31 Jan 2018

Periksa Kehamilan Mending ke Bidan atau Dokter?

Tadi malam, saat berseluncur di dunia maya, saya nggak sengaja "terdampar" di salah satu forum ibu-ibu. Mereka sedang ngobrolin tentang periksa kehamilan itu mending kemana, sih, dokter kandungan atau bidan. Forum tersebut ramai dengan argumentasi masing-masing. Banyak juga yang curhat dan saling memberikan solusi. Karena saya lagi hamidun juga nih, maka saya pun menyimak obrolan tersebut walau hanya jadi silent rider.

Diantara para ibu hamil ini banyak yang share pengalamannya periksa kehamilan di dokter itu enggak enak. Diantara ratusan komentar di forum tersebut, banyak yang setuju bahwa periksa kandungan di dokter kandungan lebih mahal namun kualitas pemeriksaan cuma "gitu doang". Maksudnya gitu doang ini, dokter kandungan hanya memeriksa saja atau tidak menjelaskan/memberi keterangan secara lengkap dan detil tentang kondisi ibu hamil. Yang bumil tahu, dokter hanya bilang kondisinya sehat lalu memberikan resep suplemen/obat yang harus diminum. Dokter kandungan jika kitanya enggak bertanya ya tidak menjelaskan. Disambung bumil lain mengamini karena mendapat pengalaman yang serupa.

Lalu tak sedikit pula yang mengeluh dokter kandungannya jutek abis. "Mungkin dokternya lagi PMS kali." timpal salah satu ibu-ibu. "Mungkin dokternya banyak pasien, jadi biar cepet ya nggak banyak ngomong kecuali kalau si pasien bertanya."

Namun tak sedikit pula yang berkata bahwa periksa kehamilan enaknya di dokter kandungan, karena biasanya sudah satu paket sama USG. Dokternya juga baik, sabar, mau memberikan penjelasan rinci dan ganteng. Para ibu ini rela antri panjang dan bayar mahal karena dokternya terkenal bagus.

Seharusnya enggak digeneralisasikan memang, bahwa semua dokter kandungan itu penjelasannya enggak rinci. Tinggal kitanya aja nyari dokter yang cocok. Kalau enggak nyaman di satu dokter mah mendingan pindah aja. Se-simple itu. Kalau dokter kandungan mahal, ya wajar aja sih menurutku.

Sama halnya dengan bidan, walaupun kalau periksa kehamilan di bidan itu rata-rata bilangnya bidan itu lebih telaten, lebih sabar, lebih apik pemeriksaaannya, namun ada juga bidan yang nggak banget.
- Bidan jutek, nggak ramah, senyumnya irit banget.
Ya memang sih kita enggak tau alasan kenapa satu bidan ini jutek, bisa jadi ada masalah pribadi atau apa. Tapi menurutku, tuntutan profesi ya harus melayani sepenuh hati. Saya pernah nemuin bidan kayak gini. Setelah sekali periksa udah, saya nggak balik-balik lagi periksa hamil di sana. malesin.
- Penjelasannya seadanya saja.
Saya juga pernah nemuin yang kayak gini, malah kalau sedang tak beruntung nemu bidan yang suka nakut-nakutin. Waktu hamil anak kedua, saya periksa di bidan dekat rumah. Waktu itu usia kehamilan 8 bulan. Setelah memeriksa perut saya, bidan berkata bahwa anak saya sungsang dan menyarankan untuk lahiran di Rumah Sakit. Saya panik dong.
Lalu setelah diskusi sama Abudi, dua hari kemudian periksa di bidan yang berbeda. Bidan yang ini bilang : iya bu, kepala bayinya masih di atas, tapi nggak usah khawatir, masih bisa muter lagi karena air ketuban ibu masih banyak. Sebaiknya sujud yang lama, ya Bu.
Nah, kan jawaban bidan kedua ini lebi menenangkan dan memberi harapan saya lahiran normal di bidan.

Jadi baik dokter kandungan atau bidan itu sama-sama ada yang bagus ada yang enggak. Menurut saya, saya masih sreg dengan periksa dan lahiran di bidan. Ini juga menimbang dari beberapa hal berikut:

- Selama kehamilan 1 dan 2, saya melahirkan normal/tidak ada riwayat sesar atau keguguran.
- Tidak ada riwayat penyakit berat.
- Selama hamil, tidak banyak keluhan yang berarti. Keluhan masih dalam batas kewajaran seperti pusing dan lemes. Belum pernah mengalami flek atau air ketuban rembes dan keluhan berat lainnya.

Jadi dengan alasan tersebut, masih akan periksa dan insyaAllah melahirkan di bidan langganan yang sudah cocok.

Kalau teman-teman yang pernah hamil, mending dimana? bidan atau dokter? apa alsannya? share dong

24 Jan 2018

Tips Belanja Lukisan Abstrak Online Agar Rumah Makin Artistik

Beberapa waktu lalu, saya dan Abudi mengunjungi kakeknya anak-anak di rumahnya. Saat kami datang, beliau tengah memberi makan ikan di kolam kecil yang beliau buat sendiri. Aku suka dengan cara beliau merawat rumah sehingga rumah menjadi nyaman asri dan enak dipandang. Diantara berbagai macam dekorasi rumah dan ornamen, lukisan abstrak adalah salah satu pajangan artistik di rumah mertua saya. Babeh (begitu kami memanggil ayahnya Abudi) menyukai jenis lukisan ini. Karya seni ini beliau pajang di ruang tamu, ruang keluarga juga di kamar beliau. Dari pandangan saya yang awam dengan seni lukis khususnya lukisan abstrak, menurutku gambarnya tuh nggak jelas bahkan terkesan ngasal. Namun kata Babeh justru di sanalah letak keindahannya.



Lukisan abstrak terpopuler dan cocok untuk rumah minimalis. Rumah babeh yang terdiri dari empat lantai di daerah Margaasih, Bandung ini memang lumayan banyak menyimpan lukisan. Bagi penyuka gaya rumah minimalis seperti beliau, lukisan abstrak paling pas jadi hiasan, katanya. Kata Babeh, dalam menempatkan lukisan atau dekor rumah itu harus pinter-pinter milih supaya pas dengan konsep rumah. Perhatikan komposisi warna juga ukuran kanvasnya.

Waktu ngobrol-ngobrol dengan beliau, Babeh banyak bercerita dan memberikan saya saran saat memilih lukisan untuk dekorasi rumah. Katanya, sekarang ini banyak lukisan yang sedang populer seperti:

Kanvas atau panel lebih dari satu. Saat ini kata babeh sedang populer banget lukisan yang memakai kanvas lebih dari satu yang punya kesatuan komposisi warna juga desain. Bentuk kanvasnya ada yang potrait ataupun landscape bahkan campuran keduanya. Lukisan ini terlihat modern dan unik. Kekhasan model ini adalah tidak menggunakan frame sehingga kanvas digantung apa adanya.
Gambar minimalis. Biasanya pelukis hanya membuat gambar abstrak ukuran kecil dan sengaja menyisakan ruang kosong sehingga lebih menyatu dengan desain interior ruangan.
Batik painting. Produk ini dibuat selayaknya pembuatan batik pada kain. Gambarnya memang terlihat ramai. Babeh bilang nggak masalah biarpun gambarnya ramai asal penempatannya yang benar yaitu di dalam ruangan.



Kami lanjut ngobrol lagi. Babeh memberikan tips pada kami yang awam tentang cara memasang lukisan abstrak agar suasana rumah semakin indah. Pemasangan yang mainstream biasanya kan hanya digantung begitu saja di tembok. Babeh ngasih tips bahwa lukisan juga bisa ditata dengan cara-cara yang nggak biasa. Nah, berikut cara memasang lukisan yang nggak biasa:

Menyimpannya di atas lemari atau rak begitu saja.
Menyandarkannya begitu saja di dinding. Paling cocok jika ukuran lukisan lumayan besar dan kurang pas kalau disimpan di atas rak atau lemari.
Tempel asal dengan memakai selotip. Ada satu lukisan yang memang Babeh pasang dengan menggunakan selotip di ruang keluarga di lantai dua. Cara ini cukup bikin koleksi beliau terlihat semakin artistik.
Pakai perabotan khusus untuk display. Alat ini biasanya terbuat dari kayu. Kita tinggal menggantungkan frame pada paku yang sudah dipasang pada kayu tersebut.
Memanfaatkan tangga sebagai rak buku gratis. Hal ini pun dilakukan Babeh untuk tangga menuju lantai tiga. Di rak ini juga ada beberapa koleksi lukisan yang ukurannya kecil.

Panduan beli lukisan abstrak online agar tak salah ukuran:

Beberapa lukisan di rumah Babeh, ada yang beliau lukis sendiri namun banyak juga yang beli di street galery. Ada juga yang beliau beli lewat toko online. Saat hunting lukisan abstrak, beliau selalu memastikan kalau ukurannya pas sehingga enak dilihat saat dipajang serta nggak merusak konsep rumah yang sudah ada. Agar tidak salah ukuran, sebelum membeli harus mencari dan memilih toko online yang trusted. Ada satu toko yang jadi pilihannya. Tahun lalu, beliau membeli satu lukisan abstrak di Qlapa.com, marketplace yang menyediakan berbagai macam produk handmade, salah satunya adalah lukisan abstrak.



Oke, saya pun ikut penasaran dengan marketplace ini. Soalnya baru denger ada marketplace khusus menyediakan barang-barang handmade. Oh ya ampuuun, racun banget niiih. Saya yang menyukai barang-barang handmade enggak bisa nahan godaan. huhuhu.

Saya lalu bertanya ke Babeh, gimana cara belanjanya. Cara berbelanja di sana cukup mudah ternyata. - Kita cukup memasukkan keyword produk yang kita inginkan di kotak pencarian.
Nah, untuk mempersempit pencarian, pakai keyword yang lebih spesifik sesuai jenisnya, misalnya lukisan abstrak.
- Selanjutnya, cek bagian detail produk, di sana ada penjelasan mengenai media, cat yang digunakan, proses pembuatan serta ukuran kanvas. Penjual juga biasanya memberikan panduan mengenai rentang lebar dinding yang tepat untuk pemasangan karya seni ini. Jadi memudahkan banget buat milih-milih.
- Selanjutnya tambahkan ke keranjang dan step seperti belanja online pada umumnya.

Lho, emangnya aman kalau belanja lukisan abstrak online?
 Aman kok, asal belinya di tempat yang tepat yaitu Qlapa.com. Di sini kita bisa mendapatkan produk handmade langsung dari pengrajinnya. Termasuk lukisan. Di sini ada banyak pilihan desain yang...oh yaampun keren-keren. Tinggal sesuaikan saja dengan selera dan kebutuhan. Kata Babeh sudah banyak yang memilih nyari lukisan di sini karena fotonya real dan proses belanjanya gampang. Salah satunya ,ya , Babehku ini. Gimana, minat untuk mencobanya?



Obrolan dengan Babeh memang enggak bisa sebentar. Apa saja beliau ceritain. Obrolan kami berlanjut ke cara merawat lukisan abstrak agar warna tetap “matang”. Oh ya ampun, obrolannya nggak jauh sama koleksi-koleksi beliau. maklumin aja gaes, dengerin aja. hihi

Perawatan ini penting banget lho untuk benda-benda seni, karena tanpa perawatan yang benar, keindahan karya seni ini akan berkurang. So, ikuti tips perawatan ala Babeh berikut ini, ya:

Hindari dari dinding lembab serta usahakan ruangan tempat penyimpanan mendapatkan pencahayaan cukup. Tidak terlalu gelap, juga tidak terkena sinar matahari langsung.
Gunakan paku yang kokoh dan tebal seperti paku baja. Nggak mau kan lukisan kesayanganmu jatuh dan rusak gara-gara pakunya nggak kuat menopang?
Bersihkanlah ketika diperlukan, misalnya kalau debunya sudah tebal. Saat membersihkan, jangan menyentuhkan tangan langsung pada lukisan. Cukup pegang bagian pinggirnya saja. Gunakan kain micro fiber atau sikat lembut agar tidak merusak cat.

Obrolan kami terhenti sebentar karena sudah waktunya makan siang. Di ruang makan sudah ada menu kesukaan beliau sayur asem dan penyempurnanya (nggak usah dibilangin kalau ada ikan asin+sambal terasi+krupuk udang nanti ngiler loh, lol). Di ruang makan ini juga tergantung sebuah lukisan abstrak yang entah apa artinya.

Kalau manteman sendiri, dekorasi apa yang disuka dan paling banyak menghiasi rumah?

20 Jan 2018

Honeymoon, Menjaga Cinta agar Tetap Menggelora di Satu Dekade Pernikahan

Juli tahun 2018 ini, pernikahan kami akan genap sepuluh tahun. Alhamdulillah ya Allah diberikan pernikahan yang sakinah mawadah warahmah. Sepuluh tahun, sebuah perjalanan yang cukup panjang kurasa namun terasa singkat. Sejauh ini, kami sudah melalui fase demi fase dengan baik, InsyaAllah. Fase perkenalan dan adaptasi di tahun-tahun pertama, hingga fase saling memahami kini. Bagaimana dengan cinta kami? Apakah selalu bergelora? Hemm, untuk jatuh cinta itu gampang. Sama siapa aja saat ada ketertarikan kita mudah sekali deg-degan. Namun untuk merawat cinta agar selalu menggelora, itu yang sulit. Menjaga cinta itu butuh komitmen dan rasa tanggung jawab yang besar. Maka, kami (saya dan Abudi) juga butuh cara untuk memupuk kembali cinta ini agar tetap menggelora di satu dekade pernikahan. Honeymoon salah satunya.



"Honeymoon? bhahahha
Ngapain sih, udah tua masih juga neko-neko. Yang biasa-biasa aja sih napa?"
Seringkali orang-orang menertawakan. 
Yakalau kami dengerin apa kata orang mah atuh, bisa hancur sebelum sepuluh tahun ini tentunya. Alhamdulillah, kami selalu 'woles' aka santai menghadapi ocehan yang tidak membangun dari kiri kanan. Hawong kami yang menjalani, kami yang merasakan, kami yang berjuang. Whatever dengan semua anggapan neko-neko itu. Saya doakan yang berpikiran begitu bisa honeymoon dan bersenang-senang, deh, dengan pasangannya masing-masing. 



Saya dan Abudi, termasuk salah satu manusia yang mencintai alam. Beliau mantan pecinta alam yang sering melakukan aktivitas mendaki gunung. Itu dulu, semenjak "pensiun" beliau tidak lagi ke gunung. Mungkin kalau sekarang masih dengan tim Squad-nya, maka honeymoon kami pasti adalah naik gunung, camping, bahkan diajak survival di sana. Sekarang kami masih suka gunung sih, namun kalau ke gunung lebih mengambil jalan mudahnya saja, yang bisa dilalui kendaraan sehingga kami bisa mengajak krucil juga. Kebayang nggak sih kalau ke gunung, sadar dengan badan yang sudah enggak langsing lagi? Jadi untuk honeymoon, sepertinya pantai adalah tujuan yang asyik.

Ada dua tujuan main kami yang sampai saat ini belum terlaksana. Kami ingin menikmati keindahan dua tempat ini berdua. Ah enggak ding, pasti kami akan mengajak duo bocah kemana-mana. Bahkan untuk honeymoon di hotel yang dekat-dekat saja kami membawa duo bocah. hihihi


Bali

Bali terkenal dengan keindahan pantainya. Mulai dari yang ramai seperti Kuta dan Seminyak, hingga yang agak tersembunyi dan nyaman seperti Nyang Nyang. Bali juga menawarkan keindahan dataran tinggi yang sangat indah seperti di Ubud. Lalu Bali juga menyuguhkan pertunjukan seni yang disuguhkan dengan menakjubkan. 

Ada beberapa destinasi di Bali yang bisa kami kunjungi. Dari berbagai sumber, saya menyimpulkan Bali memiliki banyak destinasi yang cocok untuk bulan madu, seperti :

Pantai Lovina
Pantai Lovina yang terletak di kawasan Singaraja, Kabupaten Buleleng, menawarkan pasir dan laut yang biru. Selain itu kita bisa melihat lumba-lumba yang berada di tengah lautan.

Danau Tamblingan
Masih di kawasan Buleleng, di Danua Tamblingan ini kita bisa menikmati pemandangan pura yang indah, hutan yang masih hijau, dan serunya menjelajahi danau dengan perahu tradisional.

sumber gambar : anythingbali.com

Danau Batur
Danau Batur yang terletak di Kabupaten Bangli, Bali ini tidak hanya menyajikan paket wisata alam yang menakjubkan dengan udara yang segar. Di tempat ini, wisatawan juga bisa menikmati suasana romantis bersama pasangannya dengan melakukan beragam aktivitas menarik, seperti menyewa perahu untuk berkeliling.

Bukit Asah Bugbug
Terletak di kawasan Karangasem, Bali. Bukit Asah Bugbug menawarkan wisata romantis yang komplit. Kita bisa menikmati keindahan matahari terbit di pagi hari. Lalu melakukan kamping pada malam harinya. Kombinasi bukit karang, laut, sinar matahari, serta pulau akan memberikan kita panorama yang sangat indah. 

Campuhan Ridge Walk
Berlokasi di Ubud, Kabupaten Gianyar, Campuhan Ridge Walk merupakan jalur penjelajahan yang memiliki panjang sekitar 2-3 kilometer dan mengular di punggung bukit. Di sini kita bisa menikmati pemandangan indah yang dikelilingi hamparan ilalang. Kita bisa berjalan di jalan setapak yang sengaja dibuat dan mengambil foto ala-ala preweding. Di sini kita juga bisa menikmati kulinernya.

Swept Away di Samaya Ubud
Di sini sudah ada fasilitas paket wisata yang menjadi satu dengan lokasi penginapan. Kita bisa datang ke kawasan Samaya Ubud, menikmati resort mewah dan menyatu dengan alam. Wisatawan yang menginap di sini akan disambut pemandangan segar berupa perbukitan hijau serta pemandangan sungai yang jernih di bawahnya.

Lombok

Dari informasi yang saya baca, banyak destinasi di Lombok yang sangat cocok untuk honeymoon maupun liburan bersama keluarga. Diantaranya :

1. Pantai Senggigi
Di sini suasananya damai dan tenang dan menyuguhkan panorama laut yang cantik dengan garis pantai yang memanjang plus gradasi pasir putih dan pasir hitam yang menyatu dengan indah. Suasana matahari tenggelam di pantai Senggigi katanya sangat memukau.

2. Gili Trawangan
sumber gambar : traveloka

Berkunjung ke Lombok rasanya belum nikmat jika belum menginjakkan kaki di Gili Trawangan. Di sini, kita dapat mencoba paket Cidomo, yaitu berkeliling kawasan Gili Trawangan dengan menggunakan kereta kuda.
- Menikmati Indahnya Warna-warni Ikan dengan Snorkeling di Tiga Gili
Di Gili Trawangan, kita juga dapat memilih paket wisata snorkeling. Kita akan dibawa menikmati keindahan panorama alam bawah laut di tiga gili, yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. 
-  Menikmati Indahnya Bintang di Langit Gili Trawangan
Saat malam hari, Anda dapat menikmati keindahan bintang di langit Gili Trawangan. Kita bisa menghabiskan malam bersama pasangan di atas pasir pantai, sembari menikmati alunan musik yang sering dinyanyikan oleh para seniman lokal di kawasan ini.
- Bermain Sepeda Tandem
Sepeda tandem atau sepeda panjang yang dapat dikayuh berdua bisa disewa di sepanjang bibir pantai. Bersepeda berdua sambil menikmati angin laut atau matahari tenggelam, rasanya akan menjadi momen romantis yang tak terlupakan.
- Menikmati Ayam Taliwang
Katanya, berkunjung ke Lombok belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khasnya, yaitu ayam taliwang. Ada banyak rumah makan dan restoran yang menghadirkan ayam taliwang sebagai paket menu andalan.

3. Mengunjungi Desa Sasak Sade
Di kawasan ini, bisa melihat secara dekat kehidupan masyarakat Sasak yang merupakan suku asli Pulau Lombok. Bisa melihat proses menenun kain songket,  menyaksikan atraksi budaya (hanya pada saat-saat tertentu), membeli souvenir, dan berinteraksi dengan masyarakat setempat.

Dari dua tempat saja, sudah banyak sekali rekomendasi bagaimana menikmati honeymoon dan liburan keluarga yang asyik. Semakin bingung karena banyak sekali tawaran paket wisata dan bagaimana mengatur agar pengeluaran pas di kantong. 

Setelah saya mencari-cari dari satu web ke web yang lain untuk booking pesawat dan hotel. Ujung-ujungnya yang paling memberikan potongan harga paling menarik adalah paket honeymoon Traveloka ke Lombok. Di sana ada paket hemat dengan pesan tiket pesawat sekaligus hotel. 

Caranya juga mudah :
Buka web traveloka atau download aplikasinya.
Klik Flight+Hotel
Masukkan tanggal berangkat, berapa malam stay di hotel, dan untuk berapa orang. Lalu cari paket.
Traveloka akan menunjukkan harga terbaik dan paket terbaik untuk liburan. Kita tinggal pilih saja di mana menginap yang dekat dengan tempat wisata yang akan kita kunjungi.
Setelah itu akan muncul total pembayaran yang otomatis akan terpotong 20% TANPA KODE APAPUN. Lumayan 'kan 20 persen dari sekian juta, bisa digunakan untuk biaya masuk kawasan wisata atau membeli cendera mata.
Setelah itu masukkan data lengkap dan langsung masuk ke pembayaran. Tansfer, beres.



Kenapa harus memesan paket penerbangan + hotel dengan Traveloka?
- Lebih hemat dari pada memesan secara terpisah. 
Saya sudah membandingkan jika memesan secara terpisah dengan memesan secara bersamaan. Lumayan banget hematnya. Selisih harga ini bisa kita gunakan untuk biaya lain seperti masuk ke kawasan wisata, kulineran, atau membeli cendera mata.
- Lebih mudah dan menghemat waktu
Lebih mudah karena step by step-nya sederhana dan mudah, hanya sekali jalan sehingga tidak bolak-balik memesan tiket ya memesan hotel.
- Pembayaran mudah karena tersedia banyak metode pembayaran. 
Bisa menggunakan Transfer & ATM, Payment Angsuran, dan Kartu Kredit.


Bisa dilihat pada gambar perbedaannya, kan?
Nah, enggak perlu mikir berkali-kali untuk menggunakan pemesanan paket tiket + hotel karena terbukti hematnya. Bisa saving berjuta-juta dan ini lumayan banget bagi kami.

Memupuk cinta agar terus menggelora terutama setelah bertahun-tahun menikah itu penting, lhoh. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan yaitu hilangnya cinta apalagi sampai perceraian. Setiap pasangan memiliki caranya masing-masing untuk memupuk cinta dari hal yang paling sederhana sampai hal yang istimewa. Kalau Anda, bagaimana cara supaya cinta kepada pasangan terus ada hingga bertahun-tahun lamanya?

18 Jan 2018

Camilan di Saat Diet, Agar Diet Tidak Membosankan

Tubuh yang langsing dan ideal tentu menjadi harapan untuk semua orang, terutama para wanita dan tak terkecuali saya pun kepengin langsing. Ya, hampir semua wanita selalu sibuk dengan berat badannya. Hampir yaaa, jangan salah paham dengan kata semua. Nggak semua, kok. Namun memang untuk bisa dapatkan tubuh yang ideal tersebut tentu tidak bisa didapatkan dengan bersantai saja, namun harus berusaha untuk diet. Saat ini menu diet sehat tidaklah itu-itu saja dan terkesan membosankan karena sebetulnya bisa divariasikan dengan beragam bahan makanan sehingga diet tak melulu menyiksa. Yang perlu diingat, saat menjalankan diet, kita harus tetap happy.


Untuk bisa memiliki tubuh yang langsing dan proporsional, maka tak hanya makanan saja yang dijaga. Anda juga harus bisa memiliki gaya hidup yang sehat dimulai dari berolahraga secara rutin, tidur yang cukup dan juga hati yang gembira. Hal ini lantaran diet tak seharusnya hanya mengejar angka timbangan saja, melainkan juga mengejar tubuh yang fit dan sehat dimana kesehatan ini adalah investasi terbesar di jangka panjang yang harus Anda usahakan sejak sekarang.

Kadang karena diet, banyak pelakunya yang menahan lapar. Namun sebetulnya diet tak melulu harus menahan lapar karena Anda tetap bisa menyantap lezat camilan berikut ini:

1. Agar-agar
Makanan yang kenyal dan lembut ini sangat banyak disukai. Perlu diketahui jika Anda yang sedang diet pun bisa tetap menyantap agar-agar. Kandungan yang ada di agar-agar hanyalah 10 kalori saja. Jikalau Anda memasaknya dengan buah dan juga susu, maka kalori di dalamnya hanya 80 kalori. Untuk itu kalori tersebut masih bisa ditoleransi untuk pelaku diet. Jadi, Anda bisa membuat agar-agar demi mengisi rasa lapar di tengah waktu makan.

2. Biji-bijian
Selanjutnya adalah makanan berupa biji-bijian. Biji juga bisa jadi menu diet sehat. Tentunya makan biji tak dalam kondisi mentah karena bisa dilakukan dengan ragam cara, misalnya saja dengan brondong popcorn. Lemak rendah yang ada di dalam popcorn tak akan khawatir menjadikan Anda kegemukan. Namun pastikan jangan campur dengan mentega, susu atau karamel ketika membuatnya. Jika ingin popcorn ada rasa, maka bisa tambahkan sedikit bubuk sambal. Anda kini bisa mendapatkan popcorn jadi atau mentah di situs belanja online dengan mudah.

3. Kacang-kacangan
Kacang menjadi pilihan camilan sehat selanjutnya. Kandungan serat serta antioksidan yang ada di dalam kacang amat tinggi sehingga bisa bermanfaat dalam pengaturan gula darah dan juga meningkatkan serotonin yang amat baik untuk tubuh. Anda bisa merebus kacang sehingga dapat menemani malam Anda. Beberapa jenis kacang yang bisa Anda pilih diantaranya kacang tanah, kacang almond hingga kacang mede.
Saya beberapa waktu lalu juga sengaja membeli kacang almond 1 kilo khusus untuk ngemil. Kacang almond dimakan raw saja sudah enak. jadi seperti tidak sedang diet.



4. Sayur dan buah
Sudah hal yang umum jika sayur dan buah adalah makanan wajib untuk para pelaku diet. Dengan kandungan serat tinggi serta vitaminnya menjadikan sayur dan buah adalah makanan tepat yang bisa dipilih ketika diet. Wortel, brokoli dan buah beragam jenis lainnya bisa jadi pilihan yang amat pas untuk Anda. Jika memang ingin dimasak, maka jangan masak terlalu lama karena vitaminnya bisa berkurang.

Jika memang lapar melanda di malam hari, maka susu rendah lemak pun boleh Anda minum. Selain itu pastikan untuk makan dalam porsi yang sedikit namun dengan intensitas sering misalnya 6 kali per hari. Hal ini lantaran pembakaran lemaknya lebih mudah. Saya jadi inget sama teh Nchie, beliau kalau makan tuh sedikit banget namun sering. Tubuhnya memang jadi ideal banget. Pengen deh mencontoh cara dietnya.

Oiya, jangan lupa pilih menu diet sehat yang bervariasi sehingga tidak bosan untuk makan itu-itu saja. Dan tetap memberikan tubuh dengan nutrisi seimbang dengan memperbanyak makanan dengan kandungan protein.

17 Jan 2018

[Jalan Bareng Bocah] Petik Jeruk dan Buah Bagai di Kebun Sendiri

Assalaamu'alaikum... setelah berbulan-bulan nggak update Jalan Bareng Bocah, kini akhirnya bisa nulis tentang piknik sama anak-anak (gak berani bilang traveling lha wong mainnya cuman di dalam kota, hihi).



Btw, buat yang baru mampir di blog saya ini, jalan bareng bocah itu mengutamakan tempat-tempat yang aman dan nyaman dikunjungi bersama anak-anak. Bukan hanya keinginan dan kesenangan orang tua, yang kami utamakan adalah kegembiraan anak-anak, etapi kami orang tuanya senang juga sih. Masih di tempat-tempat yang dekat sama rumah saja mainnya. Pertimbangan pada lama perjalanan yang bisa bikin capek badan, sama lebih ke manfaatnya (yang penting anak senang).

Saya dan Abudi selalu mendiskuikan terlebih dahulu kalau mau jalan kemana. Soalnya Dhia dan Akram sudah bisa memilih sih kemana mereka ingin pergi dan menolak ketika mereka merasa kurang sreg sama tempatnya. Biasanya sih nunjukin dulu foto-foto tempat yang mau kami kunjungi, nyari fotonya di inetlah, emang dari mana lagi. :)

Baca juga beberapa tempat yang telah kami kunjungi, siapa tahu bisa jadi ide untuk teman-teman piknik bersama keluarga terutama saat membawa anak kecil :
1. Dusun Bambu
2. Floating Market
3. Galeri Ciumbuleuit
4. Cingu Cafe
5. Camping di the Lodge Maribaya
atau bisa baca tulisan lainnya di label Jalan bareng Bocah.

Akram lagi belajar memanen jeruk. Guntingnya yang bener, ya Aa' Akram!


Mengawali tahun 2018, dua bocah kami bawa ke kebun jeruk. Sebenarnya, foto-foto ini sudah lama sih, karena pertama kali ke Kebun Jeruk sudah berbulan-bulan yang lalu. Tapi karena anak-anak suka dan tempatnya masih di dalam kota Cimahi, kami jadi sering banget ke sini. Kalau misalnya lagi pengen makan jeruk, kami tinggal ke sini aja biar dapetin jeruk yang masih fresh from tangkal. (tangkal = pohon, Sundanese)

Awal mula tahu tempat ini karena diceritain sama tetangga kalau ada kebun jeruk yang luas dan buahnya banyak. Kita bisa petik sendiri dan mencicipi gratis selama masih di dalam kebun. Tertarik banget dong. Jadilah pas Abudi libur, kami kesana diantar oleh tetangga karena tempatnya enggak terdaftar di Google Map. :D

masuk lewat gang sebelah
Di depan gang ada tulisannya Kebun Jeruk Kampung Alam.
Nggak butuh waktu lama dari tempat tinggal kami saat ini. Sekitar 15 menitan sudah nyampe dengan kecepatan kendaraan santai. Jalannya menanjak kadang turun. Bisa dilewati mobil. Cuman, mobilnya nggak bisa sampai ke kebun jeruknya soalnya masuk gang, kalau motor sih masih bisa. Mobil bisa diparkir di pinggir jalan. Tapi harus pepetin banget agar tak menghalangi jalan. Lalu kita harus jalan sedikit menyusuri gang untuk sampai di kebun jeruk.

Begitu sampai di Kebun Jeruk, pohon murbei menyambut dengan buahnya yang ranum dan berwarna hitam. Kami beruntung saat itu, datang di hari Sabtu pagi jadi buah-buahan (selain jeruk) masih belum banyak yang dipetik oleh pengunjung. Dhia yang suka banget sama buah ini langsung berbinar dan memetiknya.
"Emang boleh, Teh?" tanya saya ke tetangga.
"Boleh."
Pas ke sana kali kedua waktu itu hari Minggu sore. Buah-buah selain jeruk seperti murbei, arbei, dll udah ludes dan tinggal yang masih mentah.





Di kebun mini ini, memang enggak cuma ada jeruk berbagai jenis. namun juga ada murbei, arbei, delima/pomegranate, markisa, pepino, dan masih banyak lagi tanaman lain. Waktu kami ke sini, markisa masih hijau dan belum ada yang masak. Yaaah, padahal aku suka banget nih.

Untuk masuk ke sini GRATIS. Kita hanya membayar sebanyak jeruk yang kita petik.

Saya tidak lupa kenalan dengan pemiliknya, kebetulan orangnya juga ramah banget dan senang becanda. Pak Sumirat namanya. Aktivitas sehari-hari lelaki berusia 60an itu bersama istrinya adalah mengurusi kebun jeruk seluas 400 tumbak atau 5.600 meter persegi. Beliau bertutur, dari pernghasilan kebun jeruk ini saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka. Berawal dari uang PHK, beliau belikan tanah tersebut. Lalu beliau tanami jeruk dan bermacam-macam buah lainnya. Waaah, masa pensiun yang sangat menyenangkan, bukan?

Pak Sumirat juga memelihara kambing, ayam, angsa, dll lho. Hewan piaraannya juga dijual sih kalau ada yang mau beli.

Oiya, kebun jeruk ini ada peraturannya lho. Peraturan dibuat agar kebun jeruk tetap terjaga dengan baik diantaranya tidak boleh sembarangan memetik buah misalnya petik yang kecil/hijau namun nggak dimakan/malah dibuang begitu saja di area kebun. Merusak tunas tanaman yang sedang tumbuh. Merusak batang dan ranting. Intinya adalah tindakan merusak tidak diperkenankan.

Jeruk kecil berwarna orange ini keliatan manis, tapi ternyata asemnya luar biasa.
kanan atas : buah pepino/ terong belanda
tengah : jeruk india
bawah : markisa


Saya melihat, pak Sumirat memang apik banget mengurus kebunnya. Sehingga pohon-pohon jeruknya nggak pernah berhenti berbuah, jadi tiap hari pun kita bisa lho petik buah di sini. Pengairan menggunakan pipa-pipa yang menyebar ke seluruh penjuru kebun.

Di sini kita juga bisa membeli bibit jeruk lho. Saya pun membeli satu bibit pohon jeruk Aparel harganya 35 ribu. Rencana mau ditanam di halaman rumah kami nanti.

Sebelum masuk ke kebun, kita akan diberi kantong kresek dan satu buah gunting untuk memetik. Sebaiknya kita bertanya dulu bagaimana memetik jeruk yang benar jika dirasa belum tahu. Anak-anak juga harus dikasih tahu kalau di sini nggak boleh merusak tanaman-tanamannya dan nggak boleh memetik dengan sembarangan karena bisa merusak pohonnya.






Beberapa kali ke kebun jeruk ini dua bocah merasa senang sekali. Malahan Akram selalu minta makan nasi karena ada tempat lesehan yang cocok untuk 'botram'. Iya sih emang asyik banget kalau membawa dari rumah menu Sunda seperti ikan asin, lalapan, dan sambal.

Di dalam kebun, kita boleh nyicipin gratis lho. Bebas mau makan semulesnya.

Jeruk yang sudah ready bagi yang males metik sendiri. Harganya beda-beda karena jenis dan rasanya pun berbeda.

Yang kita bayar hanyalah yang kita petik saja. Harga per kilonya Rp 20.000 disamakan walaupun kita memetik jenis jeruk yang berbeda-beda. Nah kalau dirasa kurang, di sini dijual juga yang sudah dipetik. Harganya beda-beda tergantung jenis jeruknya. Lihat foto di atas.

Saya sendiri di dalam kebun bisa makan beberapa butir jeruk (masa sih? ;p), saya selalu pilih yang jenis jeruk Aparel. Buahnya kecil, keliatan buluk/tampilannya kurang menggoda tapi rasa buahnya manis banget, seger, dan buahnya mengkel. Makan 5 buah pun bisa habis kalau lagi lapar. lol






Buat teman-teman yang ingin piknik petik buah jeruk, alternatif jalan bisa lewat jalan Permana (kota Cimahi) Dari alun-alun Cimahi ke utara lewat jalan Kolonel Masturi(Kolmas) lalu di perempatan belok kanan ke jalan Encep Kartawiria, lalu nanti ada pertigaan ada gapura dan pangkalan ojeg belok kiri ke jalan Permana/STKIP Pasundan Cimahi. Lalu naik ke atas terus/ke arah utara sampai di jalan Babakan Muncang Kidul. Setelah sampai di Pesona Alam Residence masih ke arah utara dikit lagi. Dari situ sudah dekat tempatnya, tinggal nanya-nanya aja ke warga. Tempatnya sebelah kanan jalan.

Jalan-jalan ke sini adalah versi murcenya atau penggantinya wisata ke Mekarsari. Tapi tentu enggak bisa dibandingin karena di Mekarsari mah buahnya banyak jenis (dan mihil juga). Kalau di tempat teman-teman, adakah tempat wisata petik buah seperti ini?

13 Jan 2018

Air Mineral Frozen yang Baik untuk Ibu Hamil ini Ternyata Jadi Sponsor Utama Indonesia vs Islandia

Haloo...Apa kabar semua? Semoga selalu sehat, ya. Ibu hamil banyak polah satu ini balik lagi dengan nenteng-nenteng botol Frozen air mineral, nih. InsyaAllah dengan mood yang makin oke dan tubuh semakin bugar setelah melewati trimester pertama. Kondisi saat hamil muda tuh emang bawaannya cepat capek, lemes, ngantukan, pusing. Apalagi mual muntah  itu mah udah biasa. Wajar saja kalau harus banyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik. Psikisnya juga harus dijaga ding, gimana caranya agar ibu hamil tidak stress dan tetap happy menjalani awal kehamilannya.



Untuk menjaga kebugaran tubuh selama hamil, kata bu bidan saya harus banyak istirahat, makan makanan bergizi, rajin olahraga, dan jaga asupan cairan tubuh dengan cukup minum air mineral. Sepertinya memang nasehat yang umum sekali,ya. Enggak hamil pun pasti kalau pengen sehat harus melakukan hal tadi, ya kan? Terutama untuk asupan cairan tubuh. Seperti yang telah diketahui bahwa sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Pada orang dewasa terdapat kandungan air hingga 60 – 70%. Sedangkan pada tubuh bayi sekitar 80% air dan janin yang masih di rahim lebih dari 90%. Nah kan, kenapa saat hamil harus lebih banyak minum air mineral.

Kenapa harus air mineral? Karena kandungan mineralnya ini yang bagus buat tubuh. Tapi kita juga harus pilih-pilih nih air mineral yang bagus. Salah satu yang paling bersih diantara air mineral lain adalah Frozen air mineral. Frozen air mineral sudah di tes di lab dan diakui sebagai yang terbersih diantara air mineral lain karena telah melalui proses penyaringan alami. Tiap tetesnya disterilkan dengan Ozon Injeksi & teknologi Multi Filtrasi sambil mempertahankan keseimbangan mineral alami di dalamnya. Oiya, Frozen air mineral ini berasal dari mata air terbaik di Pandaan, Jawa Timur lho.



Tentang Frozen Air Mineral yang Cepat Bikin Segar dan Memulihkan Stamina

Frozen air mineral diklaim cepat menghidrasi tubuh dan cepat bikin seger. Pas lagi lemes-lemesnya terus minum ini jadi mudah kembali bugar. Kadang ada yang mengeluh males minum air mineral saat hamil karena jadi beser, dikit-dikit ke air. Wajar ya manteman, karena air yang kita konsumsi lebih banyak juga akan membuang racun dalam tubuh melalui air seni. Selain itu, banyak minum air mineral juga bisa mencegah persalinan prematur, melancarkan aliran darah, membersihkan ginjal dari bakteri, mencegah sembelit, dan mencegah dehidrasi tentu saja. Kalau sudah ada tanda-tanda dehidrasi seperti Urin berwarna oranye, kuning atau keruh diikuti bau menyengat; Sakit kepala ringan; Mulut dan kerongkongan terasa kering; Mual dan terasa ingin muntah. Cepat-cepat ambil Frozen air mineral agar lebih cepat segernya.



Frozen air mineral adalah produksi dari PT Singa Mas Indonesia anak perusahaan Charoen Pokphandini. Seperti kata teman-teman saya, Frozen ini baru terdengar merknya. Namun ternyata Frozen sudah meraih pernghargaan sebagai Best New Comer for Mineral Water with Ozone Injection and Ultra Filtration Technology in Indonesia. Terus yang lebih keren lagi Frozen ini menjadi sponsor utama pertandingan persahabatan antara Indonesia kontra Islandia. Timnas Indonesia kontra timnas Islandia dilaksanakan tanggal 14 Januari 2018 di stasion Gelora Bung Karno - Jakarta.

Melalui presconnya, Laurensius Zaoputra selaku Brand Manager Cups & AMDK Frozen mengatakan jika pihaknya ingin para pemain merasakan langsung manfaat dari Frozen Air Mineral yang sangat baik untuk segera memulihkan kondisi fisik saat berolahraga.


Frozen Air Mineral jadi Sponsor Utama Pertandingan Indonesia vs Islandia

“Kami sangat bangga mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan PSSI, Timnas
Islandia dan MediaPro Asia selaku promotor dari Iceland tour ini. Frozen Air Mineral sebagai
Official Water Sponsor memiliki semangat untuk ‘menyegarkan’ kedua tim. Ke depannya
kami ingin memberikan komitmen untuk industri sepakbola Indonesia yang lebih baik, agar
bisa step up the game menuju Piala Dunia 2022. Seperti kami yang step up the game di pasar
air mineral dengan menjadi satu-satunya sponsor air mineral dalam ajang pertandingan
persahabatan yang baru pertama kali dilakukan di Indonesia.”


Pertandingan persahabatan itu sendiri dilaksanakan dua kali. Pertama antara Indonesia Selection vs timnas Islandia pada Kamis (11/01) di stadion Maguwo - Yogjakarta dan pertandingan kedua pada Sabtu (14/01) di stadion Gelora Bung Karno - Jakarta pukul 18:30 WIB.

Bola mania pastinya sudah siap-siap nih untuk nonton langsung di GBK sekaligus merasakan suasana baru GBK yang telah selesai pemugarannya. Seperti yang telah diupdate di akun instagram @gelorabungkarnostadium , @love_gbk , dan  @senpro.indonesia , sekarang GBK lebih bagus dan lebih mewah fasilitasnya diantaranya : menggunakan rumput kualitas dunia layaknya Allianz Arena, GBK juga merenovasi semua fasilitas lain, mulai dari kursi penonton, bench pemain, ruang ganti layaknya Stadion Wembley, dan masih banyak lainnya.



Dan yang membuat wajah baru GBK terlihat lebih modern dan lebih canggih menggunakan teknologi seperti CCTV yang memantau setiap pergerakan penonton dan bisa nge-zoom sampai di wajah ketika terjadi suatu kejadian; sistem e-ticketing yang lebih memudahkan dan menghindari calo; pembelian tiket online sehingga supporter nggak ngantri beli tiket langsung. Oiya, pembelian tiket online ini bisa dibeli di pssi.org atau di applikasi Bukalapak.

Duh ya, dari bahas ibu hamil, Frozen air mineral yang bisa memulihkan stamina, hingga sampai sponsor utama pertandingan bola timnas Indonesia vs timnas Islandia. Kalau bumil sih lihat pertandingannya mau dari siaran langsungnya aja di RCTI tanggal 14 Januari 2018 pukul 18:30 WIB. Pastinya ditemani cemilan dan sebotol Frozen air mineral biar nontonnya tetep kalem dan seger.

Salam Bumil Happy :)

9 Jan 2018

[Review Film] Ayat-Ayat Cinta 2 (Belum Baca Novel VS Sudah Baca) dan Perbedaan antara Novel dan Filmnya



Jadi ceritanya hari itu 23 Desember 2017, Abudi (suami saya) ngajakin nonton film Ayat-Ayat Cinta 2. Beliau emang sudah lama menantikan film ini setelah membaca novel AAC2. Kalau saya sih jujur belum membaca novel AAC2 semenjak novel pertama dibikin film dan sangat mengecewakan. Padahal novelnya mah sudah ada dari jaman jigeum ada di lemari buku. Tapi karena saya belum baca, pas lihat trailernya jadi penasaran.

Lalu berangkatlah kami berdua tanpa diintilin sama dua bocah. Pilih bioskop yang paling dekat dengan tempat tinggal agar enggak kelamaan ninggalin dua bocah di rumah.
Yeaa, remaja kolot sedang nge-date halal. lol. Ada sih segelintir teman yang enggak suka bioskop menganggap perbuatan kami sia-sia. Ada juga yang mempertanyakan "Kok tega sih ninggalin anak berdua sendirian di rumah". Ah yowisben... Biarin aja deh. Senyumin aja. :) Dia mah enggak tahu dengan "jalan berdua" bisa memupuk lagi rasa cinta diantara suami-istri. eaaaa



Nonton dari hari ketiga tayang di bioskop, tapi baru sempat menuliskan reviewnya hari ini. Well, ibu hamil mah mood-nya tak terduga. Maklumin aja deh dan semoga enggak basi ya -_-.

Dari hari ke hari saya mengamati film Ayat-Ayat Cinta semakin banyak penontonnya. Semakin banyak yang menjadi saksi cinta Fahri kepada Aisya. Setelah 20 hari tayang, AAC2 masih setia membentangkan layar di bioskop. Dari target 4 juta penonton, AAC2 kini sudah tembus 2,5 juta lebih. Wuih keren. Katanya banyak netizen yang kecewa dan mengkritik habis film ini ya?

Oke, lanjut ke film AAC2. Jadi gimana reaksi saya saat nonton dan setelah nonton? Terus reaksi Abudi yang sudah baca gimana?

Disini, posisi saya sama sekali nggak tau alur ceritanya dan endingnya seperti apa. Sementara Abudi tentu saja sudah tahu alur dan endingnya. Dari perbedaan ini saja, pasti beda reaksi diantara kami berdua.
Saya : sepanjang scene film yang menyedihkan saya menangis tiada henti. Sampai keluar studio juga masih netes nih air mata. (Uwien anaknya cengeng)
Abudi : berkali-kali menghibur saya bahwa endingnya tetap bahagia.

Tentang informasi umum nggak akan saya tulis disini ya, sudah banyak informasi tersebut di tempat lain. Saya hanya akan memberikan pendapat pribadi saja mengenai film ini.

1. Syuting asli di Scotlandia sesuai dengan di novel ini patut diapresiasi, indah banget ya di sana tuh (Uwien anaknya gumunan). Berbeda dengan AAC1 yang latar di novel adalah di Mesir, eeeh, lokasi syuting filmnya malah di India. Beda alam.
Soundtracknya bagus-bagus dan enak didenger.

2. Soal latar di luar negri kok pakai bahasa Indonesia : kurasa enggak perlu jadi profesor pun seharusnya paham tentang ini. Sebelum memakai bahasa Indonesia, awal scene-nya juga memakai bahasa Inggris. Ini sih aku nangkepnya "Oh, ini aslinya percakapan pakai bahasa sono. Biar orang Indonesia ngerti jadi pakai bahasa Indonesia.". Manteman bisa bayangin nggak kalau sepanjang film percakapannya memakai bahasa Inggris, bahasa Scotlandia, dan bahasa Ibrani? :)
Kebayang gimana para pemainnya mempelajari bahasa Ibrani untuk yang berperan sebagai orang Yahudi dan bahasa Scotlandia. Di film mengambil jalan mudahnya aja.
Oh iya, waktu scene di Sinagog/Synagogue saat Fahri dimaki-maki sama orang Yahudi, orang Yahudi memakai bahasa Ibrani, lho. Diperhatiin nggak yang pas bagian ini?

3. Saya terhibur dengan kehadiran Hulusi dan Misbah. Mereka lucu. Penonton lain juga tertawa saat keduanya on screen.

4. Dari dua jam durasi film, sebagian besarnya saya nangis sesenggukan. Saya merasakan kesedihan Aisya.
- Dari pas awal film, saya mah sudah sedih da' merasakan kesedihan Fahri kehilangan Aisya. Saat Fahri memperhatikan wanita bercadar yang sedang menyeberang. Saat itu mungkin Fahri merasa ada kesamaan dengan Aisya istrinya.
- Saat Sabina/Aisya menjadi pembantu di rumah Fahri, Fahri tetap tidak mengenali Aisya, saya protes. Kenapa sih Fahri enggak peka dan sama sekali nggak mengenali istrinya sendiri? Apa dia rabun dekat? Walaupun wajahnya rusak parah, kan dari tubuh dan suaranya pasti mengenali?
Abudi menjelaskan bahwa dalam ceritanya suara Aisya berubah karena pita suaranya rusak setelah disiksa di penjara Israel.
- Scene saat di Aisya di penjara Israel ini bener-bener menyedihkan. Bagaimana Aisya merusak alat vital dan wajahnya sendiri demi mempertahankan diri agar tidak dijadikan budak nafsu para penjaga penjara. Di sinilah saya baru paham kenapa Aisya tidak pulang ke rumahnya dan memilih hidup sebagai Sabina.
- Scene saat Fahri menikahi Hulya, saya nangis lagi. Pas Aisya melihat keharmonisan Fahri-Hulya tuh nyereset dina hate lah pokoknya.

5. Adegan face off wajah Aisya menjadi wajah Hulya menurutku aneh banget sih (mungkin karena saya awam tentang ilmu kedokteran).
Tambah nylekit aja di hati. Yang mendampingi dan menjadi ayat-ayat cinta Fahri kan Aisya, tapi saat memandang wajah Aisya jadi teringat Hulya terus pastinya. huhuhu, hatiku terpotek-potek

Kalau menurut Abudi yang sudah membaca novel Ayat-Ayat Cinta 2, agak sedikit kecewa sih katanya. Dari keseluruhan film hampir sama cuman di film ini lebih menonjolkan sisi percintaanya daripada sisi keislamannya. Ada sih sisi keislamannya tapi kurang ngena. Beda sama film KCB yang memang menonjolkan sisi keislamannya sesuai dengan novel.

Novel AAC sesuai tag linenya adalah Sebuah Novel Pembangun Jiwa. Karena saat membacanya ghirah keislaman juga meningkat. Kita semakin instrospeksi diri. Banyak hikmah yang bisa diambil. Hal ini saya rasakan saat membaca novel AAC 1.

Beberapa hal yang mengalami perubahan (sumber : sesuai penuturan Abudi karena saya belum baca) :

- "Porsi" Aisya di dalam film terlalu sedikit. Di film lebih banyak Hulya dan Keira, mungkin karena pemeran utamanya memang Tatjana Saphira dan Chelsea Islan
- Hulya dalam novel, dari awal sudah berjilbab sebagaimana wanita Turki pada umumnya. Sedangkan di film tidak atau belum berjilbab. Kemunculannya juga bukan di kelas saat Fahri mengajar.
- Tentang debat. Di novelnya, sebenarnya debatnya seru. Membahas tentang Amalek. Sedangkan di filmnya adalah tentang keberagaman dan cinta damai. Makanya kan bagian ini dikritik, ngapain baca buku tebal-tebal sampai larut malam kalau bahasannya cuma segitu doang.
Bayangkan saja, kalau tetap membahas hal yang sama seperti di novel, mungkin nggak dapat izin syuting di Sinagog (tempat ibadah Yahudi). Film mah cari aman lah.
- Scene saat Fahri melamar Hulya. Kalau dalam novelnya enggak gitu, nggak ada khalwat/berdua-duaan.
- Hulya bukan ditusuk sama Bahadur, tapi sama anaknya nenek Catrina yang benci banget sama Fahri.
- Brenda , tetangga Fahri yang suka mabuk-mabukan, aslinya dalam novel adalah wanita Scotlandia. Kok jadi orang Malaysia. hihi

Sebenarnya masih banyak sih yang enggak tersampaikan di filmnya seperti yang saya tulis di atas.  Makanya Abudi bilang ke saya : "Kamu harus baca novelnya. Lebih seru."

Oke fix, habis ini saya akan membaca Novel Ayat-Ayat Cinta 2.

Oiya, tentang Fahri yang to good to be true, akhlaknya sempurna : hafal Qur'an, tampan, kaya, baik hati, dan pandai mengendalikan emosi. Mungkin bagi kita hal itu mustahil ada orang seperti itu di dunia. Walaupun tokoh Fahri hanya fiksi, saya mah yakin bahwa ada orang seperti itu di dunia ini. Hanya saja kita enggak kenal, enggak pernah bertemu, dan enggak bersinggungan langsung karena ya pergaulan kita hanya segini-gini aja. #mikir

Orang nyata seperti Fahri yang pasti enggak pingin terkenal atau dikenal orang di seluruh dunia. Mereka "bekerja" dengan akhlak baik mereka secara senyap.

This entry was posted in

8 Jan 2018

Orang Gendut Pakai Jaket? Kayak Gini Jadinya


"Aaaa', aku mau beli jaket lagi dong. Kumohon, A'. Beliin aku jaket." (AAC2 mode on)
"Lah, itu di lemari pakaian, jaket siapa yang numpuk? Udah menuh-menuhin lemari aja."
"Itu kan udah pada nggak muat. Ada yang resletingnya rusak. Ada yang kalau dipake bikin gerah banget. Ada juga yang model jadul."
"Yaudah pilih sana di Hijacket Shop . Ada temanku yang jualan jaket khusus buat yang berjilbab. Nanti kalau sudah ketemu yang cocok tinggal bilang aja transfernya berapa."
"Okesip!" senyumku mengembang diiringi acungan dua jempol buat Abudi.

............ ( *pilih-pilih di hijacketshop )

"Jiaaah!! A', di sana model orangnya pada langsing-langsing semua tauk. Mana ada yang muat di aku yang kayak gini." (*cemberut trus nglirik badan sendiri)

pakaian apapun kalau yang pakai langsing mah selalu kece!

Dengan berat mencapai 60 kilo lebih, saya menyadari bahwa gak semua jaket dan pakaian yang terlihat indah dipakai orang lain otomatis bagus dipakai sama saya.

"Ada. Sok gera cari ukurannya yang XL atau XXL (*-_-). Terus perhatiin detailnya. Lingkar dadanya juga ada di informasi produknya." ujar Abudi sambil nerusin menggosok giginya.

.......... satu jam kemudian .......

"Pilih yang mana atuh ya, A'. Aku bingung yang ini atau yang ini, ya?"
"Terserah kamu aja. Yang penting ukurannya bisa muat di badan."

......... setengah jam kemudian ........

"Aku pilih yang Basic Black Red, ya. Kayaknya bagus."
Abudi : *dalam hati banyak-banyak membaca istighfar*

Namanya juga cewek, kalau pilih-pilih pakaian mah pasti lama. Entah di toko offline maupun di online. Udah dari sononya kali ya (?) ( Ah, kamu aja mungkin Wien. Jangan bawa-bawa semua perempuan Indonesia, ntar didemo sama emak-emak loh! #eh)

Ah nggak juga, sini coba, siapa tim pilih baju cepat dan tim pilih baju kilat? Coba komen di kolom komentar ya. muahaha

Okey kembali ke masalah per-jaket-an. Setelah klik selesai dan minta si Aa' transfer, saya segera konfirmasi ke nomor whatsapp admin Hijacket agar pesanannya cepat diproses. Tak lama kemudian dibalas oleh adminnya. Terus karena saya ordernya sudah malam, baru keesokan harinya masuk sms bahwa pesanan saya sudah diproses. Satu hari kemudian, paket sudah sampai di rumah. Langsung dong saya coba karena takut nggak muat.

Beginilah kalau orang gendut pakai jaket. lol. Apa pendapatmu? 

biarpun buntet yang penting aku merasa hangat dan nyaman ^_^

By the way, saya suka banget sama hijacket ini. Alasannya :

1. Bahannya lembut (dan empuk kalau kata teman saya). Jadi pas dipakai anget-enget empuk. #eh
2. Bikin hangat sekaligus enggak bikin gerah. Dipakai di ruangan ber-AC oke. Dipakai untuk naik motor juga oke. Buat naik angkot juga nggak masalah.

3. Desainnya. Desain yang memang khusus untuk memenuhi kebutuhan kita-kita yang berjilbab dan ingin tetap nyar'i. Model hijacket ini panjang sampai di atas lutut ( kalau saya sih sampai lutut karena Uwien anaknya imut *lol). Desain Hijacket juga menutupi area sensitif kita, jadi aman kalau dilihat nggak ada tonjolan di sana-sini.
4. Harganya masuk di kantong (saya). Kemarin pas saya order, sedang ada discon dan penawaran khusus (dapat bonus kaos kaki seharga 25.000*). Coba cek aja di Hijacket Shop (link di atas ya). Seringkali ada penawaran menarik.
5. Bisa dipakai kemana saja (kecuali ke kondangan tentu saja), buat nge-mall bisa, buat olahraga bisa, buat jalan-jalan bisa, buat anter jemput anak sekolah bisa, buat di rumah pas udara dingin-dingin syahdu juga enakeun.

Kemarin waktu saya nge-mall cuma pakai baju kaos+rok+kerudung instan+SENDAL JEPIT. Penampilan jomplang banget deh sama kebanyakan orang-orang yang berseliweran di mall, bening-bening gitu. Dan aku merasa tertolong sama hijacket ini. Tengkyu Hijacket.

Detailnya bisa lihat di foto-foto ini ya, manteman :



Pas mau berangkat main bareng Abudi weekend kemarin, saya seperti biasa memakai setelan kebangsaan (favorit) serba hitam dari kaos+rok+kerudung item+sepatu casual. Terakhir nggak lupa pakai hijacket warna hitam juga.

Komentar Abudi : "Wuisss, kayak AGB!!"

Aku baru tau, ternyata hampir 10 tahun menikah, di mata beliau tetap menganggap saya sebagai ABG. yang pasti enggak kalau di mata mereka yang memanggil saya ibu-ibu   *nyengir kuda*
ABG : Anak Baru oGe 2




HIJACKET is made with love in Bandung

Website:
Hijacket Shop adalah toko online yang merupakan distributor resmi tangan pertama untuk menjual jaket hijab original dan premium merk Hijacket.

Instagram : @hijacket.shop

*)selama persediaan masih ada

5 Jan 2018

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Bolehkah ibu hamil makan durian? Seringkali ibu hamil atau bahkan yang enggak hamil pun penasaran dengan hal ini. Suami saya juga penasaran sih, karena istrinya ini pas nyidam kepengin banget makan durian. Lalu karena ada hembusan gosip kalau ibu hamil gak boleh makan durian, jadi was-was juga mau beliin, katanya.



Awalnya saya juga bertanya-tanya bener nggak sih ibu hamil nggak boleh makan durian? Kata orang-orang sih buah durian itu panas, kandungan alkoholnya tinggi, bisa membuat janin gugur, dan lain-lain. Ada pula teman-teman saya yang menghindari sekali buah ini (padahal ya kepengin makan juga pas nyidam). Ambil jalan aman aja untuk kehati-hatian.

Saya setuju banget. Ibu hamil tuh harus menjaga asupan makanannya karena saat hamil apalagi masih hamil muda (trimestes 1) sampai usia 4 bulan itu kondisi janin masih sangat rawan.

Perhatikan Kondisi Rahim dan Kesehatan

Sebelum ibu hamil memutuskan mau makan durian atau enggak, sebaiknya perhatikan kondisi si ibu hamil, ya. Kalau anak pertama sebaiknya jangan makan deh karena kita kan belum tahu kondisi rahim kita kuat atau enggak. Saya pas hamil pertama juga nggak berani makan durian. Takut iya, belum tahu kondisi rahim juga iya. Selain itu, dulu saya masih percaya sama mitos-mitos tentang buah durian. Lalu saya masih tinggal deketan sama keluarga suami, jadi takut diomelin aja sih sama mereka. lol

Sedangkan saat ini saya hamil anak ke-tiga. Setidaknya bisa/punya feeling lah gimana kondisi badan sendiri. Kalau nggak yakin mah mending jangan makan. Karena kondisi rahim tiap wanita kan beda-beda, ada yang makan durian setelahnya merasa perutnya panas, mual-muntah, pusing, dan lain-lain; adapula yang enggak ngaruh. Alhamdulillah saya enggak ada pengaruh apa-apa sih sejauh ini.

Buat yang pernah keguguran atau kondisi rahimnya lemah kataku sih mending jangan. Oiya, kalau masih penasaran, tanyakan atau konsultasikan aja ke dokter, ya, biar jelas. Karena kalau cuma browsing mah kadang jawabannya nggak sesuai sama kondisi kita masing-masing.

Perhatikan Banyaknya Durian yang Dimakan

"Wiiin, jangan banyak-banyak makan duriannya!! Bisa menggugurkan kandungan." kata temanku waktu lihat saya upload foto durian di sosmed.
Iya lah, saya juga tahu ada batasannya. :))

Durian Montong ini emang idolaku banget.
Segala sesuatu yang berlebihan mah pasti enggak baik. Makan durian buat saya sih cuma untuk menghilangkan hasrat kepengin yang menggebu-gebu dan tak tertahankan. Beberapa bulan lalu (usia kandungan 2 bulan) saya dibeliin durian Montong sama Abudi. Walaupun saya suka banget, karena lagi hamil saya cuma makan satu biji doang. Aslinya mah kurang banget!
Tapi itu cukuplah buat menghilangkan ences ini.

Oiya, kayaknya perlu juga pilih-pilih jenis duriannya. Saya pilih durian Montong aja yang jelas. Buahnya tebal dan rasanya enak, enggak nyereng banget. Ada kan durian yang rasanya kerasa nyereng gitu seperti banyak alkoholnya seperti durian pahit dari Medan, rasanya tuh manis dan ada nyereng-nyerengnya. Durian Purworejo juga katanya ada nyerengnya, ya? (kata yang udah makan sih, soalnya saya belum pernah makan Durian Purworejo). Lalu durian yang biasa dijual di pinggir jalan itu, yang dijualnya 25-50 ribuan, biasanya juga rasanya enggak jelas, kadang manis kadang zonk, enggak enak.

"Wiiin, jangan banyak-banyak makan durian Montongnya!!!!" kata temanku satu lagi.
"Iyaaaa, cyiin. Aku juga tau. hehe"
"Jangan banyak-banyak soalnya harganya mahaaaal!"
*lol

Bagaimana dengan olahan durian?

Ya sama aja sih. Boleh makan, tapi yang harus diingat jangan banyak-banyak. Soalnya bagi durian mania/durian holic mah, bisa kalap kalau sudah makan durian. lol. Saya kadang juga makan eskrim durian, pancake durian, dan olahan durian lainnya kok. Tapi porsinya dikit aja sekadar mencicipi.

pancake durian

Jadi gimana? Masih penasaran apa boleh ibu hamil makan durian? Banyak baca tentang kandungan gizi buah durian, mitos-mitos tentang buah durian untuk ibu hamil, dan sebagainya. Masih enggak yakin setelah browsing? Tanyakan langsung ke dokter ya, minta penjelasan selengkap-lengkapnya. Kalau jawabannya beda dengan apa yang saya tulis, boleh banget dong dishare pengetahuannya dengan saya di kolom komentar.

Salam Bumil Happy :)