt huhuhuhu

    ReplyDelete
  2. Mancap busui cantik, jadi pengen perawatan di Erha Bandung dehπŸ˜‚❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saaan.. Perawatanmu lebih mancaaab

      Delete
  3. aku belum pernah make produk ERHA.
    tau ERHA juga dari iklan yang bertebaran di kota bandung.

    aku baru tau lho kalau produknya ada yang bisa dibeli tanpa resep dokter, keren juga ya strategi marketingnya. =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yha,biasanya pada mlz ke dokter dulu

      Delete
  4. ku jadi mupeng banget deh pengen pake ERha juga, dulu sempat pake juga sih tapi ke klinik yang di jalan cimanuk Bandung, sekarang mah enak ya bisa beli di apotiknya jadi ga usah ke dokter dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jauh euy kliniknya, jadi aku ke aphotecary aja yg deket

      Delete
  5. Mama emesh jadi muluuus sekali. Aku suka juga nih sama sunscreennya, di aku bikin glowing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalo ketemu toss pipi ya, dlu kan tos perut hihi

      Delete
  6. Pengen coba age corrector serumnya hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus teh, asli bikin ngurangin garis halus

      Delete
  7. waah langsung terlhat hasilnya ya, uwien, jerawatnya kempes, muka pun lebih mulus

    ReplyDelete
  8. Bersih, Wiin...
    Pangling jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa pangling? Aku gak make-up an lho di foto itu

      Delete
  9. Jadi kabita sama sunscreen nya erha πŸ˜€

    ReplyDelete
  10. Mantap. Jadi pengen coba. Soalnya sekarang punggung tangan suka kering dan kayak kebakar gitu. Ga tau karena bawaan hamil. Mudah mudahan mendekati lahiran nanti ilang. Hheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin terlalu lama panasan teh

      Delete
  11. Lebih cerah dan bersih teh 😍

    ReplyDelete
  12. Ini produknya ERHA Clinic yang ada di Istana Plaza itu?

    ReplyDelete
  13. ku harus mulai pakai anti aging nih kalau gitu, mumpung masih 24 hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ra biar tetep muda kulitnya

      Delete
  14. Belum pernah pake produk Erha, tapi sering lihat kliniknya di IP.hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, teh, aphotecary nya emang di sana

      Delete
  15. Wah aku yang jerawatan gini mesti nyobain

    ReplyDelete
  16. Mau tanya dong, kalau misal pake productnya nggak satu paket gimana ya? Misal cleansernya pake product lain yg biasa aku pake.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak bisa bilang 'gapapa' kak, karena kondisi tiap kulit orang kan beda-beda.

      Delete
  17. Mbak, sy baru nyoba make erha yg paket acne. awalnya karena baru nyoba sy coba sabunnya dulu selama dua bulan trus trnyata cocok jd sy beranikan beli ketiga produk acne lainnya yaitu acne clarifying gel, acne spot gel dan sun friendlynya.
    Tapi tiap make acne clarifying gel itu kok muka saya kok rasanya panas dan sedikit perih ya mungkin 3 menitan gt.. dan sekarang jerawat gede2 muncul. Apa saya nggak cocok jg ya sama gel nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu kita sama, kak. Saya pas pakai clarifying gel wajah rasanya panas. Makanya langsung saya hentikan pada pemakaian pertama.

      Delete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyaak spam yang masuk.