26 Apr 2016

Main Hujan-Hujanan, Yes or No?

main hujan-hujanan
Main hujan-hujanan, yes or no? Dengan melihat foto di atas sudah dipastikan saya menjawab YES.

Main hujan-hujanan bagi seorang anak itu sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan. Saya masih inget banget waktu saya masih kecil ( usia SD ). Main hujan-hujanan menjadi salah satu kegiatan favorit. Hal ini menjadi Joy Memory yang sampai sekarang masih tersimpan dalam otak saya. Saya masih ingat betul bagaimana tetesan-tetesan air hujan membasahi sekujur tubuh.

Sayangnya, dulu, ibu saya selalu memarahi saya ketika beliau tahu saya main hujan-hujanan. Pulang-pulang dalam keadaan basah kuyup. Walaupun selalu dimarahi habis hujan-hujanan, saya nggak kapok dan melakukannya lagi dan lagi.

Sekarang, saat saya sudah menjadi ibu, masa iya saya nggak mengijinkan mereka merasakan senangnya main hujan?

" Ibu yang konyol. Nanti anaknya sakit lhoh. Kasian anaknya, main hujan-hujanan kok dibiarin. Awas masuk angin. Nanti batuk pilek loh. "
Saat saya menemani anak saya main hujan, ada saja komentar tetangga seperti itu. Pun saat saya mengunggah fotonya si sosmed. Pasti ada lah orang tua yang mbatin dan nggak sepaham dengan saya. Dan saya menghargai itu. :)

Kalau saya dibilang saya ibu yang konyol, saya memang konyol, hihihi.... Terkadang apa yang saya lakukan dalam mengasuh anak memang tidak mainstream seperti orang tua lainnya. Ya salah satunya main hujan-hujanan ini. :)
Kalau dibilang kasihan anaknya, nanti sakit. Saya kembali lagi ke memori masa kecil saya dimana main hujan-hujanan itu sesuatu yang seru dan menyenangkan. Anak saya juga minta dengan sopan bahwa dia ingin main hujan-hujanan. Sekiranya saya tidak mengijinkan, mereka tidak lantas merengek atau menangis.
Gak takut anaknya sakit. Siapa sih orang tua yang mau anaknya sakit. Walaupun "cuma" masuk angin atau batuk pilek, saya yakin tak ada satu orang tuapun yang pengen anaknya sakit.
Main hujan-hujanan ini salah satu upaya agar anak saya "kebal" sama air hujan. Jadi saat nanti mereka kehujanan tidak lantas sakit.

Main hujan-hujanan juga ada prosedurnya. Ada S&K-nya.
Saya membolehkan anak-anak main hujan-hujanan dengan catatan :

- Anak-anak sedang dalam kondisi fit, tidak habis sakit.
Jangan sampai anak baru sembuh dari demam misalnya, diperbolehkan main hujan-hujanan.

- Hujan yang tidak disertai petir dan angin.

- Hujan lebat, bukan gerimis yang rintik-rintik.
Hujan lebat lebih asyik dari pada gerimis. Percaya nggak percaya, air hujan bisa menjadi terapi kesehatan buat tubuh (ini teori ngasal saya sih).

- Tidak terlalu lama. 10 - 15 menit cukup.
Jangan sampai jari anak mengeriput, dan bibirnya membiru.

- Tidak terlalu sering.
Apalagi yang tinggal di kawasan industri atau daerah yang tingkat polusi udaranya sangat tinggi. Karena hujan di kawasan ini merupakan hujan asam yang tidak bagus (bukan cuma untuk manusia) untuk kehidupan hayati.
Akram yang di musim penghujan tahun ini berusia 3 tahun lebih, main hujan-hujanannya juga masih bisa dihitung pake jari.

- Setelah selesai main hujan-hujanan, langsung mandiin anak. Guyur seluruh badan dengan air dingin atau air hangat kuku. Kalau pakai air hangat yang mendekati panas, nanti justru akan merasa dingin.  Keramas dan sabunin sampai bersih.

- Setelah mandi, baluri seluruh tubuh anak dengan minyak kayu putih.
Pakaikan pakaian yang hangat. Minumkan minuman hangat. Kalau di kotak obat ada persediaan, berikan madu+air hangat. Kalau perlu minum tolak angin untuk anak.

Main hujan-hujanan itu nggak bikin sakit kok asal benar cara dan penanganannya. (((benar cara dan penanganannya)))

Salam dari Cimahi yang akhir-akhir ini kalau siang selalu hujan.

5 Apr 2016

PRENAGEN Pregnancyy Educational Journey Mempersiapkan Awal Kehidupan Terbaik si Kecil

PRENAGEN Journey Educational Journey ( selanjutnya ditulis PPEJ ) merupakan salah satu rangkaian kampanye #PRENAGENPeduli yang diperuntukkan bagi para calon orang tua dan yang sudah menjadi orang tua di berbagai kota di Indonesia. Di tahun 2016 ini, Bandung sebagai kota pertama diselenggaraannya PPEJ. Acara ini sendiri diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil dan menyusui yang telah memilih Prenagen sebagai teman setia menyiapkan tumbuh kembang si kecil sejak dalam kandungan hingga 2 tahun. Sekaligus menyadarkan para calon orang tua bahwa nutrisi dan stimulasi di 1000 hari pertama kehidupan itu sangat penting.

Bertekad ingin menimba ilmu sebanyak-banyaknya, saya pun hadir pukul tujuh pagi di The Trans Luxury Hotel tanggal 2 April 2016 lalu. Ini merupakan acara edukasi terlengkap PRENAGEN yang mengusung tema "Siapkan Awal Kehidupan Terbaik si Kecil!". Kenapa? Sebab di Education Center-nya ada kelas edukasi dan konsultasi gratis yang dibagi dalam beberapa kelas seperti : Kelas PraKehamilan, Kelas Kehamilan, Kelas Menyusui, dan Kelas Nutrisi Sehat. Semua peserta terlihat antusias dengan semua kelas. Terbukti semua kursi terisi penuh. Setiap kelas dibagi menjadi tiga sesi, jadi yang ketinggaan di sesi pertama masih bisa mengikuti sesi selanjutnya.

Kelas Pra Kehamilan





Di kelas prakehamilan ini, membahas semua hal yang berhubungan tentang persiapan menghadapi kehamilan. Bagaimana menjaga asupan gizi agar cepat hamil. Bagaimana mengetahui tanda-tanda hamil sebelum melakukan tes kehamilan. Bagaimana menyiapkan ilmu yang banyak sebelum kehamilan benar-benar terjadi. dan sebagainya.
Sebelum hamil para calon ibu dan calon ayah juga harus tahu kapan waktu efektif agar bisa berhasil 'mempertemukan' sel telur dengan sperma. Maka dari itu, pasutri (pasangan suami-istri) perlu pengetahuan tentang menghitung masa subur. Baik yang ingin segera mendapat momongan maupun yang ingin menundanya. 
Bagaimana mengetahui masa subur? Salah satu caranya adalah memperhatikan lendir yang keluar dari miss V. Cirinya, tidak putus ketika dicek menggunakan jari. Salah duanya adalah dengan memperhatikan siklus haid. Mudahnya, 11 hari sebelum dan 11 hari sesudah haid. Dalam kurun waktu itu adalah waktu subur. Tapi ini juga tergantung masing-masing orang juga, sih. Ada yang memang kondisi suami-istrii sedang bagus, sehat dan tidak capek atau stress. Melakukan hubungan di luar masa subur juga ada kemungkinan bisa hamil. Jadi perlu diperhatikan kondisi psikis pasutri juga. 

Kelas Kehamilan


Dr. Indri dan bidan dari RS Melinda
Di kelas ini, diedukasi tentang proses apa saja yang terjadi saat kehamilan berlangsung. Dari 0 bulan sampai usia 9 bulan 10 hari atau sampai bayi dilahirkan. Bagaimana peran suami saat istrinya hamil. Dan banyak informasi yang sangat membantu bagi pasangan calon orang tua. Maka tak heran, di kelas ini yang hadir sebagian besar adalah pasangan suami istri yang sedang menantikan kelahiran buah hatinya.
Pesan dari dr. Indri : Ibu hamil wajib HAPPY. Dan jangan pernah abaikan asupan makanan.

Kelas Menyusui

Bu bidan sedang memperagakan bagaimana menyusui yang benar.
Di kelas menyusui ini juga banyak sekali imu yang bisa didapat sebagai bekal untuk para ibu -dan juga ayah. Dari mulai cara memandikan bayi baru lahir, cara memegang atau menggendong bayi, cara menengkurapkan bayi, cara mengganti popok dan membedong, dsb.
Di sini tidak hanya ibu saja yang memperhatikan, para ayah juga sangat antusias menyimak kelas menyusui. Soal menyusui, suami juga harus ikut berperan demi kesuksesan pemberian ASI Esklusif. 

Saya paling betah di kelas ini meskipun saya sudah berpengalaman merawat bayi. Iyalah,anakku sudah dua. :) 

Di kelas ini juga diajarkan banyak hal seperti :

1) Cara memandikan bayi yang benar :
- Suhu air untuk mandi harus sama dengan suhu badan bayi. Tes dengan mencelupkan siku kita ke dalam air.
- Jangan memandikan bayi saat bayi lapar dan atau saat bayi terlalu kenyang.
- Penting diketahui adalah cara memegangnya.Jangan memegang leher bayi dengan telapak tangan saat memandikan, tapi pegang lengan bayi(dekat ketiak bayi) dengan tangan kiri kita. Sangga leher bayi dengan lengan kiri kita.
- Menengkurapkan bayi saat mandi juga harus hati-hati. Ini tidak bisa ditulis dengan kata-kata ,susah menjelaskannya. Harus praktek langsung. Sebaiknya belajar/tanya ke bidan.

2) Cara menyusui yang benar :
- Sebelum menyusui, ibu wajib dalam keadaan bersih. jangan lupa mencuci tangan sebelum menyusui dan memakai baju yang bersih.
- Duduk tegak, kaki menyentuh tanah (tidak menggantung ataupun jinjit) 
- Ajak ngobrol bayi untuk mengomunikasikan bahwa si bayi akan makan. Siapkan payudara.
- Posisi bayi harus menempel seluruhnya di badan ibu.
- Masukkan puting beserta aerola (bagian gelap sekitar puting). pastikan tidak ada bunyi decakan saat bayi menghisap.

3) Cara memijat payudara
- Pemijatan dilakukan oleh orang lain.paling bagus oleh suami. Ini menjalin bonding dan kedekatan suami-istri.
- Tuangkan baby oil atau olive oil ke telapak tangan. 
- Lakukan putaran ke arah luar sampai di bagian bawah payudara,lalu hentakkan ke atas.
- Ulangi sampai 15 kali.
- Jika kurang jelas, silahkan googling videonya.:) 
- Gerakan kedua, sangga payudara dengan telapak tangan. Pijat dengan sisi luar telapak tangan. Pemijatan dari atas ke bawah.
- Ibu tengkurap dengan payudara menggantung. Pijat punggung ibu menyusui dengan gerakan memutar. Ini akan merangsang hormon oksitosin.
- Kompres dengan air hangat. Setelah itu kompres dengan air dingin.

4) Cara Memijat Bayi
- Memijat bayi dalam kondisi bayi tidak sedang kelaparan atau kekenyangan.
- Siapkan ruangan yang hangat agar bayi tidak kedinginan.
- Siapkan baju yang akan dipakai setelah pijat.
- Gerakan pertama dimulai dari kening. Lakukan pijatan dari tengah kening ke arah luar sebanyak 6 kali.
- Pijat alis menggunakan jempol dari daam ke arah luar. Lakukan sebanyak 6 kali.
- Pindah area bawah hidung, kemudian bawah dagu.
- Pijat area leher. Pijat dari arah bawah telinga dengan arah ke depan (ke dagu).
- Pijat area dada dengan pijatan membentuk kupu-kupu.
- Pijat area perut dengan membentuk huruf I L U.
- Pindah ke area tangan, pijit dari bawah ke atas. Lalu pijat telapak tangan menggunakan jempol kita. Jangan ketinggalan pijat jari-jarinya dengan lembut.
- Tengkurapkan bayi, pijit area punggung.
- Terakhir bagian kaki. Pijat dari bawah ke atas. 
- Pijat telapak kakinya menggunakan jempol.

Untuk lebih jelasnya bisa diihat di video ini :



Pijat bayi berguna agar badan bayi lebih cepat sehat dan kuat. Dan yang lebih penting adalah untuk menjain kedekatan bayi dan ibu. 

Kalau ibunya tidak bisa memijat gimana? Tidak ada yang tidak bisa dipelajari, asalkan mau belajar pasti bisa kok. :) Yuk belajar.

Kelas Nutrisi Sehat


Di kelas nutrisi sehat ini, chef Eddrian Tjhia mengajarkan peserta membuat makanan dan atau cemilan yang sehat untuk ibu pra kehamian, hamil dan menyusui. Resep-resep yang didemokan adalah inovasi chef Tjhia sendiri. Ada 10 (sepuluh) resep yang dibagi dalam tiga sesi. Para peserta tidak perlu mencatat karena semua resep telah dijadikan buku saku dan dibagikan kepada seluruh peserta.
*)Menu resep Pra Kehamilan : Avocado Toast, Green Smoothies, Baby Spinach Salad, dan Sop Cream Labu
*)Menu resep kehamilan ; Semur Tahu Telur, Puding Cokelat, Tumis Daging Paprika,dan Smoothies Pisang Coklat.
*)Menu menyusui : Sup Pepaya Muda dengan Angco, Jus Daun Katuk dengan Pisang.

Saya tuliskan beberapa resepnya. Semua resepnya relatif mudah disiapkan.

Avocado Toast

Bahan : roti gandum, alpukat, telur ayam, kacang walnut (bisa diganti kacang lain), olive oil, garam secukupnya, lada hitam secukupnya.
Cara membuat : Rebus telur setengah matang, roti ditoast, alpukat dihaluskan ditambahkan olive oil dan kacang wanut, ambi roti lalu oleskan alpukat yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan telur di atasnya. Taburi sedikit garam dan lada hitam.

Semur Tahu Telur

Bahan : 6 buah telur ayam, 1 buah tahu cina dipotong kotak.

Bahan Bumbu : 5 siung bawang merah, 3 cabe merah, 1 sdt (sendok teh) bubuk pala, 1/2 sdt merica, 2 sdm (sendok makan) kecap manis, 1 sdt cuka apel, 1 sdm gula pasir, 1 sdt garam.

Cara membuat :
Rebus telur ayam.
Goreng tahu sampai kuning.
Tumis bawang merah dan cabe merah sampai harum, masukkan tahu dan telur, tambahkan kecap manis, bubuk pala merica, gula garam, cuka apel, dan air secukupnya.
Masak sampai matang, angkat dan sajikan.

Smoothiest Pisang Cokelat

Bahan : 2 buah pisang, 4 sdm PRENAGEN  rasa cokelat, 2 sdm madu, air secukupnya.
Cara membuat ": campurkan semua bahan lalu diblender.
chef Eddrian Tjhia sedang membuat smoothiest
Education Class sesi kedua dari masing-masing kelas telah selesai. Yang nanti akan dilanjutkan sesi ketiga setelah sesi utama yaitu talkshow. 

Sesi Talkshow

Sebelum sesi talkshow dimulai.
Acara inti dari PPEJ BANDUNG 2016 ini dibuka oleh mbak Sisca sebagai MC dan sebagai moderatornya adalah seorang artis sekaligus praktisi parenting, Mona Ratuliu. Keduanya menjadikan suasana talkshow menjadi hidup. Ada tiga pembicara yang mengisi takshow.

Pembicara : dr. Boy Abidin, SpOG(K); Roslina Verauli M,Psi; Irene F. Mongkar.

Dr. Boy Abidin, SpOG(K)
Seorang ahli kebidanan dan ginekologi yang berfokus di bidang fertilitas. Beliau aktif menjadi pembicara di berbagai seminar untuk memberikan edukasi mengenai perkembangan janin dan kehamilan yang sehat. Dr. Boy masih aktif praktek di salah satu Rumah Sakit ternama di Jakarta.
Menurut dr. Boy, 1000 Hari Pertama Kehidupan (selanjutnya ditulis HPK) sangatlah penting karena masa ini disebut periode emas (golden period). Jika tidak  dimanfaatkan dengan baik dapat menyebabkan kerusakan yang bersifat permanen. 1000 HPK yang dimaksud yaitu sejak hari terjadinya pembuahan sampai anak berusia 730 hari atau 2 tahun.
Dr. Boy menunjukkan di slide sebuah gambar bocah ,yang merupakan pasiennya, yang mengalami kelainan otak dan kecacatan parah yang disebabkan oleh kekurangan Asam Folat. Malnutrisi (kekurangan gizi) merupakan penyebab kematian 2,6 juta anak di seluruh dunia setiap tahunnya. Pun jutaan anak yang hidup dengan gangguan fisik dan kognitif karena tidak memperoleh nutrisi yang cukup di 1000 HPK. Maka dari itu, peranan kita sebagai orang tua sangatah penting dalam memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk perkembangan janin secara optimal.

Pembicara kedua adalah seorang psikolog anak dan keluarga.
Roslina Verauli M,Psi
Menurut psikolog lulusan Universitas Indonesisa itu, kebahagiaan ibu saat hamil mengambil peran penting dalam perkembangan anak yang dikandungnya. Maka dari itu, peranan suami sangat penting untuk menaikkan kadar kebahagiaan istrinya sekaligus menurunkan penyebab kesedihan, kemarahan dan stress. Jika ibu hamil mengalami hal tersebut, dampaknya sangat tidak bagus untuk perkembangan janin yang dikandungnya. 
Ucapan juga harus dijaga saat mengandung. Karena janin mendengar semua yang kita katakan.
Saya jadi teringat masa-masa indah saat hamil. Suami lebih sayang, pagi-pagi ditemani jalan-jalan, tiap malam selalu memijit telapak kaki saya walaupun siang sudah capek kerja.

Di tengah sesi, bu Vera melakukan Game Kesiapan Ibu. Game ini membuka pikiran kita bahwa persiapan pengetahuan dan ketrampilan mengurus anak sebelum anak lahir ke dunia itu penting sekali. Sebagai contoh, seorang ibu yang belum mempersiapkan ketrampilannya tidak tau bagaimana memakaikan diapers pada bayi. Ada juga yang belum tahu bagaimana membersihkan pup bayi baru lahir. Jadi penting banget ya mengetahui teori dan praktek menghadapi persalinan. :)

Di sesi menuju pembicara selanjutnya, Ibu Vera membuat para ibu hamil rileks dengan memperdengarkan sebuah irama lagu yang lembut. Menuntun agar peserta mengikuti yang beliau katakan serta memberi kata-kata positif kepada kami. 

Bubun hadir dengan membawa sekotak aat stimulasi. Suasana menjadi heboh.
Pembicara ketiga hadir. Suasana menjadi "pecah" dengan kehadirannya. 
Bubun Irene F. Mongkar
Bubun adalah panggilan akrabnya. Beliau adalah seorang pakar stimulasi anak yang aktiv mengkampanyekan metode Glenn Doman ( *langsung googling siapa itu Glenn Doman* :) ). Beliau saat ini menjalankan pusat stimuasi bayi dan anak bernama GymnAdemics.
Bubun Irene membawa sekotak besar alat peraga. Dalam kotak itu ada banyak macam alat-alat yang digunakan untuk menstimulasi bayi. 

Menurut Bubun Irene, selain nutrisi, faktor yang tak kalah penting adalah meakukan stimulasi terhadap anak. Bayi yang distimulasi dengan baik dalam masa 1000 HPK akan berkembang dengan baik pula di kehidupan setelah dewasa. Perlu diketahui, semakin besar si anak, kemampuan berkembangnya akan semakin menurun. Jadi, kita seharusnya memanfaatkan moment yang tidak bisa diulang kembali ini. Selain itu, stimulasi berguna untuk mengetahui apakah sistem kerja syaraf si kecil sudah sempurna sesuai dengan yang semestinya.

Pesan Bubun kepada guru pertama si anak (baca : ibunya) adalah, teruslah melakukan stimulasi pada anak dan lihat bagaimana si kecil menjadi manusia seutuhnya yang bahagia, percaya diri dan penuh imajinasi. Jangan pernah bosan memberi anak informasi dalam segala bentuk dan jangan pernah menghambatnya untuk bergerak, berbicara, dan melakukan eksplorasi. 
Tentang penggunaan kata jangan, bukan tidak boleh sama sekali. Namun sebaiknya orang tua menggunakannya pada saat yang tepat. Pada saat memberitahu si anak bahwa bermain pisau adalah bahaya, jadi tidak boleh dilakukan, misalnya.

Di akhir sesi talkshow, para hadirin diajak merenung bahwa bagi anak, tidak ada tempat sehangat dan senyaman dekapan, belaian, dan pangkuan orang tuanya. 
Para hadirin yang datang bersama suami/istri diminta berpelukan. Saya dan beberapa teman blogger yang tidak membawa pasangan pun saling berpelukan sambil menyanyikan lagu "Hanya Satu Pintaku". 

Hanya satu pintaku tuk memandang langit biru,
di pangkuan seorang Ibu.
hanya satu pintaku, tuk bercanda dan tertawa,
di pangkuan seorang Ayah.
Apabila ini, hanya sebuah mimpi...
Ku selau berharap
Dan tak pernah terbangun
Hanya satu pintaku tuk memandang langit biru
Di pangkuan ayah dan ibu.

Suasana menjadi haru biru karena kami adalah orang tua yang punya banyak kekurangan. tapi Bubun disini menegaskan : bahwa kita adalah orang tua hebat. Kita adalah orang tua hebat! KITA...ADALAH ORANG TUA HEBAT!!!

Di akhir talkshow, ditutup dengan pengumuman pemenang Best Dress yang dimenangkan oleh sepasang suami istri yang memakai baju ungu cantik dan sedang mengandung anak pertama. Ah seneng deh lihatnya. :)
foto twitter @PrenagenWorld
Sejak acara dimulai, juga diadakan lomba live tweet dan livegram dengan hashtag #PPEJ2016BDG #PRENAGENpeduli #IbuSehatIndonesiaSehat #PRENAGRAM . Kabar baiknya adalah hastagh tersebut menjadi tranding topic di Twitter. Yeaa..!!
Pemenang live tweet-nya adalah @ida_tahmida @dyprameswarie @titinmiyarti . Selamat ya.

Stand PRENAGEN

Di PPEJ 2016 Bandung ini, selain ada kelas edukasi, ada juga Stand Prenagen  yang menjual produk-produk prenagen lengkap. Memperkenalkan prenagen Prenapro yang merupakan formula terbaru yang dirancang khusus untuk memberikan solusi nutrisi daam membantu memenuhi kebutuhan dan kekhawatiran Ibu diawal 1000 HPK. Produk-produknya antara lain : 


1. PRENAGEN Esensis
Agar siap hamil, begitu menikah minum Prenagen esensis, susu rendah lemak yang mengandung Asam folat, Kasium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D, Protein, Mikroenkapsdulasi zat besi, sumber serat, dan Omega 3 & 6.
2. PRENAGEN Mommy Emesis
Telah teruji secara klinis dapat mengurangi mual dan muntah di awal kehamilan. Mengandung Vitamin B6 dan protein serta dilengkapi dengan Asam Folat, kalsium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D, Protein, Mikroenkapsdulasi zat besi, sumber serat, dan Omega 3 & 6.
3. PRENAGEN Mommy
Mengandung Asam Folat untuk mencegah resiko cacat tabung saraf otak; Omega 3&6 untuk perkembangan otak, fungsi otak dan tumbuh kembang janin; Mikroenkapsulasi zat besi dan Vitamin B12 untuk pembentukan se darah merah; Kasium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D untuk mempertahankan kepadatan tulang ibu dan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin; serta sumber serat untuk meningkatkan asupan serat pangan harian.
Prenagen Mommy juga tersedia kemasan UHT yang bisa dibawa kemana saja dan diminum kapan saja.

4. PRENAGEN Lactamom
Nutrisi masa menyusui untuk meningkatkan kuaitas dan kuantitas ASI. Mengandung Asam Folat, kalsium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D, Protein, Mikroenkapsdulasi zat besi, sumber serat, dan Omega 3 & 6 untuk perkembangan otak anak.
5. PRENAGEN Juice
Ini diminum dingin enak banget. terbuat dari sari buah Pomegranate dan anggur yang mengandung Asam Folat dan Vitamin C yang tinggi. Bisa diminum kapan saja selama masa persiapan kehamilan, hami, dan menyusui.

Ada juga Booth PAPAN HARAPAN dan WISH CARD


Setiap peserta yang hadir mendapatkan satu buah kartu harapan. Kartu Harapan ini adalah suatu wujud nyata kesadaran pentingnya kesehatan dan keselamatan ibu hamil serta janin dalam kandungan. Setiap kartu yang telah ditulis akan ditempelkan di papan harapan seperti yang terlihat di foto.
Kenapa wujud nyata? Karena setiap kita menulis satu kartu ini, berarti kita telah menyumbang seribu rupiah yang digunakan untuk mengedukasi dan membantu ibu hamil di berbagai daerah di Indonesia.

Peserta sedang mengisi pendaftaran member dan kartu harapan.
Semoga acara ini bisa diselenggarakan di kota-kota seluruh Indonesia karena ilmunya yang bagus dan sangat bermanfaat.

Wait! Emang iya kan??! :))

Yups...! Bagi Ayah-Bunda yang belum tahu dan calon orang tua yang ingin menimba ilmu di PRENAGEN Pregnancy Education Journey 2016, bisa mendaftar dan membeli tiket secara online di sini.
Catat tanggalnya :
Surabaya, Minggu 24 April 2016 pukul 07:00 - 13:00
Makasar, Minggu 22 Mei 2016 pukul 07:00 - 13:00

Untuk informasi lengkap informasi seputar kehamilan dan menyiapkan anak sejak dini, bisa mengakses Fanpage, twitter, instagram, dan websitenya.

https://web.facebook.com/PrenagenWorld/
https://twitter.com/PrenagenWorld
https://www.instagram.com/prenagenworld/
http://prenagen.com/


Terima kasih PRENAGEN

2 Apr 2016

DF Clinic #2 : Kenali dan Mengerti Tubuhmu

Dua minggu setelah konsultasi pertama di DF Clinic, saya datang kembali ke klinik utama yang berlokasi di Jalan Leumah Neundeut no 10 Bandung itu. Kali ini saya ditemani duo krucil yang setia nganter ( baca : ngintilin ) ibunya kemana-mana. -_-

Foto ini sangat jelas kalau diFilter. :v

Sehari sebelumnya, saya telepon customer carenya untuk membuat jadwal dengan Dokter. (fyi, kalau kamu mau konsultasi di DF Clinic sebaiknya telepon dulu ke nomor kontak yang ada di bagian akhir postingan ini, memastikan ada dokternya atau enggak. Jangan sampai pas udah dateng ternyata Dokternya sedang tidak di tempat.)

Dikonsultasi kedua dengan dr. David Budi, saya ditanya ada jerawat baru atau tidak. (Masih seputar jerawat ya karena problem saya dari awal memang disitu.)

Baca : Hari #1 ke DF Clinic

"Ada , Dok." jawab saya sambil nunjukin tiga titik kecil berwarna merah di pipi. "Kemarin saya khilaf makan sambel trasi. Tapi itu dikiiiit banget."

"Terasi itu ada udangnya. Nah berarti kamu memang alergi udang. Kalau makan sedikit ya tumbuh(jerawat)nya dikit. Makan banyak tumbuhnya banyak." Dokter mengingatkan kembali. Saya mengangguk.

Lalu wajah saya diperiksa. Sudah agak mendingan katanya. Kemudian Dokter menuliskan resep untuk saya pakai di rumah.
Saya dikasih krim malam lagi. Karena yang sebelumnya sudah habis, padahal harusnya habis dalam sebulan. Hihihi, terlalu semangatnya saya ngilangin jerawat. jadi ngolesinnya ketebelan, padahal perasaan mah tipis-tipis sih. ( Ngukurnya jangan pake perasaan atuh, Win! :v )

Saya juga dikasih pemutih untuk ngilangin noda hitam bekas jerawat.

Catatan saat menggunakan pemutih :
- Simpan krim ini dalam lemari es, tapi bukan di freezer.
Ini gak tau kenapa, tapi di kemasan krimnya sih tertera gitu. :D
- Digunakan pada malam hari setelah pakai krim malam. oleskan tipis-tipis.
Dioles setelah krim malam meresap di kulit.
- Jangan terkena sinar matahari langsung terlalu lama. Karena nanti kulit wajah jadi merah-merah.
Saya pernah nemuin seorang teman, katanya dia pake pemutih (yang krim malam-siang yang dijual bebas) tapi wajahnya jadi merah-merah. Hmmm, mungkin dia panas-panasan kali ya.
- Kalau mau beraktivitas di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama (misalnya ke pantai) hentikan pemakaian pemutih dua hari sebelumnya.

Nggak takut wajah malah jadi rusak Win kalau pakai pemutih? Awalnya saya takut. tapi sekarang udah nggak. Yang membuat nggak takut adalah produknya berkualitas. Bukan yang beredar bebas di pasaran seperti yang teman saya pakai. Dan ini pakai resep dari dokter yangg sudah ahli dalam hal ini. Jadi saya tenang-tenang aja. :)

Foto 2 minggu setelah memakai pemutih. Setelah cuci muka dengan air hangat langsung cekrek.
Noda coklat/hitam/merah pada bekas jerawat mulai memudar.
Foto di atas sudah mendingan banget untuk mukaku yang sebelumnya sungguh sangat rumek/burek/bluthuk karena jerawat.

Sayangnya saya cari di handphone, foto dua minggu yang lalu nggak ada. Mungkin saya upa selfie. :v

Ciyehin atulah. :v 

Konsultasi berlanjut,
"Oiya , Dok. Pas cuci muka dengan facial wash DF kok kayak ada daki gitu mengelupas."

"Nggak papa. Karena kamu pakai Clindamycin Phospate 
Biarkan saja, jangan digosok. Kalau digosok, nanti mukamu merah.
Dan kalau pagi sudah dioleskan Clindamycin ini, siang (setelah wudhu atau membasuh wajah) nggak usah dioles lagi. Kalau kebanyakan, mukamu juga akan merah."

Dokter bertanya lagi, ada keluhan lain atau tidak. Saya bertanya cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Saya kan gemuk. Lemak di paha, lengan atas dan perut sudah semakin wow. T_T

Kata Dokter, "Jangan mau turun berat badan dalam waktu singkat. Kalau turunnya cepat, naiknya juga akan cepat. Tidak perlu memakai pelangsing atau apalah yang bikin tubuh kehilangan banyak berat badan. Kamu cukup merubah pola makan menjadi pola makan yang sehat. Pilihlah good food. Cara memasak juga perlu diperhatikan. Dan olahraga yang teratur seminggu lima kali dengan jeda istirahat dua hari. Kalau kita sudah menjalankan pola hidup sehat, tubuh juga akan menyesuaikan sendiri, kok."

Allah telah menciptakan kita dengan sempurna. Selayaknya kita harus tetap menjaga tubuh kita (dan tentu saja jiwa kita) agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

"Oiya, Dok. Saat saya nanti pakai pemutih, bagaimana cara saya mendapatkan asupan vitamin D sementara saya tidak boleh terpapar sinar matahari langsung?"

"Minum Vitamin D. Karena berjemur dengan pakaian lengkap apalagi yang berkerudung itu akan percuma. Yang terkena cuma bagian wajah dan telapak tangan. Itu nggak mencukupi kebutuhan Vitamin D. Makanya beli aja Vitamin D di apotek dan minum tiap hari."

Catatan saat berjemur pagi:
- Berjemur di bawah sinar matahari sebelum pukul sembilan.
- Untuk mendapatkan Vit D secara maksimal, saat berjemur tidak memakai baju sehelaipun. Pakaian yang bisa dikenakan saat berjemur adalah yang tipis dan berwarna putih. Kalau kondisi ini tidahk memungkinkan, upaya terbaik adalah dengan mengkonsumsi vit D.

Konsultasi berikutnya, insyaAllah awal bulan April.

Untuk informasi dan lain-lain, silahkan langsung hubungi DF Clinic
telepon     : 022-2010593
whatsapp  : 0812 2190 6850
pin BB      : 7D38BCFC
email         : df_clinic@dfclinic.com
Atau datang langsung ke : Jalan Leumah Neundeut no 10 Bandung.
( Dekat Universitas Maranata, Bandung )