30 January 2021

Kupas Habis Tentang Human Capital Management

Kupas Habis Tentang Human Capital Management

Kupas Habis Tentang Human Capital Management
freepic.com


Sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan sering dinilai sebelah mata, karena hal inilah yang membuat banyak perusahaan yang sering merombak karyawannya setiap waktu. Namun, semakin perkembangan zaman kini hal tersebut sudah bisa dihapuskan dengan adanya human capital management. Dengan adanya human capital system ini membuat para karyawan dinilai sebagai sebuah aset penting dan berharga bagi setiap perusahaan.

Human capital management bisa dikatakan sebuah upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia yang nantinya bisa ikut berperan dalam memajukan perusahaan serta mencapai semua tujuan perusahaan. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengupas habis tentang apa itu human capital beserta semua ilmu pengetahuan yang terkandung di dalamnya.

Apa Itu Human Capital Management?

Human capital management atau yang biasa disebut dengan singkatan HCM memiliki pengertian menurut Chatzkel yang disebutkan dalam bukunya berjudul Human Capital: The Rules of Engagement are Changing, Lifelong Learning in Europe yang diterbitkan pada tahun 2004 menyebutkan bahwa human capital adalah upaya untuk mengelola dan juga mengembangkan sumber daya manusia untuk mencapai level tertentu secara kinerja.

Sedangkan human capital management bisa dikatakan sebuah proses atau konsep menginvestasikan pengetahuan, keterampilan, dan nilai perusahaan kepada sumber daya manusia yang ada di perusahaan tersebut. Nah setelah mengetahui apa itu human capital management system, pasti Anda masih bingung tentang apa perbedaan dari human capital management dengan human resource management kan?

Apa Perbedaan Antara Human Capital Management dengan Human Resource Management?

Tentunya dari human capital management dan human resource management ini memiliki perbedaan yang signifikan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa human capital management system adalah sebuah proses untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia untuk mencapai keterampilan dan pengetahuan tertentu sehingga bisa menjadi aset penting dalam menjalankan perusahaan.

Sedangkan human resource management adalah manajemen sumber daya manusia yang dengan khusus diisi dengan setiap program yang secara langsung berhubungan dengan karyawan seperti memfasilitasi sumber daya manusia untuk mencapai semua tujuan dari perusahaan maupun organisasi.

Jadi, dalam human resource management lebih difokuskan pada sumber daya manusia yang digunakan sebagai aset perusahaan yang memiliki fungsi untuk fasilitator atau pendukung dalam mencapai tujuan yang dimiliki oleh perusahaan. Berbeda dengan human capital management yang menjadikan manusia sebagai sumber kunci dalam sebuah perusahaan bukan hanya sebagai pendukung dalam mencapai semua tujuan perusahaan.

Setelah mengetahui apa perbedaan human capital management dan human resource management, apakah Anda sudah bisa membedakannya? Berikut ini akan kami berikan beberapa informasi selanjutnya tentang keterampilan apa saja yang harus dimiliki oleh human capital management.

Apa Saja Skill Dalam Human Capital Management?

Dalam menjalankan human capital management, Anda harus memiliki beberapa skill berikut ini. Menurut Djamaludin Ancok, Anda harus memiliki 5 skill berikut ini untuk menjadi human capital.

1. Modal Intelektual

2. Modal Emosional

3. Modal Ketabahan

4. Modal Sosial

5. Modal Moral

Nah, itulah beberapa hal penting tentang human capital management. Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa menjadi human capital ternyata tidak mudah, tetapi tidak ada salahnya untuk berusaha mempelajarinya. Bagaimana menurut Anda?

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.