19 April 2021

Arisan Ilmu di hotel Crown Plaza Bandung, Microbloging with Canva

Hai semua... ahh seneng banget setelah sekian lama KEB (Komunitas Emak Blogger) Bandung tidak arisan ilmu gegara pandemi, akhirnya pada hari Minggu 4 April 2021 lalu bikin acara juga di hotel Crowne Plaza Bandung. Temanya menarik banget yaitu kelas Microblogging dengan Canva.

Oh iya, Arisan Ilmu ini merupakan kegiatan KEB yang bertujuan membagikan ilmu secara gratis kepada para membernya. Dari arisan ilmu sebelum-sebelumnya, ilmunya tuh "daging" banget terutama karena menambah wawasan maupun ketrampilan dalam nge-blog.

Baca juga: Arisan Ilmu KEB x Sisternet di Crowne Plaza Bandung 

Pada Arisan Ilmu kali ini, KEB mengambil tema yang lagi kekinian banget di kalangan para blogger, yaitu Cara Mudah Membuat Microblog Menggunakan Canva.

Apa itu Microblogging?

Microblogging ini sama aja dengan ngeblog namun dengan tulisan yang lebih pendek. Konten pendek yang dibuat untuk microblogging ini bertujuan untuk memberikan informasi singkat dan padat pada orang lain. Sekarang ini sedang trend di Instagram. 

Dengan microblogging ini memungkinkan kita fokus pada intinya yang nggak dibahas secara mendalam dan detail (detailnya). Kalo nulis di blog biasanya informasinya detail dan teks lebih panjang. Hanya poin-poin penting saja yang dimasukkan supaya pembaca bisa langsung mengerti.

Microblogging ini bisa digunakan untuk mengembangkan strategi konten di Instagram. Jadi nggak hanya media sosial atau tempat bisnis, tetapi juga sebagai tempat berbagi ilmu dan sama-sama belajar. 

Microblogging bareng Syammas Fitria

Arisan Ilmu KEB kali ini mengundang narasumber yang sudah expert di Canva, yaitu Syammas P. Syarbini. Sayammas dulunya juga seorang penulis, ngeblog juga. Namun kini beliau menjadi seorang Content creator dan Canva educator. Syammas membagikan tips-tips seputar Canva di instagramnya. Teman-teman dapat belajar lebih banyak lagi di akun instagramnya @syammasfitria .

syammas fitria educator canva


Materi yang diberikan oleh Syammas ini nambah wawasan dan ketrampilan. Yang aku pikir, ini udah seperti kelas-kelas berbayar loh. Nggak nyesel aku ikutan karena jadi memahami seluk beluk Canva dan lebih mudah mempraktekkan. 

Emak-Emak Blogger dibimbing langsung saat mengalami kesulitan membuat microblog di Canva. Dan aku, semakin mudeng lho kegunaan fitur-fitur di Canva. Selama ini untuk desain di blog, aku emang udah pakai Canva. Tapi ternyata kan masih banyak yang bisa digali dan digunakan. keren keren keren!!!



Cara Mudah Membuat Microblog Menggunakan Canva

Tidak ada yang sulit jika kita mau belajar. yha khaaan? Begitu juga dengan microblog ini. Pada awalnya aku tuh penasaran pada saat teman-teman posting microblog di Instagram.  

"Itu gimana caranya yaa bikin gambar-gambar lucu plus informasi keren."

Ternyata semua terjawab setelah diizinkan masuk ke Canva Premium milik Syammas. Semua ada di sana. Jika dibanding menggunakan Canva gratisan, Canva premium ini lebih banyak gambar, icon, atau item-item lainnya yang bagus-bagus. Sementara di Canva Gratisan pastinya terbatas.

Keunggulan menggunakan Canva Premium:

  • Versi pro memiliki banyak gambar, audio, video, dan elemen lainnya
  • Versi pro menyediakan template yang lebih beragam
  • Versi pro memungkinkan pengguna me-resize gambar agar sesuai dengan berbagai
  • platform media sosial dengan satu klik saja
  • Pengguna dapat menghilangkan background pada versi pro
  • Tatanan folder lebih terorganisasi pada versi pro
  • Pengguna Canva premium memiliki space upload lebih banyak, yaitu 100GB dibanding versi
  • nonbayar yang hanya menyediakan space sebesar 1GB
  • Pengguna dapat membuat desain brand dengan komposisi warna dan huruf unik (upload
  • font) sesuai dengan desain yang diinginkan

Lalu gimana caranya membuat microblog? Di sini aku nggak akan cerita secara detail bagaimana membuat microblog dengan Canva karena akan sangat panjang. hehe. Aku akan tulis point-pointnya aja, ya.

Langkah-Langkah Membuat Microblog

1. Setelah membuka Canva, atur Formula Size di kolom settingannya.

Ukuran normal pada postingan instagram adalah : 1080 x 1080 px

Jika akan membuat 3 Blok, maka kalian atur dengan ukutan : 3.240 x 1080 px

Jika akan membuat 6 Blok : 6.480 x 1080 px

Jika akan membuat 9 Blok : 9.720 x 1080 px

2. Menentukan Warna yang Akan Dipakai

Untuk menghasilkan sebuah informasi di microblog, tips dari Syammas adalah gunakan perpaduan warna dari Roda Warna.gangg

3. Menentukan Font

Sebaiknya gunakan 2 - 3 jenis font dalam saru desain. Lalu saat menggunakan ilustrasi, letakkan gambar/ilustrasi tersebut menghadap tulisannya.

4. Split Desain

Jika desain sudah selesai, unduh. Kemudian split dengan aplikasi. Setelah itu, baru deh upload di instagram.


Kelas Microblogging dengan Canva ini berjalan lancar dan emak-emak blogger antusias banget. Kelancaran acara tak lepas dari pemateri dan tempat venue diadakannya acara tersebut. 


Tempat Nyaman untuk Meeting

Tempat yang nyaman merupakan hal yang penting dalam membuat sebuah acara. KEB nggak pernah salah tempat memilih Hotel Crowne Plaza Bandung sebagai venue kelas microbloging kali ini. Bertempat di meeting room Aquamarine yang luas dan nyaman (pernah dipakai untuk acara Blogger Day). Protokol kesehatan tetap diterapkan dengan menjaga jarak dan selalu menggunakan  masker.

Aquamarine terletak di lantai 3, dengan ruangan yang luas dan kedap suara membuat tamu yang berada di luar meeting room tidak merasa terganggu. Dengan perangkat multimedia membuat kelas berjalan baik. Akses ke toilet dan mushola sangat dekat.

Makan siang di Mozaik Resto lantai 1 Crowne Plaza Bandung. Restonya luas dengan penataan meja dan kursi yang sudah disesuaikan dengan prokes. Makanannya bervariasi. Oh iya, makanan utama yang disajikan diambilkan oleh staff yang bertugas supaya lebih terjaga kehigyenitasnya.

Mozaik resto menyediakan banyak menu dari appertizer, main cource dan dessert. Ini dia beberapa foto yang saya ambil di Mozaik Resto. Makanannya menggiurkan semua ya kan?






Ahh, hari yang produktif sekali. Terima kasih KEB (Kumpulan Emak Blogger, Crowne Plaza Bandung, dan Syammas untuk kontribusinya. 

 

KEB (Kumpulan Emak Blogger), instagram: @emak2blogger

Crowne Plaza Bandung, instagram @

Syammas, instagram @syammasfitria

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.