24 July 2020

Skincare Rutin Setelah Laser Bopeng

Halo, semua. Skincare emang selalu "meracuni" pikiran sehingga pengen coba semuanya, ya. hihihi. Tenang kalian nggak sendiri. Aku pun sama kek gitu. Kalo ada skincare keluaran terbaru, ingin rasanya mencoba semua. Namun, untuk kulit yang bermasalah kayak punyaku, nggak bisa sembarangan pakai skincare, lho. Apalagi setelah aku melakukan laser bopeng beberapa waktu yang lalu. Nah, kali ini aku mau sharing tentang apa aja sih skincare rutin setelah laser bopeng.



Sebelumnya, kalian boleh baca dulu ya sharing aku waktu melakukan laser di sini:

1. Laser Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat bagian 1
2. Laser Fraxional CO2 bagian 2
3. Laser Acne Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat bagian 3

Ini dia skincare yang aku pakai. Skincare ini diresepkan oleh dokter David Budi yang menangani laserku juga. Aku masih pakai sampai sekarang. Apa alasannya? Baca aja reviewku untuk uproduk-produk ini ya.

1. LINEATION Clean Wash for Acne Skin

Formulanya dibuat khusus sehingga cocok untuk kulit berjerawat.
Cara pakainya seperti facial wash pada umumnya. Tuang sedikit ke telapak tangan, lalu basahi dengan air hingga berbusa. Usap sambil pijat wajah dengan lembut. Bilas hingga bersih.

Saat dipakai, menurutku nggak terlalu mengeluarkan busa(dibanding produk facial wash yang pernah aku pakai), setelahnya terasa bersih, kesat namun kulit jadi lembut.

Packaging:
Kemasan botol 60 ml dengan tutup press on ini memudahkan membuka dan menuangkan ke telapak tangan. Warna produknya hijau muda, teksturnya gel.

Komposisi: Aqua, Sodium C12-18 Alkyl Sulfate, CocamodopropylBetaine, Acrylates, Copolymer, Cocomide DEA, Glycol Distearete, Phenoxyethanol, Citric Acid, Fragrance, Sodium Salicylate, Sodium Hydroxide, Allantoin, Polysorbate 80, Disodium EDTA, Melalueca alternifolia leaf oil, Ci19140, Cl42090

2. LINEATION Moist Complex Cream


Dari sekian banyak moisturizer yang pernah aku pakai, menurutku ini terrrrbaik. Begitu diaplikasikan ke kulit wajah, langsung auto lembab, lembut, dan membuat kulit kenyal dan sehat. Seperti klaim produknya: give the best nutrition for smooth skin.

Dipakai setelah membersihkan wajah di pagi hari. Dipakainya cuma pada pagi/siang hari aja atau sesuai petunjuk dokter. Sedangkan malam hari memakai produk yang berbeda.

Kemasan 15 gr

Harga Rp 65.000



3. LINEATION Racikan Dokter/Obat Jerawat

Cream yang aku pakai pada malam hari ini merupakan racikan dokter David. Pachagingnya nggak terlalu menarik menurutku. hahaha Tapii kegunaan dan efek di kulit ini BAGUS BANGET.

Tekstur creamnya lembut, tidak lengket, warna putih. Dipakai pada malam hari setelah membersihkan wajah. Dioles tipis ke seluruh wajah.

Cream malam ini ampuh banget menghilangkan bekas jerawat dan bruntusan. Membuat kulit lebih cerah dan halus. Serta MENGOBATI JERAWAT. ya ampun sampai aku tulis huruf besar semua.

Aku tu masih sedikit bandel soal makanan. Kadang masin gsuka cheating makan makanan yang mengandung telur dan susu. Namun dengan pakai cream malam Lineation ini, jerawat yang muncul setelah cheating makanan, biasanya cepat kempes dan nggak ninggalin bekas.

4. LINEATION Melaguard Sun Protection

Sun protection melaguard ini melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dipakai setelah menggunakan moisturizer. Dia ada warnanya, sehingga setelah menggunakan sun protector ini kulit wajah menjadi lebih cerah dan glowing. Plus meratakan warna kulit.

Aku suka banget sama packagingnya, elegan dan mewah. Lihat aja sendiri di foto. :)
Botol pump membuat produk di dalamnya aman dari oksidasi/udara luar. Terus desain botolnya ini membuat produk nggak tersisa di botol.



Demikian teman-teman sharing aku tentang skincare rutin setelah aku laser menghilangkan bopeng bekas jerawat. Skincare ini sebenarnya nggak cuma untuk yang habis laser sih, cuma aku kasih judul gitu biar membedakan dengan skincare rutin lainnya. wkwkwk

Oh iya, kalau ditanya apakah aku masih pakai? Iyaaa. Aku masih pakai sampai sekarang. Karena produknya bagus dan cocok di aku. Fyi, buat teman-teman yang jauh dari kliniknya di Leumah nendeuet no 10 bandung, kalau mau beli produk Lineation, kalian bisa beli di Tokopedia. Sebelumnya bisa konsultasi online dengan dokter via whatsapp atau telegram.

Semoga bermanfaat. What else is possible? How does it get any better than this?
Sampai ketemu pada sharing selanjutnya. :)

17 July 2020

Suntuk WFH? Begini Cara Bikin Kamarmu Anti-Suntuk Bersama Digibank KTA


Dengan kebijakan PSBB diperpanjang, kamu pastinya sudah mulai gerah dan tak sabar untuk meninggalkan rumah. Tapi apa daya harus tetap di rumah dulu dan patuh pada protokol kesehatan. Namun jika bekerja dalam kamar sendiri dengan pemandangan terbatas membuat kamu kurang terinspirasi, ada baiknya jika kamu mengevaluasi kondisi kamarmu agar pikiran tetap segar dan waras jiwa. Perhatikan hal-hal kecil berikut ini yang bisa membuat suasana kamar lebih baik, tapi sayangnya sering terlewatkan.

Mengatur Ruang, Cahaya dan Nuansa

Sirkulasi udara dan pencahayaan cukup
Meskipun kamarmu ber-AC, bukan berarti kamu sudah memiliki sirkulasi udara yang baik. Aliran udara segar dari luar dapat membuat otak kita bekerja dengan lebih optimal. Namun jika saat ini kamarmu belum ber-AC, ini waktunya kamu mempertimbangkan membeli AC agar tidurmu lebih pulas di malam hari dan membantumu beraktivitas lebih segar esok hari.

Pastikan ukuran jendela cukup besar membuat cahaya matahari dengan mudah masuk ke dalam kamar di jam yang tepat (misalnya sinar matahari pagi

Warna dan Nuansa

Jika kamarmu juga merupakan tempatmu bekerja, ada baiknya memilih warna yang pastel untuk mendukungmu beraktivitas produktif. Jika kamarmu hanya digunakan untuk tidur, kamu bisa mempertimbangkan warna kebiruan atau lebih gelap agar mendukung kondisi otak dalam keadaan beristirahat dan rileks di malam hari. Plus ada satu lagi, perhatikan pula zat yang digunakan pada cat dinding agar tidak berbahaya bagi kesehatanmu, misalnya tidak mengandung timah hitam, timbal atau merkuri, dan tidak berbau tajam.

Perabotan yang cukup dan mendukung kenyamanan aktivitas

Hal pertama yang perlu diperhatikan ruang gerak yang dibutuhkan agar kamu dapat bergerak secara ergonomis dan mencegah tegang otot, jika kamu ingin membuat kamarmu sebagai tempatmu bekerja. Oh ya, berbicara mengenai ergonomis, juga perlu mengganti kasurmu jika sudah mulai melengkung dan tidak lagi mendukung posisi tulang belakang. Perlu kamu ketahui pula, tergantung dari kualitas dan ukuran perabot, harga perabot kamar seperti ranjang termasuk kasur, dan lemari baju berkisar antara 3-15 jutaan. Tentunya jumlah ini akan bertambah sesuai kebutuhan aksesoris kecil yang dapat mendukung kesehatan mentalmu seperti diffuser dan essential oils.

Mengatur Strategi Keuangan yang Tepat

Seringkali kita cenderung memilih desain dan harga barang dibandingkan dengan nilai kenyamanan yang diberikan dengan kita menggunakan barang tersebut. Jangan terlalu termakan dengan desain unik dan kata diskon, karena barang unik dan murah belum tentu memberikan nilai tinggi bagi kesehatan (dan keuangan) kita dalam jangka panjang.

Jika kenyamanan dan keindahan jarang sekali berjodoh dengan kocek yang siap kamu keluarkan, ini waktunya kamu mempertimbangkan meminjam dana dengan jumlah dan jangka waktu cicilan yang sesuai kemampuanmu. Kamu bisa browsing penyedia pinjaman online yang terpercaya dan telah terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk menghindari penyalahgunaan data pribadimu. Untuk hal ini, digibank KTA adalah salah satu penyedia jasa pinjaman online yang saya rekomendasikan.

Apa itu digibank KTA?


digibank KTA adalah produk kredit tanpa agunan dari digibank by DBS dengan plafon maksimum 80 juta Rupiah dan banyak keunikan lainya.

Seluruh proses pengajuan digibank KTA ini terbilang simpel, karena dilakukan serba online dan tidak membutuhkan dokumen banyak. Kamu hanya perlu menyiapkan e-KTP dan NPWP untuk mengajukan pinjaman online. Persetujuannya pun terbilang sangat cepat, yaitu hanya membutuhkan waktu 60 detik saja. Uniknya lagi, kamu bisa menentukan sendiri jumlah pinjaman yang ingin kamu cairkan. Jadi jika pinjaman yang disetujui adalah 80 juta, kamu bisa memilih untuk meminjam 70 juta jika itu jumlah yang cukup untuk merombak kamarmu.

Penasarankan? Cicilannya bagaimana? Cukup membantu, karena bunga yang ditawarkan mulaidari 0,95% dengan jumlah cicilan mulai 500 ribuan saja.

Cara Mengajukan Pinjaman Online Cepat Cair di digibank KTA


Langkah pengajuan digibank KTA bagi kamu yang belum menjadi nasabah:

1. Apply di go.dbs.com/kta
2. Persetujuan cepat dalam 60 detik
3. Download Aplikasi digibank by DBS
4. Atur janji temu dan lakukan verifikasi biometrik dengan agen digibank
5. Dana cair langsung ke rekening digibank hingga 80 juta

Jika kamu sudah menjadi nasabah di Aplikasi digibank by DBS, ini caranya:

1. Klik “KTA” di menu utama Aplikasi  digibank by DBS
2. Lengkapi data diri yang diperlukan
3. Tunggu konfirmasi persetujuan kredit dalam 60 detik
4. Pilih limit pinjaman dan tenor yang diinginkan
5. Dana cair secara real-time hinggaRp 80 juta

Demikian  ulasan saya seputar perombakan kamar dengan dukungan digibank KTA, semoga informasi ini bermanfaatya.

Supplier Sembako untuk Usaha Kuliner

Dulu saya dan a Budi pernah menggeluti usaha di bidang kuliner. Pada awal pembukaannya, Alhamdulillah berjalan dengan baik. Bahan baku saya dapatkan di supplier sembako di pasar induk yang lengkap serta murah. Lama kelamaan, karena sudah langganan membeli di penjual yang sama, kami minta kepada penjualnya untuk mengirim barang ke alamat usaha kami. 

Beberapa Minggu berjalan nggak ada masalah. Lalu tiba-tiba suatu hari si penjual nggak mengirim barang yang kami pesan. Nggak memberikan kabar sebelumnya. Panik dong karena kami ada pesanan. Sementara bahan baku nggak ada, apa yang mau diolah? Mau membatalkan orderan nggak bisa juga, karena itu akan mengurangi kepercayaan pelanggan kepada kami.

Masalah lain dengan supplier sembako juga pernah kami alami waktu menjadi pemasok salah satu merek keripik singkong terkenal. Bahan utama yang dikirimkan berbeda jenis dengan jenis singkong sebelumnya. Alhasil, keripik yang dhasilkan pun nggak sebagus biasanya karena jenis dan kualitas singkongnya berbeda. Dapat SP dong dari manajemen kripik singkong terkenal itu. Huhuhu, sebuah pengalaman berharga untuk usaha kami. Harusnya punya supplier jangan satu aja nih. 

Supplier Sembako untuk Usaha Kuliner


Memilih supplier untuk usaha kuliner ini susah banget nemu yang benar-benar bangus, terpercaya, dan kredible. Namun sekali mendapat supplier yang pelayanan, produk, dan kredibilitasnya bagus maka usaha insyaAllah akan berjalan lancar. 

Seperti usaha ayam bakar milik  seorang  teman. Beliau membuka sebuah restoran yang menyediakan ayam bakar. Dari beliau membuka resto ayam bakar tersebut sampai sekarang sudah jalan bertahun-tahun, untuk rasa serta dan kualitas daging ayamnya tuh nggak berubah sama sekali. Tetap empuk, enak dengan rasa yang tetap sama, ukurannya masih sama, dan wow-nya lagi harganya pun masih sama. 

Saya tanya ke ibu pemiliknya, katanya, beliau membeli ayam untuk usaha kulinernya itu dari satu supplier yang memang mempunyai peternakan sendiri. Serta memilih ayam yang masih muda dengan umur sekian hari. Jadi meskipun setiap hari beliau membuat ayam bakar ribuan porsi, rasanya tetap sama. Beliau juga memastikan ayam-ayam itu halal (disembelih dengan cara Muslim) dan memastikan kehalalannya.

Waaah salut saya tuh dengan beliau. Memilih supplier restoran memang harus jeli. Karena jika tidak, maka usaha kita menjadi taruhannya.

Tips Memilih Supplier Sembako


Nah, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih supplier sembako maupun memilih supplier restoran agar Anda tidak mengalami hal seperti yang saya alami.

Perhatikan Produknya

Pada saat awal pencarian supplier, yang pasti dilihat adalah kondisi produknya. Bagaimana produk yang supplier punya apakah berkualitas atau tidak. Bagus atau tidak. Dan sesuai dengan yang Anda butuhkan atau tidak. Bila perlu, minta sample-nya. Seperti yang dilakukan teman saya tersebut di atas yang memastikan penyembelihan ayamnya atau memilih supplier restoran yang terjamin kehalalannya. 

Perhatikan kapasitas supplier

Ini penting sekali dilakukan. Pilih supplier yang bisa menyediakan produk yang banyak. Jika suatu saat usaha Anda berkembang, si supplier tetap bisa menyediakan pemintaan Anda. Sehingga Anda tidak perlu mencari suplier lain.

Seperti yang dilakukan teman saya di atas. Beliau langsung “ngambil” di peternakan langsung. Selain karena harga yang lebih murah, ketika restonya maju seperti sekarang tetap mendapat kualitas ayam yang sama.

Perhatikan Track Record Supplier

Pada saat mencari supplier sembako untuk usaha kuliner Anda, sebaiknya mencari tahu informasi dari berbagai sumber. Bisa dari media sosial maupun dari website supplier (jika sudah memiliki keduanya).

Perhatikan Kerjasama yang Jelas

Kerjasama yang jelas itu ada perjanjian jelas, kalau perlu hitam di atas putih agar menghindari kejadian yang tak diinginkan. Misalkan dengan adanya jaminan kualitas yang terjaga maupun jaminan pengembalian barang.

gofresh supplier sembako restoran


Dimana Bisa Mendapatkan Supplier Sembako yang Terpercaya?


Sudah tahu belum? Sekarang tuh sudah ada supplier kebutuhan bahan baku usaha yang mudah diakses lewat smartphone, lhoh. Coba  pakai GoFresh, Supplier Bahan Baku Restoran termasuk supplier sembako, termasuk daging sapi/ayam, sayuran, telur dan lainnya.

Dengan layanan GoFresh, kita tuh dapat kemudahan pada saat proses pemesanan, terus ada jaminan ketersediaan dan kualitas bahan. Nggak hanya itu, kita diuntungkan dari segi harga yang relatif murah, serta bisa melakukan penjadwalan pemesanan dari supplier. Gofresh ini hanya bisa digunakan bagi Mitra Usaha Gojek yang sudah menggunakan aplikasi GoBiz.

Keunggulan Menggunakan GoFresh untuk mencari Supplier Sembako

Selain bisa mendapatkan sembako dan kebutuhan restoran yang segar, Anda juga mendapat beberapa kemudahan diantaranya:
  • Gratis Biaya Pengiriman untuk minimal pembelanjaan Rp 300.000
  • Pilihan waktu pengiriman fleksibel yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda
  • Pilihan metode pembayaran yang beragam, bisa menggunakan GoPay, Virtual Account, Alfamart, bank Permata, saldo GoBiz dan kartu kredit.
Yuk, gunakan GoFresh untuk kemudahan mencari supplier sembako maupun kebutuhan restoran Anda. 

13 July 2020

3 Tips Berguna Sebelum Membeli Saham IPO

Initial Public Offering atau biasa disingkat IPO adalah saham pertama yang diperjualbelikan perusahaan ke publik, dimana menjadi sangat heboh sejak internet merebak. Kala itu, investor bisa menuangkan uang ke IPO dan mereka hampir dipastikan mendapat keuntungan tinggi. Sekarangpun jika Anda jeli, Anda bisa tetap mendapatkan keuntungan tinggi. Namun tidak semua perusahaan yang melantai di bursa menjanjikan keuntungan dalam jangka panjang.

Setiap perusahaan memiliki tingkat resiko masing-masing yang berbeda. Karena baru terbuka bagi publik, resiko bisa jadi belum tampak karena itu investor akan lebih aman sebenarnya untuk berinvestasi dalam saham yang sudah tersedia di pasar publik dalam jangka waktu lebih lama. Namun tentu saja potensi untuk mendapatkan keuntungan besar lewat IPO sangat tinggi karena ada banyak dana segar yang masuk ke perusahaan tersebut, berarti nilai perusahaan akan naik secara alami.

Untuk membeli sebuah IPO, Anda perlu mencari perusahaan yang akan melantai ke bursa saham. Jika Anda sudah memiliki broker, biasanya mereka akan menawarkan perusahaan yang berencana membuka saham secara publik kepada Anda.

Kebanyakan broker akan memiliki standar tertentu untuk dicapai sebelum bisa berpartisipasi dalam IPO. Bisa jadi hal ini dilihat dari nominal investasi yang Anda miliki atau aset lain yang Anda punya. Jika Anda sudah mencapai standar tersebut, broker akan memberikan notifikasi lewat email setiap saat ada perusahaan akan melantai di bursa dimana sesuai dengan profil investasi Anda.



Berikut 3 tips berguna sebelum Anda membeli IPO


1. Pilih Perusahaan Yang Menggunakan Broker Terpercaya

Coba pilih perusahaan yang menggunakan jaringan broker terpercaya. Seringkali, broker berkualitas akan lebih banyak membuka penawaran IPO dari perusahaan yang berkompeten. Anda perlu teliti lebih lanjut saat bertransaksi di broker lebih kecil karena mereka bisa saja menerima tawaran IPO tanpa melihat kinerja perusahaan.

Contohnya saja BNI Sekuritas tempat penulis bertransaksi, lebih memilih perusahaan dengan reputasi besar. Misalnya 6 anak BUMN yang akan melantai di bursa tahun ini, mulai PT Pelabuhan Tanjung Priok, PT Adhi Persada Gedung, PT Adhi Commuter Properti, PT Wijaya Karya Realty (Wika Realty), PT Wika Industri dan Konstruksi, sampai PT Rumah Sakit Pelni.

2. Selalu Baca Prospektus

Walaupun prospektus kerap tidak bisa menilai 100% nilai perusahaan, Anda diharuskan membaca prospektus dengan teliti. Anda bisa mendapatkan informasi resiko dan potensi perusahaan, termasuk tujuan dana yang didapatkan melalui IPO.

Contohnya, jika uang IPO digunakan untuk membayar pinjaman atau membeli aset dari pemilik saham, Anda bisa berhati-hati disini. Dana IPO seharusnya digunakan untuk mengembangkan perusahaan lebih jauh, seperti penelitian, pemasaran sampai membuka cabang baru.
Anda bisa membaca niat baik manajemen dengan melihat target capaian yang ingin diraih apakah terlalu optimistis atau tetap rasional. Anda bisa mendapatkan prospektus ini dari broker yang memasarkan IPO mereka.

Baca juga: Pendanaan yang Praktis dan Menguntungkan

3. Riset Dan Teliti Lebih Lanjut

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, selalu ada ketidakpastian dalam IPO, terutama karena informasi tentang perusahaan yang terbatas. Karena itu selalu lakukan riset dan teliti lebih banyak tentang produk sampai manajemen perusahaan terkait sebelum memutuskan berinvestasi dalam saham IPO.

Jika broker Anda menawarkan sebuah IPO, Anda seharusnya lebih berhati-hati. Ada indikasi IPO akan ditawarkan untuk mendongkrak komisi broker. Dalam situasi ini, investor individu biasanya mendapatkan sisa IPO yang tidak dilirik investor besar.

Hal ini membawa ke sebuah fakta menarik. Jika Anda mendapati sebuah perusahaan yang membuka IPO nya dan Anda memutuskan ia sebagai investasi yang baik, ada kemungkinan Anda tidak kebagian sahamnya. Broker punya kebiasaan untuk menyimpan alokasi IPO kepada klien terbaik mereka, karena itu jika Anda investor individu, akan sulit mendapatkan bahkan sedikit bagian dari IPO perusahaan yang menarik.

Baca juga: Cara memilih Investasi Online Terpercaya

Sepanjang tahun ada saja perusahaan sukses menjadi publik. Namun tetap sulit memilih IPO dengan potensi terbaik. Bukan berarti IPO harus dihindari, namun Anda tetap harus berhati-hati saat berhadapan dengan pasar IPO. Investor dengan sumber informasi yang kuat akan selalu selangkah di depan dibandingkan investor yang hanya memiliki pegangan data terbatas akan perusahaan terkait.


05 July 2020

Asuransi Kesehatan Murni Pru Sehat dan Pru Sehat Syariah

Setiap hari, yang saya minta ke Allah adalah selalu diberi kesehatan untuk diri saya, suami, anak-anak, bapak-simbok, dan keluarga. Selain berdoa adalah berusaha semaksimal mungkin menjaga kesehatan. Udah ... emang paling bener sekarang mah menjaga diri dan keluarga agar tetap sehat meski digempur Covid. Namun yang namanya sakit itu bisa datang kepada siapa saja termasuk yang sudah menjalani gaya hidup sehat. Dokter sekalipun  yang membantu orang untuk sehat bisa sakit juga. Yaa namanya juga manusia. Emang nggak ada yang sempurna kita tuuh.

Tantangan kesehatan manusia sekarang ini lebih dasyat. Kalau dulu wabah penyakit menularlah yang membuat khawatir, pada masa sekarang ini masyarakat lebih terancam penyakit tidak menular seperti jantung koroner, darah tinggi, diabetes. Nggak cuma yang sudah tua-tua aja, mereka dengan usia produktif pun ikut terancam karena pola hidup yang tidak sehat. Dan ancaman penyakit degeneratif tersebut sebagian besar tidak terdeteksi. Naudzubillah, semoga kita dijauhkan yaa.

Apalagi sekarang di tengah kondisi pandemi COVID-19. Dengan segala dampak yang terasa jelas, kita harus bijak merencanakan keuangan. Dana darurat sudah pasti kepakai pada saat seperti ini. Beberapa pos pun dihemat karena pemotongan gaji di perusahaan suami bekerja. Pengeluaran bulanan lebih banyak untuk perawatan kesehatan. Serta yang sebaiknya diutamakan adalah dana untuk mempersiapkan perlindungan kesehatan.

Merebaknya pandemi COVID-19 inilah yang menjadi pemacu bagi PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dalam menegaskan komitmennya selama 25 tahun untuk selalu mendengarkan, memahami dan mewujudkan berbagai kebutuhan perlindungan kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang bagi seluruh keluarga Indonesia. Untuk itu, pada tanggal 30 Juni 2020 yang lalu, Prudential Indonesia meluncurkan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah, asuransi kesehatan murni tanpa komponen investasi yang dapat menjangkau masyarakat lebih luas dalam menghadapi tantangan kesehatan serta dampak finansial yang mungkin ditimbulkan.



Senang sekali saya bisa ikutan online gatheringnya dan mendengarkan langsung penjelasan dari pak Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia:

“Pandemi COVID-19 mengajarkan kita bahwa risiko kesehatan bisa menyerang kapan saja tanpa diprediksi, dan dapat berdampak pada finansial keluarga. Untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia di tengah situasi yang menantang saat ini, Prudential Indonesia kembali berinovasi melalui PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah sebagai solusi asuransi kesehatan murni yang terjangkau dan terfokus pada perlindungan kesehatan. Di masa mendatang, nasabah juga dapat meng-upgrade polis mereka guna mendapatkan manfaat yang makin menyeluruh, termasuk investasi.”
Nah, cukup jelas 'kan teman-teman?
PRUSolusi Sehat dan PRuSolusi Sehat Syariah ini adalah asuransi kesehatan murni (di dalamnya nggak termasuk investasi).

Narasumber yang ke dua adalah Prof. Budi Hidayat, SKM, MPPM, PhD selaku pakar ekonomi dan asuransi kesehatan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Beliau menyatakan bahwa tantangan kesehatan yang kini makin kompleks melahirkan sejumlah risiko sakit, sehingga perencanaan keuangan yang tepat menjadi krusial agar terhindar dari pengeluaran katastropik, yaitu ketika rumah tangga membelanjakan lebih dari 10% total pendapatan mereka (diukur dari tingkat konsumsi) untuk perawatan kesehatan. Faktanya, pada 2013, ada 4,2% penduduk (10,5 juta jiwa) membelanjakan lebih dari 10% total pendapatan mereka untuk biaya kesehatan 1 . Angka ini naik menjadi 4,5% (atau 11,8 juta jiwa) pada 2017.

Prof Budi melanjutkan: “Peluang kejadian belanja katastropik rumah tangga makin tinggi ketika ada anggota keluarga yang membutuhkan pelayanan rawat inap. Pada 2017, misalnya, kejadian belanja
katastropik akibat risiko sakit di antara pasien yang butuh layanan rawat inap mencapai 27,9% (3,1 juta jiwa). Jika tidak disiasati dengan baik, maka pengeluaran katastropik yang merapuhkan kondisi finansial keluarga berpotensi terjadi pada siapa saja, tanpa pandang bulu.”



Selain itu, riset pada 2015 yang ditujukan bagi para peserta asuransi yang baru saja keluar dari rumah sakit di 6 provinsi (Jakarta, Jawa Timur, NTT, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara) menunjukkan bahwa 18% dari 2.728 pasien masih membayar biaya pengobatan dengan uang pribadi mereka (out of pocket). Oleh karena itu, asuransi kesehatan dengan harga terjangkau dan memiliki manfaat komplit sangat dibutuhkan agar dapat melindungi kestabilan finansial di tengah biaya rumah sakit yang terus meningkat.

Pada 2019, kenaikan biaya rumah sakit Indonesia diperkirakan meningkat 10,8% dari 2018, lebih tinggi dibandingkan beberapa negara Asia lainnya.

Narasumber yang ke tiga adalah Himawan Purnama, Head of Product Development Prudential Indonesia. Beliau menjelaskan, “PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah adalah solusi proteksi kesehatan murni tanpa komponen investasi yang komplit dengan harga terjangkau dan memiliki fleksibilitas tinggi pada pilihan perlindungan kesehatan serta jangkauan hingga ke seluruh dunia sesuai dengan plan yang dipilih. Dengan beragam keunggulannya, kedua produk ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan masyarakat di tengah berbagai ketidakpastian ekonomi yang masih mungkin terus terjadi.”

PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah menawarkan perlindungan kesehatan bagi keluarga Indonesia terhadap risiko rawat inap sesuai tagihan rumah sakit untuk manfaat tertentu. Produk ini juga menghadirkan berbagai kemudahan tambahan dalam  registrasi dan administrasi rawat inap di seluruh rumah sakit yang tergabung dalam jaringan PRUMedical Network.

Keunggulan Asuransi Kesehatan Murni Prudential


Berikut 8 keunggulan produk PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah:

1. Fleksibel
Fleksibilitas dalam memilih satu dari delapan plan wilayah pertanggungan, tipe kamar, dan batas harga kamar.
2. Cakupannya Seluruh Dunia
Perlindungan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah mencakup hingga ke seluruh dunia berdasarkan plan yang dipilih
3. Batas Manfaat Besar
Batas Manfaat hingga Rp65 miliar dengan fasilitas PRUSolusi Sehat Limit Booster berdasarkan plan yang dipilih.
4. Manfaat perawatan selama 30 hari sebelum dan 90 hari setelah tindakan bedah rawat jalan (one day surgery)
5. Masa Pertanggungan 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang hingga Tertanggung berusia 99 tahun
6. Manfaat rawat jalan kanker dan cuci darah sesuai tagihan, tanpa atau dengan rawat inap sebelumnya
7. Kunjungan dokter umum dan dokter spesialis (serta sub spesialis) per jenis spesialisasi masing-masing hingga dua kali per hari
8. Pembayaran manfaat untuk perawatan di luar wilayah pertanggungan dengan persentase tertentu, mengacu ketentuan pada Polis

Selain itu, tersedia pula no claim bonus untuk PRUSolusi Sehat dan fasilitas manfaat berkembang untuk PRUSolusi Sehat Syariah, berupa 10% dari batas Manfaat Tahunan awal hingga maksimum 50% Manfaat Tahunan Awal jika tidak ada klaim selama setahun dan polis selalu aktif. Selain itu, jika nasabah melakukan pembayaran premi secara tahunan maka mereka hanya membayar premi 11 bulan saja (hemat satu bulan premi).

“Agar lebih maksimal dalam memanfaatkan polis, nasabah dapat terkoneksi secara digital melalui aplikasi mobile Pulse by Prudential untuk mengakses e-card PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah, layanan nasabah PRUServices seperti detail polis hingga klaim e-reimbursement, sekaligus gambaran umum kondisi kesehatan dan tips meningkatkan gaya hidup sehat.”



Yang masih berpikir bahwa membeli asuransi murni itu rugi karena uang nggak bisa "cair", yuk coba ubah sudut pandangnya. Menurut saya, saat membeli sebuah asuransi kesehatan murni, doanya mah semoga nggak pernah terpakai dan hangus aja. Sama ketika membeli asuransi untuk anak di sekolah, semoga anak-anak nggak mengalami kecelakaan di sekolah 'kan? Begitu lah kira-kira.

Demikian yang bisa saya bagikan dari acara peluncuran asuransi kesehatan murni PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Syariah. Semoga bermanfaat untuk teman-teman.




***
sumber data:
1 Hidayat B dan Hidayat T: Belanja Kesehatan Katastropik: Analisis Data Susenas tahun 2013 dan 2017. CHEPS FKM UI 2020
2 https://health.bmz.de/what_we_do/Universal-Health-
Coverage/Indonesia_on_the_way_to_universal_health_coverage/Policy_Brief_GIZ_SPP_OOP_Spending_in_Indonesian_Health_Insu
rance.pdf
3 2019 Global Medical Trends Survey Report, Willis Towers Watson