30 January 2021

5 Tips Agar Tidak Tertipu di Situs Belanja Online

5 Tips agar Tidak Tertipu di Situs Belanja Online

Agar Tidak Tertipu Situs Belanja Online
Sumber: dnaindia.com

Siapa sih yang sekarang tidak mengenal situs belanja online? Apakah kamu salah satunya yang hobi belanja di situs belanja online termurah? Atau kamu lebih suka mengunjungi situs belanja online terpercaya? Kamu harus lebih berhati-hati sekarang dalam berbelanja karena maraknya penipuan toko online.

Ada puluhan situs belanja online di indonesia dan seringkali membuat banyak orang bingung memilih mana yang terbaik. Jadi jangan tergiur hanya karena barang yang kamu inginkan di jual murah di situs belanja online tersebut. Bagaimana cara berhati-hati dalam memilih situs belanja online terbaik? Kamu bisa mencari tahu di sini.

Tips Mudah Menggunakan Situs Belanja Online agar Tidak Kena Tipu

Banyaknya promo dan harga murah situs belanja online memang menjadi daya tarik yang utama. Jadi sebagai pembeli kamu harus bijak memilih manakah situs belanja online termurah dan terpercaya. Ada banyak cara untuk menghindari penipuan saat berbelanja, beberapa tips berikut ini bisa kamu ikuti.

1. Cermati Kebijakan dari Situs

Setiap situs belanja online pasti memiliki kebijakan yang berbeda. Kebijakan dari situs belanja online terpercaya adalah tidak menyebarkan data pribadi konsumen. Kedua juga pada kebijakan mengenai uang kembali, retur barang, garansi dan lainnya. Dengan lengkapnya kebijakan akan menghindari kamu dari penipuan.

2. Cek Deskripsi dan Review Produk

Mengecek deskripsi produk di situs belanja online itu hal yang wajib seperti warna, model, jumlah, bahan, harus benar-benar detail. Karena tidak sedikit toko di situs belanja online di indonesia tidak memberikan keterangan produk dengan seksama. Jangan lupa baca juga review dari situs belanja online terbaik tersebut dari konsumen sebelumnya.

3. Lebih Aman dengan Cash on Delivery (COD)

Tipe pembayaran COD bisa kamu pilih jika masih ragu dengan layanan dari situs belanja online tersebut. Karena kamu hanya akan membayar ketika barang datang. Sebaiknya sebelum membayar buka dulu isi paketnya. Karena tidak jarang produk yang dikirim dari situs belanja online termurah tidak sesuai. Dengan begitu kamu tidak perlu membayar.

4. Menggunakan Kurir Terpercaya

Cek juga apa saja layanan kurir yang disediakan situs belanja online tersebut. Saat ini ada beberapa layanan kurir terpercaya contohnya saja JNE, J&T, Tiki, Gosend dan lain sebagainya. Carilah jasa yang sebelumnya sudah pernah kamu gunakan sehingga terpercaya barang pasti sampai.

5. Periksa Reputasi Toko Online

Kebanyakan situs belanja online adalah marketplace jadi merupakan pasar toko online. Karena ada begitu banyak toko kamu harus tahu bagaimana reputasinya. Pilih yang reputasinya terbaik, biasanya terlihat dari bagus tidaknya review dan apakah seller tersebut direkomendasikan.

Inilah beberapa tips yang bisa kamu dilakukan ketika mencari situs belanja online termurah dan terpercaya. Dengan begitu kamu bisa berbelanja dengan aman dan nyaman tanpa takut tertipu.

1 comment:

  1. susah juga ya cari situs belanja online mandiri yang terpercaya diluar jangkauan si abang toped dan mas lazda

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.