27 Apr 2019

Tips Mendapatkan Tiket Kereta Api untuk Mudik

Halo semua, lebaran kali ini mudik? InsyaAllah saya juga mudik ke Purworejo. Lebaran kali ini saya memilih menggunakan kereta api dengan berbagai pertimbangan diantaranya: bebas macet, biaya mudik lebih murah, tidak capek di jalan. Saya pun sudah mendapatkan tiket kereta api untuk mudik dan balik.

Alasan menggunakan kereta api untuk mudik:
- Bebas Macet
Seperti yang selalu diberitakan, bahwa pada saat arus mudik jalan-jalan selalu macet. Sementara kalau naik kereta api, akan sampai di kampung halaman tepat waktu. Jarang banget telat kecuali ada kendala kecelakaan.
mudik tahun lalu naik kereta api
- Tidak Capek di Jalan
Karena lama perjalanan yang biasanya tepat waktu, jadi tidak capek di jalan. Plus nggak capek nyetir. Tinggal duduk manis tahu-tahu sampai. Di dalam kereta pun kita masih bisa jalan-jalan ke gerbong sebelah.

- Biaya Mudik Lebih Murah
Dibandingkan mudik dengan mobil, mudik naik kereta api lebih murah biayanya. Tentunya jika membeli tiket kereta api kelas ekonomi yang murah. Eits, jangan salah, sekarang kelas ekonomi kereta api pelayanan dan fsilitasnya sudah oke banget. Bedanya dengan kereta eksekutif hanya pada bagian kursinya saja.

kursi kereta api kelas ekonomi

Kalau mudik menggunakan kendaraan pribadi, akan ada biaya-biaya lain seperti: biaya service kendaraan sebelum mudik dan setelah mudik, biaya membeli bensin, cek mesin lagi saat sampai di tempat mudik, belum lagi saat istirahat di rest area tentunya akan keluar biaya lagi untuk makan dan lain sebagainya.

Alhamdulillah tiket untuk pergi dan pulang sudah dikantongi. Dari tahun ke tahun saya selalu bisa mendapatkan tiket pulang pergi untuk mudik.

Tips mendapatkan tiket kereta api untuk mudik antara lain:


- Standby tengah malam atau pukul 12 malam
Loket tiket online dibuka 90 hari sebelum keberangkatan. Jadi misalkan mau berangkat H-3 sebelum lebaran, stanby-nya 90 hari sebelumnya ya. Misalkan lebaran bulan Juni, beli tiket kereta apinya dari bulan Maret.

- Jika beli jam 12 malam tidak dapat, coba ulangi pesan tiket online pada jam dua atau jam 3. Pada jam-jam ini, tiket yang sudah dibooking biasanya ada aja yang dibatalkan atau tidak dibayar.

- Membeli tiket kereta api tambahan
Kereta api tambahan biasanya dijual H-60 hari sebelum hari H. Seperti waktu kemarin saya nyari tiket kereta, lebaran di bulan Juni, tiket online dibuka pada bulan April. Alhamdulillah dapat tiket untuk suami pulang pergi.

- Gunakan aplikasi untuk membeli tiket kereta api
yha, gunakan aplikasi pemesanan tiket. Aplikasi pemesanan tiket kereta api online, kali ini saya menggunakan Pegi-Pegi.

Caranya:
1. Download aplikasi Pegi-pegi di Playstrore
2. Register lalu lengkapi data diri dengan benar. Nama, alamat, nomor HP/telepon, email, dan lain-lain.
3. Setelah data semua sudah diisi dengan benar, anda bisa langsung membeli tiket dengan gercep (gerak cepat). Soalnya ini tiket buat mudik, pasti rebutan.


4. Siapkan data diri(pemesan) dan data diri penumpang. Tulis aja dulu di notepad, jadi saat memesan tinggal copy paste untuk mempersingkat waktu pemesanan.
5. Masukkan kode promo
Biasanya ada banyak pilihan promo yang bisa dimanfaatkan untuk mendapat potongan harga yang lumayan banget. Jadi jangan lupa ceki-ceki dulu di promo Pegi-Pegi.
6. Setelah itu, konfirmasi dan bayar. Pembayaran bisa lewat transfer online, ATM, di minimarket, dsb.
6. Jika sudah melakukan pembayaran, kita akan menerima kode booking.
Mudah banget, kan? Sekarang pesan tiket kereta api nggak perlu ngantri lama di depan loket.



Dengan adanya Pegi-Pegi, pesan hotel, tiket pesawat dan tiket kereta api jadi mudah. Selain itu banyak keuntungan dari promonya. Kalau kalian, sudah dapat tiket untuk mudik belum? Mudik nggak? Pakai apa mudiknya?

2 comments:

  1. naik kereta memang lebih murah mba, tapi waktu tempuhnya lumayan juga :D, aku kadang mikir drpd naik kereta yg beda 100-200rb dari naik pesawat, kadang aku lebh milih naik pesawat :D

    ReplyDelete
  2. Penuh perjuangan banget ya mba apalagi ada promo naik kereta seribu semoga ga dipake utk sekedar traveling gajelas, kasian sama yg beneran mudik misal karena harus jenguk ortu yg sakit huhu

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.