25 December 2019

Pengalaman Laser Menghilangkan Bekas Jerawat di Lineation Clinic

Hari ini saya ke Lineation Clinic lagi untuk treatment lanjutan setelah 10 hari lalu saya treatment Chemical Peeling atau  Black Peel. Sebelum datang saya membuat appointment terlebih dahulu dengan menghubungi  personal assistant Lineation. Setelah itu, saya konsultasi dengan dr. David Budi Wartono., ABAARM Cert., AAAM Cert mengenai kondisi wajah saya sebelum mendapat tindakan laser untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat.



Dilarang Makan Susu dan Telur

Pada sesi konsultasi ini, saya ditekankan kembali sama dr. David, jangan sekali-kali makan telur dan susu serta makanan yang mengandung keduanya. Kalau diibaratkan kedua bahan makanan ini untuk saya seperti babi untuk muslim. Jika saya ingin sembuh dari jerawat.
Kenapa dilarang makan susu dan telur?

Seperti yang sudah pernah saya tulis di artikel Chemical Peeling, dalam banyak kasus, kedua jenis bahan makanan ini jika dikonsumsi akan membuat jerawat terus tumbuh. Yang dihindari bukan hanya susu dan telur dalam bentuk utuh, yaa... tapi semua produk turunannya dan semua makanan yang mengandung kedua bahan tersebut. Termasuk bahan makanan yang sebenarnya aman dikonsumsi tapi mengolahnya dengan wajan bekas menggoreng telur. Ini PR banget buat saya, berat godaannya karena setiap hari saya memasak untuk keluarga. *akukuat

ruang tunggu lantai 1 yg super nyaman


Kalau saya nekat tetap memakannya, apa akibatnya? 

Jerawat nggak akan sembuh. Otomatis muka jadi rusak. Tapi yang lebih mengerikan adalah jika terus menerus menjejali sesuatu yang  ditolak oleh tubuh, lama kelamaan akan menjadi penyakit AUTOIMUN.  

Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri. Normalnya, sistem kekebalan tubuh menjaga tubuh dari serangan organisme asing, seperti bakteri atau virus. Namun, pada seseorang yang menderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuhnya melihat sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing. Sehingga sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

tangga Lineation Centre yang sayang kalau nggak dipake foto. LOL


Buat teman-teman yang kebetulan punya problem yang sama (jerawat bernanah atau jerawat batu yang bekasnya menjadi scars atau bopeng) coba hindari dulu telur dan susu. Lalu lihat bagaimana reaksi tubuhmu.

Namun agar lebih yakin kita sensitif terhadap bahan makanan apa saja, coba lakukan test IGG Sensitivity Food aja sih. Di Lineation Lab ada, lho. Kita dapat mengetahui 200 daftar makanan yang nggak boleh dimakan secara akurat. Saya juga pengen melakukan tes ini, karena walaupun sudah menghindari susu dan telur jerawat tetap muncul pada saat makan kacang, ikan asin dan udang. Ntar deh nabung dulu, hehe.

Jerawat dengan nanah ini pasti meninggalkan scar/bopeng baik dipocel atau enggak. Mitosnya kalau jerawat yang dipocel aja yang menyebabkan bopeng, padahal mah semua problem jerawat karena alergi makanan pasti akan meninggalkan bopeng.



Untuk menghilangkan  bopeng bekas jerawat memang susah banget! Ada beberapa cara yang saya tahu, seperti menggunakan cream pemudar bekas luka. Namun ini harus terus menerus dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Ini gak ada yang instant. Jadi, kalo ada iklan skincare yang klaim bisa menghilangkan luka-luka parut di kulit (apalagi hanya dalam jangka waktu sebulan dua bulan) maka jangan dipercaya. Karena itu udah pasti bohong. Saya juga pernah loh mencoba skincare Korea yang lagi ngehits  itu untuk menghilangkan bopeng. Hasilnya malah jerawatan bertambah parah.

Maka dari itu, menghilangkan bopeng harus dibantu dengan treatment yang tepat di klinik kecantikan, oleh dokter yang berkompeten. Cara yang cepat dan aman adalah dengan Laser Scar Free di Lineation. 
Laser Scar Free kali ini adalah laser ketiga yang saya jalani. Sebelumnya saya pernah laser Fraksional CO2 di Lineation juga.


Untuk bopeng yang dalam seperti saya, minimal melakukan laser sebanyak 5 kali atau lebih. Jarak satu laser ke laser berikutnya minimal 30 hari, ya. Jadi, Laser Scar Free ini bisa dilakukan sebulan sekali.

Prosedur Laser Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat


Pertama, wajah saya dibersihkan dari segala make up dan skincare oleh beautycian.


Kedua, anestesi.
Wajah saya diolesi krim anestesi supaya pas dilaser tidak sakit. Waktu yang dibutuhkan sekitar 45 menit dengan dua kali pengolesan. Saya juga diminta meminum obat anti nyeri. Di sini, bibir dan wajah saya berasa tebel banget dan susah kontrol muka.

Ketiga, laser
Laser Scar Free dilakukan sendiri oleh dr. David Budi Wartono., ABAARM Cert., AAAM Cert. Dokter yang concerned di bidang aesthetic dan sudah ekspert di bidang ini selama bertahun-tahun. Durasi lasernya cuma sebentar, kurang lebih 15 - 20 menit. 



Rasanya gimana saat dilaser? Sakit nggak? Tentu saja ada sedikit rasa sakit. Rasanya seperti ditusuk jarum. Tapi tenang aja enggak sakit banget karena sebelumnya sudah dianestesi. Toleransi terhadap sakit tiap orang kan berbeda-beda, mungkin di saya sakit tapi di kalian enggak. (akutuu anaknya nggak tahan sama rasa sakit).

Laser Scar Free ini kalau dilihat seperti bercak kotak-kotak memanjang dan rapih. Nanti lihat sendiri deh di youtubenya Lineation, ada videonya. nanti kalau sudah tayang, saya sematkan di blogpost ini.

Keempat, dikompres supaya dingin
Pada saat dilaser, terasa sedikit panas. Maka setelahnya dikompres dengan alat seperti di foto ini.



Setelah selesai dikompres baru diolesi serum R atau skin R.



Setelah laser, kulit wajah akan kusam-menghitam, lalu bekas lasernya akan mengelupas dengan sendirinya (gak boleh secara paksa dikelupas pake tangan), kulit terganti dengan yang baru. Downtime kira-kira 7 sampai 10 hari (nanti saya update lagi kondisi wajah saya setelah 10 hari).

tampak samping foto sesaat setelah laser
gak pake filter
dipotret dengan Xiaomi Note 7
cahaya lampu ruangan


Pantangan setelah Laser Scar Free:

  • Wajah tidak boleh terkena air selama 5 hari. Kebetulan saya baru dapat haid, jadi gak jadi masalah gimana wudhunya.
  • Tidak boleh panas-panasan, kalau mau keluar rumah sebaiknya pakai masker.
  • Wajah tidak boleh menggunakan apa-apa selama 5 hari ( termasuk skincare dan make up) selain Serum R yang dikasih Dokter. Skin R serum R ini dipakai pagi dan malam.
  • Dan tentu saja harus jaga makanannya.

nampak depan. pipi kiri-kanan dan dahi adalah area yang dilaser
kelihatan banget kan pola lasernya
FOTO SETELAH DOWNTIME, NANTI SAYA UPLOAD DALAM 10 HARI KE DAPAN YAA.


Sekilas Tentang Lineation – One stop aesthetic and health centre

Lineation merupakan transformasi DF Clinic sejak tahun 2007 yang masih dibawah tanggung jawab dr. David Budi Wartono., ABAARM Cert., AAAM Cert.

Lineation Centre Aesthetic & Health Care ini merupakan klinik terlengkap di Jawa Barat yang berstatus klinik utama dengan layanan unggulan di bidang kecantikan (estetika).

Meskipun gedungnya megah dan mewah, namun harga perawatan di sini nggak terlalu mahal, lhoh. bahkan banyak treatment yang di bawah 500 ribu. Kalo nggak percaya, cek aja di websitenya https://lineation.co.id/shop-now/ 

5 layanan utama yang ada di Lineation adalah: Clinic, Skin Care, Farmasi, Lab dan Salon.


Selain Laser Scar Free, di Lineation juga ada laser-laser lain seperti Laser Glow Skin, Laser Menghilangkan Flek Hitam, dan sebagainya 

Berapa Harga Laser Scar Free?


Baik, setelah baca tulisan ini kalian pasti akan penasaran berapa kira-kira dana yang harus disiapkan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan laser. Atau berapa biaya konsul dokter dan harga serumnya mungkin? Ini saya kasih list harganya, yahaa.


Konsultasi dokter David Budi : Rp 50.000
Lineation Scar Free                 : Rp 1.500.000
Lineation Bio Light                 : Rp 75.000
Skin R serum R 6 ml               : Rp 350.000

Lineation buka setiap hari pkl 11.00 - 19.00 
Jum'at-Sabtu pkl 10.00 - 18.00 


Jln. Lemah Nendeut No. 10. Setrasari – Bandung, Jawa Barat. Indonesia.

0812 2190 6850 / (022) 6040 6820

Follow instagram atau facebook Lineation supaya bisa tahu dan nggak ketinggalan info kalau ada promo perawatan.

IG: @lineation.id
Facebook: Lineation Centre atau Lineation Beauty


UPDATE H+10 AFTER LASER

Halo, saya balik lagi untuk update progress kulit wajah saya setelah laser tanggal 23 Desember 2019 yang lalu.

H+1-3 

Luka laser mulai mengering, menghitam. Terlihat jelas pola titik-titik berbentuk kotak-kotak di wajah yang dilaser.



H+4-8 

Pengelupasan sel kulit mati dimulai. Sel kulit mati tidak boleh dikelupas dengan tangan, biarkan mengelupas sendiri.



H+10

Dan ini dia kondisi kulit wajah saya setelah 10 hari laser bopeng/laser scar free di Lineation.

Menurut saya, kondisi saat ini jauuuuh lebih bagus dibandingkan tahun lalu sebelum saya laser.


ps. 
- foto diambil setelah menggunakan skincare(pelembab) Lineation. Bareface, no makeup, no filter, edit sebatas crop dan penambahan teks aja.
- diambil di depan jendela dengan kamera HP Xiaomi Redmi Note 7, dengan bantuan cahaya ilahi yang melimpah.

***

Laser Scar Free ini super recomended banget buat teman-teman yang mau menghilangkan bopeng bekas jerawat. Namun harap diingat, setelah perawatan tetap jaga asupan makanannya supaya jerawat jauh-jauh. (self reminder)

Okay, segitu dulu yang bisa saya bagikan, sampai ketemu lagi dengan artikel my skin journey selanjutnya. 

Thank you Lineation dan dr. David yang udah membuat saya percaya diri dengan kondisi wajah saya sekarang. :)

19 comments:

  1. Telur susu adalah haram ya Teh buat penderita jerawat bernanah. Semangat Teh Uwien, ditunggu update foto downtime nya

    ReplyDelete
  2. Ikutan menunggu update-nya, Mba... Treatment begini sebenernya lebih tepat sasaran dan nyata hasilnya, ya, ketimbang yang pakai skincare 'aja'. Tapi ya gitu, seringkali rasanya masih ada ragu dan takut, karena prosedurnya sekilas agak serem hehehe. Mau lihat ah hasilnya gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak kenapa-napa ini , jadi jangan takut duluan. hehe
      Hasilnya udah diupdate yaa :)

      Delete
  3. Ikutan menunggu update-nya, Mba... Treatment begini sebenernya lebih tepat sasaran dan nyata hasilnya, ya, ketimbang yang pakai skincare 'aja'. Tapi ya gitu, seringkali rasanya masih ada ragu dan takut, karena prosedurnya sekilas agak serem hehehe. Mau lihat ah hasilnya gimana.

    ReplyDelete
  4. Q juga klo jerawat jerawat nanah tapi emang kayaknya haram susu, tepung2an roti dll.semangat kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku lihat tipe jerawatnya sama kayak aku. Coba jangan makan makanan yang mengandung dua bahan maknana tersebut

      Delete
  5. Asik banget ya bisa dapat pengalaman seperti ini, dilihat dari foto tempatnya nyaman banget ya mba

    ReplyDelete
  6. Mungkin susu dan telur dihindari karena kandungan proteinnya ya. Makanya bisa berpengaruh pada tumbuhnya jerawat. Jadi sebisa mungkin dijauhi dan diganti dengan kandungan protein yang lebih bersahabat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya mbak. kalo makan tempe dan tahu masih aman

      Delete
  7. Waduh.. pantangannya berat banget.. susu, telur dan turunannya. btw, harganya gak terlalu mahal ya buat jenis perawatan semacam ini.

    ReplyDelete
  8. Woww itu dia kenapa perawatan mahal ya kak, karena menghasilkan hasil yang memuaskan. Tapi bener ga sih yang namanya perawatan itu gabisa sesekali aja tapi harus sering dan rutin? Dan kalau berenti kita bisa jadi kecanduan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kecanduan sih menurutku. ibaratnya merawat tanaman, kalo cuma sesekali disiram air hasilnya beda dengan jika tanaman disiram tiap hari. begitu juga perawatan wajah

      Delete
  9. Jadi tahu deh pantangannya biar jerawat ga langganan di wajah, pernah dulu di laser, agak ngeri gitu ya, kalau di klinik ini sepertinya lebih aman, jadi penasaran pengen perawatan disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung kepoin web dan instagramnya ya kaka :)

      Delete
  10. Mba, semoga lekas membaik ya kulit wajahnya setelah laser. Aku baru tahu ternyata di laser ada rasa sakit juga. Tapi Alhamdulillah ditangani oleh ahlinya jadi aman deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toleransi terhadap rasa sakit tiap orang berbeda. Mungkin aja yang bilang nggak sakit sama sekali, tahan banget sama rasa sakit. Kalau aku jujur nggak tahan sakit. hihi

      Delete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.