05 April 2021

Tunjukkan Hebatmu Bareng Bebelac #AnakHebatBerbagi

Tugas sebagai ibu tidak akan pernah berhenti sampai kapanpun. Membimbing anak adalah perjalanan seumur hidup. Tentu harapannya mereka menjadi orang yang baik dan bahagia. Aku percaya bahwa anak-anak tidak hanya harus sehat, cerdas, dan berani, tetapi juga memiliki hati yang luas agar mereka mampu menghadapi tantangan hidup kelak saat dewasa. 



Hati yang luas dan besar ini aku berusaha ajarkan ke anak-anak. Diawali dengan kebaikan dan tindakan kecil terhadap sesama di sekitar mereka. Misalnya, dengan mengajarkan berbagi makanan kepada temannya. Atau bisa juga dengan berbagi mainan (bermain bersama).

Sejalan dengan keinginanku, Bebelac kali ini menginisiasi kampanye Tunjukkan Hebatmu sebagai wadah bagi kita-kita para orang tua untuk menumbuhkan kebaikan pada anak-anak. 

Pada tanggal 25 Maret lalu, untuk menyambut Ramadhan, Bebelac meluncurkan campaigne tersebut. Bersama dengan pembicara yang keren-keren diantaranya:

  • Fathya Artha Utami, MPsi. , Psikolog anak 
  • Sri Widowati , VP Marketing Danone SN Indonesia 
  • Syahnaz Sadiqah, Aktris yang juga seorang Ibu.
  • Gondo Sudjoni, Marcommm Eksecutive Director Indomaret


Acara ini berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Diawali oleh ibu Sri Widowati , VP Marketing Danone SN Indonesia, yang membahas tentang permasalahan sosial anak-anak yang mengalami tantangan ekonomi terutama anak-anak yatim piatu di panti asuhan. 

Data gabungan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2017 menunjukkan bahwa 1 dari 4 anak-anak di Indonesia dengan anggota keluarga lebih dari 7 orang menghadapi tantangan ekonomi. Secara lebih umum, di 2020 BPS juga melaporkan bahwa jumlah penduduk yang menghadapi tantangan ekonomi meningkat cukup signifikan di masa pandemi yaitu 10,19% dari total penduduk di Indonesia. Angka ini masih melampaui level yang diharapkan oleh pemerintah Indonesia yaitu di bawah 10% dari total penduduk. 

Ibu Sri Widowati mengatakan:

“Dari jumlah anak-anak yang menghadapi tantangan ekonomi tersebut, anak yatim di panti asuhan mengalami kondisi yang paling mengkhawatirkan. Oleh karena itu, dalam nuansa bulan Ramadan, kami mencoba memberi wadah bagi orang tua untuk berdonasi dan mengajak anak hebat mereka untuk menyebarkan kebaikan bersama kami. Dengan semakin banyak orang tua dan anak-anak yang terlibat dalam tujuan sosial ini, kami berharap lebih banyak anak Indonesia yang tercukupi kebutuhan nutrisinya dan bisa merayakan Idul Fitri dengan sehat dan ceria,”

Kampanye Tunjukkan Hebatmu memiliki dua aktivitas utama: #AnakHebatBerbagi dan #TerimaKasihPahlawanHebatku.

Sebelum kampanye #AnakHebatBerbagi ini, Bebelac telah mengundang anak-anak untuk memberikan apresiasi kepada petugas kesehatan yang telah bekerja tanpa lelah di garis depan dalam memerangi pandemi COVID-19 melalui #TerimaKasihPahlawanHebatku. Kompilasi foto-foto anak-anak hebat ini ada pada video musicnya Isyana Saraswati yang ditampilkan saat acara.



Dan mulai 1 April 2021 hari ini, kita sudah bisa lho berpartisipasi dalam kegiatan #AnakHebatBerbagi ini.

Cara ikutan kampanye #AnakHebatBerbagi :

1. Membeli Produk Bebelac

Kita dapat berdonasi dengan mudah di tengah kesibukan, dengan membeli produk Bebelac 3, 4, dan 5 di Indomaret dan berbagai gerai retail. Hasil donasi ini akan disalurkan kepada ribuan anak panti asuhan di berbagai daerah di Indonesia. Bantuan tersebut dikemas dalam bentuk paket nutrisi yang terdiri dari produk Bebelac 4 serta makanan bernutrisi lainnya.

2. Melalui Sosial Media 

Caranya dengan memberi pesan semangat dalam bentuk foto. Lalu mengunggah pesan anak hebat di akun media sosial dengan tagar #AnakHebatBerbagi 

Seperti yang aku lakukan ini, mengunggah foto di instagram:

Foto-foto yang terkumpul, nantinya akan dikompilasi dan berikan bersama donasi kepada anak-anak yatim piatu. Yuk ikutan, ya Bu.

Pilihan kedua ini bisa dilakukan bersama anak untuk menumbuhkan rasa empati mereka. Melatih empati adalah proses panjang untuk membesarkan anak yang memiliki kebaikan hati. Tentunya, kalau anak masih kecil seperti anak saya, dilakukan dengan cara-cara sederhana yang menyenangkan. Sambil bercerita, misalnya. Atau mengajak anak untuk bersyukur, serta mengekspresikan kepedulian mereka terhadap orang lain maupun lingkungan.

Psikolog anak Fathya Artha Utami, MPsi. mengatakan:

“Mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada anak sejak dini sangat penting untuk membekali mereka tumbuh secara menyeluruh. Tidak hanya sehat dan cerdas, tetapi juga memiliki kebaikan hati. Dengan begitu anak-anak dapat menjadi pribadi yang produktif dan berjiwa sosial di masa depan”.

Sebagai publik figur sekaligus seorang ibu, Syahnas tidak lantas mengabaikan pertumbuhan anaknya. Justru dia memiliki perhatian besar terhadap perkembangan sosial emosional anak kembarnya.

“Sebagai orang tua, aku ingin sekali Zayn dan Zunaira bisa tumbuh menyeluruh, bukan cuma pintar, berani, tetapi juga punya kebaikan hati. Aku sadar aku perlu memberi contoh baik dan juga melibatkan mereka dalam kegiatan yang edukatif tetapi tetap menarik. Karena itu, kegiatan seperti #AnakHebatBerbagi ini bisa jadi wadah yang baik banget menurutku. Aku bisa berdonasi, melibatkan Zayn dan Zunay untuk kasih pesan kebaikan, dan bonusnya bisa ikutan mencukupi kebutuhan gizi anak yatim piatu di bulan Ramadan ini. Semoga banyak orang tua lain yang tergerak untuk berpartisipasi di kegiatan #AnakHebatBerbagi,” ungkap Syahnaz.

Kampanye #AnakHebatBerbagi ini meliputi kegiatan untuk orang tua dan anak, talk show edukatif bersama para pakar, serta konten inspiratif yang bisa orang tua akses di bit.ly/TunjukkanHebatmu, akun Facebook, dan Instagram resmi Bebelac.



Semoga dengan kampanye ini, banyak orang tua terbantu dalam membesarkan anak hebat. Anak-anak yang tumbuh dengan sehat, memiliki kecerdasan intelektual, dan juga memiliki kebaikan hati.  

Selamat menyambut Ramadhan dan mari ajak sebanyak mungkin orang tua untuk lebih melibatkan anak-anak dalam kegiatan berbagi kebaikan. Sehingga kelak semakin banyak generasi penerus yang memiliki kecerdasan serta kebaikan hati dan mampu berkontribusi mengurangi masalah sosial yang ada di Indonesia.

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.