31 Jan 2019

[Jalan Bareng Bocah] Saung Apung Napak Sancang Cililin Jawa Barat

Halo semua! Selamat datang 2019! Januari udah mau habis aja aja. Ngomong-ngomong, udah lama nih saya nggak cerita Jalan Bareng Bocah. Mumpung lagi selo, saya mau cerita waktu main ke Saung Apung Napak Sancang Cililin, Jawa Barat. Dan ini adalah kali pertama saya keluar sama tiga anak kicik tanpa Abudi. Rasanya emejing pisan lah. lol



Akhir tahun 2018 yang lalu, sekolah Akram mengadakan outing. Awalnya saya nggak ngijinin Akram untuk ikut soalnya udah kebayang rempongnya. Saya tentu harus mendampinginya. Kalau saya ikut pergi otomatis bayi juga dibawa karena masih ng-ASI, Dhia (kakaknya Akram) juga pasti mau ikut. Kasihan dong kalau ditinggal di rumah. Karena perginya bareng teman sekolah Akram, kita naik angkot sama-sama dengan yang lain. Perjalanan dari Cimahi ke Saung Apung Batujajar kurang lebih 1 jam-an dengan mengambil "jalur tikus" untuk menghindari macet di pasar Batujajar.

Sampai di sana, wow pemandangan sungai atau danau terbentang di depan mata. Anak-anak dan ibu-ibu yang lain berhamburan.



Untuk sampai di Saung Apung Napak Sancang, kita harus naik perahu lagi. Naik perahunya gratis. Ada juga tour naik perahu lebih jauh lagi, kalau itu mah bayar. Bayarnya 5000 kalau nggak salah (koreksi kalo salah yaa guys). Atau kalau kalian mau naik bisa tanyain aja langsung sama orang sana. Tour naik perahunya lumayan jauh lhoh, terus bisa lihat pemandangan di pinggir sungai.

Tempat
Menurut saya, Saung Apung Napak Sancang B aja sih. Khususnya buat saya yang sudah biasa dengan pemandangan desa dan sungai. Tapi bagi yang belum pernah mah, pasti asyik-asyik aja. Atau malah seneng bangets dengan tempat dan suasananya.




Berada di tengah sungai, Saung Apung Napak Sancang ya pastinya panas. Tapi kalau udah di dalam saungnya mah enggak. Angin semilir membuat perut cepat lapar dan suasananya enak untuk makan bersama. Yaiyalah.
Oiya, pinngir saungnya nggak dikasih pembatas. Kalo kalian bawa anak-anak nu teu daek cicing alias nggak bisa diem, sebaiknya ekstra hati-hati dan awasi ya, bisi ticebur ke sungai.



Di Saung Apung Napak Sancang ada keramba ikan yang bisa dikasih makan. Anak-anak mah suka weh ngasih makan pakai 'pelet'. Mau mancing? Boleeeh. Tinggal sewa pancingan ke tukangnya.
Satu lagi soal tempat, di bagian muka, disediakan beberapa spot untuk selfie.



Makanan
Saran saya sih mending pesan nasi liwet plus ikan bakar, soalnya menu ayam gorengnya biasa aja. Menurutku (maaf) nggak istimewa. Terus minumnya yang mantab mah es dawegan/kelapa muda. Ugh maknyuss!
Kemarin itu kenapa pesannya ayam goreng, soalnya kan udah dari sekolah Akramnya gitu. Kalo mau beda mah bayar sendiri, wkwkwk. Dan pastinya nggak enak sama yang lain kalau makannya beda. Di sini juga menyediakan aneka menu sea food  dan menu lainnya.



Kisaran harga nggak terlalu mahal.
Sedangkan untuk minuman, eskrim, dan minuman dingin lainnya sih seperti di tempat wisata pada umumnya. harganya tentu saja jauh lebih mahal dibanding kalau beli di tempat biasa/minimarket.

Fasilitas
Tempat makannya lesehan, ada banyak meja  jadi nggak khawatir nggak kebagian tempat. Bisa dibooking juga untuk pertemuan keluarga atau rombongan yang ingin makan bareng di sini.
Di Saung Apung Napak Sancang ada musholanya, walaupun sempi dan seadanya tapi lumayan lah daripada nggak ada. Tapi saya sih berharap musholanya dibenerin, mukena dan sajadahnya yang bersih dan wangi gitu. Ada tempat wudhlu dan kamar mandi/toilet. Namun minusnya enggak ada closet /WC-nya. Kebayang kalo lagi kebelet BAB, tahan aja sampe mules yhaa!! lol



Dari acara makan-makan ke Saung Apung Napak Sancang, yang paling berkesan bagi anak-anak adalah naik perahunya. Naik perahu keliling agak jauh. Anggep aja berasa naik kapal pesiar. :v



Udah sih, gitu doang cerita review makan di Saung Apung Napak Sancang Cililin. Ketemu lagi di Jalan Bareng Bocah selanjutnya, yhaaa. Walaupun jalannya dekat yang penting bocah senang. :)

Alamat: Cililin - Cihampelas, Mekarmukti, Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40562
Buka: setiap hari dari pukul 08:30 - 21:00
Booking:  0822-1643-2929


7 comments:

  1. Seru banget liburannya, aku jadi pingin liburan lagi nih wkwk

    ReplyDelete
  2. Itu yang ada di atasnya nasi dikasih apaan ya Bun? Kok penasaran saya hehe

    ReplyDelete
  3. Wah seru banget itu mah naik perahunya

    ReplyDelete
  4. Ter=mpat wisata yang kayak gini nih yang di sukai anak-anak kecil hehe

    ReplyDelete
  5. Naik perahu ya? Keponakanku yang masih balita suka banget nih kalau di ajak naik perahu

    ReplyDelete
  6. Pengen deh ajak mamah sama bapa ngaliwet disini pasti seneng soalnya sekalian ngasuh c gen, maminya foto2 buat endorse wkkwkw tfs mbaaa

    ReplyDelete
  7. Bener, ayam gorengnya biasa aja, hihihi... Terakhir ke sana waktu masih hamil rashya, tnyt udah banyak berubah ya...

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.