26 October 2019

Biaya Tambal dan Cabut Gigi di RSGM Unjani Cimahi

Berapa biaya cabut gigi di RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) Unjani Cimahi? Saya sering banget nanya gitu ke orang. Namun banyak yang nggak tahu. Beberapa ada yang menjawab tapi jawabannya pun bervariasi. Ada yang menyebutkan sangat murah, ada yang menyebutkan harga standart, ada juga yang bilang mahal banget. Maka dari itu, kali ini saya mau berbagi pengalaman tambal  dan cabut gigi di sana. Nanti saya share juga rincian harganya, ya. Semoga bermanfaat buat kalian yang bertanaya tanya berapa biayanya.

Oiya, sebelum mem-publish tulisan ini, saya sudah minta ijin  ke  anak-anak. Saya bilang ke mereka bahwa pengalaman mereka ke dokter gigi mau ditulis di blog Umi.



Oke, saya mulai dulu kenapa saya akhirnya beralih ke RSGM Unjani setelah bertahun-tahun kontrol gigi anak ke Puskesmas.

Pertama, karena waktu. Di Puskesmas hanya bisa hari Senin-Jum'at dan waktunya harus pagi banget. Jam setengah tujuh tuh antrian sudah mengular. Belum lagi jika tidak dapat kuota karena sudah full poli giginya. Besoknya harus balik lagi dan kembali minta ijin ke sekolah anak-anak. 
Sementara di RSGM Unjani waktunya bisa hari Sabtu yang lebih santai karena Abudi libur. Waktunya dari pukul 9.00-12.00 wib atau sore jam 13.00-15.00 wib. Reservasi dulu ya kalo mau periksa di sini. 

Kedua, karena di RSGM Unjani tempatnya tentu saja jauh lebih nyaman. Tentu saja lebih luas dibanding Puskesmas (yaiyalah Wien!). Di RSGM Unjani ruang tunggunya kece banget. Suasananya pun tenang dan nyaman, jauh dari crowded.




Saat tulisan ini saya tulis dan tayang, anak-anak baru dua kali kontrol ke RSGM Unjani. Eh ketiga kali ding. Yang pertama sama dokter lain, lalu yang ke-2 dan ke-3 beralih sama dokter Hapid.




Saya dan anak-anak datang ke RSGM pukul 9 kurang, setelah sehari sebelumnya reservasi terlebih dahulu. Kami dapat antrian nomer 2 dengan dokter Hapid.  Menunggu satu pemeriksaan pasien seorang ibu yang udsh sepuh. Ternyata agak lama, sekitar 1 jam. Nggak kayak di Puskesmas yang hanya beberapa menit per pasien. hihi. Setelah pasien pertama selesai, Dhia dan Akram masuk ditemani Abinya. 

Setelah anak-anak diperiksa sebentar, dr.Hapid meminta duo bocah difoto panoramic untuk melihat keadaan gigi yang sebenarnya. Lalu kami mendaftar lagi untuk foto panoramic. Biaya foto panoramic di RSGM Unjani ini yaitu Rp 125.000 per anak. Setelah foto panoramic kami kembali ke ruangan dr. Hapid dan diperiksa kembali. 

panoramic Dhia dan Akram


Dengan foto panoramic ini, kita jadi tahu mana gigi yang sudah mau tumbuh mana yang harus dicabut dan sebagainya. Jadi jelas banget waktu dokter menjelaskan.

Tindakan kontrol pertama dengan dr. Hapid, anak-anak dicabut giginya 1 buah gigi per anak. Dhia satu, Alram satu. Awalnya mau periksain si bungsu juga, tapi anak sekecil ini belum kooperatif.

Biaya cabut gigi di RSGM Unjani adalah sebagai berikut:

Akram: 
- Pendaftaran                                 : 5000
- Ekstraksi CE (pencabutan gigi)  : 150.000
- Panoramic (+pendaftaran 5000) : 130.000

Dhia:
- Pendaftaran                                   : 5000
- Ekstraksi infill (pencabutan gigi) : 180.000
- Obat                                              : 72.000
- Panoramic (+pendaftaran 5000)   : 130.000

Jadi total kontrol gigi dua bocah ink dengan dr. Hapid adalah Rp 672.000 

Itu kontrol pertama dengan dr. Hapid. 

***

Dua Minggu kemudian, Akram ke RSGM Unjani lagi. Untuk yang kedua, saya utamakan untuk Akram dulu. Soalnya Akram yang lebih urgent dan saya perkirakan bakalan habis 400.000, karena cabut 2 gigi. Kalo dua anak ... bisa-bisa jatah skinker mamak berkurang (*sombong amat!!) hahaha

Ini beberapa foto tindakan. 

Biaya Cabut dan Tambal Gigi di RSGM Unjani Cimahi
Cabut Gigi di RSGM Unjani Cimahi

Dua gigi geraham atas punya Akram tinggal akar-akarnya saja. Kalo dilihat langsung ada tiga bagian yang menonjol. Giginya tuh udah nggak utuh gitu, karena patah sedikit demi sedikit. Setelah dicabut, saya lihat bekas giginya di gusi, ada tiga lubang pada  masing-masing bekas gigi. Oh iya, ini dibius lokal ya.



Biaya Cabut Gigi / pencabutan (ekstraksi) Radiks Citoject 2 gigi: Rp 280.000

Saya kira sudah beres sampai cabut dua gigi aja, ternyata gigi geraham kanan bawah harus ada yang ditambal. Gigi yang ini sering sakit dan terutama karena gigi dewasanya masih jauh/masih lama tumbuhnya (terlihat dari foto panoramic).

Tambal Gigi




Menambalnya menggunakan metode laser ya teman-teman, bukan tambal biasa. Pas lihat hasilnya saya amazed. BAGUS BANGET! Kayak nggak ada tambalan loh. Bentuknya pun seperti gigi sebelum berlubang. Bisa dilihat di foto.



tambal gigi di RSGM Unjani


Lalu, berapa biaya tambal gigi di RSGM Unjani? kayaknya beda tindakan beda harga mungkin ya.  Antara gigi susu dan gigi dewasa juga beda deh kayaknya. Kalian bisa konsultasikan dulu ke dokter atau tanya dulu aja sebelum tindakan. Kalau tambal satu gigi (Restorasi Kompomer) pada Akram (gigi geraham susu) biayanya Rp 250.000. Dengan hasil sebagus itu, saya kira worth it sih dengan biaya segitu. Jelas berbeda jauh dari tambal biasa, kan? 

Oiya, buat yang tanya di RSGM Unjani bisa pakai BPJS, saya kurang tahu ya. :)

Update:
  • Pada masa pandemi 2021 ini, RSGM tetap buka dari Senin-Sabtu. Anda bisa datang langsung ke sana atau reservasi via whatsapp ke nomor: 082115223024
  • Untuk update informasi, jadwal dokter, dan sebagainya, bisa dilihat di instagramnya @rsgm_unjani
  • Jadwal dokter gigi umum terbaru (februari 2021):



Demikian teman-teman yang bisa saya bagikan. Silahkan sebarkan jika ada yang tanya berapa biaya cabut gigi di RSGM Unjani Cimahi, supaya bisa menyiapkan dananya terlebih dahulu. Kalau mau tanya silahkan di kolom komentar atau ke email, insyaAllah akan saya jawab. Semoga  bermanfaat :) 
This entry was posted in

29 comments:

  1. Kalau biaya pemasangan kawat gigi kira-kira berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak tahu pastinya kak karena belum pernah, tapi dengar-dengar sih sekitar 6/7 jutaan.

      Delete
  2. Wah dulu semua kecanggihan cums ada di rs borromeus, sekarang Alhamdullilah ada dimana mana.
    Saya juga paling cerewet soal gigi karena kalo bermasalah ngerembet kemana mana

    ReplyDelete
  3. wah kalau ke dokter gigi itu gak bisa sekali datang ya

    ReplyDelete
  4. Pas banget mau bawa Akmal cabut gigi. Karena gigi bawahnya udah tumbuh sementar gigi susunya belum tanggal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh, cabut aja. kalo nggak dicabut tumbuhnya kemana aja.

      Delete
  5. Replies
    1. Halo, saya belum pernah scaling ke RSGM, jadi kurang tahu kak harganya.

      Delete
  6. Bagus sharingnya Bun.. saya mau coba ke sana juga. Kebetulan saya cari poliklinik khusus Gigi dan Mulut saja untuk anak spy gak bercampur dengan pasien penyakit lain.
    Saya coba cari tahu ke RS langsung ya..untuk tanya2 asuransi dll. Sekali lagi Makasih banyak Bun, saya jadi ke- idean ke sana.. Kebetulan anak giginya lagi perlu tindakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Bun.
      Iya ke RSGM Unjani aja supaya lebih jelas.

      Delete
  7. Teh punten mau nany untuk reservasi kita harus datang atau bs lewat telpon ya?

    ReplyDelete
  8. teh, kalo rontgen satu gigi ada ga ya disini?

    ReplyDelete
  9. Mau tanya kl tambal gigi dpn bagi orang dewasa kira2 brp ya pak? Dan apakah bisa pakai Bpjs/kartu KIS?

    ReplyDelete
  10. Kalau mau scaling kira2 berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanyakan langsung ke rumah sakitnya ya Kak, saya belum pernah scalling di RSGM.

      Delete
  11. Masyaallah bunda bermanfaat sekali infonya 😍 dokter²nya ramah anak kan bun? Sebelumnya anaku ke spesialis gigi anak yg ruangannya rame hehe

    ReplyDelete
  12. kalau di rsgm bisa behel gaa ya? terus harganya berapa kalau bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Kak. Kalo harganya tanyakan langsung ke RSnya aja ya

      Delete
  13. Boleh nanya ngga...
    klo cabut sama pasang gigi palsu bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di RSGM ada dokter spesialisnya, sepertinya bisa. Langsung aja kunjungi RSGM Cimahi ya Bu/Pak.

      Delete
  14. Saya mau tanya setelah istri ke dokter gigi di klinik dan diagnosanya periapical abscess without sinus (K04.7) ket. 47&48 untuk biayanya berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan tanyakan langsung ke RSnya, Pak. Saya bukan dokter jadi tidak tahu mengenai hal yang Bapak tanyakan, apalagi biayanya.

      Delete
  15. Apakah menerima rujukan BPJS?

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.