30 Aug 2017

Agar Softlens Tetap Aman Dipakai


Dua tahun lalu, saya merasa mata ini mulai ada minus-minusnya. Waktu itu baru ngeh saat berkendara dan melihat papan tulisan petunjuk arah yang jaraknya jauh, kok enggak kelihatan. Tulisannya burem enggak kebaca. Waduh pasti ini gara-gara terlalu lama atau terlalu sering di depan layar gadget (HP, Laptop, dll). Singkat cerita saya jadi memakai kacamata. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan mengenakan kacamata sebab pemilihan desain frame yang pas akan menjadikan wajah nampak lebih menarik.

Sayangnya, saya merasa kacamata ini terkadang jadi membatasi aktifitas, suka repot saat harus menunduk, telinga dan hidung sakit, dan saya mulai punya kebiasaan baru yaitu mendorong kacamata dengan jari tengah. Daripada hidung pegel dan telinga sakit, saya jadi sering copot-pakai-copot pakai si kacamata. Hanya memakainya saat berkendara atau untuk melihat kejauhan.

Saya enggak tahu, kalau kebiasaan copot-pakai ini justru membuat miopi pada mata bertambah. Pada akhirnya saya mulai mempertimbangkan penggunaan lensa kontak untuk mengalihkan fungsi dari kacamata tersebut. Namun perlu diakui saya agak-agak takut saat memakainya karena sering mendengar isu tidak sedap mengenai efek samping pemakaian lensa kontak. Terlebih jika lensa kontak dipakai seharian. Jadi saya memilih memakainya sesekali saja, misalnya saat menghadiri undangan resepsi pernikahan.



Saya rasa saya masih sangat perlu mengasah keterampilan memakai dan melepaskannya dulu baru aktif menggunakan lensa kontak. Mayoritas dari kita (pengguna lensa kontak) terkadang cuek sama kebersihan dan kesterilan lensa kontak. Saya pun bertanya ke teman-teman yang memang pengguna lensa kontak sejak lama bagaimana mereka merawat lensa kontak. Teman saya ini termasuk penggemar lensa kontak. Dia memakai lensa kontak untuk menunjang penampilan dengan warna-warna atraktif.

Menjadikan Lensa Kontak Tetap Aman Dipakai 


Bagaimana sih agar softlens tetap aman dipakai?
Apapun tujuan dari pemakaian lensa kontak baiknya pahami bagaimana cara merawat komponen penghias mata satu ini. Salah-salah membuat kesehatan mata terganggu dan menimbulkan penyakit mata yang serius sehingga perlu teliti. Banyak masalah muncul ke permukaan lantaran pengguna lensa kontak yang kurang aware dengan kebersihan dan cara pakai atau melepaskannya. Maka perkecil resiko yang mungkin terjadi dengan memberikan perawatan terbaik sebagai berikut:

Bersihkan tangan setiap kali menyentuh lensa kontak,
Lensa kontak nantinya akan langsung bersentuhan dengan kornea dan pupil mata, padahal merupakan indra yang sangat sensitif. Sedikit terkena debu saja sudah menunjukan gejala iritasi bagaimana kalau ada kuman dan bakteri yang masuk ke dalamnya? Menghindari kemungkinan terjadinya iritasi pastikan dulu tangan bersih sebelum memegang softlens yang akan dipakai. Lensa kontak akan tetap bersih dan menjadikan mata terlindungi, sehingga tidak rugi sudah belanja online untuk lensa kontak tersebut.

Membersihkan lensa kontak secara teratur,
Lensa kontak kesayangan juga wajib dibersihkan. Sebagus apapun kualitas lensa kontak yang dibeli melalui toko online terpercaya tetap perlu pembersihan rutin. Membersihkannya tidak bisa memakai air biasa, melainkan memakai cairan solution dan beberapa jenis cairan pembersih khusus lensa kontak. Cuci bersih tangan terlebih dahulu kemudian tuang cairan pembersih khusus tadi sambil di gosok memakai jari tangan perlahan-lahan. Lakukan secara rutin untuk menghindari adanya kotoran yang bisa membuat mata teriritasi.

Simpan lensa kontak dengan cara yang benar,
Ketika lensa kontak tidak digunakan untuk beberapa lama baiknya disimpan dengan benar yakni dengan jalan direndam memakai air bersih. Teknik penyimpanan dengan cara direndam memang sifatnya wajib tidak bisa diganggu gugat. Sebab akan mempertahankan kelembaban lensa kontak tersebut agar tidak menjadi kering sehingga kalau dipaksa dipakai akan menyakiti mata. Apalagi mengaplikasikan lensa kontak memang perlu diakui lebih mudah saat kondisinya lembab bukannya kering.

Aplikasikan kosmetik baru memakai lensa kontak,
Pengguna lensa kontak memang sepertinya masih digawangi kaum perempuan, namun bagi pria yang matanya minus juga bisa memakainya namun yang putih polos supaya tidak ada kesan feminin. Khusus bagi perempuan sudah tentu sering merias wajahnya minimal memakai bedak supaya tidak pucat dan bercahaya. Idealnya aplikasikan kosmetik dulu, terlebih bagi yang merias area mata dengan eyeshadow maupun eyeliner. Supaya softlens  yang dipakai tidak terkena noda kosmetik tersebut dan aman melekat di mata.

Itu tadi tips agar softlens tetap aman dipakai setiap hari. Ada tips lain untuk merawat softlens? Sharing yuk di kolom komentar. Supaya saya yang masih nyubi soal per-lensa-kontakan ini tahu lebih banyak.

19 Aug 2017

Diajak Selfie sama Orang Korea

Saya selalu mengajarkan kepada anak-anak untuk ramah ke orang lain. Mulai dari hal kecil sih sebenernya, Yaitu mencontohkan ke anak saat lewat di depan orang mengucapkan permisi (punteu, nderek langkung, nyuwun sewu, dll, sesuaikan bahasa daerah masing-masing).

Ketika naik motor saat nganter jemput anak ke sekolah adalah saat paling bagus untuk mengajarkan mereka ramah dan memiliki sopan santun. Setiap kita menyusul seseorang yang sedang jalan atau duduk-duduk di dekat jalan(gang) saya mengucap punteun. Jadi kan si anak juga akan mencontoh hal tersebut suatu saat karena sudah kebiasaan.

Waktu camping di the Lodge Maribaya beberapa waktu yang lalu, ajaran saya ke anak tentang ramah kepada siapa saja diterapkan sama Akram (5) anak kedua saya. Saya kan suka nonton drama, Akram jadi familiar sama percakapan orang Korea. Dan Akram, anak ganteng yang lucu banget ini menarik perhatian ahjushi(paman) dan haraboji(kakek). Mereka tertarik sama Akram karena Akram tersenyum dan membalas sapaan mereka. Apalagi saat Akram membungkuk dan ngomong "Anyeong haseyo."

Padahal ada juga barengan kita satu keluarga yang bawa dua anak cowok. Tapi mereka nggak terlalu welcome sama turis Korea ini. Jadinya ya nggak ada juga timbal balik saling menyapa.

Setiap papasan bapak-bapak dan ibu-ibu turis Korea ini melambaikan tangan ke Akram, Akram pun membalas sapaan mereka.

Waktu sarapan, ada satu bapak-bapak yang mengajak Akram selfie. hihihi, lucu juga ya.


Setelah Akram diajak selfie sama ahjushi itu, yaudah kami sekalian minta foto bareng mereka untuk kenang-kenangan. hehe
Rombongan ibu-ibu dan bapak-bapak ini seddang berlibur di Indonesia. Mereka di Indo untuk seminggu. Sudah keliling Indonesia. Setelah dari Bandung sini, mereka mau ke Jakarta.





Kalau yang di bawah ini, Akram lagi mijitin punggung Abinya. Terus si ahjushi ini ngeliatiin terus sambil menanggapi pakai bahasa Korea. Gak tau artinya apa. Lalu, setelah mijitin Abinya, Akram menghampiri orang ini, lalu memijit punggungnya. Videonya ada di IGnya Akram @akram_her


 


Ada satu ahjushi yang pinter ngomong bahasa Indonesia. jadi komunikasi bisa ditranslete sama beliau. Ini dia lagi bagiin permen ke Dhia dan Akram.


Kalau haraboji ini, pas lewat di depan tenda kami, beliau dadah-dadah sama anak-anak. Terus Akram mendekat untuk salim. Eh, sama haraboji-nya malah digendong dan otomatis aku foto. wkwkwk



 Walaupun berbeda bahasa, jika kita ramah ke orang maka orang itu pasti ramah ke kita.
Dulu Indonesia terkenal orangnya ramah-ramah kan? Apakah sekarang masih? Yuk kita ajari dan beri teladan ke generasi penerus kita agar tetap menjaga attitude , tatakrama, dan sopan santun.

Karena keberhasilan dan atau kegagalan pendidikan orang tua akan terlihat dalam sepuluh tahun yang akan datang. Maka yuk mulai dari sekarang tebarkan senyum ke siapa aja, tapi jangan senyum-senyum sendiri ya.

cheers,
Uwien


16 Aug 2017

Wahana Terbaru di the Lodge Maribaya Lembang

Assalaamu'alaikum, teman-teman. Sudah pada tahu the Lodge maribaya belum? Itu lho, tempat yang kece banget -- yang lagi ngehits -- yang foto-fotonya bertebaran di instagram -- yang pemandangannya kece -- yang ada ayunannya di atas jurang -- yang ada sepeda di atas tali. Ah pokoknya lagi happening banget. Selain yang saya sebutkan di atas, sekarang, ada wahana terbaru di the Lodge Maribaya Lembang, lho. Mulai bulan Juli 2017, the Lodge maribaya meluncurkan beberapa wahana baru spot foto kece yang pasti bikin orang lain pengen mencoba juga foto di tempat ini.  Apa saja wahana baru itu?

Oiya, jika ingin tahu wahana lain yang sudah ada sebelumnya, yuk baca tulisan saya di sini : wahana foto the Lodge Maribaya.


1. Gantole
Nikmati sensasi berfoto seperti sedang naik paralayang. Di sini ada dua pilihan, duduk atau tiduran. Saya memilih yang tiduran. Ternyata susah juga saat harus meluruskan kaki dan mengangkat pegangan besinya. Apalagi kalo berat badannya seperti saya. lol

GANTOLE .photo by : @buher_tea 

2. Balon Udara
Ternyata kotak tempat kita berdiri ini, bawahnya terbuat dari kawat yang berlubang. Kita bisa melihat pemandangan di bawah kaki kita. Rasanya ngeri-ngeri sedap. Hasil fotonya layaknya sedang menaiki balon udara terbang di angkasa. Keren!
photo by : A'budi

3. Playground
Bisa dinikmati oleh anak kecil yang belum bisa menaiki berbagai wahana di sana. Pliiis, yang udah gede apalagi ibuk-ibuk nggak usah ikut merusuhi anak-anak ikut main di playground, ya. hehe

photo by @buher_tea

Wahana ini saya coba waktu camping di the Lodge Maribaya beberapa waktu yang lalu. Selain itu, the Lodge juga sudah membuka satu tempat makan lagi. Namanya Omah Bamboo. Menambah variasi tempat makan yang sudah ada sebelumnya the Pines Cafe dan Dapur Hawu.

Bamboo Nest.
Bamboo Nest ini sebenarnya bekas area camping, lho manteman. Bisa untuk umum, tapi ada syaratnya. Yaitu order makanan atau minuman dengan minimum pembelian di Omah Bamboo, baru kita bisa duduk-duduk santai di sini sambil menikmati makanan yang sudah kita pesan.



Nah, itu dia wahana baru di the Lodge Maribaya Lembang. Kamu sudah mencobanya? Kalau belum, cuss week end ini ke sana. Alamatnya : Jalan Maribaya no 149/252 Rt 03 Rw 15 Kp Babakan Gentong , Cibodas Maribaya - Lembang.

Cheers,
Uwien

15 Aug 2017

Everyone Can Trade, Kenalan dengan Forex

Hi Forex IMF,
 salam kenal dari emak-emak yang tahunya korek (buat nyalain kompor). lol
Belajar tanpa batas. 


Begitulah saya mengawali hari itu dengan twiit tersebut. Saya memang belum mengetahui secara baik apa itu forex. Jadi saya kenalan dulu, deh. Pernah sih mendengar kata forex dulu waktu suami ngajak diskusi karena katanya mau "mainan" forex trading. Selebihnya nggak tau sama sekali, lol. bahkan kabar yang banyak beredar di masyarakat, forex itu penipuan, investasi bodong, judi, dsb. Serem juga ya. PADAHAL..padahal jika kita mengenal dan mempelajarinya mah nggak seseram itu. 

Prinsipku adalah belajar tanpa batas. Apapun yang menarik bagi saya akan saya pelajari. Yang nggak menarik juga kadang dipelajari ding. Nggak ada yang melarang seorang emak-emak belajar forex, kan? Nah, Selasa (8/8) lalu di kantor Forex IMF Bandung yang beralamat di Jalan Sunda nomor 57, saya belajar secara cuma-cuma tentang forex trading ini. Ya, nggak sampai ngelotok banget sih sampai detail, namun setidaknya saya jadi tahu "ooh, ternyata forex tuh gini-gini-gini." Nggak seperti paradigma yang tersebar di masyarakat awam.


Diperkenalkan oleh Pak Eko Trijuni ( Head of Analyst & Education Forex IMF ) hari itu membuat kening saya mengkerut 3 kali lipat dari biasanya. lol. Otak sampai ngebul. Saya acungi empat jempol , hebat banget lah orang-orang forex trading ini. 

Mengenai Forex

Forex itu kependekan dari Foreign Exchange yaitu pasar mata uang. Untuk kita yang awam, bayangin aja money changer. Seperti itulah forex trading bekerja. Bedanya dengan money changer, forex kerjanya online sedangkan money changer offline. Perbedaan lainnya perhatikan gambar di bawah ini: 

Forex trading ini bisa membuat orang sukses kaya raya, namun bisa juga bangkrut dalam sekejap jika tak pandai membaca situasi. Makanya, sebelum memutuskan "main" forex, kita harus mempelajari dan memahaminya. Apapun bisnisnya jika tidak menguasai ya ujung-ujungnya bakal merugi. Ya nggak? 
Untuk penjelasan mengenai Forex bisa dibaca di sini :

Yuk, Belajar Mengenal Seluk-Beluk Trading Forex

Terus dimana mempelajarinya? ya di Forex IMF ini. Sebagai pialang atau broker, mereka menyediakan tempat dan waktu baik bagi nasabah, calon nasabah, ataupu siapa saja yang ingin mendalami forex trading ini. Di sini banyak ahlinya. Silahkan datang ke kantornya, kalau di Bandung berada di Jalan Sunda no 57. Dengan senang hati para ahli di sana akan membimbing Anda.



Dalam memilih pialang, kita harus benar-benar cermat agar tidak terjebak pada pialang yang tidak resmi. PT IMF ini sudah resmi. Sudah mempunyai ijin pialang BAPPEBTI (No. 736/BAPPEBTI/SI/6/2005). Merupakan member Jakarta Futures Exchabge, Indonesia Commodity and Derivatives Exchange, dan Indonesian Derivatives Clearing House. Sebenarnya saya nggak tahu itu apaan. Tapi bisa kita cek kebenarannya.

Bagaimana MUI memberi fatwa tentang perdagangan uang? 


Terdapat pada : Fatwa Dewan Syari'ah Nasional Majelis Ulama Indonesia
No: 28/DSN-MUI/III/2002 tentang Jual Beli Mata Uang (Al-Sharf)

Mengutip dari Fatwa MUI di atas, bahwa Transaksi jual beli mata uang pada prinsipnya boleh dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Tidak untuk spekulasi (untung-untungan).
2. Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-jaga (simpanan).
3. Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama dan secara tunai (at-taqabudh).
4. Apabila berlainan jenis maka harus dilakukan dengan nilai tukar (kurs) yang berlaku pada saat transaksi dan secara tunai.

Selengkapnya bisa dibaca di sini : http://www.syariahonline.com/v2/fatwa/mui/2674-fatwa-mui-tentang-trading-forex.html

Dalam bermain forex trading (dan juga bisnis-bisnis yang lain) tentu ada resiko. Jangan terbuai dengan janji-janji manis akan mendapatkan untung berlipat ganda tanpa adanya resiko. Biasanya yang seperti itulah oknum yang merusak forex trading. Jadi hati-hati aja jangan sampai kita terkena rayuan investasi bodong apalagi terjebak di ruang nostalgia kayak mbak Raisa. Jangan sampai!!

Kesimpulan:

Forex trading bukanlah bisnis yang mudah. Di balik keuntungan yang menggiurkan juga ada resiko yang besar pula. Kalau forex ini mudah, dapatnya paling cuma sabun colek. XD


Forex IMF
alamat : jalan Sunda no 57 Bandung, Jawa Barat

website : www.foreximf.com

fanpage : FOREXimf.com

twitter  : @FOREXimf

instagram : @forex.imf