15 August 2020

Memanfaatkan Sampah Organik dari Rumah Tangga Menjadi Listrik

Memanfaatkan sampah organik dari rumah tangga menjadi listrik? Emang bisa? Bisa, dong. Awalnya saya juga nggak percaya sebelum mendengar sendiri penuturan kang Budi yang melihat langsung pembuatannya.

Berawal dari kerjasama kantor perusahaannya dengan salah satu perusahaan penyedia alat mesin bagi pengolahan sampah domestik, yang berkembang menjadi jasa pengelolaan sampah bagi kawasan komersial, industri, wisata, pasar, pertambangan dan perumahan (housing estate). Beliau meninjau perusahaan tersebut dan ternyata memang nyata. Masih di daerah sekitar Bandung, sampah organik dari rumah tangga bisa dijadikan listrik yang bisa mengurangi pengeluaran membeli token.



Memanfaatkan sampah organik dari rumah tangga menjadi listrik ini dengan cara mengubah sampah menjadi biogas terlebih dahulu. Biogas biasanya kan menggunakan kotoran sapi, masih jarang banget yang menggunakan sampah rumah tangga, ya kan..

Pembuatannya ada tiga 3 tahapan:

1. Diproses menggunakan alat pencacah
Sampah organik dari rumah tangga dimasukkan ke dalam alat pencacah supaya sampahnya menjadi bentuk terkecil.
2. Pengaduk
Setelah dicacah, sampah organik dari rumah tangga tersebut diaduk menggunakan mesin pengaduk.
3. Biodigester
Setelah itu, sampah dibiarkan selama beberapa waktu, dan ditambah dengan bakteri pembusuk  sehingga menghasilkan gas.

Penampungan gas hasil dari pembusukan sampah organik, menggunakan plastik yang kedap udara yang diletakkan di atas penampung sampah. Gas inilah yang nantinya diubah menjadi listrik.



Beberapa alat yang menggunakan sumber energi dari biogas diantaranya:
- Genset. Gensetnya sudah dimodifikasi yang menggunakan inverter pure sine wave agar gelombangnya tidak merusak perangkat elektroniknya.
- Kompor Gas
- Magic Com
- dan sebagainya.

Selain pengelolaan sampah organik menjadi biogas, ada juga pemanfaatan sampah non organik. Pemanfaatan sampah non organik ini ada 2 tahap, yaitu:
1. Dicercah atau digiling
2. Disimpan dalam tungku untuk dibakar.
Gas hasil pembakaran ini lah yang nanti yang dimanfaatkan menjadi listrik.
Kelemahannya pemanfaatan sampah non organik, dia tetap menggunakan listrik pada saat proses pengadukan.

Berikut ini saya sematkan video genset yang memanfaatkan sampah organik dari sampah rumah tangga. 



 sumber: video instagram @buher_tea

Hubungan Pemanfaatan atau Pengolahan Sampah Organik dengan Kesehatan


Nah, pemanfaatan sampah organik dan non-organik, ada banyak manfaat yang bisa dinikmati. Mulai dari udara yang lebih sehat, lingkungan yang bersih dan air yang terjamin. Membuang sampah sesuai jenisnya pun akan memudahkan dalam pengolahan kembali. Misalnya, membuang sampah non-organik ke dalam satu wadah saja akan memudahkan orang yang ingin mengambil dan mendaur ulang sampah tersebut. Dia pun tak perlu lagi membongkar kembali tempat sampah, yang malah bisa menyebabkan terjadinya masalah kebersihan di lingkungan rumah.

Selain memanfaatkan sampah, kita juga bisa menjaga kesehatan dengan cara rutin mengonsumsi vitamin tambahan untuk kebugaran tubuh, melakukan olahraga secara rutin, konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami gejala penyakit. Lebih mudah beli vitamin, suplemen, atau konsultasi dengan dokter, update informasi seputar kesehatan, dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Di Halodoc ada layanan antar obat. Pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam dan gratis ongkos kirim, lho!

Kenapa harus menggunakan aplikasi Halodoc?

1. Terpercaya
Dokter, apotik dan asuransi kesehatan; semua dapat kamu akses secara mudah dalam aplikasi Halodoc.
2. Mudah, Aman & Nyaman
Dengan ratusan pilihan dokter serta apotik tersedia, segala kebutuhan kesehatanmu dapat terpenuhi dimana saja, kapan saja.
3. Dimana saja, Kapan saja
ID Halodoc is always ready to provide health care facilities for you and your family, anywhere at any time.

Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.

This entry was posted in

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.