25 Dec 2014

Membuat Longdress dari Kemeja

 Assalaamu'alaikum....

Hari libur ini, Dhia minta dibikinkan gaun panjang. Katanya biar kayak princess di film kartun. Dan saya pun dapat ide biar nggak usah beli kain lagi (yang ujung-ujungnya adalah NGIRIT :p ) jadi saya cari-cari di lemari, pasti ada pakaian yang bisa didaur ulang.

Ketemulah kemeja Abi yang udah nggak dipakai. (kemeja yang masih utuh nggak kefoto euy, main langsung potong aja) Tapi pasti kebayang, kemeja batik lengan pendek.

kemeja yang kayak gini
Alat-alatnya hanya gunting, jarum dan benang jahit, pita untuk aksesoris.
Caranya juga mudah, pertama gambar gaun yang diinginkan, lalu gunting. (lihat gambar) Langsung terlihat , kan, bentuk gaunnya?
Abaikan Akram yang lagi cengengesan

Lalu, jahit pinggirnya.
Untuk pemanis, ikatkan pita warna orange di pinggang.
Selesai.
Baju panjang baru, uhuii 
Nggak pakai mesin jahit juga bisa. Itu juga dijahit biasa pake tangan. Mudahkan? hanya butuh kemauan saja.

20 Dec 2014

Ngomongin Persalinan yang Biasa-Biasa Aja

Assalaamu'alaikum

Halo Mom... Apa kabar? Semoga Mom selalu dalam keadaan sehat lahir batin. Semoga Mom diberikan rasa berkelimpahan.
Ijinkan saya kali ini bercerita tentang persalinan anak pertama saya, ya Mom.

Saya menikah di tahun 2008 saat usia saya hampir 21 tahun. Selang tiga bulan, saya telat haid. Namun karena dari sebelum nikah, saya memang sering telat jadi saya tidak mengira bahwa saat itu sudah 'isi'. Saya merasa badan saya cepat sekali capek. Sering pusing, mual, nggak nafsu makan. "Ada apa ini dengan badan saya?" pikir saya waktu itu.

Setelah minum vitamin dan suplemen badan tak juga membaik, akhirnya saya memeriksakan diri ke dokter. Awalnya saya mengantri di dokter umum. Lalu seorang teman yang bekerja di klinik itu menghampiri. Setelah mengobrol agak lama, beliau menyarankan agar saya tes urine saat itu juga. Dan nggak menyangka bahwa hasilnya positif.

*sampai disini cerita masih biasa banget*

Saya dan suami pulang dengan perasaan campur aduk -saya saja ding, suami mah seneng-seneng aja- antara senang dan kaget karena belum siap. Ketika sesaat setelah menikah, aku berdo'a kepada Allah agar punya anaknya setahun setelah menikah. Ini baru empat bulan menikah sudah dikasih. Jujur saya merasa belum siap karena pengin pacaran sama suami dulu.

Kehamilan pertama yang saya jalani biasa saja seperti kehamilan rata-rata ibu di dunia ini. Pagi-pagi, morning sickness, mual muntah sepanjang hari, lemah.

*iya, sih... biasa banget cerita loe Win*

Bulan-bulan kehamilan juga biasa-biasa saja, Mom. Gizi sangat tercukupi untuk saya dan janin. Periksa tiap bulan ke bidan, tanpa USG.

Tiba saatnya melahirkan, usia kandungan genap 40 minggu. Sore hari selepas maghrib air ketuban pecah dan saya masih di rumah. Biasa, namanya baru pertama kali saya nggak tahu kalau itu air ketuban. Kemudian ibu dan suami saya membawa saya ke rumah bidan. Nggak di rumah sakit dan nggak memakai metode apapun seperti yang banyak diceritakan Mom kepada saya.

Saat itu diperiksa oleh bidan masih pembukaan dua, namun air ketuban yang sudah pecah duluan Alhamdulillah masih mencukupi, kata bidan. Saya juga nggak terlalu paham waktu itu.

Bidan memperkirakan pembukaan sempurna pada dini hari dan bayi akan keluar esok pagi. Kontraksi sangat sering dan sangat sakit. saya harus kuat dan tetap selalu menyebut Asma-NYA. Sampai disini, proses pembukaan berjalan dengan biasa saja, nggak ada yang panik luar biasa, nggak ada yang jerit-jerit pula. Semua aman, tenang dan terkendali.

Jam sembilan bidan memeriksa, dan katanya sudah pembukaan sempurna. wah! Padahal baru dua jam yang lalu (jam7 malam) bidan memprediksi.
Dan jam setengah sepuluh malam, bayi perempuan sehat sempurna berhasil lahir tanpa kurang suatu apapun.  Rasanya, saat mengeluarkan bayi melewati jalan normal ituu... seperti menuangkan kolak pisang ke dalam mangkok, ma' PRUCUTTT.

Aneh!! Bener-bener aneh! Peristiwa yang biasa-biasa saja itu, sudah bertahun-tahun masih tetap tersimpan dalam ingatan. Itu, nggak habis pikir saya. hahaha

Oiya, kabar gembiranya... Allah benar-benar mengabulkan do'a saya. Yang mana? Setahun setelah menikah punya anak. Dan benar adanya, saat bayi itu lahir bertepatan dengan setahun pernikahan kami.
Allahu Akbar!!

"Tulisan ini diikutsertakan dalam GA Hamil dan Melahirkan ala Bunda Salfa"


*) Postingan yang gagal pokus, wong diharuskan cerita yang menginspirasi kok.. ini apa? :)))

19 Dec 2014

Cerita pada Sebuah Foto



Assalaamu'alaikum...

Saya suka memotret, walaupun motretnya juga asal jepret. :D
Memotret apapun, baik itu benda hidup atau benda mati. Sampai ada teman yang bilang sama saya : "Nggak ada kerjaan,ya? Ulet bulu yang sedang lewat juga difoto."

Ulet bulu lagi jalan di pagar teras rumah kayu.
Hehe, iya memang... seperti orang yang kurang kerjaan. Tapi saya suka! Saya suka! Apa boleh buat, saya sudah terlanjur suka sama dunia fotografi. Yaaa, masih belajar 'menangkap scene', sih. Masih belajar ngambil angel yang tepat. Masih belajar teknik. Dan masih masih yang lain.

Beberapa foto saya pajang di blog. Namun lebih banyak saya simpan saja di komputer sebagai koleksi pribadi.

Dalam memotret, saya seperti merasakan kepuasan tersendiri ketika saya bisa memutar rekaman (mengulang kembali) moment yang telah lewat hanya dengan memandangi sebuah foto.

Sebuah foto yang "bercerita" saya yakin ada banyak kisah dibalik pengambilan foto tersebut. Contohnya, banyak fotografer yang sampai harus mendaki gunung tinggi demi sebuah hasil foto Danau Kelimutu yang memuaskan. Atau rela menantang bahaya demi foto singa yang sedang menyusui anaknya. Dan jika mereka ditanya bagaimana saat pengambilan foto hasil karya mereka, pastilah akan ada banyak cerita. :)

Ah, nggak usah foto yang great semacam di atas. Foto sederhana seperti tomat mateng pun pasti ada cerita dibaliknya. Cerita bagaimana si pemoto menanamnya, menunggu matangnya dan sebagainya ...dan sebagainya.

Juga seperti foto saya yang pernah saya posting pada bulan Maret 2014. Foto tersebut untuk diikutsertakan dalam Weekly Foto Challenge Street Life dan Turnamen Foto Perjalanan bertemakan Grey. Foto yang saya ambil di sebuah jalan di Yogjakarta pasca bencana alam meletusnya Gunung Merapi ternyata menang dalam Turnamen. Uh, senangnya.

Didalam satu foto ini, tersimpan kenangan bagaimana saya, suami, dan relawan dari Bandung bersama Amal Madani Fondation menyalurkan bantuan untuk warga. Masih teringat bagaimana kami berangkat terkendala bus relawan yang tiba-tiba saja mogok. Teringat bagaimana kami menyusuri jalanan berabu, melihat pohon, binatang ternak dan rumah-rumah yang rata berwarna abu-abu karena tertutup abu vulkanik yang sangat tebal. Teringat bagaimana saat kami menghibur anak-anak dengan berbagai game. Dan juga, teringat nasib kami yang selama berjam-jam menunggu bus lewat. Qiqiqi.... Semua itu terintas kembali saat saya memandangi foto Sebuah Jalan di Yogjakarta.

Anak-anak korban bencana Gunung Merapi
Halte Giwangan 
Dari sebuah foto, akan ada banyak cerita yang terkandung di dalamnya.
Bagaimana sebuah foto 'bercerita' adalah bagaimana seorang fotografer mempunyai 'ketajaman' mata dalam mengambil moment yang tepat. Serta ketajaman hati. Memoto melibatkan hati, bisa terlihat pada hasil fotonya,-kata ahlinya. :D :D

12 Dec 2014

Ketulusan Kepada Para Pemimpin

Assalaamu’alaikum,
Selamat hari Jum’at .. mari kita rayakan hari ini!! ^^

Ngomongin tentang pemimpin, kalo yang lagi nge-hits saat ini adalah tentang Bapak Presiden Republik Indonesia , bapak Joko Widodo. Walaupun pilpres telah lewat namun nampaknya masih rame aja , nich di social media. Baru-baru ini di jagad twitter menjadi trading topic selama empat hari berturut-turut tagar/ hashtag #BukanUrusanSaya yang kemudian disusul dengan #EhBohongLagi . 

Memang,ya… rakyat Indonesia khususnya netizen sangat “perhatian” sekali dengan sosok bapak Joko Widodo. Jika kita gali lagi sepak terjangnya di kancah politik memang bikin kita bilang WOW (boleh sambil koprol, kok).

Saya tertarik ngomongin pemimpin lantaran saya juga ingin mempunyai rasa yang tulus mencintai pemimpin kita sehingga do’a yang keluar saat mendo’akan pemimpin adalah do’a-do’a  yang baik. Selain itu, ketertarikan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara / dunia politik bisa untuk mengasah salah satu dari tujuh Multiple Intelegent juga. Maka dari itu saya ungkapkan di awal agar kita bisa sama-sama belajar memiliki ketulusan terhadap pemimpin.

Bak dua orang yang saling mencintai, suami-istri ,suami sebagai pemimpin dan istri sebagai yang dipimpin, mereka pasti mengharapkan pasangannya tulus, kan? Menurut saya, tidak berbeda dengan kita dan presiden. Presiden yang memimpin dan rakyat yang dipimpin.

Seperti yang sudah kita tahu, Indonesia adalah Negara yang mayoritas penduduknya muslim. Jadi, pemimpin orang-orang muslim ( para penguasa, wakil-wakilnya, dan para ulama ) haruslah dari orang Islam sendiri  agar mereka ditaati.

Allah SWT berfirman : “Taatlah kalian kepada Allah, taatlah kepada Rasul dan penguasa dari kalian." ( QS An Nisa’ : 59 )

Ketulusan kepada para pemimpin adalah dengan menyukai kebaikan, kebenaran, keadilannya, bukan lantaran individunya.  Jika pemimpin itu baik, melalui kepemimpinannya kemaslahatan/kebaikan kita(rakyatnya) bisa terpenuhi. Dengan begitu, persatuan rakyat dibawah kepemimpinan mereka akan terwujud.

Ketulusan kepada para pemimpin, bisa dilakukan dengan cara membantu mereka untuk senantiasa berada dalam rel kebenaran, menaati mereka dalam kebenaran, dan mengingatkan mereka dengan cara yang baik. 
 Karena tidak ada kebaikan, bagi masyarakat yang  tidak mau mengatakan kepada penguasa yang zalim, “Anda zalim.”

Tidak ada kebaikan, bagi penguasa yang menindas rakyatnya dan membungkam orang-orang yang berusaha menasehatinya,yang lebih bahaya lagi jika para penguasa menutup telinganya rapat-rapat agar tidak mendengar suara-suara kebenaran.


 Dalam kondisi seperti ini,yang terjadi adalah kerendahan dan kehancuran. Nauzdubillah…

 Para Ulama

Ketulusan para ulama terhadap pemimpin dilakukan dengan jalan meng-counter berbagai pendapat sesat yang berkenaan dengan Al-Quran dan Sunah. Menjelaskan berbagai hadist, apakah hadist itu shahih atau dha’if.

Ulama juga mempunyai tanggung jawab yang besar untuk selalu menasehati para penguasa, ulama harusnya senantiasa menyerukan agar mereka berhukum  dengan hukum yang sempurna (hukum Allah dan Rasul-Nya). 

Jika mereka(ulama) lalai dalam mengemban tanggung jawab ini,hingga tidak ada satupun orang yang menyuarakan kebenaran di depan penguasa, maka kelak Allah akan menghisabnya. 
Nah! Dimintai pertanggung jawaban juga, kan?

Rasulullah saw bersabda, “Sesuingguhnya jihad yang paling mulia adalah mengatakan kebenaran di hadapan penguasa yang semena-mena.” 

Mereka juga akan dimintai pertanggung jawaban jika mereka justru memuji penguasa yang semena-mena, bahkan kemudian menjadi corong mereka.

Jika kita masih peduli akan kebaikan para pemimpin ,kita (rakyat) harus senantiasa mengingatkan mereka akan tanggung jawab tersebut, dengan bahasa yang baik. Juga tidak mencerca mereka, karena dapat mengurangi kewibawaannya dan menjadikan mereka bahan tuduhan.

Mari sama-sama berusaha memiliki ketulusan kepada pemimpin, kita do’akan agar pemimpin kita menjadi pemimpin yang adil jika mereka belum adil. Menjadi pemimpin yang tidak semena-mena terhadap masyarakat yang dipimpin. Sama-sama mengingatkan para pemimpin akan tanggung jawab besarnya.

Jangan bilang ini #BukanUrusanSaya.

8 Dec 2014

Ngomongin Vitamin C dan Sariawan

Vitamin C ( asam karbonat ) sangat bermanfaat bagi tubuh, yang paling popular adalah menjaga kekebalan tubuh. Maka dari itu banyak perusahaan farmasi yang memproduksi ini dalam bentuk tablet, pil, atau dalam bentuk minuman.

Padahal, Vitamin C alami bisa di dapat dari buah dan sayur, antara lain : jambu biji, kiwi, kelengkeng, papaya, stroberi, kubis, brokoli, paprika merah, tomat, cabe, jeruk, lemon, dll.

Di bawah ini, beberapa pengalaman saya berkenaan dengan vitamin C.

Kasus I : Sariawan

“Es, saya sariawan euy, sudah seminggu nggak sembuh-sembuh”
Esti menjawab, “Makan vit C aja.”
“Sudah makan vit C, tapi nggak sembuh juga.” -__-

Seringkali orang memahami, jika sariawan pengobatannya adalah dengan mengkonsumsi vitamin C. Namun ternyata ini anggapan yang keliru  dari sebagian orang. Karena sifatnya hanya mencegah sariawan- salah satunya- sementara untuk menyembuhkan/agar cepat sembuhnya adalah dengan mengkonsumsi vit B. Vit B bisa didapat dari pil vit B complek yang banyak dijual di apotek. Baru setelah sariawan sembuh, lanjutkan dengan konsumsi vitamin C agar mencegah sariawan datang kembali.

Kata simbah saya, kalau sariawan obatnya adalah cabe. Padahal simbah mungkin nggak tahu kalau cabe mengandung vitamin C yang banyak. Cara menyembuhkan sariawan menggunakan cabe adalah  dengan langsung menempelkan cabe pada mulut dimana ada sariawannya. Rasanya sangat perih, namun ini memang ampuh. Berani mencoba? :D

Tips :  Jika kamu termasuk yang sering terkena sariawan, coba periksa ke dokter. Jika sariawan sering dan banyak, kemungkinan karena virus/bakteri. Ini perlu penanganan khusus.

Kasus II : Menghilangkan Jerawat dan Kulit Berminyak

Dulu, wajah saya berjerawat parah. Sampai seluruh wajah tidak luput dari jerawat, kecuali mata dan bibir. Berbagai salon kecantikan khusus muslimah dan dokter kulit saya datangi demi sembuhnya jerawat batu yang membandel. Sudah habis berjuta-juta juga belum sembuh juga. Jika sembuh pun hanya sebentar saja, dan apabila obatnya habis maka jerawat akan tumbuh lagi.

Saya semakin heran saja karena setelah menikah pun jerawat masih saja meradang. Kan, katanya kalau sudah menikah, jerawat akan bersih dengan sendirinya. Oh, ini tidak terbukti pada saya.

Kemudian saya runut dari kejadian saat saya pertama kali tumbuh jerawat. Mungkinkah karena pelembab atau krim wajah yang saya pakai bertahun-tahun ini? Saya ini (waktu itu) termasuk orang yang nggak pe-de jika keluar rumah tanpa menggunakan krim wajah, jadi ketika saya memutuskan untuk tidak lagi memakai produk itu rasanya seperti belum mandi dua hari plus nggak pake deodorant pula.

Sebulan, dua bulan, saya sudah lepas dari krim wajah merek terkenal ini. Lalu, apakah saya membiarkan begitu saja wajah saya tanpa perawatan? NO! Saya tetap merawatnya dengan cara yang lebih alami. Yaitu membersihkan muka menggunakan jeruk lemon.

Caranya:
Setiap bangun tidur, saya bersihkan muka dengan irisan jeruk lemon. Sedikit digosokkan. Awal-awal rasanya perih sekali, karena wajah saya yang berjerawat dan banyak luka ( dari jerawat yang baru saja dipencet). Diamkan sebentar sampai kering kurang lebih 5-10 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Tepuk-tepuk, lalu keringkan dengan handuk. Begitu juga saat menjelang tidur di malam hari.

Ribet?? Ada alternatif lain jika  saya sedang buru-buru mau pergi, yaitu membersihkan muka dengan rangkaian susu pembersih dan face toner yang mengandung lemon.

Ada persamaannya ,kan? Yaitu mengandung bahan yang terkenal banyak vitamin C nya. LEMON.
Proses ini tidak instant. Butuh waktu berbulan-bulan hingga jerawat hilang dan minyak di wajah juga berkurang. Tapi dengan ketelatenan dan kesabaran, saya tidak lagi keluar banyak duit untuk ke salon atau ke dokter kulit.
Lalu, untuk pelembabnya saya juga beralih dari yang merek terkenal itu ke produk yang mengandung lemon juga.

Tips :
-  Agar wajah yang berjerawat tidak iritasi, saat menggosok kulit menggunakan irisan lemon jangan terlalu keras. Cukup oleskan secara melingkar ke seluruh wajah dan leher
- Selain lemon, kamu bisa menggunakan buah lain yang lebih murah seperti tomat atau papaya. Caranya sama seperti di atas.

Kasus III : Memutihkan Kulit
Kalau saya baca artikel di beberapa majalah atau situs, ada satu cara khusus memutihkan kulit tubuh secara cepat, yaitu dengan cara menyuntikkannya ke dalam tubuh. Kalau ini harus dilakukan oleh doter/ahli kecantikan khusus. Dan perlu diketahui, suntik vitamin C bisa berbahaya jika dilakukan bukan oleh ahlinya. Bisa overdosis dan menyebabkan berbagai penyakit, seperti batu ginjal dsb. Jika kamu berniat memutihkan kulit dengan cara ini, sebaiknya cek ricek kondisi tubuh terlebih dahulu karena tidak semua tubuh dapat menerimanya.

Tips :
- Bersyukurlah dengan kulit sawo matang sebagai ciri khas bangsa melayu. Walaupun cokelat atau sawo matang, jika dirawat dengan baik akan terlihat eksotik bukan?

- Jika masih ingin tetap memiliki kulit putih, pakai bahan alami saja seperti bengkuang. Buat krim lulur sendiri dengan cara memblender bengkuang. Bengkuang dipercaya mampu memutihkan kulit.

Semoga bemanfaat.

Artikel ini diikutsertakan pada Giveaway Merawat Kecantikan dengan Vitamin C 
disponsori oleh Stanmed Center


5 Dec 2014

3 Dec 2014

Masa Penuh Keajaiban

Menjadi ibu di usia muda itu, seperti gadis kecil yang mendapat boneka baru. Itulah yang saya rasakan saat melahirkan anak pertama di usia 21 tahun. Saya seperti mendapat mainan baru. Saya timang-timang dalam gendongan, memandikannya, mengusapkan minyak telon dan bedak, memakaikan baju, dan mengajaknya jalan-jalan serta mengajaknya bicara. Persis saat dulu waktu saya kecil bermain boneka plastik.

Perasaan yang meletup-letup saat melihat "boneka" itu mengedipkan mata, tersenyum, menangis, mengompol dan bertambah besar... itu suatu miracle. Huhuhu, ketika hati berdebar dengan keajaiban-keajaiban itu, mata selalu sinkron menitikkan airnya. Sungguh sebuah kejadian yang tak cukup dideskripsikan dengan sejumlah kata.

new mom - baru melahirkan anak pertama :)

Waktu begitu cepat berlalu. Keajaiban demi keajaiban tak luput dari pengamatan saya. Saat melihatnya mulai memiringkan badan.

Rasanya ingin sekali ibu membantumu, nak. Tapi ibu biarkan sampai badanmu benar-benar bisa tengkurap dengan tenagamu sendiri karena itu tandanya dadamu sudah kuat menahan tekanan berat badanmu.



Begitu juga saat anak saya bisa merayap, ngesot, dan merangkak seperti tidak ada capeknya. Teruuus aja merangkak dari sudut ruangan ke sudut yang lain. Rumah yang hanya sepetak, waktu itu bisa dijelajahi sampai ke kolong tempat tidur. Saat malam tiba, saya pasti memijat lembut kaki dan seluruh tubuhnya yang seharian telah "bekerja keras". Ibu mana yang nggak meleleh melihat buah hatinya tidur pulas. Menatapnya bagai menatap syurga, begitu tentram dan damai. ;') Benar begitu, khan Bunda??
Subhanallah...

Pun saat anak belajar berjalan. Genggaman tangannya sangat kuat. Dengan terhuyung-guyung dan kadang terjatuh karena lepas pegangan,  Ia mengajarkan kepada saya, bahwa belajar (menjalani hidup) itu ada saatnya terjatuh, ada saatnya luka dan menangis. Tapi belajar tidaklah berhenti sampai di situ agar menjadi bisa.

Masa dibawah satu tahun sudah terlewati. Sekarang putri kecilku sudah bukan balita lagi.

"Dhia sekarang sudah besar, sudah enam tahun. Nanti kalau besar mau jadi dokter." celoteh putri saya.

Seketika saya menyadari, waktu ini sangatlah berharga. Saat-saat menemaninya tumbuh, adalah saat-saat saya belajar darinya.




2 Dec 2014

Istri Terbaik untuk Suamiku

Setiap pasangan suami-istri, adalah terbaik bagi pasangannya. Dengan surat cinta ini, (saya merasa) saya adalah istri yang baik untuk suami saya. Saya tidak butuh penilaian laki-laki lain, cukup suami saya yang menilai.



Bismillaahirrahmaanirrahiim

Alangkah indahnya hidup ini ketika mengenalmu.
Alangkah indahnya hati tertaut dalam cintamu.
Alangkah indahnya langkah ini untuk menjadi pendampingmu.
Ya Rasulallah ,ya Habiballah kami rindu pada-Mu.

Jazakillah atas doa-doa dan pengertian adek untuk kakak, terima kasih yang tiada terkira. Allah menciptakan makhluknya bermacam-macam dan tiada satupun makhluknya yang benar-benar sempurna. Jazakillah adek selalu melihat dari sisi kebaikan kakak, jazakillah. Tapi ingat, dek. Kakak juga memiliki sisi dan tingkah lakuyang mungkin kurang baik, jika itu ada maka janganlah lihat keburukan dan perbedaan menjadikan permasalahan yang sulit untuk diselesaikan.

Rumah tangga Rasulullah SAW dibangun atas dasar persamaan kebaikan dari istri-istrinya. Jikalau kakak berbuat khilaf, tolonglah selalu diingatkan.

Q.S Al Baqarah : 223,
“Istri-istrimu adalah ladang bagimu, maka datangilah ladang-ladangmu kapan saja dengan cara yang kamu sukai, dan utamakanlah (yang baik untuk dirimu), bertaqwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu (kelak) akan menemui_NYA. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang beriman”

Adek selalu menurut apa yang kakak suruh dan selalu menghormati apa yang kakak tidak suka.
Ya Rabb, tercelalah diriku jika aku melalaikan segala rasa cinta yang diberikan oleh istriku kepadaku.

Kakak ingin dan terus berdoa kapada Allah untuk memberikan umur yang barokah sampai kakek nenek, agar bisa mengurus anak cucu kita kelak.

TERIMA KASIH SAYANG

Untuk istriku di sana
Engkau pelita dalam gelap hidupku
Engkau petunjuk jalan dalam sesatnya jalanku
Engkau karunia yang tiada terkira
Laksana air pelepas dahaga
Laksana embun pagi dalam keheningan
Laksana pelangi yang berwarna-warni dalam indahnya
Derasnya samudera kehidupan
Engkau obat hatiku dalam kesakitan
Engkau mataku dalam melihat sisi dunia yang terang benderang
Untukmu wahai istriku
“yang tercinta”

Galau hati ketika hari-hari menanti jawabmu waktu itu. Selalu ku berdo’a pada-Nya untuk menunjukkan jalan terbaik untuk kita berdua. Apalah daya seorang laki-laki seperti diriku, dapat mempersunting engkau, wahai bidadariku….

Segala kemanjaanmu, segala kebaikanmu untuk suamimu ini. Kuhaturkan rasa syukur pada MU ,Ya  Rabbi… Kau berikan bidadari di dunia.

Afwan jiddan dengan segala khilafku, Ya Rabb...

Dan untuk pelita hatiku, kuhaturkan berjuta permohonan maaf untuk segala khilafku.
Kakak ingin rumah tangga kita dibangun atas dasar keimanan dan kecintaan kita kepada-Nya. Ibarat mobil yang melaju pernikahan adalah merknya, mobil adalah kita berdua. Jalan adalah kehidupan yang selalu berkelok dan tak tahu ada apa di ujung sana. Landasi jalan kita di jalan dakwah dan tujuan kita adalah kematian yang telah menunggu kita untuk memasuki kehidupan tak berujung untuk selalu menghadap pada-Nya.

Terima kasih,


Tulisan ini diikutkan Giveaway Istri yang Baik


27 Nov 2014

Ngomongin Makro


Ceritanya beberapa waktu yang lalu, saya menyempatkan hunting foto -mumpung ada kamera SLR- sekaligus belajar makro. Walaupun cuaca di Cimahi sedang dingin karena habis hujan gede, mendung tebal dan kabut juga turun tipis, sore hari yang cloudy itu tak menyurutkan tekad saya untuk blusukan di kebun, di pekarangan samping dan depan rumah.

Jaket dan sepatu boot (jangan mbayangin saya make boot yang trendi, wakaka ) sudah saya kenakan. Langsung dah meluncur ke halaman.

semut di atas ilalang
foto di atas pake kamera hape

Begitu sampai halaman yang pertama sekali saya cari adalah semut. Biasanya, semut, kalau habis hujan gini suka angkut-angkut gitu, entah angkut makanan atau angkut telurnya untuk disimpan di sarang dan tempat yang aman. Ahaai... ketemu seekor semut.
Lalu saya berpindah ke tempat lain, menemukan belalang, lebah, lalat, capung, bapak pocung, kepik, dan bermacam-macam serangga yang ukurannya kecil-kecil.

Sudah berpuluh kali jepret, tapi setelah direview hasilnya kok nggak memuaskan banget. Beberapa foto makro sudah  saya posting di Belajar Makro yang Gagal. 
Kalau boleh saya bilang, moto makro itu susyah banget, apalagi untuk saya yang biasanya cuma moto bermodal kamera handphone. Saat memotret memakai kamera SLR masih belum bisa menyesuaikan diri. Secara berat, jelas kamera SLR lumayan berat
dibandingkan dengan hape. Hal itu membuat tangan menjadi cepat capek. Lalu, karena makro ini mengambil obyek-obyek kecil seperti binatang kecil, jadi saya berjalan sangat hati-hati, gerakan tubuh juga harus pelan, jika tidak maka target bisa saja kabur sebelum sempat dijepret.
Binatang-binatang kecil yang senangnya ngumpet memaksa saya untuk bergaya dalam mengambil angle yang tepat. Widiiiih, ini bisa dengan gaya jongkok, nungging, ndlosor, dan lain-lain. Keringat keluar semua. Kalo kata teman saya, sekalian olahraga. Bener juga! :D

Yang paling seru dalam belajar makro adalah ketika mau ngambil gambar harus tahan napas dulu dan nggak boleh gemeteran biar nggak goyang. Jika saya review hasil jepret kemarin, kok nggak ada yang benar-benar bening, ya? Padahal saat saya moto makro bunga-bunga cantik itu bisa bening dan jelas detailnya.

Jadi saya mengambil kesimpulan sendiri, bahwa foto-foto saya yang banyak noisenya alias bintik-bintik dan nggak tajam itu karena:
1. Belum terbiasa dengan kamera SLR.
2. Belum mengetahui teknik memoto makro.
3. Kurang pencahayaannya karena mendung, dsn kabut.
4. Tangan saya belum stabil, saat memoto masih ndredeg.

Jadinya tujuan makro yang untuk menampakkan detail yang nggak kasat mata, masih belum sempurna saat fotonya burem.

Hemm, mau gimana lagi... saya harus sering-sering belajar njepret pake kamera SLR dan belajar tekniknya.

14 Nov 2014

Membuat Bola-Bola Coklat


Semua proses Dhia yang bikin
Punya kue semacam kue kaleng Khong Guan yang isinya tinggal yang tidak disukai? Jangan dibuang! kita 'daur ulang' kuenya menjadi bentuk baru yang lebih menarik dan tentu saja lezat.
Kita bikin bola-bola cokelat saja, oke?

Sekalian untuk cooking class nya Dhia yang sekolah di rumah, jadi saya serahkan pengerjaannya kepada Dhia. :) Saya hanya membantu mengarahkan langkah-langkahnya saja. :D

Pertama, kue diremas-remas sampai berbentuk bubuk.


Lalu, tambahkan susu kental manis rasa cokelat. Aduk sampai merata.

bikin bulatan

Lalu bikin bentuk bulat-bulat, kalau belum bisa dibentuk , tambahkan lagi susu kental manisnya.
Setelah itu, celupkan ke cokelat blok yang sudah dicairkan sebelumnya (atau menggunakan susu kental manis cokelat juga bisa, kok) lalu guling-gulingkan ke cokelat meses.
Jadi deh.

Terakhir, agar rasanya renyah, simpan bola-bola cokelat di dalam lemari es.
Nikmat disantap dengan teh hangat tawar.

*)bahan : kue, susu kental manis cokelat, cokelat meses.
Bahan yang digunakan simpel saja, karena ini untuk kegiatan anak-anak. Jika ingin versi 'serius'nya bisa ditambah mentega cair  dan cokelat blok.

Manfaatnya buat si anak apa?
Kegiatan ini melatih kemandirian anak.
Melatih anak-anak memahami perintah (urutan membuat kue merupakan sebuah perintah, kan?)

Anak akan puas melihat hasil karya/sesuatu yang ia buat sendiri. Kemudian dengan pujian dari orang tuanya, anak menjadi lebih bersemangat lagi.

Akram nggak mau tinggal diam. Ikut, NIMBRUNG :)
Buat anak yang lebih kecil, ini jadi kegiatan yang menyenangkan juga karena boleh berantakan #eh :D

13 Nov 2014

DIY : Tirai CD

Assalaamu'alaikum..

Semangat paaagiii..! (kalo mbacanya pas siang-siang, yaa semangat pagi. Tapi kalo mbacanya pas sore atau malam, yaa teteup semangat pagi!) :D *gaya Sule* :p

Kali ini, saya mau cerita sedikit tentang kegiatan saya kemarin bareng anak-anak. Sekaligus mau pamer kerjaan penting kami. haha.

Kemarin Alhamdulillah, saya berhasil membuat Dhia dan Akram nggak nonton video atau TV seharian penuh --hampir full,sich. Ini sebuah pencapaian yang sangat menggembirakan menurut saya. Karena perlu diketahui, kedua anak saya --terutama Dhia- sangat suka dan betah banget kalo nonton video dari komputer. Awalnya saya sempat khawatir saat beberapa tahun yang lalu, begitu Dhia bangun tidur yang pertama kali dicari adalah komputer, dan tentu saja langsung meng-klik tombol ON. Tapi, sekarang mah udah enggak. :D

Terus , apa hubungannya sama Tirai CD ?

Ada. Inilah salah satu prakarya yang saya buat barengan Dhia dan Akram. Membuat tirai dari CD bekas yang sudah rusak bisa bermanfaat bagi anak, terutama yg dua tahun, antara lain:
- Memegang pencil.
- Menjiplak bentuk CD
- Mengenal bentuk permukaan, dlm hal ini adalah lem. Lem yang lembut, dingin, den lengket ini membuat Akram penasaran.
- Menggunting, ini untuk anak yang lebih besar.

Caranya...

1. Menyiapkan bahan -bahannya :

- Plastik bekas/tidak terpakai
  Saya memakai mainan balon bekas, sayang kalau dibuang.
- CD rusak
- Gunting
- Lem fox
- Pulpen
- Benang jahit
  Atau lebih bagus memakai benang yang lebih kuat lagi.
















2. Menjiplak menggunakan CD


3. Gunting plastik/kertas/kain yang sudah dijiplak


4. Hubungkan CD menggunakan tali/benang seperti di gambar

 Setelah itu, tempelkan guntingan kertas menggunakan lem fox.










5. Selesai


Buat yang banyak agar menyerupai tirai.

28 Oct 2014

Menjemur Padi

Ceritanya kami sekeluarga sedang liburan di rumah orang tua saya. Waktu itu barengan sama musim panen padi di sana. Jadilah, saya kebagian menjemur padi. Sebagai anak bungsu yang manja dan sedikit kerja, saya merasa senang bisa membantu seperti ini.

Yeaaah, sepertinya hal yang sangat sepele, ya. Tapi ini membuat saya menjadi menghargai arti penting para petani yang menanam padi, merawat padinya, memanen, menjemur, hingga memasok ke pengumpul. Hingga akhirnya sampai di kota-kota yang di dalamnya nggak ada lahan lagi untuk menghasilkan padi sendiri. *jadi lebay gini ya?* -__-  Sumpeh deeeh, capek juga njemur padi teh.

Menjemur padi ternyata disenangi oleh anak saya yang kedua, Akram. Akram antusias sekali saat memasukkan gabah ke dalam karung. Dalam pikirannya, ini adalah kegiatan yang amazing kali,ya. Memasukkan butiran-butiran padi yang kecil-kecil ke dalam sebuah wadah bisa melatih gerak halusnya, yaitu menggenggam/ menjumput benda kecil. Dan juga, merangsang gerak halus lainnya. Dia berlatih merasakan bentuk permukaan. Permukaan kulit gabah yang kasar dan sedikit runcing di ujungnya, membuat Akram sering mengibas-ngibaskan tangannya. hehe, lucu dech liatnya.

Biar nggak dibilang hoax, anda bisa melihat bagaimana dia "membantu" memasukkan gabah ke dalam wadah. Kemudian Akram meminta saya memasukkannya ke dalam karung. :)



27 Oct 2014

Hari Blogger Nasional, Aku Nggak Ngeblog?

Saya ini ngakunya blogger, tapi hari ini yang merupakan hari blogger nasional pun saya nggak ingat.  Taunya juga dari status sama tulisan teman-teman blogger yang mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional yang jatuh pada hari ini, 27 Oktober 2014.

Blogger macam apa saya ini?
Jauuuuh dari blogger rajin, apalagi blogger profesional... -__-

Merasa diberi selamat oleh teman-teman, saya mikir, kalau hari ini  saya nggak update blog apakah masih layak saya menyebut diri saya sebagai blogger? Saat melihat postingan terakhir pun itu sudah berminggu-minggu yang lalu. Kyaaa *ngambil taplak meja* *nutupin muka*

Dan tetiba saya ingat dua tahun yang lalu, awal ketika saya baru kenalan dengan blog. Saya buta sama sekali dengan ini. Hingga menggelitik saya untuk belajar dari Google. 'Baru dua tahun' sering menjadi alasan saya tidak konsisten alias nggak rajin ngeblog. Hemm, alasan yang dipaksakan ini mah.

Namun hari ini, kembali mengingatkan saya tentang tujuan awal ngeblog, memperluas pertemanan /silaturahim, juga untuk terus belajar, belajar, dan belajar lagi. Itu.

Cheers! ^_^

8 Oct 2014

7 Oct 2014

Apa Mind Mapping Itu ?

Mind mapping adalah cara mencatat kreatif dan memetakkan pikiran-ikiran kita secara menarik dan mudah.

Bagaimana Cara Membuat Mind Mapping ?
Pertama, yang kita perlukan untuk membuat Mind Map adalah :
- kertas kososng tak bergaris
- pena dan pensil warna
- otak
- imajinasi

Langkah-Langkah Membuat Mind Map

1. Mulailah dari tengah kertas kosong
2. Gunakan gambar (simbol) untuk ide utama
3. Gunakan berbagai warna
4. Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat. Buatlah ranting-ranting yang berhubungan ke cabang dan seterusnya.
5. Buatlah garis hubung yang melengkung
6. Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis
7. Gunakan gambar

contoh mind map

Kegunaan Mind Mapping

* Perencanaan berbagai Aktivitas
* Catatan sekolah, rapat, belanja
* Bagus untuk curah gagasan
* Fenomenal untuk menulis

Tips :
~ gunakan warna berbeda
~ gunakan simbol yang kreatif/berkesan
~ gunakan hanya satu kata
~ gunakan garis lengkung
ATM : Amati Tiru Modifikasi



6 Oct 2014

Selamat Datang di Keajaiban Otak Kita

Tiba-tiba saya pengin ngomongin tentang otak. Mungkin karna tadi pagi saya habis nonton film yang berjudul Lucy. Ceritanya dia (Lucy) ini digunakan sebagai alat penyelundupan obat terlarang. Karena suatu sebab obat yang ditanam di dalam perutnya menginjeksi tubuhnya sehingga kemampuan otaknya di atas rata-rata manusia normal. *Saya jadi pengin merensi film , nich. hehe. Untuk selanjutnya....(*monggo gugling sendiri* #dziigh)

Selamat Datang di Keajaiban Otak Kita 
Sudah tahu, khan? Kalo otak kita membagi wilayah kerja otak menjadi 2... Otak kanan, proses berfikir otak kanan bersifat acak, imajinasi, tidak teratur, berkhayal, warna. Dan otak kiri, yang proses berfikirnya bersifat logis, angka, linier(searah), rasional, sistematis, detail.

Ada satu lagi yaitu Otak Tengah.

Jika otak tengah teraktivasi, maka seorang anak akan mudah memiliki akses yan baik ke otak kanan dan otak kirinya. Mereka akan mampu belajar membaca, menghafalbenda-benda dengan kecepatan yang tinggi, meningkatkan keperayaan diri, minat dan konsentrasi belajar.
Hal yang menakjubkan, anak akan menjadi semakin peka terhadap berbagai macam informasi dan mampu meresponnya dengan baik. Salah satu contohnya adala kemampuan anak untuk melihat sesuatu benda dengan mata tertutup.
Begitu informasi yang saya dapat dari AJI (Anak Jenius Indonesia).

Kalau menurut Prof. Howard Gardner dari Harvard University, kecerdasan manusia ada delapan yang kesemuanya perlu dilatih agar bekerja maksimal.

Bagaimana cara melatihnya?

# Inteligensia Spasial Visual
Diasah dengan latihan :
- mencorat-coret
- menggambar
- membaca peta
- bermain jigsaw
- membongkar benda dan memasang kembali
- melakukan apresiasi seni
- membuat denah rumah atau daerah, dll

# Intelegensia Linguistik
Dipertajam dengan:
- banyak membaca
- melakukan permainan kata (misalnya berdiskusi, berpuisi, mengungkapkan sesuatu)

# Intelegensia Interpesonal
Dikembangkan dengan :
- bergaul
- meminati olahraga tim seperti sepak bola, basket, futsal, dll
- ikut berorganisasi
- membina persahabatan

# Intelegensia Musik
Dikembangkan dengan :
- berlatih memainkan alat musik
- menyanyi dengan suara tidak sumbang
- mengingat irama lagu
- bersiul / menggumamkan irama lagu

# Intelegensia Naturalis
Dilatih dengan :
- mencintai binatang
- mengenal berbagai nama jenis pohon, bunga, tanaman
- meminati isu-isu sosial, psikologi, biologi, ekologi dan mempelajarinya

#Intelegensia Body Kinestetik
Ditempa dengan :
- melakukan olah fisik secara teratur
- membuat prakarya
- berlatih menari/berdansa
- berlatih mengekspresikan diri dengan gerakan tangan/ bahasa tubuh

# Intelegensia Intrapersonal
Dilatih dengan :
- mencari waktu untuk menyendiri
- merefleksikan hidup
- mengembangkan minat dan hobi
- mencoba memahami diri
- menetapkan visi dan misi pribadi
- mengikuti berbagai pelatihan untuk mengembangkan diri

#Intelegensia Logic Matematik
Dimaksimalkan dengan membuat rencana rinci anggaran belanja dan pendapatan pribadi, keluarga, atau perusahaan, menghitung setiap ada kesempatan atau apa pun latihan daya ingat yang terkait dengan bilangan.

Setuju, nggak? kalau melatih otak tidak sekadar mengingat, namun dengan berbagai macam kegiatan yang kita jalani sehari-hari otak akan semakin berkembang karena otak adalah aktivitas dan hidup manusia.
jadi, Mudahkan memorimu....gaes. :)

26 Sep 2014

10 Buku Jadul

Halloo.. gaes?!

Tiba-tiba saya berasa lagi duduk di bangku kelas 1 SMP ya, yang masalah terbesar saat itu adalah tentang Pe-eR Bahasa Inggris yang nggak pernah bisa saya kerjakan walaupun saya sudah buka kamus. :p

Iya, dan hari ini... ada orang yang nggak tau datengnya dari mana tiba-tiba muncul ngasih kerjaan, otomatis menambah daftar kerjaan rumah saya yang nggak kelar-kelar ituuuh. *curhat cie curhat* [ piiis Ntan...piisss..! Kamu adalah saudara bagiku. #eaa ;) ]

Okeey... biar nggak kebanyakan curhatnya, kali ini saya mau nulis tentang 10 buku yang pernah saya baca pada jaman dahulu kala, tapi isinya masih terkenang-kenang sampai sekarang. Ini bukan review, dan juga bukan buku-buku yang (mungkin) kalian suka. Ah, sudahlah. Pokoknya baca aja yang hurufnya ditebelin, selain dari itu isinya nggak penting blaass. u_u



Oiya bentar, buku yang saya sebut di sini selain bacaan wajib saya. :D

1. Totto Chan - Tetsuko Kuroyanagi
Buku ini saya baca waktu masih SMP. Berkisah tentang seorang anak kecil yang bernama Totto.
Saya masih ingat, saat Totto masuk ke sekolah barunya. Ia begitu takjub dengan pagar sekolah yang terbuat dari tanaman, dan ruang sekolah yang terbuat dari gerbong kereta api. Banyak hal yang membuat Totto menyukai sekolah barunya. Gurunya yang baik hati, teman-temannya yang unik, dan cara belajar yang berbeda dari sekolah lamanya.
Bagi saya pribadi, saya bersyukur dulu membaca buku ini, walaupun awalnya karena suka liat sampulnya. Namun di masa mendatang (saat ini) sangat berguna saat saya menjadi guru TK dan juga saat saya mendidik kedua anak saya.

2. Ronggeng Dukuh Paruk - Ahmad Tohari
[hadeeeh, ini penempatannya nggak banget! dua genre yang beda jauh. -_- ] hehehe.. plis terima aja, ya gaes. :))))
Ini beneran saya baru tau barusaaan pisan waktu gugling, kalo Novel ini juga difilmkan. *berasa baru keluar dari gua.

3. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck - Hamka
Novel ini sangat terkenal sekarang apalagi setelah rilis film nya dengan judul yang sama. Enggg, tapi saya beneran belum nonton film nya. Takut kecewa soalnya. T_T.
Novel ini sangat berkesan walaupun cuma saya baca sekali waktu kelas 2 SMA. 

4. Kelompok 2&1 - Dwianto Setyawan
Itu , loh, yang tokohnya Yan, Dede, dan Ira. :)) Buat saya buku ini sangat melegenda. Apa kabarnya, ya sang penulis ? 

5.Topeng Kaca - Suzue Miuchi
Ini komik, bukan buku! Eh.. komik termasuk buku bukan sich? :D
Ini saya baca waktu SMP juga. Dan sampai sekarang, saya masih penasaran gimana endingnya. Bagaimana kisah Maya dan Masyumi di akhir cerita?? Karena diberitakan, penulis manga ini sudah meninggal.

...... ups.. saya baru tersadar! Daftar bacaan saya waktu dulu ternyata nggak banyak. Selain buku tadi, saya nggak bisa mengingat judul-judul buku lain, yang ada cuma majalah Bobo dan komik Donal Bebek. Kayaknya dulu saya terlalu asyik maen bersama teman-teman di luar rumah, dech. Ya! pasti begitu, kalo nggak.. mana mungkin saya cuman ingat itu-itu aja??
[ *buset, mau bilang jarang membaca aja susah banget* >_< ]

Untuk buku selanjutnya, saya pilih berdasar buku bagus versi saya danyang saya suka aja. :)

6. Personality Plus - Florence Littauer
Dengan buku ini saya bisa memahami kepribadian sendiri dan juga orang lain. Hey! Apa kepribadianmu?

7. Tubuh Anda adalah Dokter yang Terbaik
Setelah membaca buku ini, lagi-lagi saya memahami tubuh dengan baik dan menjadikan tubuh sendiri sebagai dokter terbaik setiap waktu.
"Tidak ada yang menginginkan sakit. Tidak ada pula yang berharap setiap saat mengunjungi dokter untuk berobat. Oleh karena itu, jadilah DOKTER bagi diri sendiri" tulis DR. Husen A. Bajry, M.D., Ph.D.

8. 13 Wasiat Terlarang - Ippho Santosa PhG
Hati-hati! Pikiran anda bisa terganggu! :p

9. Business Wisdom - Bambang Trim 
Nabi Muhammad saw, the best spiritual business model dah pokoknya mah.


10. Khadijah - Abdul Mun'im Muhammad
Bukuku yang satu ini hilang. Dipinjem nggak balik-balik. :( (*pengumuman nggak penting!*)










Udah, itu aja. PR selesai, laporan selesai. Selanjutnya saya pengen rekomendasi dari manteman yang lain juga, dong. Siapapun kamu, yang suka membaca.. ayo tularkan virus membaca dengan merekomendasikan 10 buku.

*ngasih kode ke Kakak Lies* ciyeeeh kakak ;)

Happy reading...!

This entry was posted in

23 Sep 2014

Bacaan Wajib

Setiap orang pasti punya selera dalam membaca, saya pun begitu. Banyak buku bagus di dunia ini, tapi kalau saya nggak suka.. ya nggak saya baca.
Alasannya?
Bisa jadi karena penulisnya. Misalkan saya nggak suka si Anu karena orangnya suka ngupil sembarangan.(haha, alasan apa ini?!) Bisa juga karena nggak berminat dengan jenis / kategorinya. Misalnya, saya nggak suka buku filsafat, karena bikin puyeng. Bisa jadi juga alasan nggak suka karena pas baca ceritanya (dalam hal ini buku fiksi) langsung nggak pengen baca cerita selanjutnya.
[Boleh ditambahin dong di komentar, alasan kamu nggak suka sama buku tertentu. ;) ]

Nah, sekarang saya mau kasih bocoran buku atau bacaan wajib saya. Yang secara berkala selalu saya ulangi.

1. Al-Qur'an al Kariim
Ini adalah pegangan hidup saya. Tanpa membacanya, hidup terasa hampa. :))

2. Tafsir Al Qur'an
Untuk memahami Al Qur'an secara menyeluruh harus baca terjemahan dan tafsirnya juga, dong. Sebab di Al Qur'an terkadang ayatnya itu nggak menjelaskan secara detail. Jadi untuk orang awam kayak saya musti minimal membaca tafsirnya.

3.Shirah Nabawi
Dengan buku ini, saya bisa mengenal Rasulullah kekasih saya dan merasa dekat dengan beliau.

4. Riyadhus Shalihin
Saya selalu ter-Ooo...Ooo setiap kali baca. Ada pemahaman baru walaupun sering diulang.

5. Kisah para Sahabat Rasulullah saw
Banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil dari kisah-kisah mereka.

6. Kisah para Istri Rasulullah
Wnita mana yang nggak ingin menjadi terbaik bagi suaminya. Pun saya, maka dari itu saya harus terus belajar meneladani kebaikan istri-istri manusia agung.

7. ...

Bukan tidak mungkin, bacaan wajib saya akan bertambah dan terus bertambah di kemudian hari. #staaah


20 Sep 2014

Toko Online Impianku

Halllo gaes,... *celingak celinguk*
memastikan nggak ada yang bawa cappucino cincau soalnya saya mau ngomongin salah satu mimpi saya. :D #takut dibanjur :p

Apaseeeh impiannya?

Yup, salah satu impian saya saat ini, adalah punya satuuu aja toko online yang menjual segala macam camilan, yang pengunjungnya banyak, yang belinya banyak, terus..terus yang nge-jualin lagi alias reseller juga buaanyak. Bhahaha :v itu siih semua orang juga mau.

Kenapa harus camilan ? Kamu suka ngemil yaaa??!

Errr, iya iya...saya ngaku. Saya memang suka banget ngemil. Dalam keadaan bagaimanapun, di manapun, dan dalam kondisi apapun saya nggak bisa lepas dari yang namanya ca-mi-lan.
Bayangkan, gaes! Kalo kamu lagi pengen nyemil, tapi masih rempong dengan urusan pekerjaan, kan... paling enak camilan itu dateng sendiri ke rumah atau ke kantor tanpa harus berdesakan di toko camilan.

Nah berangkat dari situ, saya ingin membantu para pecinta camilan ini agar tetap bisa menikmati camilan kapanpun. Mereka hanya perlu nge-klik beberapa kali dan  nggak ribet.

Camilan macam apa yang mau kamu jual, Win?

Oh, ya! Semuanya! (*maruk banget | biarin*) Berbagai cemilan dari yang khas daerah sampai yang umum akan disediakan di toko online saya.  Dari macam-macam makanan ringan, aneka kripik, kue dan coklat, dan lain sebagainya. Saya ambil contoh beberapa camilan khas Sunda antara lain : keripik tempe, rujak cireng, dll. Camilan dari Jawa Tengah ada lanting, rempeyek, geplak, dll. Terus, saya juga mau jual cemilan yang unik gitu, misalnya produk baru ciptaan saya sendiri. hehehe :D

Oke, kalau produk sudah jelas, lalu target pembeli siapa Win?

Target pembeli adalah mereka para pecinta cemilan doong...dari anak-anak, remaja, mahasiswa sampai orang tua , jadi target pasarnya sebetulnya bersifat umum saja. ;)

Hemm, sepertinya menarik juga. Tapi...bagaimana dengan service kepada pembeli? Mereka (pembeli) kan pengennya service memuaskan.

Kalo soal itu, saya sudah punya triknya. Ini niii :

Respon cepat.
Ini salah satu hal penting menurut saya, karena ketika posisi saya sebagai pembeli, saya pun menginginkan respon atau jawaban yang cepat -juga ramah tentunya. :)
Agar merespon dengan cepat tentunya saya harus menyantumkan nomor kontak yang jelas di website saya nanti, seperti nomer pin BB atau nomer seluler.

Cara mengorder yang simpel.
Yaitu yang tidak banyak tetek bengek-nya. Tidak terlalu banyak langkah dan persyaratannya. Memang benar, harus hati-hati dengan pembeli yang tidak bertanggung jawab, tapi hal ini juga yang akan menjadikan pembeli menjadi kurang nyaman.

Membangun Silaturahim dengan Pembeli
Saya sangat senang ketika membeli sebuah produk dan pemiliknya tetap menjaga silaturahim dengan kita. Jadinya secara sukarela kita akan mempromosikan kepada teman-teman. Ini menurut saya penting untuk pemula.

Dan yang terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah desain website toko onlineku nanti harus enak di mata, nggak terlalu mencolok, nggak terlalu rame alias nggak banyak kerlap-kerlip. Serta menampilkan foto produk yang sesuai dengan aslinya.

Pentingnya afirmasi dalam sebuah impian,
Agar saya bisa dengan jelas membayangkan toko online saya nanti, saya harus memberi sedikit gambaran di otak. Tapi karena saya sangat gaptek dalam dunia per-desain-an, yaa..., seperti inilah kira-kira website toko onlineku nanti. *Sambil bermimpi, suatu saat nanti ada yang mau membuatkan desain website yang kece.*



Ummm... ini udah mau selesai ngimpinya. Tapi, kayaknya masih ada yang kurang gitu. Apa ya? Apa.. Apakah karena saya belum membaca buku Sukses Membangun Toko Online punya Emak Kece yang satu itu gitu ya? Sehingga hati ini belum mantap mewujudkan impian membangun toko online?
Ah, siapa yang bisa menjawab keraguan hati saya ini? Tolooong.

*bener-bener dibanjur capucino cincau*







31 Aug 2014

Yang Kita Sia-siakan


Pengetahuan yang kita miliki sia-sia karena tak diamalkan.
Perbuatan yang kita lakukan sia-sia karena tak disertai rasa ikhlas.
Perjuangan yang kita lakukan sia-sia karena tak ada tujuan yang jelas.
Pengorbanan yang kita lakukan sia-sia karena mengharapkan pujian.

Marah yang kita lampiaskan sia-sia karena dilandasi emosi bukan rasio.
Cinta yang kita berikan sia-sia karena dilandasi syahwat semata.

Kekayaan yang kita dapatkan sia-sia karena untuk kepentingan pribadi.
Kegagalan yang kita alami sia-sia karena dijadikan alasan keputus asaan.
Musibah yang kita jumpai sia-sia karena tidak menjadikan kita semakin kuat.
Kesuksesan yang kita raih sia-sia karena membuat kita semakin sombong.

Anugerah yang kita dapatkan sia-sia karena tidak disyukuri.
Pelajaran atau peringatan yang kita dengar atau baca sia-sia karena hanya melintas dalam pikiran saja.
Orang yang bersalah tapi menyadari adalah lebih baik dari pada orang yang selalu merasa dirinya selalu  benar.

Menggagalkan perbuatan baik karena takut riya adalah riya terhadap diri sendiri.
Maka lakukanlah kebaikan dan jangan riya.

Merasa diri suci adalah kekotoran.
Merasa diri pintar adalah kebodohan.
Merasa diri bodoh berarti harus belajar.
Merasa diri hebat adalah kelemahan.
Merasa tak punya dosa adalah kesalahan.
Merasa diri banyak salah berarti harus bertobat.

Semakin bertambah usia semakin bertambah pula ilmu dan pengetahuan.
Tapi mengapa dosa dan kesalahan juga ikut bertambah?

Mempelajari sesuatu adalah berlatih untuk belajar.
Dan mengajarkannya adalah belajar yang sesungguhnya.

Kalau ada orang bodoh tetapi sombong itu wajar dan bisa dimengerti.
Tetapi kalau ada orang pintar yang sombong, kepintarannya patut dipertanyakan.

23 Jul 2014

Gara-Gara TwiRies


Nggak tau kenapa, ya, setiap kali saya melihat atau bertemu sama anak kembar itu rasanya pengen nyubit pipinya. Apalagi kalau kembarnya masih usia kanak-kanak. Gemes gitu !
Terus, kalau ketemu anak kembar itu tiba-tiba saya menjadi orang yang super kepo. Penginnya memberondong dengan pertanyaan-pertanyaan yang spontan keluar dari kepala. Hih, nyebelin banget kan? hahaha.

Saya tau kalau itu nyebelin pas udah nonton video ini. Entah saya menjadi orang yang keberapa yang menanyakan pertanyaan-pertanyaan itu. Bisa jadi orang ke satu juta delapan ratus ribu lima puluh sembilan. heuheu.


Walau bagaimanapun bertemu orang yang mirip banget secara fisik tuh amazing. Subhanallah bingiiit! Ya kan?! Ya kan?! :))

 Awal Pertemuan dengan Twiries

Waktu itu , tepatnya tanggal 5 Juli 2014 saya hadir di acara buka bersama komunitas Kumpulan Emak Blogger di Bandung. Kebetulan orang yang duduk di sebelah saya membawa buku dengan sampul hijau ( *digaris bawahi, karena saya suka warna hijau. #emang penting, ya? kekeke ).

Karena penasaran saya minta ijin untuk melihat isinya. Dari sepintas baca di situ , "Wah, kayaknya asyik nich novelnya." batin saya. Dan ternyata, setelah ngobrol sana-sini, penulisnya itu adalah yang duduk di sebelah sebelahnya saya. (*lah, bingung kan? )

Kemudian berkenalanlah saya sama yang punya TwiRies ini. Waktu itu yang hadir cuma teh Evi Sri Rezeki, sedangkan teh Eva Sri Rahayu nggak dateng. Dan saya pun terbengong sekaligus pengen nyubit pipinya. ( *piiiis :D )

Beli Satu Bonusnya Banyak

Dari suka pada pandangan pertama sama TwiRies, saya berniat mengadopsinya. Namun sayang, waktu itu teh Evi-nya keburu pulang, berharap dapet tanda tangan dan fotonya. :(

Penyesalanku tidak lama. Setelah chatting sama teh Evi dan tukeran nomer telepon, akhirnya saya bisa memilikinya juga. (*Tunggu! Ada yang terlewat. ) Ada yang spesial di sini. Di belahan bumi mana coba, seorang penulis mau mengantarkan sendiri bukunya kepada pembeli? #plaaak

TwiRies ini menjadi salah satu buku yang spesial karena dianter langsung oleh penulisnya sendiri ke rumah saya. Huwaaa..! Rasanya pengen kayang dan koprol tujuhpuluh kali. hahaha :v


Sayangnya saya belum ketemu sama teh Eva dan dapet tanda tangannya. :(

Bagian yang Saya Suka

Secara keseluruhan, saya suka sama buku yang satu ini. Ringan dan sukses membuat saya ngakak guling-guling. Tanpa mengurangi esensi/isi buku yang menceritakan kehidupan si kembar. Tapi kalau ditanya yang paling berkesan atau yang paling disuka, saya akan jawab bagian komiknya. hahaha :D .

Komiknya ini serasa melengkapi tulisan , yang selalu disisipi ekspresi , menjadi lebih hidup lagi. Jadi pas membaca TwiRies, saya berasa masuk ke dalam cerita. Merasakan benar-benar di dekat mereka saat itu. Gak cuma ngebayangin doang.

komik is the best 

Kejadian-Kejadian Bareng Twiries

1. Waktu saya baca TwiRies sambil nemenin anak-anak bermain. Dhia (5tahun) keheranan melihat saya tertawa terus-terusan.
Saya  : hahaha.. wkwkwk..hihihi
Dhia  : "Umi kenapa, ih?"
Saya  : "Eh, oh, ini mbak, lucu." hahaha hihihi *masih ketawa.
Dhia  : "Hadeuuuh, kenapa sih?" ( Dhia sering sekali mengulang-ulang bertanya dengan kata 'kenapa')
"Berisik, tauk." katanya sambil berlalu.

2. Siang itu saya sedang membaca TwiRies. Kemudian saya tinggal sebentar membuat susu untuk Akram. Ketika saya kembali untuk meneruskan membaca, Dhia yang sedari tadi sibuk ngguntingin kertas, kini sudah serius melihat-lihat gambar komiknya. Hemmm

3. Sore hari, ketika itu saya sedang menyiapkan makanan untuk berbuka. Sambil menunggu masakan matang, saya masuk ke dalam rumah. Niatnya biar menunggunya nggak kerasa lama jadi saya ambil TwiRies dan membacanya. Beberapa saat kemudian, *hidung saya mengendus-endus mencium sesuatu. "Gosooong!" hahaha

4. Perhatikan syair ini --->
Aku Evi. Aku Eva.
Kami sama tapi tak sama
Eva sipit-sipit belo
Evi belo-belo sipit
du du du du
Aku Evi. Aku Eva.
Kami sama tapi tak sama
Eva manis-manis manja
Evi manja-manja manis
du du du du
Aku Evi. Aku Eva.
Kami sama tapi tak sama
Eva malu-malu kucing
Evi malu-malu meong
du du du du
Walaupun selera kami berbeda, namun kami satu jiwa
Jika yang satu tersakiti, yang lain juga tersakiti
du du du

Kenal nggak sama syair itu? Iya, itu syair lagu di Book Trailer TwiRies. Lagunya enakeun, jadi saya sambil masak, nyuci, ngepel, dan lain-lain jadi sering mendendangkan lagu itu. muehehe

5. Setelah tarawih, dan anak-anak sudah pada bobo. Saya ngambil cemilan lalu tiduran sambil baca TwiRies.
Abi     : "Lagi ngapain, Mi?"
Saya   : "Lagi ngemil zombie goreng."

Udah. Lima aja, dech. *dziiigh

Foto Unik Bareng Twiries ?

What?! Saya kan pemalu dan kikuk kamera. Selain itu saya nggak bakat narsis. hehehe
Ketika diminta bikin foto unik bareng TwiRies saya sempat berfikir mau pakai gaya alay ( #hih, udah basi keleus ) ; terus mau pakai gaya nungging, nangkarak, nangkuban (#pasti aneh); akhirnya ini dia foto yang-menurut-saya-sudah-aneh-dan-unik. *khaaaah

Foto bersama TwiRies ala emak-emak. :p

fotografer : kang Budi
lokasi : di kebon samping rumah
model : Uwien

*kemudian ditimpuk masa pake molen pisang*



18 Jul 2014

Jangan Jadi Reaktor

Hemmmh... sebenernya saya pengin banget nulis ini dari sejak beberapa hari yang lalu. Ceritanya biar saya bisa puas ngata-ngatain orang itu. Siapa? Entahlah. Pokoknya waktu itu saya masih emosi. Jadi saya urungkan niat untuk menuliskannya, ya, supaya tidak terbawa emosi. :)

Jadi saat sebelum pilpres dan beberapa hari sesudahnya. Bahkan sampai hari ini. Orang-orang, yang semangat banget menjadi (sok) relawan, atau yang mendukung salah satu calon secara fanatik, akan begitu membahana juga dalam berkoar-koar. Mereka membalas "pantun" dari kubu lain dengan menuliskannya di media sosial -milik mereka sendiri. Nah, karena saya membaca kata-kata -maaf makian- itu, jadi saya sebagai temannya jadi merasa bahwa kata-kata itu buat saya. Padahal mungkin bukan.

Karena hal itulah saya jadi mikir, mikir, dan mikir lagi. Kenapa , ya, orang-orang itu pada bereaksi seperti itu? Ini pertanyaan yang saya sendiri juga susah menjawabnya. Saya nggak mau memaparkan asumsi saya di sini kenapa orang bisa begini bisa begitu, karena saya nggak tau apa yang melatarbelakangi mereka bertindak seperti itu.

Jangan Jadi Reaktor 

Saya sudah lama mendengar kata-kata tausiah ini dari seorang ustadz kondang dan beliau salah satu favorit saya.
"Jadi orang itu jangan jadi reaktor. Artinya jangan mudah bereaksi terhadap sesuatu yang terjadi di sekelilingnya. Orang yang seperti ini akan cepat merasa capek."
 Begitulah kata ustadz waktu itu. Contoh dalam keseharian seperti apa?
Misalnya, ketika sedang berkendara di jalan raya yang panas dan sedikit macet. Tiba-tiba sebuah motor berkecepatan tinggi menyalip. Orang yang reaktor, akan mengumpat sambil mengeluarkan sumpah serapah kepada si pengendara motor.
Kalau saya ambil contoh dalam kejadian di sosmed tadi, jika orang yang reaktor , ia akan membalas "pantun" yang nylekit itu dengan menuliskan hal yang serupa di akun media sosial pribadinya. Dan ini pun akan dibaca oleh teman-temannya. Dan teman-temannya yang reaktor pun akan melakukan hal serupa. Begitulah seterusnya. Lingkaran "pantun nylekit" itu nggak akan ada putusnya.

Lalu Apa yang Sebaiknya Dilakukan? 

Saya akan tuliskan apa yang sudah saya lakukan saja. Saya sering sekali menemui hal-hal yang memancing kemarahan. Namun tidak serta-merta saya akan membagikannya ke dunia maya yang mengerikan ini, kalau tidak mau dibilang jahat. Karena itu akan memancing reaktor-reaktor lain bermunculan. (*huahahaha, #ketawa syetan. ya ya ya... kalau sudah begitu , syetan yang akan senang)

Biasanya, saya akan mencari alasan-alasan baik yang saya buat sendiri. Misalnya, dalam kasus berkendara tadi. Saya akan terlebih dahulu berpikir mencari seribu satu alasan, mungkin dia terlambat, dan dia harus cepat-cepat, mungkin istrinya mau melahirkan jadi kudu cepat, dan bla bla bla.
Atau di kasus media sosial, saya biasanya akan cari tau apa penyebabnya. Jika sudah kenal baik akan saya tanya langsung melalui pesan pribadi. Atau jika belum kenal, saya akan menjadi stalker untuk beberapa saat. ^_^ v
 Gak ada kerjaan banget , dech , stalking -in orang. hehehe apa boleh buat dari pada saya berburuk sangka sama orang itu atau lebih jauh lagi memutus pertemanan. muehehe :p

Jika hal itu tak berhasil mengerem , gimana?
Saran saya sich. Segera log out dan letakkan perangkat mu yang menghubungkanmu dengan media sosial. Simple bukan? *kemudian ditimpuk rame-rame pake molen pisang*

Sudah Merasa Gak Jadi Reaktor ?

Emang loe gak pernah emosi apa kalo ada yang ngatain ?
Nah, itu. Sampai saat ini, saya juga masih terus berlatih untuk nggak bereaksi berlebihan dengan sesuatu yang bersifat negatif. Membuang jauh-jauh perasaan ingin membalas sebuah kejahatan dengan kejahatan. Karena saya tidak ingin energi negatif itu menyebar ke alam dan kembali lagi kepada saya.

Bersambung....


13 Jul 2014

Hadiah Ulang Tahun

".... Fabiayyi aalaa irabbikumaa tukadzdzibaan...."

Masih terdengar suara Mama melantunkan ayat suci Al Qur'an. Seperti biasa selepas Isya', Mama selalu menyempatkan diri untuk mengaji di tengah kesibukannya sebagai reporter. Lantunannya menenangkan hatiku.
Tidak lama kemudian ayah masuk bersama adik perempuanku. Ia membawa sebuah bungkusan dan kue ulang tahun.

Mama menghentikan tilawahnya, kemudian mencium tangan ayah.

"Halo, Kak." Papa dan Risa menyapa dan menciumku.

"Yuk, kita mulai." Risa sudah tak sabar. Ia pun langsung menyanyikan lagu kesukaan kami dengan centil. Tidak berubah sejak dua tahun lalu saat dia masih sekolah TK. 

"Bila umurku bertambah. Aku bersyukur pada Allah. Kuucapkan Alhamdulillah. Semoga Allah memberi berkah."

Disambut tepuk tangan Mamah dan Papah. Aku sangat senang. Di hari ulang tahunku yang ke duabelas ini bisa berkumpul dengan keluarga.

"Selamat, ya, Ridwan." Papa dan Mama bergantian menciumku. Risa juga.

"Kak, aku bawa kado buat Kakak." Risa meletakkan sebuah kotak kecil di meja.

"Oiya, ini hadiah dari Papa dan Mama." Risa menyodorkan sebuah mushaf Al-Qur'an.

"Syaamil Qur'an ini sudah lama Kakak inginkan, kan?" sambung Papa. Mama hanya memegang tanganku.

"Kak Ridwan, ayo kita mengaji bersama." ucap Risa bersemangat. Seketika ia sudah membuka plastik pembungkus. Dan membaca dengan lantang. 
"A'uudzubillaahi minasysyaitaanirrajiim. Bismillaahirrahmaanirrahiim..."

Suara Risa menyejukkan hatiku. "Ya Allah, terima kasih atas karunia ini." ucapku dalam hati. Air mataku menetes. Mama menyeka dengan tangannya yang lembut.

"Kakak, anak mama yang sholeh. Kami selalu berdo'a buat Kakak. Agar Kakak disayang Allah. Agar Kakak cepat bangun dan bisa mengaji lagi seperti dulu." bisik mama di telingaku.

Setelah puas bercerita, kemudian mereka bertiga beranjak pergi meninggalkan aku yang terbaring koma di tempat tidur rumah sakit ini. Sekarang Al Qur'an inilah yang menemaniku.

~ End ~

Bandung, 12 Juli 2014
Flash Fiction ini diikutsertakan dalam lomba Syaamil Qur'an bekerjasama dengan Paberland dengan tema #AyoNajiTiapHari





6 Jun 2014

Pemenang Turnamen Foto Perjalanan Ronde 43

Okeeeey... Sebelumnya saya minta maaf karna telat beberapa hari buat ngumumin pemenang di ronde 43 ini. Ya, kemarin selama 4 hari berturut-turut saya harus bedrest. Jadiii, maapkeun ,ya ,hari ini baru bisa posting.

Di ronde 43 ini sebenarnya saya merasa agak-aneh. Pasalnya dalam tiap ronde ,tuh ,pesertanya pasti buanyaaak . Paling sedikit juga sekian puluh. Laaaah, ini saya sampai mikir sendiri : apa yang salah ya sama ronde kali ini? Apa karna kurang 'promosi' ? Ah, saya kan udah sebarin inih di mana-mana. Ataaauu temanya yang terlalu sulit? Hemmm bisa jadi, sich. Tapi awal saya milih tema ini karena saya pikir gampang. (*elus jidat*). Nah loh, kalo gitu apa dong? hahaha... well . Itu gak usah dibahas panjang lebar lah. (#cukup sekian curhatnya#).

Baiklah..baiklah. Dari (hanya) enam foto yang submit, semuanya bagus dan memiliki ceritanya masing-masing. (*Standing applaus buat fotografernya.)
Namun yang telah membuatku terpukau dan memandang foto itu berlama-lama adalah foto milik Syifna. Dan ini berarti Syifna merupakan pemenang ronde 43 ini. Ini dia fotonya.


Selamat, ya. Sila meneruskan turnamen foto perjalanan di blognya. Cheers!!



27 May 2014

Turnamen Foto Perjalanan Ronde 43 : GUA

Halloo...! Selamat datang di Turnamen Foto Perjalanan ronde ke 43.

Ah ya, sebelumnya trim's buat mbak Lies Wahyoeni yang sudah memilih fotoku yang ini sebagai pemenang ronde sebelumnya dengan tema GREY.

Sebenarnya, dua hari dua malam saya bakar menyan nyari-nyari ide untuk tema. Kemarin sempet bingung mau tema lorong, profesi, atau gua. Karena ini ronde ke-43 jadi agak susah nyari tema yang berbeda dari sebelum-sebelumnya.

 Oke, dan akhirnya sudah diputuskan untuk tema kali ini adalah GUA. Kenapa memilih tema ini? Yaaa, karna pengin aja (*plaak)
Boleh dibilang saya ini suka sekali "bermain" di alam. Dan salah satunya adalah gua. Diluar terlihat indah sedangkan di dalamnya menyimpan begitu banyak misteri. Di bawah ini adalah foto Gua Jomblang atau biasa disebut Luweng dan Gua Grubug yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.
*Untuk info lebih lanjut , sila gugling aja. (*dilindes pake molen)

 Gua Jomblang atau Luweng Jomblang

Cahaya yang terpancar dari atas bak Cahaya dari Surga karna keindahannya.

Selamat , mengubek-ubek foldermu dan sila manteman bebas menginterprestasikannya. :)

Aturan Main :

1. Foto harus merupakan milik kamu sendiri / hasil karya sendiri.
2. Pasang foto GUA di situs masing-masing : web, blog, flickr, picasa, dsb. Bebas.
3. Masa submisi : 27 Mei - 2 Juni 2014
4. Submit foto pada kolom komentar di artikel ini dengan format:
  • Nama / akun Twitter bila ada.
  • Link blog
  • Judul foto dan keterangan, maksimal satu paragraf.
  • URL foto ( ukuran sekitar 600 pixel )
5. Ada kemungkinan foto yang kamu kirim akan direhost di web tuan rumah. Terutama jika foto terlalu besar atu bermasalah.
6. Submisi lebih cepat lebih baik sehingga fotomu bisa tertampil seatas mungkin.
7. Foto yang tidak patut tidak akan di upload di sini ( misal : mengandung kebencian SARA, nyeleneh, atau menghina pihak lain )
8. Foto tidak diperkenankan dalam bentuk kolase ( gabungan beberapa foto ).
9. Pengumuman pemenang 2 - 3 hari setelah batas submisi.

Siapa yang bisa ikut?

  • (Travel) blogger – Tak terbatas pada travel blogger profesional, blogger random yang suka perjalanan juga boleh ikut.
  • Setiap blog hanya boleh mengirimkan 1 foto. Misal DuaRansel yang terdiri dari Ryan dan Dina (2 orang) hanya boleh mengirim 1 foto total.
  • Pemenang berkewajiban menyelenggarakan ronde berikutnya di (travel) blog pribadinya, dalam kurun 1 minggu. Dengan demikian, roda turnamen tetap berputar!
  • Panduan bagi tuan rumah baru akan diinformasikan pada pengumuman pemenang. Jika pemenang tidak sanggup menjadi tuan rumah baru, pemenang lain akan ditunjuk.


Nggak punya blog tapi ingin ikutan?

  • Oke deh, ga apa-apa, kirim sini fotomu. Tapi partisipasimu hanya sebatas penyumbang foto saja. Kamu nggak bisa menang karena kamu nggak bisa jadi tuan rumah ronde berikutnya.
  • Eh tapi, kenapa nggak bikin travel blog baru aja sekalian? WordPress, tumblr, dan blogspot gampang kok, pakainya. Jangan pake multiply ya, karena multiply akan segera gulung kasur ^^.


Hak dan kewajiban tuan rumah:

  • Menyelenggarakan ronde Turnamen Foto Perjalanan di blog-nya
  • Memilih tema
  • Melalui social media, mengajak para blogger lain untuk berpartisipasi
  • Mengupload foto-foto yang masuk
  • Memilih pemenang (boleh dengan alasan apapun, kecuali KKN dan sogokan!)
  • Menginformasikan pemenang baru apa yang perlu mereka lakukan (panduan akan disediakan)


    Daftar Ronde Turnamen Foto Perjalanan:

    1. Laut – DuaRansel
    2. Kuliner – A Border that breaks!
    3. Potret – Wira Nurmansyah
    4. Senja – Giri Prasetyo
    5. Pasar – Dwi Putri Ratnasari
    6. Kota – Mainmakan
    7. Hello, Human! (Manusia) – Windy Ariestanty
    8. Colour Up Your Life – Jalan2liburan
    9. Anak-Anak – Farli Sukanto
    10. Dia dan Binatang – Made Tozan Mimba
    11. Culture & Heritage – Noni Khairani
    12. Fotografer – Danan Wahyu Sumirat
    13. Malam – Noerazhka
    14. Transportasi – Titik
    15. Pasangan – Dansapar
    16. Pelarian/Escapism – Febry Fawzi
    17. Ocean Creatures – Danar Tri Atmojo
    18. Hutan – Regy Kurniawan
    19. Moment – Bem
    20. Festival/Tarian – Yoesrianto Tahir
    21. Jalanan – PergiDulu
    22. Matahari – Niken Andriani
    23. Burung – The Traveling Precils
    24. Sepeda – Mindoel
    25. Freedom – Pratiwi Hamdhana AM
    26. Skyfall – Muhammad Julindra
    27. Jembatan – Backpackology
    28. Tuhan – Efenerr
    29. Gunung – Elisabeth Murni
    30. Batas – Ayu Welirang
    31. Jejak – Daru Aji
    32. Sungai – Omnduut
    33. Rumah Ibadah – Sikiky
    34. Kampung – Monda
    35. Museum – Avant Garde
    36. Taman – Ari Murdiyanto
    37. Pencakar Langit  – Dede Ruslan
    38. Terminal/Stasiun – Sy Azhari
    39. Hujan – Diah
    40. Danau – Messa
    41. Wastra – Indah
    42. Grey - Lies Wahyoeni  

    Foto yang sudah disubmit


    1. Nurul NOE / @nurulnoe
    Blog : www.nurulnoe.com
    Judul : Gua Londa
    Di dalam sebuah goa yang gelap dan dingin yang dijadikan sebagai pemakaman tradisinoal oleh masyarakat adat Toraja. Meski tengkorank dan tulang belulang manusia terserak dimana-mana karena peti mati yang membungkusnya telah lapuk dimakan usia, tidak lantas membuat gua ini menjadi tempat yang mengerikan. Lihat saja textur bagian dalam gua ini, ada stalagtit dan stalagmit, serta cekungan-cekungan yang seolah membentuk rak display alami bagi jenazah yang dikuburkan.


    2. Isna / @isna_saragih
    Blog : http://djangki.wordpress.com/2013/06/18/torehan-sejarah-di-goa-kasah/
    Judul : Torehan Sejarah di Goa Kasah
    Menurut penelitian, di goa ini manusia purba Kerinci pernah tinggal dan membangun peradabannya. Mereka telah mengenal gambar sebagai media tulis.


    3. Endah Kurnia Wirawati / @endahkwira
    Blog : http://muslimtravelergirl.blogspot.com/
    Judul : Antara Stalagtit dan Stalagmit
    Ini merupakan stalagtit dan stalagmit di Goa Langir, desa Sawarna, Banten. Karena ukurannya yang mini dan berdekatan seperti itu, beberapa penduduk setempat menyebut goa ini sebagai goa seribu candi.


    4. Syifna
    Blog : http://gatedelhi.wordpress.com
    Judul : Batu Caves
    Pertama kali mengunjungi Batu Caves di tahun 2012, dan kembali lagi di tahun berikutnya. Gua ini terdapat Kuil di dalamnya. Salah satu kuil umat Hindu yang populer. Di Batu Caves ini selalu di adakan Festival Thaipusam setiap tahunnya. Takjub saya melihatnya, bagaimana tidak. Untuk memasuki gua ini saya harus menaiki tangga yang tinggi hingga didalamnya akan kita temui kuil dan area yang luas untuk peribadatan Umat Hindu.


     5. Nama: qwunuz / @qwunuz
    blog : http://qwunuz.tumblr.com
    Judul : Buniayu, Si cantik dari sagaranten
    Keterangan: Gua vertikal sedalam 18 meter yang menyajikan keindahan yang tersembunyi. Ornamen-ornamen gue yang menawan sebanding dengan perjuangan melewati beberapa jalur, menghampiri setiap zona, yang bisa dikatakan tidak mudah.. Buniayu, si cantik dari sagaranten.


    6. Dee An / @dieend18
    Blog : http://www.adventurose.com
    Judul : Goa Belanda di Kawah Putih
    Goa Belanda yang ada di kawasan wisata Kawah Putih ini merupakan goa buatan yang tertutup untuk umum. Terdapat papan peringatan agar pengunjung tidak berada terlalu lama di depan goa. Bau belerang memang terasa lebih menyengat di area sekitar goa ini.