24 Mar 2016

Ngobrol Kece Tentang Aestetic dan Anti Aging bersama Dr David Budi Wartono



Senin, 21 Maret 2016 bersama si matic biru saya melaju ke Hotel Best Western Premier La Grande di Bandung. Nggak ketinggalan pula Akram ikut menemani saya memacu motor membelah kemacetan jalan raya. Sedangkan Dhi , sekolah sampai siang.

Saat saya datang, acara Ngobrol Kece Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh tengah ada testimoni yang pernah menjalani konsultasi dan perawatan di DF Clinic. Ada Kang Ali, Teh Afi, dan Teh Nchie yang sharing pengalamannya bersama DF Clinic.

Tak lama, masuk ke materi utama bersama Dokter David Budi Wartono. Beliau adalah pakar Aesthetic dan Anti Aging yang sudah tidak diragukan lagi kapasitasnya.



"Apa keluhan Anda?" Dokter David mengawali Ngobrol Kece pagi itu dengan sebuah pertanyaan.
Dr. David bertanya kepada peserta seminar agar materi yang nanti disampaikan bisa tepat sasaran.
Para peserta pun melontarkan berbagai macam keluhan, antara lain :
alergi, kegemukan, hormon yang tidak seimbang, gangguan metabolisme, dan lain-lain (saya lupa).

Saya coba tuliskan apa yang telah dokter paparkan dalam seminar kemarin.

Alergi

Alergi diakibatkan oleh system kekebalan tubuh yang keliru mengidentifikasi bahan yang tidak berbahaya dan kemudian menyerangnya. Orang-orang yang alergi sangat sensitive terhadap bahan-bahan yang bagi sebagian besar orang sama sekali tidak atau kurang berbahaya.

Ada dua macam alergi, alergi yang sifatnya tidak hancur dan alergi yang sifatnya hancur.
Yang sifatnya tidak hancur, contohnya, kalau makan udang, reaksinya bengkak. Alergi jenis ini, bisa diobati dengan CTM. Pakai CTM, bengkaknya hilang.
Tapi ada reaksi alergi lain yang sifatnya hancur. Itu nggak mempan dengan CTM.
Yang bias kita lakukan adalah mencari penyebabnya dan stop dimakan. Alergi jenis ini tidak bisa sembuh.

Dan jika tidak menghentikan penyebab alergi itu maka, reaksinya bisa jadi ketombe tiada henti, jerawat bernanah tiada henti, gatal di seluruh badan tiada henti. Penyakit seperti lupus dan psisioaris bahkan migraine-migrain yang gak jelas bias berawal dari alergi.
P.S : Ada alat mengecek alergi, tapi mahal karena harus mengecek 96 bahan makanan yang harus diperiksa.

Celakanya, kalau kita terkena alergi di makanan utama. Misalnya, telor. Bikin nasi goring pake telor, bikin perkedel pake telor, bikin cake juga pake telor. Jadi makan apapun yang mengandung telor, akan langsung bereaksi. Beda dgn orang yg jerawatnya yang kadang2 ada kadang2 enggak. Mungkin dianya kenanya di udang. Pada saat makan dia reaksi pada saat gak makan dia gak reaksi. Seperti saya banget ini, udang dalam bentuk apapun jika saya makan akan muncul jerawat dan gak pake lama setelah makan.

Jadi kalau punya alergi dlm bentuk apapun, cara paling mudah adalah memperbaiki system. Naikin kesehatan tubuhnya, screening bahan makanannya. Jika sudah ketemu bahan makanan yang bikin alergi, tinggalkan. Dalam kasus yang paling sering ditemui oleh dokter David adalah alergi terhadap susu. 99% anak kita dan orang tuanya itu adalah alergi susu, cuma mereka kebanyakan tidak menyadari. Dokter David, satu-satunya yang bilang susu is bad. Susu sapi sekarang berbeda dengan susu 10 tahun yang lalu. Susu sekarang 30% susu, 70 % zat aditif/zat tambahan.

 Anda menyangkalnya? Silahkan berdebat dengan dokter David, jangan sama saya. Hehehe :D

Alergi itu sifatnya seperti racun tikus, menghancurkan yang ada di dalam. Jadi kalau masih ngeyel mengkonsumsi makanan yang bikin alergi, ya sama saja menghancurkan tubuhnya sendiri.


Fiuuuh… panjang, yaaa. Ini baru satu bahasan. Masih ada bahasan lainnya lho.

Hormon

Hormon itu ibarat manager. Manager yang mengatur kerja sistem tubuh kita. Misalnya : kenapa wanita payudaranya tumbuh sedangkan laki-laki tidak, kenapa laki-laki mudah berotot sedangkan wanita tidak. Satu hormon dan hormon lain itu kerjanya saling bertautan. Yang paling terkenal dan sering kita kenal adalah hormon estrogen, progesteron dan hormon tertosteron. Masing-masing hormon punya "job" sendiri-sendiri. 
Jika sistem hormon pada seseorang bagus, tubuhnya akan bagus tanpa perlu capek-capek mengatur makan dan gerak. Dia bebas makan apapun, bisa bergerak bagaimanapun.
Tapi jika sistem hormon seseorang buruk, walaupun cuma minum air putih, nasi dua sendok,sama sayur-sayuran tubuhnya tetep gemuk. Itu sistem hormonnya terganggu.

Salah satu fungsi hormon bagi wanita yaitu mengatur siklus haid. Normalnya wanita haid seriap 27-28 hari. Apabila terganggu hormonnya, siklus haid ini bisa memendek atau memanjang. Kurang hormon atau kelebihan hormon. Problem yg sering adalah kurang, jadi siklus haidnya memendek jadi 21 hari. Kerap kali ditemui sebulan ada yang 2 kali haid. Wanita yang siklus haidnya pendek, menopause akan datang lebih awal.
Tanpa kita sadari, kita sudah masuk dalam prepubertas. Artinya masa puber datang terlalu cepat.
Puber dibawah 12 tahun (8-12), siap-siap menopause di usia 40 tahun.
Puber 12-14 tahun, 40-50 tahun. Masih normal.
Puber diatas 14 tahun, di atas 50 tahun. Ini good generation.

Pembahasan tentang hormon selanjutnya adalah tentang KB, pertumbuhan rambut pada laki-laki, gangguan hormon pada laki-laki, de es be... de es be


***
Aaah, saya rasa tidak cukup catatan ini merangkum materi yang super kece dalam Ngobrol Kece bersama dokter David yang kece.

Anda mau konsultasi juga? Langsung aja dateng ke DF Clinic ya di jalan Leumah neundeut no 10 Bandung.

4 Mar 2016

Ulang Tahun di Sekolah, Berbagi Kegembiraan

Hari ini syukuran ulang tahun Dhia di sekolahnya. Persiapannya -yang walaupun sederhana tapi teteup riweuh- bisa dibaca di sini.

Dimulai pukul tiga dini hari, masak nasi kuning. Mau bikin tigapuluhan pcs, jadi dua kali kloter masak pakai mejikom. Sambil nunggu nasi kuning mateng, ngegoreng pelengkapnya sambil ngantuk-ngantuk. Lalu ngemasin ke wadah mika yang saya beli kemarin. Udah kayak mau jualan nasi kuning. lol
Nasi Kuning

Pukul enam pagi, belum semuanya beres. Distop karna harus membangunkan, nyiapin dan nganterin Dhia berangkat ke sekolah. Setelah nganter Dhia, saya kembali ke rumah untuk merampungkan persiapan.
Acaranya dimulai pukul 10:00, jadi saya masih punya waktu untuk kembali melengkapi segala sesuatunya. Bingkisan sudah beres. Hadiah untuk game dan kuis, cek.  Korek api, cek. Pisau, cek. Tissiu, cek. Kemudian saya kembali lagi ke sekolah pukul setengah sepuluh.

Jam sepuluh teng, bertepatan anak-anak TK masuk setelah istirahat, acara pun dimulai. dari awal sampai akhir dipandu sama Ibu Guru. Saya bagian dokumentasi aja. :D

Roundown acara ulang tahun di sekolah tadi siang adalah sebagai berikut :

1. Bernyanyi

2. Games
Gamesnya berupa pertanyaan-pertanyaan mudah dari Bu Guru. Hadiah games ini adalah susu cair Morinaga Chil-go! Semua antusias ingin mendapatkan hadiah dengan menjawab pertanyaan dan juga bernyanyi maju ke depan.
games menjawab pertanyaan dan bernyanyi di depan

3. Tiup Lilin


4. Potong Kue
Berbagi potongan kue ulang tahun kepada semua teman-teman. Senangnya kuenya jadi habis. ^_^
Dhia dan Akram

5. Berbagi bingkisan
Bingkisan yang sederhana ini buktinya mampu membuat anak-anak bergembira. Satu persatu teman-teman Dhia mengucapkan selamat dan memberikan kado. ^_^
saat membagikan bingkisan

"Terima kasih teman-teman atas hadiah kegembiraan hari ini."
Terima kasih juga untuk Bu Rina dan Bu Hanna yang dengan sabar mendampingi Dhia di sekolah.


***
Acara ini terselenggara berkat kerjasama dengan susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! 

"Berbagi Keceriaan, Berbagi Morinaga Chil-Go!"

Dhia bersama tumpukan kado dari teman-teman
***
Selain moment berbagi saat ulang tahun di sekolah, Dhia juga berbagi Morinaga Chil-Go! kepada teman-teman di sekitar lingkungan rumah. Anak-anak saya sudah saya biasakan berbagi sejak kecil. Jadi, mereka senang aja membagi-bagikannya, walaupun susu Chil-Go! sangat mereka sukai.

Sambil membagikan, sekalian memperkenalkan Morinaga Chil-Go! kepada Mamah-Mamahnya. Ternyata masih ada yang belum tahu, nih. Saya jelaskan kepada mereka bahwa susu Morinaga Chil-Go! ini adalah produk dari Kalbe. Sontak mamah-mamah yang lagi duduk 'ngariung' ( ngumpul ) menjawab "Ooooh'"
Mereka sudah sangat familiar dengan kata Kalbe ternyata. Karena Kalbe memang sudah lama berada di Indonesia. Makanya tak heran kalau banyak yang percaya dengan produk-produknya yang terkenal bagus.

Sambil duduk bersama sambil ngobrolin tentang tumbuh kembang anak, ngobrolin Morinaga Chil-Go! yang telah ditambahkan ke dalamnya prebiotik, protein, 9 vitamin dan 6 mineral, juga ngobrolin segala macem termasuk harga jengkol yang tetap dan harga bawang yang makin naik makin naik aja.
^_^

~Berbagi sehat, berbagi Morinaga Chil-Go!~

3 Mar 2016

Ulang Tahun Anak di Sekolah, Bagaimana Persiapannya?

Besok adalah ulang tahun Dhia. Dari Dhia lahir sampai sekarang usianya 6 tahun, belum pernah sekalipun saya rayakan ( mengundang teman dan rame-rame pesta :D ). Maksudnya sih agar Dhia nggak selalu minta ulang tahunnya diramaikan setiap tahun. Saya ngomong ke Dhia bahwa merayakan ulang tahun itu nggak kudu/nggak harus.

Walaupun tiap tahun nggak dirayain, setiap tanggal kelahirannya saya selalu ngobrol dengan anak-anak, kalau hari ini umurnya nambah satu lagi; berarti udah nambah gede; dan itu artinya Dhia harus lebih mandiri. Selain harapan-harapan, yang pasti terucap adalah doa-doa yang tiada terputus untuk kebaikan anak-anak.

Bulan ini Alhamdulillah ada rezeki lebih, jadi kami mau sedikit berbagi ke teman-temannya Dhia si sekolah berupa syukuran ulang tahun di sekolah.

Saya bukan tipe orang tua yang saklek. Saya nggak berfikiran bahwa syukuran ulang tahun itu sebuah dosa. Dosa menyerupai suatu kaum atau apalah itu. Yang utama menurut saya adalah niatnya aja. Niat berbagi.

Walaupun cuma acara ulang tahun sederhana di sekolah, tetep aja harus ada perencanaan. Jadi seharian ini saya berkeliling ke pasar dan swalayan buat nyari segala sesuatu yang dibutuhkan nanti.

Ini hal-hal yang saya siapin :

Memilih Konsep
Ulang tahun di sekolah TK biasanya tidak terlalu wah (tapi tetep riweuh :D ) . Gak pakai konsep-konsepan segala. Biasanya acaranya hanya game/kuis berhadiah, tiup lilin, potong kue, bagi-bagi kue ultah, dan bagi-bagi bingkisan untuk dibawa pulang teman-teman.
Kita harus tahu, kalau anak TK itu gak bisa lama-lama duduk tenang, jadi acaranya juga jangan terlalu lama.

Menyiapkan Pernak-Pernik
Apa aja?
- Undangan
- Pisin kerta + sendok kue
- Bolu ultah + lilin
- Plastik bingkisan
- Plastik mika untuk wadah nasi kuning + sendok plastik
Undangan



Menyiapkan Snack untuk Bingkisan
Untuk bingkisan yang dibawa pulang, anggarannya sekitar 10-20 ribu itu udah banyak. lalu untuk nasi kuningnya, kita bisa siapkan dini harinya.

Melobi Guru
Harus bilang dulu sama guru kelasnya bahwa besok akan mengadakan syukuran di sekolah.

Nah setelah semua dipersiapkan, jangan lupa kasihkan undangannya.

Untuk desain-desain cantik kartu undangan atau kata-kata selamat ulang tahun, teman-teman bisa mendapatkan dengan GRATIS di web selamat ulang tahun CANVA. Di sana ada banyak sekali kata-kata selamat ulang tahun yang menarik dan inspiratif.



H-1 Ulang tahun Dhia.
(Yang walaupun biasa aja tapi tetep riweuh.)

Hari #1 ke DF Clinic

DF Clinic wall. Kagak nahan untuk nggak foto di sini. :D
*Janjian untuk perawatan bareng teman-teman.
(foto punya teh Tian Lustiana)
Ini pertamakalinya saya datang ke DF Clinic,  tempat yang sama dengan Ibu Wali Kota Bandung dan artis Wulan Guritno melakukan perawatan.
Agak nerveus juga, sih. Antara nerveus dan penasaran nanti bakal diapain aja di dalam. lol

Dulu saya pernah melakukan perawatan di salon kecantikan untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel ini. Dan itu sakkiiiit karena dipencet dan dikeluarkan 'isi'nya ( di-facial ). Jerawatnya sempat bersih, tapi setelah nggak ke salon jadi numbuh lagi. Fiuuh..!! percuma bayar mahal-mahal nih, pikirku.

Ya, dulu saya pikir kesembuhan jerawat itu karena obat anu, terapi anu, atau kosmetik anu. Makanya, saat teman-teman merekomendasikan obat jerawat mulai yang buatan pabrik ( obat luar dan dalam ) sampai yang tradisional ( seperti tumbuh-tumbuhan dan jamu ) saya sudah mencoba semua. Dan semua nggak ngefek sama sekali di jerawat saya.
Ternyata setelah konsultasi dengan dokter di DF Clinic, bukan itu semua yang bikin jerawat hilang. Yang jadi penyebab kesembuhan jerawat -khususnya jerawat saya- adalah diri saya sendiri.

~*~ 

Curhat di Ruang Konsultasi

"Apapun keluhanmu, curhatkan saja sama Dokter. gak boleh ada yang ditutup-tutupi." ~pesan teh Tian dan teh Efi. ^_^ 

Berbeda dengan salon/klinik kecantikan lainnya, kalau kita datang ke DF Clinic, kita nggak bisa dengan sendirinya memilih perawatan yang diinginkan. Pertama kali datang, kita harus konsultasi dulu dengan dokter. Konsultasinya pun dengan dokter ahli Aesthetic dan Anti Aging, Dokter David Budi Wartono. Beliau lulusan American Academy of Anti Aging & Regeneratife Medicine ( 2007 - 2013 ) -yang berkomitmen membantu orang-orang agar terlihat dan merasa lebih muda, sehat dan bugar setiap hari.

Dari konsultasi yang lumayan panjang, saya bisa tahu akar permasalahan yang sesungguhnya dari masalah jerawat ini -yang kata orang kalau sudah menikah bisa sembuh. Kata dr.David, jerawat saya ini bukan karena salah penggunaan make up tapi karena alergi makanan.

"Bukannya ini karena hobi saya yang mencet-mencet jerawat, ya Dok?"
"Bukan, karena jerawat karena alergi makanan, baik itu dipencet atau tidak, bekasnya akan tetap berska/berlubang."

Dulu saya pantang makan seafood memang, bukan karena gak suka tapi karena setelah makan akan langsung muncul jerawat yang segede-gede biji jagung. (Waktu itu belum tahu kalau ternyata itu merupakan reaksi alergi.) Dan itu rasanya, luar biasa. Ya gatel, panas, pegel, penampakannya merah dan (maaf) bernanah. Setelah menikah, saya kembali makan seafood karena saya pikir,
 "Ah udah nikah ini, ntar kan sembuh dengan sendirinya."
Pernah mendengar kan, mitos jerawat : kalau sudah menikah, akan sembuh dengan sendirinya.

Ternyata anggapan saya SALAH BESAR.
Dan bersyukur di konsultasi ini saya menemukan jawabannya. Alergi itu tidak ada obatnya. Jalan satu-satunya adalah tidak mengkonsumsi makanan yang memicu munculnya reaksi alergi tersebut. Kalau saya, sudah dipastikan alergi seafood non fish dan pedas. Begitu makan dua jenis makanan ini jerawat langsung tumbuh. Dan kemungkinan besar, saya juga alergi sama telur, susu dan tepung. Jadi Dokter juga menganjurkan untuk tidak mengkonsumsinya sementara ini untuk melihat reaksi pada  kulit wajah.

Yakampyuuun, banyak bangeeet makanan yang gak boleh dimakan. -__-
Lalu, kalau gak boleh makan terigu dan turunannya, susu dan turunannya, telur dan turunannya... Gue makan apa dong??!!

Masih banyak kok, masih ada sayur, buah, daging, nasi, dll.
Ini cobaan yang sungguh berat. Anda tau? udang dan kepiting itu sungguh lezat. (*mulai lebay*)
Kita lihat beberapa hari ke depan. Mulai saat ini, saya sudah (mencoba) berhenti makan pedas dan seafood. ((mencoba)) T_T

Dokter berani tarohan, jika saya berhenti mengkonsumsi seafood, dijamin jerawat nggak akan numbuh lagi. Tapi kalau saya masih 'ngeyel' dan tetep makan makanan-yang-sangat-enak-itu... ya tanggung sendiri akibatnya. Bukan cuma wajah aja yang rusak tapi sama dalem-dalemnya juga. Karena, kata Dokter, jerawat tu cuma reaksi luar aja. Sementara yang di dalem, rusaknya sedikit-demi sedikit kalau tetap makanan yang bikin kita alergi.
"Inget ya," Dokter mengomat-omat (alias menegaskan) " Alergi itu tidak ada obatnya."

Treatment


"Nikmatnya, treatment di klinik utama yang peralatan dan fasilitasnya lengkap dan modern."

Treatment MD Face dan Ionto

Setelah konsultasi, sesuai dengan keluhan saya di awal yaitu jerawt, saya diberikan treatment yang namanya Microdermabrasi dan Iontophoresis

"Apa itu Microdermabrasi?" saya minta penjelasan kepada beautician DF Clinic yang akan mentretment saya.
"Microdermabrasi adalah treatment untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang ada di wajah."

Setelah wajah saya dibersihkan, kemudian teteh beautician mulai menyalakan alat. Rasanya seperti disedot-sedot pake vakum cleaner. (*katrok banget nih saya*) LOL
Jadi kenapa wajah kita kusam salah satunya karena sel kulit mati tetap menempel di kulit wajah.
Setelah selesai saya diliatin kotoran yang telah diambil. Tebalnya sekitar 1mm. 0_0

Setelah itu, wajah saya dikompres (mirip seperti pakai masker instant). Disini saya hampir tertidur karena saking enaknya, hihihi.

Treatment yang kedua : Iontophoresis
Ionto ini untuk memasukkan serum agar meresap ke dalam kulit wajah. Pertama alatnya terasa hangat. Suhu alat diatur hangat gunanya untuk membuka pori-pori. Yang kedua, masih menggunakan alat yang sama, rasanya dingin seperti dioles-olesin es batu. Alat diatur dingin gunanya untuk menutup pori-pori. Setelah kedua proses ini kemudian dibersihkan menggunakan handuk basah.

Terakhir, wajah saya diolesi anti iritasi agar kulit tidak kemerahan. Selesai. Treatmentnya sekitar 30 sampai 45 menit.

Begitu keluar ruangan treatment, teman-teman bilang wajah saya jadi terlihat seger dan lebih kinclong. (((kinclong))) iyakali keramik :p 

Ruang tunggu lantai 2 DF Clinic
Ruang tunggunya luas dan nyaman banget.
Setelah selesai treatment, kita tinggal menunggu resep dan pembayaran di kasir. Perlu diketahui, tiap orang akan mendapat resep yang berbeda, karena keluhannya juga berbeda pula. Nggak bisa, ah aku mau pake krim ini dan obat ini. Percaya deh, Dokter nggak memberikan obat terbaik untuk masalah kulit dan tubuh kita.  
Setelah dipanggil, saya tinggal membawa struk yang telah dilunasin ke apotek yang letaknya masih di gedung yang sama. Mengambil obat dan krim yang diresepkan khusus oleh Dokter sambil mendengarkan asisten apoteker menjelaskan cara menggunakannya. 

Ini dia obat yang saya dapatkan:

1. Facial Wash DF
Facial wash ini telah dicampur dengan racikan oil lemon 0,5 %. Digunakan saat malam hari saja. Sedangkan pagi harinya, cukup mencuci muka dengan air hangat. 
Jika dalam sehari kita mencuci muka dengan sabun muka terlalu sering, muka akan menjadi kering dan produksi minyak di wajah menjadi semakin banyak.

facial wash

2. Clindamycin Phospate 1,2 %

Bentuknya gel. Dipakai hanya di kulit wajah yang berjerawat dan yang beruam-ruam merah. Pakainya di pagi dan malam hari setelah cuci muka.


3. Racikan Malam P-1A

Dioleskan tipis-tipis di seluruh wajah, satu jam setelah cuci muka pakai facial wash. Setelah memakai ini, kulit wajahku langsung berasa halus banget.

krim malam
Demikian pengalaman pertama kali perawatan di DF Clinic. Semoga bisa memberikan informasi bagi yang penasaran treatment di DF tuh seperti apa. :))

***

p.s. Harga Treatment Microdermabrasi Face adalah Rp 270.000
Iontophoresis : Rp 100.000
p.s.s Untuk obat yang diresepkan berbeda-beda, tergantung permasalahan masing-masing orang. Yang mungkin harganya juga bisa berbeda.

Untuk informasi dan lain-lain, silahkan langsung hubungi DF Clinic :
telepon     : 022-2010593
whatsapp  : 0812 2190 6850
pin BB      : 7D38BCFC
email         : df_clinic@dfclinic.com
Atau datang langsung ke : Jalan Leumah Neundeut no 10 Bandung.
( Dekat Universitas Maranata, Bandung )

***