13 August 2020

Shampoo Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Hai Mama-Mama semua... Apa sih kekhawatiran saat masa kehamilan? Kalau saya mah jujur salah satunya adalah penggunaan produk-produk untuk merawat diri dan berhias/make-up saat hamil. Makanya, dulu waktu hamil anak pertama sampai anak ke-tiga, saya jarang banget menggunakan make-up dalam keseharian. Saya lebih suka pakai skincare aja. Itu pun saya selektif banget mencari skincare aman untuk ibu hamil.

Kalau buat ayah.. apa sih yang menjadi kehawatiran saat istrinya sedang hamil? Untuk hal ini, saya tanya kang Budi aja yaaa, hihihi. Beliau menjawab: setiap kali istri hamil yang utama dikhawatirkan adalah kesehatan dan keselamatan janin dan ibunya, salah satunya khawatir jika perkembangan janin dalam kandungan tidak sempurna. Khawatir jika bayi mengalami (maaf) cacat, dan kesehatan istri serta janinnya terganggu.

shampoo yang aman untuk ibu hamil dan menyusui


Dari data WHO, ada 8 juta bayi per tahun dengan kelainan bawaan di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri diperkirakan ada 295.000 kelainan bawaan tercatat setiap tahunnya. Apalagi akhir-akhir ini saya sering mendengar bayi lahir dengan kebocoran jatung dan kaki bengkok yang dialami teman sendiri. Sedih rasanya.

Kelainan bawaan ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor genetik, infeksi, faktor gizi dan kondisi ibu hamil serta faktor lingkungan. Dalam banyak kasus, kelainan bawaan itu tidak bisa dicegah jika bersifat turunan, namun bisa dicegah dengan cara gaya hidup sehat ibu saat masa kehamilan. Yaitu dengan memastikan nutrisinya cukup dan seimbang, olahraga teratur, menghindari stress yang berlebihan, tidak merokok/minum alkohol, tidak menggunakan produk dengan kandungan berbahaya seperti SLS, Ammonia, dan Paraben.

Apa hubungan produk perawatan yang dipakai ibu hamil dan menyusui dengan perkembangan janin dalam kandungan atau bayi yang baru lahir?


Saya kutip dari artikel yang pernah saya baca di www.pregnancybirthbaby.org.au, jika Ibu Hamil  terpapar bahan kimia berbahaya dalam waktu yang lama, kemungkinan anak akan berisiko lebih tinggi mengalami kelainan bawaan. Kelainan bawaan ada yang merupakan kelainan fisik dan kelainan fungsional. Kelainan fisik diantaranya bibir dan langit-langit mulut sumbing, cacat tabung syaraf, penyakit jantung bawaan, bagian tubuh tidak normal. Sedangkan kelainan fungsional diantaranya gangguan fungsi syaraf seperti cerebral palsy dan down syndrome, gangguan indra tubuh seperti buta dan tuli, gangguan metabolisme, dsb.

Bagaimana produk yang ibu gunakan bisa mempengaruhi janin?
Misalnya seperti ini: saat ibu hamil bernapas atau tak sengaja menelan partikel bahan kimia berbahaya, zat-zat itu dapat masuk ke aliran darah dan berpindah ke bayi melalui plasenta. Setelah lahir, bayi juga dapat terpapar bahan kimia berbahaya dari perawatan yang kita pakai. Bayi baru lahir secara umum pastilah selalu "menempel" sama Mama. Nah, ketika berinteraksi dengan kita, misal menyentuh permukaan kulit Mama dengan tangan kecilnya, menyentuh rambut saat menyusu, lalu jika masih ada residu dari bahan kimia berbahaya dari perawatan yang kita pakai, itu bisa berisiko membahayakan kesehatan buah hati, lho...

Saya sering wanti-wanti ke teman dekat yang sedang hamil. Tolong hati-hati dan teliti ketika hendak makan, minum, memakai produk perawatan dan memakai make-up. Pastikan bebas dari toksin dan zat berbahaya.

Kekhawatiran ini yang membuat saya pilih-pilih produk ketika hamil dan menyusui. Di Indonesia masih terbatas produk khusus yang aman. Bersyukur banget dan senang sekali saat anak ketiga lahir, Mama's Choice telah hadir untuk menyediakan produk-produk yang AMAN, HALAL, NATURAL dengan harga terjangkau yang bisa #KurangiWorry ketika dan setelah kehamilan.

Meskipun pada masa menyusui tak ada kendala berat menurut saya, namun keluhan-keluhan kecil tetap ada. Salah satunya masalah kerontokan rambut dan keluhan lain seperti pegal punggung, susah tidur nyenyak, dan sebagainya.

Pasca persalinan, saya mengalami kerontokan rambut yang lumayan parah. Setiap kali menyisir, banyak banget rambut yang rontok. Apalagi saat keramas (padahal nyisirnya cuma pakai jari-jemari), rambut menumpuk di lantai kamar mandi. huhuhu


Baca juga: Rambut Rontok Setelah Melahirkan, Normal Nggak ya?

Meskipun fokus utama adalah merawat bayi, namun perawatan untuk diri sendiri jangan dilewat-lewat dong. Prinsip. hehehe. Karena kalau diri sendiri terawat, badan sehat dan happy, pasti merawat bayi juga penuh semangat dan hati yang bahagia.

Kehawatiran akan rambut yang semakin menipis, saya lalu mencari perawatan rambut rontok yang bahannya aman untuk ibu menyusui (dan juga untuk ibu hamil). Senangnya sekarang Mama's Choice ngeluarin produk hair care yang kandungan utamanya adalah buah dan bahan alami.

perawatan rambut yang aman untuk ibu hamil dan menyusui


Komposisi

Mama's Choice Hair Care adalah perawatan rambut pertama untuk Mama yang sedang hamil atau menyusui yang terdiri dari shampoo dan conditioner ini komposisinya adalah sebagai berikut:

- Kiwi
Meningkatkan pertumbuhan rambut, melindungi rambut dari kerusakan akibat penggunaan catok rambut, pewarna rambut, maupun rambut bercabang karena sinar matahari.
- Candlenut (kemiri)
Sejak dulu sudah digunakan untuk memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan.
- Greenpea (kacang hijau)
Mengembalikan vitalitas dan kelebatan rambut.

Mama's Choice Hair Care tidak menfandung SLS/SLES ( efektif mampu menghilangkan minyak dalam kulit tubuh tetapi juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering) , Ammonia, Paraben/Formaldehyde (dapat mengakibatkan munculnya berbagai komplikasi kehamilan seperti melahirkan secara prematur hingga janin dengan berat badan lahir yang rendah) dan Diethanolamine (DEA) and Triethanolamine (TEA) yang jika terpapar menyebabkan reaksi alergi bahkan dalam waktu singkat terpaparnya.

Sebagai gantinya, Mama's Choice mengganti zat berbahaya tersebut dengan bahan lain yang lebih aman, diantaranya: Sodium Cocoyl Glutamate, Sodium Cocoamphoacetat (Pembersih, penambah busa), Ethyl Lauryol Arginate HCl (bahan pengawet), Pure Hydrogenated Castor Oil (zat untuk membantu menjaga kestabilan emulsi minyak dan air).

Kemasan

review shampoo mamas choice


Hair Care Mama's Choice dikemas dengan botol pump yang tinggi dan ramping. Saya suka karena botol pump-nya ada pengaman/kuncinya. Putar ke kanan untuk membuka, putar ke kiri untuk mengunci. Penting banget karena shampoo dan conditioner kemungkinan besar jadi sasaran mainan anak-anak di kamar mandi. Yang pernah kejadian shampoo atau sabun cair sebotol habis dalam waktu satu kali mandi pasti tahu rasanya. hahaha

Packaging dengan warna white pink ini cute plus adorable banget, ya khaaan?


Mama's Choice Treatment Shampoo

sampo non sls aman untuk bumil


Shampoo Mama's Choice ini untuk membantu merawat kekuatan rambut dan menutrisi dari akar rambut. Dengan kandungan kiwi, candlenut (kemiri), dan greenpea (kacang hijau).



Tekstur shampoo berupa gel bening. Menurutku wanginya lembut aroma kemiri. Saat dipakai keluar busa. Setelah dipakai, kulit kepala dan rambut terasa bersih.

netto: 150 ml



Mama's Choice Treatment Conditioner



Penggunaan Mama's Choice Treatment Conditioner setelah menggunakan sampoo. Saya menggunakan conditioner 3-4 kali pump sudah cukup untuk seluruh batang rambut panjang saya.

Setelah menggunakan rangkaian shampoo dan conditioner Mama's Choice, rambutku nggak lepek dan terasa lebih ber-volume, rambut kerasa ringan banget dan lembut auto pengen elus-elus dan kibas-kibas rambut terus. hahaha



Yang paling saya suka, rontok mulai berkurang dengan signifikan. Seminggu menggunakan traitment shampoo and conditioner kekhawatiran saya berkurang karena saya sudah menggunakan produk yang tepat, yang aman, halal dan natural.

netto: 150

Berapa Harga Hair Care mama's Choice?


Pasti teman-teman penasaran kan berapa harga shampoo dan conditioner Mama's Choice ini.
Harga shampoo: Rp 159.000 jadi Rp 99.000
Harga conditioner: Rp 159.000 jadi Rp 99.000
Kalau beli sepaket/dua-duanya Mama bakal dapat harga yang lebih murah lagi yaitu Rp 189.000 plus dapat sisir cantik seperti di gambar. Mama akan berhemat 40% karena harga aslinya Rp 318.000.

Shampoo Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui


Gimana? affordable banget kaaaan?

Oh iya, gunakan kode voucher MAMAUWIEN setiap kali Mama belanja produk apa saja di official store Mama's Choice di Shopee untuk dapetin potongan langsung Rp 25.000 ( minimum purchase 150K )
*kode voucher ini berlaku hingga 30 Agustus 2020

Cara menggunakan vouchernya: masuk ke profil Shopee ---> voucher saya ---> pada kolom voucher masukkan MAMAUWIEN (pakai huruf kapital semua), langsung bisa digunakan.


Pada masa kehamilan dan menyusui peran aktiv suami sangat dibutuhkan, karena support penuh dari suami lah saya bisa melalui masa-masa berat itu dengan mudah dan suka cita.

Meskipun pada masa menyusui tak ada kendala berat menurut saya, namun keluhan-keluhan kecil tetap ada. Salah satunya masalahkerontokan rambut ini. Ada beberapa keluhan lain seperti pegal punggung, susah tidur nyenyak, kulit kusam, sakit gigi, sariawan, dan sebagainya. Banyak produk Mama's Choice yang bisa mengatasi keluhan-keluhan kecil tersebut. Seperti Massage Oil Lavender, Herbal Oil, Pasta gigi+mouthwash, moisturizer, dan sebagainya.

Pastinya ada sedikit worry. gak papa kok merasa worry, karena dengan begitu kita jadi melakukan yang terbaik pada masa kehamilan dan menyusui. Terima kasih Mama's Choice telah hadir dan mengerti para Mama. :)



instagram: @mamaschoiceid
facebook: MamasChoiceID

36 comments:

  1. Mama's Choice ini memang varian produknya banyak sekali ya, aku baru tahu sampai ada shampoo segala. Memang kalau lagi hamil dan menyusui, pemilihan produk perawatan tubuh harus dipikirkan dengan seksama agar tidak menyesal di kemudian hari nanti.

    ReplyDelete
  2. Mamachoice tenyata ada shamponya juga ya. Keren nih lebih aman.

    Oya followback ya mba biar makin akrab.hehe

    ReplyDelete
  3. Kok aku gemes ya sama kemasannya, warnanya pinky gitu hihi. Berhubung aku mah belum butuh, bisa aku rekomendasiin dulu ke adik aku yang lagi hamil nih teh produknya. Terpercaya banget produknya Mama's Choice tuh, mayan nih kalau beli bisa pake kode promonya.

    ReplyDelete
  4. Baru tahu Mama Choice ternyata ada shampoo nya juga. Biasanya iklan yang lewat cuma korset melahirkan aja hehe *ketauan lg suka cari cari korset*. Pengen coba deh shampoonya sekalian pake kode voucher. thank you mbaak ;)

    ReplyDelete
  5. wah penasaran akutuh sama productnya mama'schoice, tp belum jadi mau nyoba hehe next deh kalo pas hamil sudah jd wishlist nih produk hehe

    ReplyDelete
  6. Asiknya sekarang sudah semakin banyak produk yang ramah untuk ibu hamil dan menyusui ya. Keingetan jaman waktu hamil dulu, selalu cari produk yang ramah untuk bumil.

    ReplyDelete
  7. Mama's choice lengkap bgt varian produknya. Bumil sama busui ga perlu khawatir lagi deh buat pake body care karena kandungannya aman bgt

    ReplyDelete
  8. Teh potongan harganya lumayan banget ya. Kalau hamil lagi beneran beruntung inimah tinggal mempersiapkan semuanya dikasih diskon pula hehehe...

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah ya Mbak, sekarang ada produk perawatan rambut khusus busui juga bumil terntunya.
    saya juga udah pakai shampoo dan conditioner ini beberapa minggu belakangan dan suka banget, wanginya segar, ada kemirinya jadi ingat waktu kecil sering dipakaikan minyak kemiri ke rambut :D

    ReplyDelete
  10. Murce dan dapet sisir ya mba, cucok banget buat kado temen yang akan melahirkan yeahhh

    ReplyDelete
  11. Mama Choice ada sampainya juga ya, boleh nih coba jadi rekomendasi ke kakakku, apalagi bisa pakai promo jadi lebih hemat hehe

    ReplyDelete
  12. Aku udah coba produk ini.... seneng banget... rambutku jatuhnya lembut....

    ReplyDelete
  13. Wah kayaknya sekarang aku punya referensi kado untuk ibu hamil atau yang baru melahirkan nih! Produk Mama Choice ini juga lagi banyak direferensikan sama para selebgram ya. Karena aman dan dipastikan bagus buat para mama. Terima kasih buat ulasannya mbak :-)

    ReplyDelete
  14. Mama choice nih emg piliham bgt buat para bumil dan busui ya, next pregnancy mau coba aah

    ReplyDelete
  15. Cantik banget warna botol samponya. Aku baru tau kalo sampo juga berpengaruh pada janin ibu hamil. Memang harus pilih produk perawatan tubuh yang aman untuk ibu hamil ya.

    ReplyDelete
  16. makanya aku pengen deh jadi bumil dan busui karena lengkap banget perawatan dari ujung rambut sampai ujung kaki semuanya ada

    ReplyDelete
  17. packagingnya cantik! memang baiknya selama masa kehamilan, para bumil memilih produk yang aman untuk kehamilannya ya mak.. Alhamdulillah ada produk dadi mama choice ini yaaaa

    ReplyDelete
  18. Kalau ada kandungan kemiri, memang berkhasiat buat kesehatan rambut nih, teksturnya unik juga, berupa gel, me time bumil jadi menyenangkan

    ReplyDelete
  19. Sebagai mahkota, maka rambut harus terus dirawat ya, Mbak Uwie. dan sedih memang kalau sampai rontok. Alhamdulillah sekarang ada perawatan rambut dari Mama Choice untuk Ibu hamil dna menyusui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju pak, tidak hanya wajah saja yang perlu dirawat, rambut sebagai mahkota indah juga perlu

      Delete
  20. Waah pernah ngalamin nig waktu nyusuin anak rambutnya rontok ga kira-kira. Sampe serem sendiri. Dipakein shampo apaaja ga mempan. Dulu belum ada Mamachoice huhu

    ReplyDelete
  21. mama's choice semakin banyak ya produknya dan semakin mengerti banget ya apa kebutuhan ibu-ibu hamil dan menyusui, sekarang ada shamponya juga ya ternyata, sangat mengerti banget pasar, keren deh lanjutkan mama's choice

    ReplyDelete
  22. Mama's Choice hair care mengandung kiwi, kemiri dan kacang hijau ya, bahan-bahan alami yang aman untuk ibu hamil ya

    ReplyDelete
  23. Auto suka akutu liat packaging dan warna nya mba, untuk varian nya apakah hanya 1? Boleh juga nih save infonya sapa tau nanti butuh hehe

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah jadi enggak worry lagi ya kalau pake shampo dan conditioner dari Mama's Choice ini karena tidak mengandung zat-zat yang berbahaya.

    ReplyDelete
  25. kepo banget ih aku sama hair carenya mama choice iniii, belum pernah cobain satupun produknya mama choice, ini solusi banget buat bumil dan busui yaa karena aman

    ReplyDelete
  26. Iya banyak yg bermasalah rambutnya ketika menyusui. Dann harus cari produk yang aman tentunya. Untung ada mama Choice ya

    ReplyDelete
  27. Keren keren ini ternyata ada shampo khusus ibu hamil n busui pas bngt istri msh busui n bs jd rekomendasi buat dia

    ReplyDelete
  28. Iya Wien. Aku juga pernah baca tentang bahan-bahan kimia yang berbahaya buat bumil dan janinnya. Waktu zaman aku jadi bumil dulu masih susah nemu produk khusus buat bumil busui gini. Sekarang mah udah lebih mudah ya. Semoga para bumil dan busui juga lebih aman, nyaman, dan sehat.

    ReplyDelete
  29. Produk2 mama'schoice memang selalu memperhatikan kebutuhan wanita ya,emang peer banget ya kak kalo rambut rontok tuh,suka ninggalin jejak dimana2,malu.

    ReplyDelete
  30. Duh jadi inget waktu hamil rambutku rontok juga huhu. Ehh, Lengkap banget ya produk mamas choice ini jadi penasaran nih sama wangi shampoo nya. Btw suka banget warna packagingnya putih pink gitu hehe.

    ReplyDelete
  31. Kondisinta mirip rambutku nih, sejak melahirkan dan menyusui rambutku rontok tok tok, sampe sekarang. Sedih tapi ya harus usaha lagi nih bikin rambut sehat. Nanti mau coba Mamaschoice shampo deh

    ReplyDelete
  32. Packing nya bagus dan aq suka produk mama choice karena udah pernah pake produk pasta giginya

    ReplyDelete
  33. Aku ngalamin banget saat hamil dan menyusui rambut rontok parah. Beruntung yah sekarang ada produk yang aman dari Mama's Choice. Jadinya bingung lagi dehm aku rekomendasi kan nih nanti buat ponakan yang mau menikah biar saat nya nanti mengalami fase hamil dan Menyusui dan rambutnya rontok udah ga bingung lagi deh.

    ReplyDelete
  34. Ishh..suka banget sama warna kemasannya...girly banget hehe...Rambut rontok pas menyusui jadi bukan masalah lagi nih dengan rangkaian produk ini ya...

    ReplyDelete
  35. Baru tahu shampo Mama's Choise ini. Seneng ada produk perawatan aman buat ibu hamil dan menyusui.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.