13 Dec 2018

Berapa Biaya Melahirkan di Bidan di Kota Cimahi?

Halo semua! Assalaamu'alaikum...
Alhamdulillah, tahun 2018 ini saya dikaruniai lagi seorang anak laki-laki. Alhamdulillah-nya lagi selama kehamilan dan persalinannya lancar plus cepet banget. Atas ijin Allah, saya melahirkan "hanya" di bidan dekat rumah tinggal saja. Dari awal kehamilan ke-tiga memang enggak berniat mau periksa atau melahirkan di Rumah Sakit, sih. Pun saat mengandung anak pertama dan kedua. Saya selalu bertanya saat periksa kandungan, berapa biaya melahirkan di bidan. Saya juga mencari tahu berapa biaya melahirkan di rumah sakit walaupun setelah tahu, saya buang jauh-jauh keinginan lahiran di RS walau hanya selintas pikiran saja. Naudzubillah (semoga tidak kejadian) saya melahirkan di rumah sakit. Dalam mindset saya bahwa melahirkan di RS itu pasti ada "apa-apa" entah itu sesar atau masalah dengan bayi dan ibu. Wallau alam itu juga mungkin yang jadi sugesti di alam bawah sadar bahwa periksa dan melahirkan nggak perlu di Rumah Sakit cukup di bidan saja, sehingga keadaan saya baik dan sehat. Wallau'alam ... mungkin juga karena do'a ibu. Banyak faktor sih untuk urusan persalinan mah.

Cerita persalinannya baca di sini ya: Welcome Baby Boy! 

Tunggu dulu. Saya bukan mau gimana-gimana sama ibu-ibu sekalian yang pengennya (dengan sengaja) lahiran di RS ya. Bisa jadi kan mungkin pengen di RS karena biar ada yang merawat pasca melahirkan, bisa menginap di RS sampai keadaan pulih, dan lain sebagainya. Ya kalau ada duitnya kenapa enggak, ya kan? Orang kaya mah bebas. Bisa bedain kan, sama yang terpaksa harus melahirkan di RS.



Banyak yang nanya ke saya: "Mbak, berapa sih biaya melahirkan di bidan?"
Waktu saya jawab cuma Rp 1.500.000, banyak juga yang kaget. Kok murah banget ya dibanding di rumah bersalin atau rumah sakit yang mencapai puluhan juta. Terus saya lanjut jawab: Apalagi bagi pengguna BPJS, 1,5 juta teh masih dipotong 700 ribu lagi. Melongolah. :D
Kebetulan waktu bulan Mei lalu saya ngelahirin, saya enggak punya BPJS, jadi bayarnya genap 1,5 juta.

Harga segitu sudah termasuk obat?
Iya. Sudah inlclude semuanya. Sudah termasuk makan 2x, kamar, infus, pembalut, imunisasi bayi, obat saat persalinan dan obat pasca persalinan. Waktu itu, saya melahirkan pukul setengah 9 malam. Menginap satu malam dan paginya sudah boleh pulang karena keadaan saya sehat tidak ada masalah.

Melahirkannya di bidan mana?
Di bidan dekat tempat tinggal aja. Cuma sekitar 6 menit berkendara. Dari beberapa bidan yang saya tahu bagus pelayanan dan kualitasnya, saya pilih Bidan Popy Fauziah A.Md KEB. Alamatnya di Jl. Sukarasa No.13, Citeureup, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat 40512.
Pilihan awal pengennya di bidan Purwanti yang di Utama Cimahi Selatan (tempat saya melahirkan anak ke-2), tapi karena pertimbangan jarak dari rumah, saya pilih bidan Poppy ini. Dan saya enggak menyesal melahirkan di sana.

Berikut ini alasan kenapa saya merasa puas periksa kehamilan dan melahirkan di bidan Poppy:
- Good Speaker
Saya pernah periksa di bidan yang nerangin keadaan bayi dan ibunya aja tersendat-sendat banyak a - e - a - e nya. Duh, saya yang menyimak jadi gemes sendiri. Sedangkan Bidan Poppy tuh dalam menyampaikan informasi tentang ibu dan bayi secara gamblang, lugas, panjang dan jelas.
- No Hard Feeling
Pernah merasa takut dan cemas setelah periksa kehamilan di bidan? Saya pernah dong, waktu anak pertama saya periksa di bidan A, difonis sungsang. Udah panik aja kan kalau dibilang gitu (?) Namun saya nggak mau langsung pasrah. Saya periksa ke bidan yang berbeda ternyata hasilnya bagus. Waktu hamil ke-3 pun sama, saya periksa ke bidan B katanya nggak yakin kepala ada di bawah :( , sementara periksa ke bidan Poppy hasilnya posisi bayi udah bagus.
- Bagus penanganannya
- Berpengalaman
Sudah ribuan ibu melahirkan di sini.
- Biaya melahirkan di bidan Poppy murah
Biasanya biaya melahirkan atau persalinan di bidan di satu kota mah sama. Sudah ditetapkan mungkin ya biayanya dari pusat. Gak tahu ding kalau di luar kota Cimahi berapa biayanya.

Tentang biaya persalinan ini memang realtif, ya. Ada yang menganggap segitu tuh udah murah banget ada yang mahal. Meskipun demikian, tetap saja yang namanya mau melahirkan mah biayanya harus dipersiapkan dari awal. Selain menyiapkan biaya melahirkan, juga menyiapkan biaya buat akikahnya.

Demikian yang bisa saya share tentang biaya melahirkan di bidan di kota Cimahi. Kalau ada yang mau ditanyakan, tulis aja di kolom komentar, ya. Semoga ibu-ibu sekalian yang akan segera melahirkan diberi kelancaran dan kemudahan dalam proses persalinannya. aamiin

12 Dec 2018

8 Macam dan Jenis Tinta untuk Sablon Kaos

Halo, semua. Siapa diantara teman-teman di sini yang suka membeli dan memakai kaos? Suka penasaran nggak, sih, kenapa bisa ada kaos yang murah banget harga obral dan ada yang mahalnya minta ampun? Kalau menurut saya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga kaos, diantaranya: Brand (merek pasti mempengaruhi), bahan kaos, dan hasil sablon. Hasil sablon meliputi teknik sablon termasuk jenis tinta yang digunakan untuk menyablon kaos. Nah, pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai macam dan jenis tinta untuk sablon kaos yang biasa digunakan pada teknik sablon jenis manual, digital, maupun DTG. Dulu saya dan Abudi pernah punya usaha kaos sablon, jadi sedikitnya tahu tentang per-sablon-an ini.

Dalam proses sablon kaos, tinta merupakan bagian terpenting. Karena tintalah yang akan berfungsi dalam menampilkan hasil kreasi yang diinginkan pada media kaos yang dipilih. Sehingga nggak bisa sembarangan dalam memilih tinta. Pemilihan tinta sablon yang tepat akan memberikan hasil sablon yang sesuai dengan gambaran dan keinginan dari konsumen, serta akan memberikan efek dan nuansa yang berbeda pada tiap-tiap hasil sablon kaos. Karenanya, sebelum memulai pengerjaan sablon kaos, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu ciri khas dan keunikan dari masing-masing jenis tinta yang biasa digunakan untuk sablon kaos.



8 jenis tinta yang paling populer dan sering digunakan berikut ini:

Tinta Rubber
Tinta jenis rubber alias karet ini memiliki tingkat elastisitas yang tinggi dan tidak mudah retak, sehingga dapat digunakan serta dicuci berkali-kali tanpa mengurangi kualitas sablon. Tinta ini juga cocok digunakan pada bermacam-macam warna kaos serta dapat menimbulkan efek berkilap pada sablon.

Tinta Superwhite
Sesuai namanya, tinta ini menghasilkan warna putih yang apik alias super, sehingga cocok untuk dicetak pada kaos berwarna hitam atau yang agak gelap. Sangat pas apabila dipakai untuk menyablon desain klasik atau vintage.

Tinta Plastisol
Tinta berbahan minyak alias PVC yang satu ini memiliki tingkat keawetan yang tinggi, meskipun proses pengeringannya cukup lama. Harga tinta plastisol terbilang cukup mahal. Tinta ini sangatlah tepat untuk mencetak desain yang rumit dan detail. Ini yang membuat sablon dengan tinta plastisol menjadi cukup populer.

Tinta Glow in The Dark
Sesuai dengan namanya, tinta yang satu ini memiliki kelebihan dapat menyala dalam gelap yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Glow in the Dark. Tinta ini menggunakan bahan fosfor dan bisa dicampur dengan tinta lainnya sesuai kebutuhan.

Tinta Discharge
Senang menggunakan kaos hitam atau gelap dengan sablon putih atau warna yang agak pastel atau pudar? Tinta discharge adalah pilihan tinta yang tepat untuk kebutuhan tersebut, karena memang tinta ini khusus digunakan untuk mendapatkan efek pudar, sehingga dikenal juga dengan istilah sablon cabut warna.

pic source: porinto.com


Selanjutnya tinta-tinta berikut ini merupakan tinta yang biasa digunakan pada mesin DTG, antara
lain adalah sebagai berikut:

Tinta Dupont Artistri
Dupont merupakan merek ternama dalam urusan tinta dan cat, yang sudah ada sejak lama di Indonesia. Salah satu produk tinta sablon kaos yang mereka keluarkan untuk mesin DTG adalah Dupont Artistri yang memiliki kualitas yang sangat baik.

Tinta Image Armor
Tinta asal Amerika Serikat ini juga memiliki kualitas yang sangat baik dalam mencetak hasil sablon kaos menggunakan mesin DTG. Kelebihannya memiliki tingkat keawetan yang tahan lama dan tahan dicuci hingga berkali-kali.

Tinta Neo-Pigment Kornit
Tinta yang menggunakan bahan dasar 100% air ini memiliki daya tahan yang luar biasa meskipun sering dicuci. Selain itu sangat eco-friendly (ramah lingkungan) dan juga aman apabila terkena kulit.

Ke-delapan macam dan jenis tinta sablon kaos di atas diharapkan dapat membantu proses memilih tinta yang tepat. Sehingga pelaku usaha sablon maupun konsumen dapat memilih tinta sesuai dengan kebutuhan, anggaran, dan kegunaannya. Dengan pemilihan tinta yang tepat, maka desain dan hasil cetak kaos yang di sablon terlihat semakin bagus. Buat manteman yang ingin order kaos sablon khususnya dengan partai besar, lebih bagus jika mengetahui fungsi dan kegunaan dari tinta-tinta yang digunakan.

6 Dec 2018

BKGN UNJANI

Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2018 - Halo semua! Sudah pada tahu belum, kalau bulan ini diadakan lagi Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN)? BKGN 2018 telah dimulai pada tanggal 18 September 2018 bertempat di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Provinsi Sumatera Selatan – PSPDG FKG Universitas Sriwijaya dan jadwal terakhir yaitu di RSGM Unjani Cimahi. Nah, untuk Anda warga Cimahi dan sekitarnya, dapat memeriksakan gigi secara GRATIS di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unjani. BKGN UNJANI ini dilaksanakan pada tanggal 6, 7, 8 Desember 2018.


Diadakan sejak tahun 2010, BKGN merupakan komitmen yang berkesinambungan antara Pepsodent, PDGI dan AFDOKGI untuk menciptakan Senyum Sehat Keluarga Indonesia. Kegiatan tahunan ini kembali dilaksanakan untuk mengedukasi, memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut, sekaligus membiasakan masyarakat Indonesia merawat kesehatan gigi dengan menyikat gigi pada pagi dan malam hari, serta memeriksakan diri ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali.

Mau cerita sedikit. Hari ini (6/12), Dhia (9) dan teman-temannya pun periksa ke RSGM Unjani. Didampingi ibu guru wali kelasnya, berangkat dari sekolah pukul 7. Menurut cerita dari Dhia, di sana ternyata ada banyak rombongan siswa Sekolah Dasar dari sekolah lain yang juga mau periksa gigi. Para siswa mengantri dengan tertib, menunggu giliran diperiksa. Dhia diperiksa oleh Dokter Gigi Muda yang bernama Anatasya Rachmadani, dan mendapat tindakan cabut satu gigi susu yang mulai goyang. Sakit nggak? "Sakit, tapi nggak papa", kata Dhia. Jum'at depan, Dhia harus kembali ke RSGM Unjani untuk kontrol. Pulangnya anak-anak mendapatkan goodie bag berupa makanan ringan. Sampai di rumah pukul 12-an.

baca juga : Berapa Biaya Tambal Gigi

BKGN UNJANI terbuka untuk umum, ya gaes. Siapapun boleh memeriksakan gigi dengan mendaftar terlebih dulu -tentu aja. Daftarnya bisa online melalui contact person di bawah atau lewat DM instagram atau langsung on the spot di Rumah Sakitnya.

Update Informasi dari instagram @bkgnunjani:  pendaftaran online sudah ditutup, namun masih bisa mendaftar langsung di rumah sakit gigi dan mulut Unjani.


Perawatan Apa Saja yang Bisa Dilakukan di BKGN UNJANI?




  • Konsultasi dan pemeriksaan gigi
  • Penambalan gigi sederhana
  • Pencabutan tanpa komplikasi
  • Pembersihan karang gigi
  • Pencegahan gigi berlubang


Alur Pemeriksaan BKGN UNJANI



1. Registrasi calon pasien
Dapat dilakukan dengan menghubungi contact person, DM instagram @bkgnunjani atau on the spot di RSGM Unjani.
2. Screening & Vital Sign
Konsultasi dan pemeriksaan tanda vital serta screening keadaan rongga mulut.
3. Pasien menunggu giliran ( untuk dilakukan tindakan ) di ruang tunggu.
4. Perawatan gigi oleh Dokter Gigi.
Untuk perawatan, dibatasi satu hari satu perawatan. Misalnya, tambal gigi ya tambal gigi aja, cabut ya cabut aja. Nggak bisa cabut dan tambal.
5. Pengisian kuisioner
6. Farmasi
Pemberian obat sesuai dengan resep dokter.

Masih ada waktu 2 hari nih. Besok Jum'at atau Sabtu, saya mau membawa Akram untuk periksa gigi juga di sana.
BKGN Unjani dimulai pukul 08.00 s.d pukul 15.00 WIB. Kuota dibatasi 1500 orang per harinya.
Sebaiknya datang pagi-pagi supaya nggak lama nunggu antriannya.

Lokasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut UNJANI:



Alamat: Jl. Encep Kartawiria No.88, Citeureup, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat 40512

Contact person:
Bakhrul: 0813-9492-9882
Khansa: 0877-2232-6771

Instagram: @bkgnunjani

Demikian yang bisa saya sampaikan . Jika bermanfaat, jangan lupa share tulisan ini ya.

This entry was posted in

5 Wisata Ramah Anak dan Instragamable di Jogja

Halo semua! yeaaa .. tiket kereta api mudik ke Purworejo sudah di tangan. Begitu juga tiket pulang ke Bandung. Musti dari jauh hari belinya. Kalo enggak, biasanya sih nggak kebagian. Bisa blaik! Nah, Sekalian mudik, pengennya nanti mau main ke Jogja, nih. Banyak wisata di Jogja yang mampu memikat para turis untuk selalu datang lagi. Bukan hanya bisa dikunjungi oleh para orang dewasa saja, tapi yang ramah untuk anak-anak juga ada. Bahkan nggak hanya menawarkan wahana seru saja, lhoh. Ada pula sarana edukasi agar si kecil bisa bermain sambil belajar.

Ada sejumlah destinasi liburan di Jogja kekinian yang memungkinkanmu untuk membawa anak-anak. Jalan Bareng Bocah mah yang penting anak senang dan menikmati liburannya. Soal budget, kita bisa pilih yang murah meriah bahkan gratis, bisa juga wisata berbayar. Setelah searching sana-sini, saya akhirnya menemukan beberapa wisata di Jogja yang ramah anak. Mau tahu dimana saja lokasinya? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. The World Landmarks Merapi Park

instagram.com/klaudiacici
Ini nih salah satu tempat wisata di Jogja ramah anak dan low budget. Sesuai dengan namanya, di sini kamu akan disuguhkan berbagai landmark terkenal di seluruh penjuru dunia. Misalnya saja seperti:
menara Eiffel, menara Pisa, patung Liberty, jam Big Ben, Forbidden City Cina, dan lain sebagainya.
Bukan cuma bisa foto-foto aja. Kita juga bisa mengenalkan icon dari seluruh penjuru dunia pada anak-anak.

Setelah lelah menjelajah area wisata ini, kamu dan keluarga bisa istirahat di pendopo yang tersedia. Atau bisa juga sambil makan di cafe yang ada di dalam destinasi liburan di Jogja satu ini. Jadi jangan ragu lagi untuk datang ke wisata satu ini. Hitung-hitung sambil pemanasan sebelum berkunjung ke luar negeri yang sesungguhnya.

Alamat: Jalan Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Jogja
Jam buka: Senin-Jumat (09.00-16.30 WIB); Sabtu-Minggu (08.30-17.00 WIB)
The World Landmarks Merapi Park yang menawarkan harga tiket super terjangkau.
Tiket masuk: Rp 15.000.

2. The Lost World Castle

instagram.com/imam_arifin26

Wisata ramah anak di Jogja satu ini mungkin akan mengingatkanmu dengan kastil di zaman kerajaan Eropa. Nggak heran kalau destinasi liburan ini sukses menjadi pusat perhatian sampai saat ini. Area wisata yang ada di kaki Gunung Merapi ini memiliki beberapa bangunan unik yang akan membuatmu seolah nggak berada di Jogja.

Mulai dari kastil bergaya Eropa kuno, pohon-pohon bunga sakura, tenda-tenda indian, replika Stonehenge hingga patung dinosaurus pun ada di The Lost World Castle.
Untuk kamu yang gemar foto, tempat ini recommended untuk kamu. Tentu saja kamu bisa ajak si kecil untuk berpose. Sebaiknya kalau datang ke sini datang ketika cuaca cerah. Sebab kalau beruntung, kamu bisa menyaksikan kegagahan Gunung Merapi.

Alamat: Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Jogja
Jam buka: Senin-Jumat (07.00-18.00 WIB); Sabtu-Minggu (06.00-18.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 25.000


3. Sindu Kusuma Edupark


Sudah pernah menyaksikan film dengan format 2D, 3D atau bahkan 4D? Tapi bagaimana dengan 8D? Nah, di Sindu Kusuma Edupark ini kamu bisa menyaksikannya. Didukung dengan tekonologi Korea, Cinema 8D dijamin akan membuat kesan tersendiri bagi para penontonnya.

Selain itu, ada beberapa wahana yang ada di sini. Harganya pun cukup terjangkau, seperti:

Tarif cinema 8D: Rp 30.000
Tarif cakra Manggilingan (ferris wheel dengan ketinggian 48 meter): Rp 10.000
Tarif pit egrang (segway): Rp 40.000
Tarif montor tumbur (bumper car): Rp 10.000
Tarif panggon lunjak (trampolin): Rp 15.000
Tarif kursi mabur (flying car): Rp 15.000
Tarif sepur kluthuk (kereta): Rp 5000
Tarif sepeda mabur (flying bicycle): Rp 10.000
Tarif komidi putar: Rp 10.000

instagram.com/robbys_cool

Selain wahana berbayar, ada pula area yang nggak harus membuatmu menyediakan budget lagi seperti halnya Dino Park dan House of Batik. Tertarik untuk berkunjung ke wisata di Jogja satu ini? Mumpung bisa ajak si kecil juga untuk bermain sambil belajar. Khususnya mengenal kain batik yang merupakan warisan budaya Indonesia.

Alamat: Jalan Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jogja
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 09.30-23.00 WIB
Tiket masuk: Rp 7000 (tiket terusan); tapi ada beberapa wahana yagn memiliki tarif akses masuk sendiri.

4. Taman Pelangi Monjali


instagram.com/ratna_cherishouse

Kalau wisata di Jogja satu ini bisa dinikmati saat malam hari. Bagi yang seharian bekerja, recommended banget untuk datang ke sini sambil membawa si kecil. Keindahan warna warni pelangi buatan dalam bentuk lampion di sebuah taman yang mengelilingi Monumen Jogja Kembali (Monjali). Seru kan?

Tampat ini cocok banget untuk kamu yang punya hobi foto-foto. Warna-warni lampion semakin mempercantik hasil jepretan. Sambil foto-foto, kamu juga bisa mengenalkan beragam warna yang dihasilkan oleh lampion pada anak-anak Jadi liburan bisa sambil belajar, kan?

Puas foto-foto, ada beberapa wahana seru untuk hiburan si kecil, seperti trampolin, becak mini, bom bom car, perahu duyung, permainan bola air hingga puri hantu. Harga tiketnya murah cocok buat yang mencari tempat wisata low budget.

Alamat: Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Jogja
Jam buka: Senin-Kamis (16.30-22.00 WIB); Jumat-Minggu (17.00-23.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 10.000 (Senin-Jumat); Rp 15.000 (Sabtu-Minggu)


5. Taman Pintar


Belajar nggak melulu bikin bosan. Seperti halnya yang bisa dilakukan di Taman Pintar Jogja ini. Di wisata Jogja ini, si kecil pasti akan menikmati setiap wawasan yang diterimanya dengan suka cita.
Misalnya saja belajar tentang gelombang suara.

Perlu kamu ketahui, Taman Pintar menyediakan "Dinding Berdendang" dan "Pipa Bercerita" agar si kecil mudah memahaminya. Ada pula "Cakram Sprektrum Warna" yang memungkinkan si kecil memahami warna dengan mudah.

Masuk ke bagian indoor Taman Pintar, ada lebih banyak atraksi yang nggak kalah menarik. Mulai dari Ruang Sains & Teknologi hingga Ruang Profesi yang memperkenalkan si kecil pada beragam profesi sampai mengarahkannya pada cita-cita mereka.

instagram.com/irene.yualita

Selain itu, ada juga wahana di Gedung Oval yang memungkinkan si kecil untuk memperoleh informasi tentang sejarah terbentuknya alam semesta. Terowongan bawah air pun ada di sini. Apakah hanya itu saja? Tentu saja masih banyak wahana, seperti ada ruang dengan beragam jenis dinosaurus, bioskop 4 dimensi, laboratorium sains dan lain sebagainya.

Super lengkap dan dijamin si kecil akan suka. Jadi jangan ragu lagi untuk berkunjung ke Taman Pintar.

Alamat: Jalan Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Jogja
Jam buka: Selasa-Minggu (08.30-16.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 10.000 (anak-anak); Rp 18.000 (dewasa)

Itulah beberapa wisata ramah anak dan instagramable di Jogja. Kamu, sudah pernah mengunjungi tempat wisata tersebut?

2 Dec 2018

Mustela Menjaga Kulit Bayi Lebih Sehat



Mustela Menjaga Kulit Bayi Lebih Sehat - Halo semua! ;) Setelah anak ketiga lahir, saya lebih aware dan mencari tahu tentang banyak hal mengenai perawatan bayi. Salah satunya adalah bagaimana merawat kulit bayi agar selalu sehat, bebas ruam popok/iritasi, dan nampak bersih alias tidak kuleuheu'. Maklum, saat dulu masih beranak satu, hal semacam ini masih mengandalkan pendapat orang tua. Dulu, Dhia sering terkena iritasi pada leher dan lipatan kulit lainnya. Hal ini karena perawatan kulit yang tidak benar seperti memakai bedak tabur, misalnya. Berbeda dengan anak pertama, Arfan sama sekali atau jarang sekali mengalami permasalahan pada kulitnya. Padahal jenis kulit mereka sama-sama normal, lho.



Berkaca dari hal tersebut, penting banget mengetahui jenis kulit bayi sehingga kita (orang tua) lebih mudah dalam merawatnya. Kebetulan beberapa waktu yang lalu, saya ikutan fun talk show bersama Mustela di Indokids , Paskal 23. Saya mendapatkan banyak informasi tentang jenis-jenis kulit bayi serta bagaimana perawatan yang benar. Nara sumbernya adalah dr. Intan Diana Sari (Head of Medical PT Interbat) dan bapak Mohamad Nurhadi (Brand Manager Interbat).




Narasumber menyampaikan banyak hal tentang fakta dan cara merawat kulit bayi.

Fakta tentang kulit bayi 0-2 tahun:


  • Kulit masih belum terbentuk sempurna
  • Kulit bayi cenderung kering
  • Jumlah Stem Cell Epidermis kulit berkurang
  • Bayi lahir dengan jenis kulit berbeda. Biasanya kita menyebutnya sebagai kulit sensitif. Ternyata faktanya memang semua bayi kulitnya sensitif, ya. Terkadang mengalami ruam popok, kadang bentol merah, kadang lecet dan sebagainya.


Tips merawat kulit bayi, berikut ini:
  • Gunakan sabun bayi yang busanya tidak banyak
  • Mengoleskan lotion pada bayi setelah mandi
  • Tidak menggunakan bedak tabur
  • Mengganti popok/diapers segera setelah BAB
Oleh sebab itu, untuk merawat kulit bayi sebaiknya menggunakan produk dengan kandungan bahan alami seperti Mustela Bébé.
  

Ada 3 tipe kulit, yaitu:
Kulit Normal: lembut, lembab, bersih
Kulit Kering: kasar, bersisik, kadang terkelupas
Kulit Atopik: gatal, sangat kering, kadang ada bercak merah.

Untuk itu, Mustela mempunyai 3 varian sesuai dengan jenis kulit bayi. yakni:

Mustela bebe Gentle Cleansing Gel

Kemasan warna biru untuk kulit normal.
Kemasan warna peach untuk kulit kering.
Kemasan warna tosca untuk kulit atopik.

Saya menyukai produk Mustela Bebe karena:
  • Sangat lembut dan memiliki aroma menenangkan khas bayi. 
  • Aman untuk kulit bayi baru lahir
  • Terbuat dari rata-rata 92 persen bahan alami dan diformulasikan khusus agar terbebas dari paraben, phenoxyethanol dan phthalates, sehingga mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh kulit bayi sekaligus melindungi selnya.
  • Sudah teruji secara klinis di bawah pengawasan dokter

Keunggulan Mustela:
Mustela adalah salah satu produk perawatan sangat direkomendasikan karena bahan utamanya adalah Avocado Persesose (Perseose dari alpukat). Khasiat alpukat ternyata juga bisa diaplikasikan pada kulit manusia. Gunanya untuk menguatkan dan melindungi sel dari terpaan polusi sehari-hari. Bahan aktif alami ini ada pada semua varian Mustela, lho, yang memiliki sifat biomimetic yakni serupa dengan kulit bayi.

Hasilnya: kulit bayi yang sehat karena terlindungi sampai ke bagian sel untuk sekarang dan di masa mendatang.


Varian baru produk Mustela Bebe sudah tersedia di toko-toko farmasi. Dapat dibeli secara offline di Guardian, Viva Health, baby shops maupun secara online di Mothercare.co.id, JD.ID dan Orami. Yuk, segera coba untuk memberikan perlindungan sempurna bagi kulit bayi kita. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk Mustela Bebe, silakan lihat di website Mustela dan media sosialnya, ya.


Instagram : @mustelaindonesia
Facebook : Mustela Indonesia 


1 Dec 2018

Mengenal Fakta dan Cara Penanganan Sembelit Pada Bayi dan Anak

Mengenal Fakta dan Cara Penanganan Sembelit Pada Bayi dan Anak - Halo semua. Sebagai orang tua tiga anak, saya mah sudah khatam menghadapi persoalan pencernaan anak, salah satunya  sembelit pada anak. Sembelit adalah suatu kondisi tertahannya feses (tinja) dalam usus besar dengan frekuensi dan konsistensi tertentu karena adanya kesulitan dalam pengeluaran. Sembelit atau konstipasi ini merupakan salah satu gangguan pencernaan yang biasa terjadi pada bayi baru lahir dan anak-anak. Tanda-tandanya: frekuensi BAB berkurang, tekstur tinja padat dan keras, anak mengeluh perutnya terasa tidak nyaman dan rewel. Sementara pada bayi, menolak susu atau MPASI perutnya penuh, rewel.


Sembelit pada anak ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya:

▪Efek trauma
Misalnya: anak takut masuk ke toilet, pernah dimarahi karena BAB di celana
▪Perubahan pola makan
Perubahan pola makan sangat berpengaruh, misalnya: kurang makan sayur dan buah
▪Perubahan susu
Anak yang pencernaanya sensitif, saat minum susu yang berbeda akan mengalami penyesuaian dulu, biasanya terjadi diare atau sebaliknya, malah terjadi sembelit.
▪Kurang gerak
Anak yang kurang melakukan aktifitas fisik lebih besar resiko terkena sembelit. Oleh sebab itu, orang tua harus mendorong anak untuk bermain dan aktif bergerak serta membatasi penggunaan gadget yang membuat anak enggan bergerak.
▪Dehidrasi dan kurang minum
Asupan air putih yang kurang menyebabkan tinja menjadi keras.

Bagaimana cara mengatasi sembelit?

Sembelit ini lebih susah mengatasinya daripada mengatasi diare pada anak. Cara mengatasi sembelit diantaranya:
▪ Pijat
Lakukan pemijatan pada perut bayi dengan gerakan I Love U. Gerakan menyerupai huruf I - L - U pada perut. Lakukan gerakan ini searah jarum jam, seperti "membimbing tinja" untuk keluar dari usus.
▪ Makanan berserat dari sayur dan buah
▪ Toilet training
Lakukan toilet training tepat setelah makan. Biasakan setelah makan, anak congkok di WC/ duduk di closet. Maksudnya agar usus melakukan gerakan peristaltik. Idealnya toilet training dilakukan selama 10 - 15 menit, bukan untuk BAB, tapi melatih konsistensi kerja usus tadi.
▪ Konsumsi probiotik
Banyak macam probiotik yang beredar di Indonesia salah satunya adalah INTELAC Probiotics dari Bio Gaia.



Beruntung saya datang ke acara INDOKIDS TALKSHOW pada 17 November 2018 yang lalu.
Bersama dengan narasumber dr. Intan Diana Sari (Head of Medical PT Interbat) dan bapak Mohamad Nurhadi (Brand Manager Interbat). Dokter Intan menjelaskan tentang Interlac Probiotics secara jelas  dan lengkap banget. Berikut saya tuliskan rangkumannya.


Mengenal Probiotik

▪ Definisi Probiotik
Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya (sumber: WHO)
Bakteri yang memenuhi syarat Probiotik :
Lactobacillus
▪ Bifidobacterium

Contoh Probiotik
Spesies Lactobacillus
▪ L. reuteri
▪ L. acidophilus
▪ L. plantarum
▪ L. casei subspecies rhamnosus
▪ L. brevis
▪ L. delbreuckii subspecies
bulgaricus
Spesies Bifidobacterium
▪ B. adolescentis
▪ B. bifidum
▪ B. longum
▪ B. infantis
▪ B. breve

Syarat Probiotik

  • Bakteri yang digunakan berasal dari manusia
  • Tidak bersifat patogen
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  • Mampu menempel pada dinding usus
  • Menghasilkan zat antimikroba dan meningkatkan sistem imunitas tubuh
  • Tahan terhadap proses produksi dalam pembuatan sediaan
  • Secara genetik stabil

Sering kita mendengar istilah Probiotik, Prebiotik, dan Sinbiotik. Apa ya bedanya?

PROBIOTIK: Suatu mikroorganisme hidup, dimana bila diberikan pada jumlah yang kuat memberikan manfaat kesehatan.
PREBIOTIK: Berbagai jenis nutrisi yang diperlukan oleh bakteri baik di dalam tubuh anda untuk kehidupannya
Contoh :
FOS/GOS (FRUKTO/GALAKTO
OLIGOSAKARIDA) ⇒BIFIDOBACTERIA
LACTULOSE ⇒ LACTOBACILLI
SINBIOTIK: Probiotik dan Prebiotik


Tentang BioGaia yang disampaikan oleh Brand Manager Interbat, Mohamad Nurhadi:
▪BioGaia asal Stockholm Swedia berdiri 1990
▪BioGaia merupakan perusahaan bioteknologi yang memproduksi probiotik (Lactobacillus reuteri)
▪Telah dilaunching di 45 Negara

Fakta INTERLAC:
✓INTERLAC® adalah produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics.
✓INTERLAC® adalah satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri Protectis.
✓Lactobacillus reuteri Protectis adalah salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.
✓Sampai akhir 2016, INTERLAC® sudah teruji klinis pada lebih dari 12.754 pasien di 152 uji klinis.
✓INTERLAC® terbukti aman tanpa samping untuk segala usia, termasuk:

INTERLAC ini aman tanpa efek samping yang bisa dikonsumsi siapa saja termasuk bayi prematur, bayi baru lahir, bayi dan anak-anak, remaja. Saya sudah menggunakan Interlac dari tahun lalu untuk menjaga kesehatan saluran cerna keluarga saya.

KEAMANAN INTERLAC
▪ Probiotik INTERLAC mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA, yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan.
▪ Berbeda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi INTERLAC® tidak mengandung lactose sehingga aman untuk bayi sejak hari pertama kelahiran, termasuk bayi yang lactose-intolerant.
▪ INTERLAC® yang sudah terbukti klinis membuat INTERLAC® menjadi probiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara, dan bahkan dipakai langsung di unit NICU rumah sakit untuk terapi bayi prematur.

PRODUCT RANGE INTERLAC®

INTERLAC mempunyai range produk yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan bayi sejak baru lahir, anak-anak, hingga orang dewasa dan lansia.

INTERLAC DROPS


Komposisi:
Tiap 5 tetes mengandung
Lactobacillus reuteri Protectis 17938 ............... 10 pangkat 8 CFU

Kegunaan:
Suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan

INTERLAC Oral Drops adalah satu-satunya probiotik dengan sediaan oral drops di Indonesia, yang cocok terutama untuk bayi baru lahir hingga berusia 1 tahun. Beda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi INTERLAC Oral Drops sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa

Aturan pakai:
5 tetes, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter
Keterangan:
Kocok dengan baik sebelum digunakan
Dianjurkan untuk menggunakan sendok
Rasa netral (plain) untuk bayi dan anak-anak 0-3 tahun
1 botol = 125 tetes untuk penggunaan 25 hari

INTERLAC SACHET


Komposisi:
Tiap sachet mengandung
Lactobacillus reuteri Protectis 17938 ............... 10 pangkat 8 CFU

Kegunaan:
Suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan
Formulasi INTERLAC sachet tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa.

Aturan pakai:
1 sachet, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter
Keterangan:
Larutkan dalam sedikit air
Dianjurkan untuk menggunakan sendok
Rasa netral (plain) untuk bayi & anak 1-5 tahun





INTERLAC TABLET KUNYAH STRAWBERRY



Komposisi:
Tiap tablet kunyah mengandung
Lactobacillus reuteri Protectis 17938 ............... 10 pangkat 8 CFU

Kegunaan:
Suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan
Formulasi INTERLAC Chewable Tablets tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa

Aturan pakai:
1 tablet kunyah, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter

Keterangan:
Tablet kunyah rasa strawberry
Cocok untuk anak-anak usia 6-12 tahun

Komposisi:
Tiap tablet kunyah mengandung
Lactobacillus reuteri Protectis 17938 ............... 10 pangkat 8 CFU

INTERLAC TABLET KUNYAH LEMON


Kegunaan:
Suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan
Beda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi INTERLAC Chewable Tablets tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa

Aturan pakai:
1 tablet kunyah, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter

Keterangan:
Tablet kunyah rasa lemon
Cocok untuk dewasa

Dosis: 1x sehari

REKOMENDASI PEMAKAIAN

Durasi pemakaian saat Diare: 5 hari pemakaian
Konstipasi : 2 minggu pemakaian
Gumoh: 4 minggu pemakaian
Kolik: 3 minggu pemakaian
]
Interlac Probiotik dapat dibeli secara offline di Guardian, Viva Health, baby shops maupun secara online di Mothercare.co.id, JD.ID dan Orami.

Banyak banget informasi yang bisa didapat dari funtalk show bersama Interlac ini. Event seperti ini pasti sangat dinantikan oleh ibu baru yang masih panik saat anak diare dan mengalami masalah pencernaan lainnya. Karena penjelasan dari narasumber sangat jelas, selain itu pada funtalk show ini menyediakan waktu yang cukup lama untuk bertanya.

Demikian informasi yang bisa saya tuliskan. Sebarkan informasi ini agar bermanfaat untuk orang lain, . ya dear.



Instagram: @interlacprobiotics
Facebook: interlacprobiotics