03 February 2023

Langkah Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan

Jika Anda memiliki fisik yang sehat, Anda akan memiliki pikiran yang sehat dan hidup yang bahagia. Kesehatan tidak hanya berpengaruh pada kebugaran fisik saja, namun juga dapat meningkatkan kebahagiaan. Menjadi sehat itu mudah dan murah, tapi untuk mengobati suatu penyakit membutuhkan biaya apalagi jika itu adalah penyakit kronis.

Jadi menjaga kesehatan itu sangat penting. Supaya tetap sehat yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan beberapa kebiasaan sehat ke dalam gaya hidup Anda. Meskipun tidak ada yang bisa mengendalikan penyakit, seseorang pasti bisa mengambil langkah pencegahan untuk mencegah penyakit. Di artikel ini kami akan membahas langkah sederhana untuk menjaga kesehatan diri, mari simak!

Gaya Hidup Sangat Berpengaruh pada Kesehatan Anda

Sebelum masuk pada pembasahan cara menjaga kesehatan, penting untuk diketahui bahwa gaya hidup sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat sudah tentu sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan pikiran.



Dan jika kita tidak mengambil beberapa langkah untuk memperbaiki kebiasaan kita, tubuh kita dapat menjadi rentan terhadap berbagai kondisi kesehatan dan penyakit yang serius. Lalu apa saja gaya hidup yang dapat mempengaruhi kesehatan? Berikut adalah beberapa gaya hidup yang memberikan efek negatif pada kesehatan:

- Merokok

- Makan makanan junk food berlebihan

- Konsumsi alkohol berlebihan

- Kurang tidur

- Stress dan kecemasan

- Terlalu sering kena polusi

- Dan banyak lagi


Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan

Untuk menuju hidup yang sehat ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan dalam meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Ini adalah langkah-langkah sederhana yang mudah untuk dimasukkan ke dalam rutinitas harian Anda, dan Anda tidak perlu bersusah payah untuk menjadi sehat.

1. Berolahraga

Menurut penelitian, orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang hingga berat setiap minggu. Pilih olahraga yang menurut Anda akan Anda sukai, dan mulailah melakukannya. Dengan melakukan olahraga 30 menit setiap hari akan membantu meningkatkan kesehatan fisik dan pikiran Anda.

Ini bisa menjadi perubahan kecil. Misalnya, alih-alih duduk di teras rumah saat pagi hari, Anda bisa jogging keliling komplek. Dan jika Anda sudah berlari dua kali seminggu, tambahkan hari ketiga untuk menjelajahi berbagai rute dengan santai dan menyenangkan.

Latihan fisik sangat penting untuk kesehatan yang baik. Olahraga tidak hanya membantu membakar kalori ekstra dan menjaga tubuh tetap bugar, tetapi juga mencegah banyak penyakit. Olahraga tidak berarti Anda harus ke gym, olahraga seperti jalan cepat, jogging, yoga, berenang, atau berolahraga di luar ruangan setiap hari dapat menjaga kesehatan Anda.

Selain membuat fisik Anda lebih bugar, olahraga seperti jogging di pagi hari juga dapat meningkatkan rasa bahagia. Jadi penting untuk melakukan olahraga setiap hari, tidak harus berjam-jam, cukup 30 menit untuk menjaga kesehatan.

2. Makan makanan seimbang

Jangan melewatkan waktu makan atau sering makan junk food. Cobalah untuk menjaga pola makan Anda seimbang yaitu diet Anda harus mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, dll.

Diet tinggi sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru-paru, usus besar, payudara, leher rahim, kerongkongan, perut, kandung kemih, pankreas, dan ovarium. Dan banyak fitonutrien paling kuat adalah sayuran seperti brokoli, kol, wortel, tomat,, dan sayuran hijau.

3. Hentikan kebiasaan buruk

Menjalani hidup sehat dimulai dengan berhenti dari kebiasaan yang salah. Menjaga kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol dapat meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit kritis , seperti penyakit jantung, gagal hati, dll.

Jadi, jika Anda ingin tetap sehat, akan sangat disarankan untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk. Anda bisa memulainya dari sekarang. Merokok dan meminum alkohol tidak hanya berbahaya pada tubuh saja, namun juga pikiran Anda.

4. Tidur Nyenyak dan Cukup

Tahukah Anda bahwa tidur 6-8 jam sangat disarankan untuk orang dewasa setiap malam untuk kesehatan yang lebih baik? Jika Anda sulit tidur, cobalah teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga . Atau makan camilan kecil sebelum tidur dari makanan yang terbukti membantu mengubah tubuh dan pikiran ke mode tidur.

Makanan yang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak seperti sereal gandum dengan susu, oatmeal, ceri, atau teh kamomil. Gelapkan kamar Anda lebih banyak dan jauhkan jam dari Anda. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan cukup

5. Dorong Kesehatan Anda dengan Asuransi Kesehatan

Melakukan gaya hidup sehat sangat penting, sama pentingnya untuk menyadari fakta bahwa keadaan darurat medis dapat datang tanpa informasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki kebijakan klaim medis agar tetap siap untuk kebutuhan medis Anda di masa depan.

Anda perlu memiliki asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan terhadap kesehatan Anda. Asuransi kesehatan seperti asuransi Garda Healthtech dan Garda Medika dari Asuransiastra.com menawarkan pemeriksaan kesehatan dengan mendorong kesehatan yang baik dan membantu pencegahan penyakit melalui diagnosis tepat waktu.

Jika Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, banyak gejala kecil dapat ditangani dengan baik pada waktunya. Anda dapat melakukan konsultasi gratis secara online maupun tatap muka dengan dokter umum dan spesialis serta peresepan obat.

Bagi Anda yang ingin memiliki kehidupan yang sehat dan bahagia, Anda bisa melakukan kelima tips di atas. Kesehatan perlu dijaga sehingga Anda dapat melakukan berbagai aktivitas dengan fisik yang bugar dan pikiran dan emosi yang bahagia.



31 January 2023

Cara Terbaik Merawat Rumah Anda

Tidak hanya mobil yang membutuhkan perawatan, rumah juga perlu mendapatkan perawatan. Rumah yang mendapatkan perawatan dengan baik akan lebih awet dan pastinya nyaman ditinggali serta perawatan rumah yang baik dapat menaikkan harga jual.

Jika Anda memutuskan untuk membeli atau membangun rumah, itu artinya Anda juga harus siap untuk melakukan perawatan setiap waktu. Ada banyak cara untuk membuat rumah tetap awet dan nyaman untuk ditinggali. Jika Anda sedang mencari informasi terkait cara merawat rumah, disinilah Anda akan mendapatkan informasinya.

Bagaimana Cara Merawat Rumah dengan Baik?

Merawat rumah bukanlah tugas yang mudah, tapi ini harus Anda lakukan! Ada banyak hal kecil yang perlu Anda lakukan untuk merawat rumah Anda. Merawat rumah bisa menjadi hal yang melelahkan, tetapi hasilnya sangat bermanfaat.



Berikut adalah 5 hal yang harus diketahui oleh setiap pemilik rumah, agar dapat merawat rumah dengan lebih baik:

1. Periksa Kelistrikan Rumah Anda

Hal yang wajib Anda lakukan dalam merawat rumah adalah dengan memeriksa sistem kelistrikan rumah Anda secara rutin. Kerusakan sistem kelistrikan bisa menjadi bencana besar, yaitu bisa menyebabkan kebakaran.

Anda harus memeriksa kabel-kabel yang ada di rumah Anda apakah kondisinya masih baik dan masih layak digunakan atau sudah harus diganti. Tidak jarang, kabel juga bisa digigit oleh tikus dan jika itu terjadi pastinya dapat menyebabkan konslet dan akan sangat berbahaya jika dibiarkan.

2. Mencegah Kerusakan Air

Yang berikutnya adalah dengan mencegah kerusakan air. Pastinya Anda tidak ingin saat Anda ingin mandi atau mencuci bahan makanan untuk dimasak lalu tiba-tiba air tidak mengalir. Jadi, supaya kejadian ini tidak terjadi, pastikan Anda selalu memeriksa kondisi pompa air rumah Anda secara rutin.

Memperbaiki kerusakan air bisa menjadi proyek yang mahal dan memakan waktu yang sebenarnya tidak Anda inginkan. Pastikan Anda memeriksa barang-barang ini secara teratur, Pompa bah pastikan berfungsi dengan baik. Talang air dan saluran air pastikan tidak ada penyumbatan.

3. Kontrol Tingkat Kelembapan

Kelembaban rumah tangga tingkat tinggi dapat menyebabkan jamur, bahaya kesehatan serius yang seringkali membutuhkan kerja keras untuk memperbaikinya. Kelembaban yang berlebihan juga dapat menarik hewan pengerat dan serangga ke dalam rumah.

Tidak ada yang mau berurusan dengan itu! Perhatikan jendela untuk kondensasi. Itu bisa menjadi petunjuk bahwa terlalu banyak kelembaban di dalam rumah.

4. Bersihkan Lantai Anda Secara Teratur

Ini wajib dilakukan oleh setiap pemilik rumah, membersihkan lantai adalah pekerjaan rumah yang harus dilakukan secara rutin. Membersihkan lantai setiap minggu atau setidaknya dua minggu sekali akan membantu menghilangkan debu, bulu hewan, dan kotoran.

Pembersihan rutin akan memperpanjang umur lantai Anda baik itu karpet, laminasi, kayu keras, atau bahan lainnya, yang membantu meningkatkan kualitas udara di rumah Anda. Saat Anda menapakkan kaki Anda di lantai yang kotor, pastinya Anda merasa tidak nyaman, oleh sebab itu bersihkan lantai Anda secara rutin.

5. Periksa komponen eksterior.

Periksa dinding dan cat secara rutin untuk memastikan tidak ada kerusakan serius dan semuanya dalam kondisi baik. Mereka membantu melindungi rumah Anda dari unsur-unsur seperti hujan dan sinar matahari.

Untuk menghindari kebocoran dinding, pastikan Anda menggunakan cat dinding anti bocor. Sekarang ini terdapat cat anti bocor dengan berbagai warna, jadi selain memperindah, cat anti bocor juga dapat melindungi rumah Anda dari rembesan air hujan.

6. Bersihkan Rumah dari Serangga atau Hewan Lainnya

Hewan pengerat dapat menyebabkan masalah yang lebih besar dari yang Anda kira, terutama jika mereka berada di rumah Anda. Lebah, tawon, nyamuk, dan bahkan laba-laba dapat menimbulkan bahaya kesehatan, jadi pastikan untuk menjauhkan mereka.

Jika kecoa menjadi masalah di lingkungan Anda, itu bisa menimbulkan masalah dan kerusakan yang cukup besar. Pastikan untuk menjauhkan sampah dari jangkauan sehingga kecoa tidak masuk ke rumah Anda untuk mencari makanan.

Jika rumah Anda rentan terhadap rayap, rayap dapat merusak ambang pintu, dinding, dan furniture. Seperti yang dapat Anda bayangkan, kerusakan mahal untuk diperbaiki. Jadi pastikan Anda membersihkan rumah Anda secara keseluruhan supaya menghilangkan atau setidaknya mengurangi serangga di rumah Anda.

7. Pulihkan daya ke stopkontak yang mati

Periksa outlet di rumah Anda setiap tahun. Apakah mereka bekerja? Jika Anda menemukan beberapa sumber daya Anda mati, sangat disarankan Anda menggantinya Jika Anda bisa melakukannya sendiri Anda bisa menggantinya sendiri.

Namun jika Anda tidak paham dengan kelistrikan, akan lebih baik jika Anda meminta bantuan teknisi listrik profesional untuk memperbaikinya. Sehingga tidak menyebabkan konsleting listrik. Kerusakan pada sistem kelistrikan sangat berbahaya jika tidak diperbaiki oleh ahlinya karena bisa menjadi penyebab kebakaran.

8. Lindungi Rumah Anda dengan Asuransi

Kebakaran dapat terjadi tanpa diprediksi itu mengapa pemilik rumah perlu memiliki asuransi kebakaran rumah. Jika memiliki asuransi dan rumah Anda mengalami musibah ini, setidaknya Anda akan mendapatkan pertanggungan berupa rumah tinggal sementara, perbaikan rumah, pergantian furniture rumah dan banyak lagi sesuai dengan apa yang tertulis di polis.

Asuransi kebakaran rumah juga menjadi salah satu cara merawat rumah. Anda dapat membeli asuransi kebakaran rumah Garda Home dari perusahaan Gardaoto.com yang akan memberikan perlindungan dari resiko kebakaran, kerusakan akibat bencana alam, kerusakan akibat huru-hara dan banyak lagi.

Dengan asuransi kebakaran rumah Anda akan merasa tenang karena merasa terlindungi. Jadi, untuk melindungi rumah tercinta dari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda membeli asuransi rumah dari perusahaan asuransi terpercaya.

Itulah beberapa cara terbaik merawat rumah. Pastikan selalu merawat rumah Anda sehingga tempat tinggal Anda akan semakin nyaman dan aman.

12 January 2023

Scarlett Whitening Combo C-Power Penuhi Kebutuhan Vit C Kulit Wajahmu

 

Scarlett Whitening Combo C-Power Penuhi Kebutuhan Vit C Kulit Wajahmu

 

Hai semuanya..

Did you know? Pada usia di atas 30 tahun seperti aku ini kulit sudah mulai berubah dan menampakkan tanda-tanda penuaan seperti sering kusam, mudah kering, kulit wajah nggak sekenyal sebelumnya, bintik-bintik gelap tiba-tiba muncul, dan tanda penuaan lainnya jika tidak dirawat dengan baik. Itu hal wajar dan nggak papa, proses alami. Serta jangan panik! Karena perawatan wajah dengan rutin dapat mencegah itu semua, minimal kita bisa memperlambatnya.

Banyaknya aktivitas di luar, anter jemput anak, ketemu klien dan bolak-balik kantor serta paparan polusi dan cahaya matahari langsung  memperburuk kondisi kulit wajah. Lagi-lagi jangan khawatir karena sudah ada banyak penelitian menunjukan bahwa penggunaan vitamin C secara teratur dapat mencegah penuaan dini dan menjaga agar kulit wajah tetap sehat.

Apa aja sih manfaat Vitamin C untuk wajah? 

Yuk kita simak:

Manfaat Vitamin C untuk Wajah sebagai Pencegahan

1. Mencegah kerutan

2. Menangkal Radikal Bebas

3. Membantu produksi kolagen

 


Manfaat Vitamin C untuk Wajah sebagai Perawatan

1. Mempercepat pembentukan sel

2. Menghilangkan bekas luka seperti bekas jerawat. Aku yang bertahun-tahun jerawatan dan meninggalkan banyak bopeng di wajah, vitamin C membantu banget (selain perawatan lainnya seperti laser Fractional dan PRP yang aku lakukan.)

3. Mengatasi kemerahan

4. Mencerahkan kulit

5. Meratakan warna kulit

6. Mengurangi mata panda

 

Ada berbagai cara untuk mendapatkan vitamin C. Selain mengonsumsi makanan seperti buah dan sayur yang mengandung vitamin C, kita juga bisa mendapatkan vitamin ini dari serum Vit C dan suntik Vit C.

Nah, kali ini aku lagi nyobain Serum Vitamin C nih. Ini dia Scarlett Whitening Combo C-Power yang terdiri dari Serum dan Face-mist

Review Scarlett Whitening Combo C-Power

Scarlett Whitening C-Power Serum

Packaging:

Serum Vit C Scarlet dikemas dalam botol pump berwarna putih. Isi bersih produk 15 ml.

Tekstur, Warna dan Aroma:

Bentuknya gel kental berwarna putih tulang. Aroma perpaduan antara chammomile dan bunga camelia. Enggak menyengat. Mudah meresap di kulit.



Kandungan :

THD (Tetrahexyldecyl Ascorbate) - Vitamin C 50x lebih kuat dari asam askorbat standar, yang berdungsi untuk:

  • Membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV
  • Membantu mencerahkan kulit
  • Membantu menyamarkan tampilan kerutan dan garis halus
  • Menjaga kelembapan kulit

 4D Hyaluronic Acid , kegunaannya sebagai berikut:

  • Menjaga kelembapan kulit
  • Membantu merawat keremajaan kulit
  • Membantu menghidrasi kulit
  • Menyamarkan tampilan kerutan atau garis halus pada kulit
  • Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan

 Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, untuk:

  • Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan
  • Mencegah efek buruk paparan sinar matahari
  • Membantu menghidrasi kulit

 Lactobacillus/Hydrolyzed Collagen Ferment Filtrate Extract, untuk:

  • Melembabkan kulit
  • Mencegah tanda tanda penuaan dini

 Camellia Sinensis Leaf Extract, gunanya untuk:

  • Membantu mencegah efek buruk paparan sinar matahari
  • Membantu mencerahkan kulit
  • Membantu menyamarkan tampilan kerutan dan garis halus
  • Membantu menjaga kelembapan kulit

 


Manfaat Scarlett Whitening C-Power Serum :

  1. Membantu mencerahkan kulit
  2. Menyamarkan bintik hitam pada wajah
  3. Membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini
  4. Membantu menjaga kelembapan kulit
  5. Membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV

 

Cara Pakai :

Teteskan 2-3 tetes serum

Usap dan pijat secara merata pada kulit wajah

Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit wajah

 

Do’s and dont’s :

Sebelum memutuskan memakai Scarlett Whitening C-Power Serum Coba deh baca apa yang boleh dan sebaiknya nggak dilakukan saat menggunakan Scarlett Whitening C-Power Serum

Do’s :

             Dapat di layer dengan serum scarlett lain, kecuali retinol serum

             Jika malam hari menggunakan serum VIT C, maka disarankan menggunakan sunscreen pada pagi harinya

Dont’s :

             Pemilik kulit sensitif (alergi terhadap vitamin C konsentrasi tinggi), disarankan untuk tidak melayer dengan serum lain yang ada kandungan vitamin C nya

             Hindarkan penyimpanan produk dari sinar matahari langsung

             Tidak disarankan untuk layering dengan produk yang memiliki bahan aktif AHA/BHA, dan retinol.

 

Produk yang kedua yang aku pakai adalah Face Mist

Review Scarlett Whitening C-Power Face Mist

Packaging:

Botol sprai bening sehingga terlihat isinya. Isi bersih: 100 ml. Teksturnya cair, berwarna orange, beraroma jeruk. Udah kayak semprotin air perasan jeruk aja gitu , segeeer bangett!! 

Wangi segar jeruk memberikan kesegaran alami, wanginya tidak menyengat. Aku suka banget sama aromanya.

Efek setelah dipakai pun, kulit wajah menjadi segar kembali dan lembab.




Kandungan :

1.) THD (Tetrahexyldecyl Ascorbate) - Vitamin C 50x lebih kuat dari asam askorbat standar

-  Membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV

-  Membantu mencerahkan kulit

-  Membantu menyamarkan tampilan kerutan dan garis halus

-  Membantu menjaga kelembapan kulit

 

2.) Sodium Hyaluronate → fungsi sama seperti HA meskipun berbeda

-  Membantu menghidrasi dan melembapkan kulit

-  Membantu menyamarkan tampilan kerutan dan garis halus

-  Membantu kulit agar tetap halus, lembut dan tidak kering

 

3.) Mugwort

-  Membantu menyejukkan kulit

-  Membantu merawat kulit berjerawat

 

4.) Black Ginseng Water

-  Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan

-  Membantu menyamarkan tampilan kerutan dan garis halus

 

5.) Orange Oil and Lemon Extract

-  Membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit

-  Membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dini

-  Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan

 


Cara Pakai Scarlett Whitening C-Power Face Mist:

1. Kocok botol sebelum digunakan

2. Semprotkan face mist 15-20cm dari wajah dengan mata dan mulut tertutup

3. Diamkan selama beberapa saat sampai meresap

 

Manfaat Scarlett Whitening C-Power Face Mist:

  1. Membantu melembapkan kulit wajah
  2. Membantu mencerahkan kulit
  3. Membantu menyamarkan bintik hitam pada wajah
  4. Merawat keremajaan kulit
  5. Membantu menyegarkan kulit wajah
  6. Membantu menyerap minyak berlebih
  7. Membantu penyerapan produk skincare lainnya. Sebelum pakai pelembab dan sunscreen aku pakai ini. Sebelum make-up semprot dulu, make up akan lebih nempel dan tahan lama.

 

Do’s and Dont’s :

Do’s :

Bisa digunakan sebelum dan setelah make up untuk hasil make up lebih dewy

Bisa digunakan kapan saja dan dimana saja

 


Dont’s :

Hindarkan area mata

Hindarkan penyimpanan produk dari sinar matahari langsung.

 

Aku sudah sebulan menggunakan Scarlett Whitening Combo C-Power ini. Udah hampir habis sebenernya, foto di atas adalah foto lama pas baru awal-awal pakai.

Perubahannya Gimana?

Kulit lebih lembab, bintik hitam sedikit memudar, kerut di dahi tersamarkan. Wajah juga lebih cerah.



Dimana Belinya dan Berapa Harganya?

Aku mah biasa beli di Shopee, hehe. Jadi beli prosuk-produk Scarlett juga di Official Store-nya Scarlett di Shopee. Atau bisa juga klik link ini: https://linktr.ee/scarlett_whitening

Harga Scarlett Whitening Combo C-Power dibandrol Rp 150.000 udah dapat 2 produk yang aku ulas di atas. Dan jangan lupa cek keaslian produk di sini: https://verify.scarlettwhitening.com


 

Oke de, segitu dulu ulasan produk perawatan kulit yang lagi aku pakai. See you di review selanjutnya.

02 January 2023

Sugeng Tindak, Pak

Senin 10 Okt menjelang Maghrib, sebuah pesan teks masuk ke HPku.

[Lek... Wes entuk kabar seko Simbah durung? Mbah Kakung wes ra gelem maem ro meneng wae, njaluk dongane wae jare Simbok.]

.....

Sejak lebaran tahun ini, aku memang sudah menyiapkan hati untuk dapat kabar ini sewaktu-waktu. Gimana tidak, Bapak yang berusia 80 tahun sudah mengalami 2x stroke. Stroke pertama, kurang lebih 19 bulan lamanya. Kemudian secara ajaib beliau bisa berjalan lagi dan beraktivitas normal (makan, minum dan buang air bisa sendiri) selama 2 tahunan.

Stroke ke-2, sekitar 8 bulan lalu Bapak terjatuh yang mengakibatkan beliau tidak bisa berjalan lagi. Makan minum dibantu dan buang air di tempat tidur. 

Di usianya yang sudah 80 tahun ini, tidak banyak harapan untuk kembali seperti sedia kala meskipun tetap ada. Aku hanya berdoa apapun ketetapan-NYA, kami menerima.

......

Membaca pesan teks itu, aku menghubungi keponakan yang tinggal bersama dengan Bapak Simbok di kampung halaman. Berusaha untuk video call. Namun karena sedang banyak orang di rumah (yg waktu itu lagi ngedoain Bapak, lagi bacain Yasin dsb) jadinya gak bisa video call.

Pkl 8 malam, di dalam hati seperti ada yg berbisik "Wis Bali wae rono." (Udah, pulang aja sana.)

Jam 8 malam itu aku bilang ke Abudi, minta izin mau pulang berdua sama si bungsu Arfan.

Aku langsung nyari tiket kereta. Dapat tiket keberangkatan pkl 22.05 wib.

"Sempat nggak? Dari rumah ke stasiun 1 jam, lhoh." tanya Abudi.

"InsyaAllah sempat. Sekarang masih setengah 9. Aku siap-siap dulu bentar."

Aku menyamber tas ransel kecilku. Memasukkan 2 helai baju Arfan ke dalam tas dan sehelai kaosku sendiri.

Pkl 9 kurang, aku berangkat ke stasiun diantar Abudi. Alhamdulillah nggak sampai sejam sudah sampai.

.....

Selasa pagi aku sampai di rumah orang tua di Purworejo.

Setelah membersihkan badan, aku menghampiri Bapak dengan tenang, salam dan menyapanya.

Seperti yang dikabarkan keponakanku, benar saja Bapak sudah diam saja. Dan aku baru tahu kalau beliau sudah tidak mau makan sejak hari Jum'at. Keadaannya sudah kritis.

Hari itu, hujan sepanjang hari, matahari tidak nampak, dingin, di luar gelap. Aku menunggui bapak seharian. Di samping bapak, aku melihat nafasnya pelan sekali. Hanya sesekali menghela nafas panjang. 

Setelah Isya', aku membacakan surah Yasin di sampingnya. Memperdengarkan kepada beliau kalimat syahadat, takbir, tasbih, tahmid dsb. Kaki dan tangannya sudah dingin. Kulihat setetes air di sudut matanya.

Aku video call mbakyu ku yang ada di luar negri dan keponakan yang ada di Jakarta. Kami sama-sama mendoakan Bapak via vidcall.

Setelah selesai, aku menyeduh segelas kopi instant sachet. Aku mau bilang kebetulan, tapi aku yakin pasti ini bukan kebetulan, kopi yg kuseduh rasanya sama persis dengan kopi yang biasa Bapak buat bertahun yang lalu (hobi Bapak ngopi hitam kental dan manis).

Segelas kopi hitam kusesap sedikit demi sedikit sampai habis. Nikmat dan segar sekali rasanya.

Setelah menghabiskan kopi, di kesadaranku bilang kalau Bapak mau ngopi juga. Aku bilang ke Simbok. Simbok meng-iya-kan.

Aku langsung buatkan Bapak kopi hitam manis kesukaannya dan meneteskan ke mulut Bapak 3 tetes. Gak diduga, Bapak mengecapkan mulutnya yg dari tadi terbuka. Wajah Bapak langsung berbeda, terlihat bahagia.

Sekitar jam setengah 10 malam. Aku masih di samping Bapak. Dari semenjak sampai di rumah, ninggalin beliau cuma buat ke kamar mandi dan mengurus si kecil.

Aku di samping Bapak, tetap tenang dan tidak menangis. 

Aku mengelus kakinya, tangannya, perut, dadanya, juga kepalanya. 

Aku berbisik pelan sekali kepada Bapak (ah tidak, aku ingat aku berbicara dalam hati, berbicara dari hatiku ke hatinya, berbicara antara jiwa dengan jiwa).

"Pak... kami ikhlas Bapak melanjutkan perjalanan. Apa yang dibutuhkan agar semuanya berjalan mudah dan lancar?"

......

Pkl setengah 11 malam, terpaksa aku ninggalin Bapak (kupikir akan sebentar aja) untuk ngelonin Arfan yang udah ngantuk dan minta dininabobo.

Setelah Arfan tidur, aku melanjutkan pekerjaan yg sempat tertunda.

Jam 1 dini hari, aku keluar kamar karena mau buang air kecil. Aku baru ingat, aku tidak mengecek kondisi Bapak sejak jam 11 tadi.

Setelah dari kamar mandi, aku dan Simbok nge-cek keadaan Bapak di tempat tidurnya. 

Innalillahi wainnailaihi roji'uun. Ternyata Bapak "sampun dipundut", Bapak sudah nggak ada.

Bapak seperti "nyimpekke" kami sekeluarga.

Bapak sudah kembali kepada Penciptanya, Bapak sudah melanjutkan perjalanannya.

Aku bersyukur Bapak nggak sakit lagi sekarang. Bapak begitu tenang dan bersih wajahnya. Bahkan Bapak meninggal dalam keadaan berwudhu (sama Simbok sering di-wudhu-kan).

Sugeng tindak, Pak. 

Kulo nyuwun agunging samudri pangaksami.


*) Ditulis di Purworejo, 17 Oktober 2022.

This entry was posted in