04 April 2019

Baby Club di Starland Preschool



Halo semua...
Beberapa hari yang lalu, saya dan baby Arfan seneng banget bisa ikutan pengenalan Baby Club di Starland Preschool. Hari Jum'at yang ceria, pagi-pagi sudah ada di jalan Setiabudi Regency Kav G-61 Bandung. Saya sangat bersemangat datang ke acara ini karena ada salah satu dokter favorit yaitu dr. Frecillia Regina sebagai pembicara.

Dokter Frecillia memberikan materi tentang Mengenal Stunting dan Bagaimana Mengatasi Gerak Tutup Mulut (GTM) pada Anak. Pas banget buat saya yang punya anak 3 dengan permasalahan yang berbeda-beda.


Mengenal Stunting


Dokter menyampaikan bahwa stunting itu patokannya bukan berat badan , ya Moms, akan tetapi tinggi badan. Anak dikatakan stunting apabila skor atau interpretasi hasilnya dibawah -2. Jika berat badan rendah namun tingginya sesuai dengan grafik pertumbuhan dan hasilnya bagus maka nggak masalah. Namun tetap waspada jika bayi Anda 3 bulan berturut-turut mengalami penurunan berat badan. Maka dari itu, pantau secara berkala berat badan dan tinggi badan anak Anda.

Untuk mengukur skala anak kita stunting atau tidak, Moms bisa download aplikasi Primaku di google store.

dr. Frecillia Regina

Bagaimana mengatasi Gerak Tutup Mulut (GTM) pada Anak


Siapa yang anaknya pernah GTM? Saya! huhuhu.. Tapi bukan pada baby Arfan (anak ke-3) melainkan pada anak pertama. Sepertinya ini adalah permasalahan sebagian besar orang tua, ya(?) Anak saya yang pertama, dulunya juga GTM dan picky eater. Sudah dikasih segala vitamin sampai suplemen penambah makan pun. Ada perbedaannya sih tapi dikit. Jadi ternyata GTM itu ada sebabnya lho, Moms. Coba kita ingat-ingat lagi, bagaimana saat pertama kali kita memberikan MPASI pada bayi.

Di sini, dr. Frecil memberikan role play. Dua ibu diminta maju untuk menjadi obyek peragaan. Ibu pertama diminta duduknya sandaran, posisi duduk agak merosot ke bawah. Sementara ibu satunya dalam posisi duduk tegak. Lalu dr Frecil menyuapi kedua ibu tadi makanan menggunakan sendok.

Kira-kira, mana yang lebih nyaman? Posisi duduk tegak atau yang setengah berbaring? Tentu saja posisi duduk tegak. Begitu juga dengan bayi. Sering saya lihat entah nenek atau pengasuhnya menyuapi bayi sambil digendong pada posisi setengah tidur ini, lalu makanan dijejalkan ke mulutnya. Lebih bagus sambil nangis karena si bayi mangap. hiks



Proses makan MPASI yang nggak nyaman seperti contoh merupakan salah satu penyebab GTM karena bayi merasa tidak nyaman saat mengenal makan.

Selain duduk tegak vs tiduran, ada beberapa penyebab anak merasa tidak nyaman saat makan sehingga melakukan GTM, diantaranya:

- Memberitahukan isi makanan vs tidak
- Menunggu buka mulut vs memaksa
- Membersihkan sekitar mulut & tangan vs berani kotor
- Mencampur tanpa mencicip vs dicicip
- Bisa masak vs tidak
- Mengerti respons suka atau tidak vs memaksa
- Memberi contoh vs marah-marah saat belajar
- Anak tumbuh gigi
- Anak sedang sakit


Pesan Singkat dr. Frecil

Ingatlah Moms, bahwa:

  • Makan adalah proses alamiah, hanya 3%  anak yang benar-benar kesulitan makan
  • Makan adalah proses belajar
  • Jika MEDSOS membuat galau, lebih baik UNFOLLOW atau UNFRIEND
  • Dalam hidup ada suka maupun duka, semua anak pasti pernah GTM
  • Pahami anak karena mereka berbeda dan unik
  • Anak hanya titipan TUHAN, jangan lupa mendoakannya
  • Pengasuhan anak memerlukan proses yang panjang sehingga perlu stok sabar yang amat sangat banyak

Semua org tua pasti berusaha memberikan
yang TERBAIK buat anak-anaknya..
Kesalahan adalah ketidaksengajaan..
Mari terus belajar, menikmati prosesnya..
karena TIDAK ada kata TERLAMBAT

Dr. Frecil sudah selesai memberikan ibu-ibu yang hadir sebuah pencerahan. Setelah itu, moms and babies yang hadir diajak untuk belajar bagaimana menstimulus sensori dan gerak motorik bayi. Bayi diajak untuk bermain di arena yang terbagi menjadi 3. Area bola, area sensorik, area motorik.


Pada awalnya, Arfan mencoba terlebih dulu area sensorik. Di sana, diajak merangkak mengikuti playmate yang berbelak-belok lalu sampai pada playmate yang sudah ditempeli benda-benda dengan tekstur yang berbeda-beda. Diantaranya: bulu-bulu, sedotan, kerikil, kancing, bubble plastic, busa, dan sebagainya. Lalu main dengan bola besar, maju mundur maju mundur syantiiik syantiiik. Dan yang terakhir area stimulasi motoriknya. Naik turun tangga lalu masuk di kolam bola. Waaah, Arfan nampak girang sekali. Emaknya pun. hihihi

Bayi gembira ibu senang. Moms and baby diberi waktu sebentar untuk minum dan ngarenghap

Selanjutnya, kami diajak untuk melakukan Baby Gym (bayi usia 6-15 bulan). Dipandu langsung oleh founder Starland Preschool - Maria Fransiska dan para miss di depan, kami melingkar dan mengikuti gerakan sesuai panduan. Musiknya asyik, gerakannya mudah diikuti, dan yang pasti membuat bayi dan ibu ketawa-ketawa kegirangan. 


Setelah sesi yang lumayan membuat berkeringat, dilanjutkan dengan pendinginan. Moms diminta memeluk bayinya masing-masing dan membelai lembut. Diiringi lagu "You Are My Sunshine" (Jasmine Thompson) yang temponya lambat, membuat suasana jadi hening dan haru. Liriknya pun bikin baper.

You are my sunshine
My only sunshine.
You make me happy
When skies are grey.
You'll never know, dear,
How much I love you.
Please don't take my sunshine away

Betapa bersyukur dan bahagianya memilikimu, nak. Kau membuat hari-hari ibu bahagia dan berharga. 

Anak titipan Tuhan ini sangatlah berharga, maka Moms... jaga sebaik mungkin dan terus bimbing ia agar tumbuh dan berkembang dengan baik serta menjadi manusia yang mempunyai iman yang kuat.



***

Acara hari itu berkesan sekali. Hingga saya penasaran kapan sih playdate atau baby club atau baby class ini diadakan lagi? Dan  buat teman-teman yang kemarin nanya-nanya kapan baby club ini adanya kapan? Ini jadwal dan harganya ya:

Promo Baby Club 

Setiap pembelian 5 token (red: pertemuan) akan mendapatkan free 1 token.
Total: Rp 625.000
*jika pembayaran menggunakan OVO ada cashback 5%
Baby Club atau baby Class ini dilaksanakan setiap hari Senin s.d Jum'at.
Informasi pendaftaran dan informasi lebih lanjut: 081573100555

Oiya, ada juga Playdate baby Club pada akhir pekan pada bulan April ini nih, supaya tidak ketinggalan informasi, manteman bisa follow instagram @starland.preschool


Starland Preschool

alamat: Setiabudi Regency Kav G-61 bandung
instagram: @starland.preschool
telepon: 0851573100555

11 comments:

  1. mantul pengen coba buat Rayi nih teh cus kepoin dulu IG-nya hahaha

    ReplyDelete
  2. Penasaran sama baby club-nya mau coba juga tapi adnan baru banget 6 bulan dan belum bisa tegak duduk sendiri kira kira bisa ngikutin ngga yaa aktivitasnya?

    ReplyDelete
  3. Aduuh, masalah anak2 dengan makanannya memang bikin emak deg2an yaa... Untung anak2ku ga pernah GTM, soalnya emaknya galak hihi.. sehat terus baby Arfan <3

    ReplyDelete
  4. auto nyanyi u're my sunshine, lagu favorite dulu ketika mau nyuapin atau ngajak main neng MArwah

    ReplyDelete
  5. Walau udh ga pujya baby lagi, tapi tulisan Uwien sungguh sebuah pencerahan juga jih buat aku. Membacanya jadi muncul komen gini deh dalam hati, “oh gitu ya? Pantesan.... , oh iya ya...” Hehe. Thanks, Wien!

    ReplyDelete
  6. Acara yang bagus teh baru tau nih, tfs yah

    ReplyDelete
  7. Setuju sama pesan dari dr. Frecil!

    Teh Uwien semangat yah ngurus 3 bocilnya. Insha Allah semuanya pinter-pinter, sholeh, dan sholehah. Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Pencerahan neeh kalau nanti punya babby, tks ya kak informatif banget

    ReplyDelete
  9. aduh ngga kerasa baby Arfan udah gedeee .....#ciumsayang

    Anak saya sih mau makan tapi trus dilepeh. Mungkin makanannya ngga enak ya? :D :D

    ReplyDelete
  10. Wah asyik zaman now baby pun bs banyak belajar di skul nya hehe

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.