30 January 2021

Penggunaan Rack Server Sangat Menguntungkan, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Tahukah Anda tentang rack server? Umumnya orang akan langsung berpikir mengarah pada ruangan besar yang berisi peralatan komputer lengkap jika mendengarnya. Meski pemikiran tersebut tidak sepenuhnya salah tetapi masih terbilang kurang tepat dalam penjabarannya.

Penggunaan Rack Server
Sumber gambar dari medium.com


Lebih tepatnya, rack tersebut merupakan tempat atau ruangan yang telah dirancang secara khusus guna menempatkan perangkat jaringan komputer dimulai dengan hub switch. Dimana ukuran dan ketinggiannya mengacu pada ukuran standart komputer yakni server U. Sebagai contoh mudahnya adalah rack server 42U.

Rack server berukuran besar tersebut yang mungkin cukup akrab digunakan di mana pengukurannya berdasar ruang antar rack dengan ukuran 1U setara 1,75".

Fungsi dan Keuntungan Penggunaan Rack Server

Fungsi utama dari rack server yaitu sebagai ruang ataupun tempat yang memiliki nilai efektifitas dalam penggunaannya, sekaligus mempermudah perawatan dari peralatan maupun jaringan yang ditempatkan di dalamnya.

Pada sebuah rack tunggal bisa ditempatkan beberapa tumpuk rack server di atasnya. Dengan begitu, jaringan lainnya turut terkonsolidasi dan Anda dapat mengurangi ruang lantai yang diperlukan. Konfigurasi dari rack tersebut juga mampu membuat pemasangan kabel antar komponen jaringan lainnya jadi lebih sederhana.

Biasanya rack tersebut juga berisi sistem pendingin khusus yang berguna sebagai pencegah panas berlebihan. Sebab, panas berlebihan dapat menjadi penyebab terbuangnya banyak daya komponen. Terlebih mengingat terbatasnya daya pada ruang kecil yang dipergunakan.

Dengan demikian bisa disimpulkan jika fungsi dari rack server yaitu meningkatkan kinerja server, meningkatkan keamanan server dan juga menjaga ketahanan server. Keuntungan yang Anda peroleh dari penggunaannya yaitu lebih mudah dalam mengakses maupun menyelesaikan berbagai kendala yang mungkin terjadi hanya melalui satu titik atau lokasi, yaitu tempat rack tersebut berada kini.

Harga Rack Server

Harga rack server cukup beragam tergantung pada ukuran juga jenisnya. Contoh yang sering digunakan misalnya rack server 42U. Rack jenis tersebut banyak digunakan karena memiliki ukuran yang cukup besar dengan kekuatan dan kualitas yang mumpuni.

Harga rack server 42U umumnya berada di angka 8 jutaan tergantung dari brand serta kualitas yang ditawarkan. Harga rak server berbeda-beda karena setiap ukuran dan jenisnya memiliki spesifikasi yang sudah disesuaikan dengan fungsi serta kebutuhan penggunanya.

Namun, Anda tidak perlu bingung dengan budget yang tersedia. Sebab Anda bisa memperoleh harga rack server 42U maupun jenis ataupun tipe lainnya dengan harga murah dan terjamin kualitasnya dengan membeli secara online di platform jual beli aksesoris komputer terpercaya termasuk rack server.

Kenali jenis dan fungsi rack server terlebih dahulu agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk membelinya di tempat yang terjamin kualitas barangnya serta terjangkau harganya.

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.