08 April 2021

Pengalaman Servis AC Mobil di Dokter Mobil Indonesia


Udah beberapa bulan ke belakang mobil bermasalah terutama sama ACnya. Sudah mulai nggak dingin. Panas. Terutama kalau dibawa ke luar kota Bandung, seperti ke Jakarta. Menurut kami, AC adalah komponen yang penting pada mobil. AC menjadi salah satu prioritas utama karena dengan adanya AC dapat menjaga kenyamanan perjalanan kami. 

Masalah lain adalah link stabilizer-nya yang sudah musti diganti. Atas rekomendasi beberapa teman, saya dan Abudi membawa mobil ke Dokter Mobil (Domo). Di tulisan kali ini, aku sharing tentang pengalaman servis AC mobil di Dokter Mobil Indonesia. Semoga bermanfaat.

Apa itu Dokter Mobil Indonesia?

Dokter Mobil Indonesia adalah bengkel mobil profesional spesialis Service AC dan Tune Up dengan sistem Tanpa Bongkar Pertama di Indonesia yang menggunakan mesin-mesin canggih. Dengan hasil pengecheckan berupa data yang akurat dan dapat dicetak. Juga dengan garansi service yang memastikan hasil service terbaik. 



Selain itu Dokter Mobil juga melayani Penggantian Oli Mesin Kualitas Tinggi (Oli yang digunakan adalah oli berkualitas tinggi yang di design khusus untuk iklim di Indonesia) dan Produk Performance Hemat Bahan Bakar.

Tidak hanya itu, DOMO juga melayani, antara lain:

  • Service AC Tanpa Bongkar
  • Tune Up Mesin Karburator
  • Tune Up Mesin Injeksi
  • Tune Up Mesin Diesel
  • Produk Penghemat Bahan Bakar
  • Produk Aksesoris Racing
  • Penggantian Oli Mesin

Pengalaman Service AC Mobil di Dokter Mobil Indonesia

Baiklah, saya akan bercerita pada saat saya menyervice mobil di Dokter Mobil Bandung 

1. Saya datang ke cabang Dokter Mobil terdekat.

Dokter mobil udah ada 16 cabang loh. Kalau kamu mau service mobil, tinggal searching aja cabang DOkter MObil terdekat. Kalau cabang Bandung yang beralamat di jalan Soekarno-Hatta No.372 Kebon Lega, Bojongloa Kidul, Bandung, Jawa Barat 40235





2. Registrasi

Kemudian, saya mendaftarkan mobil yang akan diservice dan mengisi data-data (seperti type mobil, tahun, cc, keluhan dll). Di sini, serahkan kunci mobil ke Customer Service-nya. Kita tinggal duduk manis aja di ruang tunggu.



Ruang tunggu di DoMo Bandung ini nyaman lho. BerAC, bersih, dan disediakan minuman kopi/teh serta air mineral.

3. Penanganan oleh Mekanik

1. General Check Up, Pengecekan Mobil Secara Menyeluruh

Hari itu, saya mau tahu kenapa beberapa bulan ini mobil bunyi tidak wajar pas dijalanin, terus ACnya nggak dingin terutama pas dibawa ke daerah panas kayak Jakarta dan Cirebon. 

Dimulailah General Check Up yaitu pengecekan mobil dilakukan menggunakan alat-alat canggih. Saya nggak tahu namanya apa, alatnya seperti foto di bawah ini.





Setelah mobil di cek, mekanik yang menangani mobil memberikan data lengkap berupa data cetak semua bagian-bagian mobil.

Hasilnya seperti ini.



2. Service AC, Cuci Evaporator

Mekanik menjelaskan ke kami tentang masalahnya. Sebagian besar masih normal, hanya pada Evaporator-nya aja yang rusak sehingga AC mobil tidak dingin. Mekanik menyarankan untuk mengganti, tapi untuk mengganti Evaporator membutuhkan waktu seharian (dari pagi sampai sore bahkan bisa jadi menginap mobilnya). Wah, nggak bisa karena besoknya mobil mau dipakai keluar kota. 

Solusinya, sementara Evaporatornya hanya dibersihkan saja. Proses pembersihannya tidak memakan banyak waktu, hanya sekitar 10 sampai 15 menit aja TANPA BONGKAR. 



3. Fogging

Fogging merupakan proses pengasapan dengan cairan disinfectant atau senyawa pembasmi bakteri. Tujuannya untuk mencegah alergi, membunuh kuman. mematikan bakteri serta menghilangkan bau tidak sedap.

4. Ozone Treatment

Ozone treatment adalah sebuah cara untuk menghilangkan kuman, bakteri, kutu, semut, berbagai serangga dan binatang-binatang kecil yang ada di dalam ruangan ataupun interior mobil.

Cara kerjanya: mesin ozone mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang dapat mengubah molekul udara sehingga Oksigen yang ada di dalam ruangan menjadi bersifat toxic bagi serangga dan binatang kecil.

Demikian pengalaman service AC mobil di Dokter Mobil. Informasi lebih lengkap bisa dilihat di websitenya doktermobil.com

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.