26 December 2019

Minimalkan Resiko Luka Bakar Ringan dengan Mebo-Mederma Combiphar


Halo semua, sebagai ibu rumah tangga yang "tempat kerjanya" di dapur saya sering berjibaku dengan wajan panas, panci panas, minyak panas, air panas, dan benda-benda panas lainnya. Tak ayal saya sering senggolan sama panci panas ketika mengangkat sayur, kadang kecipratan minyak saat menggoreng ikan. Letupan minyak panas kemana-mana termasuk nyiprat ke tangan dan wajah. huhuhu. Kalau sudah kena minyak panas, saya suka bingung sendiri . Ini dikasih apa untuk mengobatinya. Akhirnya dibiarkan saja hingga luka mengering dan meninggalkan bekas luka. Kemudian sekarang menyesal karena bekas lukanya susah hilang. hiks

Saya sering mendengar bahwa sebagian masyarakat masih menggunakan beberapa benda ini sebagai pertolongan pertama pada luka bakar, diantaranya: pasta gigi, kecap, mentega, tepung, dsb. Hal tersebut ternyata hanya mitos saja dan tidak membantu membuat luka bakar membaik. Bahkan, yang ada malah akan merusak jaringan kulit yang terkena luka bakar serta membuat bekas luka bakar lebih parah. Saya mengetahui ini sumbernya dari dokter spesialis bedah plastik dan rekonsruksi estetika, dr. Betha EgihRiestiana, Sp.BP-RE. yang kebetulan menjadi narasumber di acara Mebo-Mederma yang bertajuk "Regrets Comes Later" Bebas Beraktiitas di Rumah dengan Meminimalkan Resiko Luka Bakar Ringan.



Acara yang diadakan oleh Combiphar bersama Women's Communiy ini berlangsung hari Minggu tanggal 15 Desember 2019 di Harris Hotel & Conentions Festival Citylink Bandung. Acara ini bertujuan unuk mengedukasi para wania khususnya ibu rumah tangga agar lebih peduli akan keselamatan diri dan anak-anaknya dari luka bakar.



Selain ibu yang suka memasak, yang lebih rentan kena luka bakar itu adalah anak-anak. Dan tempat kejadian luka bakar pada anak paling besar persentasenya adalah di rumah. Nah, ibu-ibu ayo sama-sama kita belajar menciptakan suasana dan kondisi yang aman di rumah, agar kecelakaan yang bisa menyebabkan luka bakar bisa kita kurangi. Seperti, meletakkan dispenser air panas di atas meja yang jauh dari jangkauan anak-anak. Menyimpan korek api, cairan pembersih porselen, stop kontak/colokan listrik dan sebagainya jauhkan dari jangkauan anak-anak. Tolong saat hendak menuangkan air panas ke dalam bak mandi, jauhkan dulu anak balita kita dari kamar mandi. Supaya tidak terkena air panas.

Menurut pemaparan dr. Betha, ada 4 penyebab terjadinya luka bakar yaitu: thermal, chemical, elecrical, radiaion.



Dr. Betha memberikan tips bagaimana penanganan pada luka bakar .
1. Siram dengan air suhu normal yang mengalir selama 20 menit. Hal ini untuk mendinginkan luka bakar. Jika luka bakar tertutup baju, segera lepas baju terlebih dahulu supaya mempersingkat kontak dengan baju.
2. Keringkan bagian luka bakar secara lembut
3. Oleskan salep khusus untuk luka bakar seperti Mebo dari Combiphar ini. Oleskan secara tipis.
Jangan dioleskan bahan seperti pasta gigi, kecap, mentega, es batu karena luka akan menjadi lebih dalam dan sulit dibersihkan
Jangan mengoleskan bahan yang mempersulit penilaian kedalaman pada luka bakar
Jangan ditutup dengan issu atau kapas
4. Bila ada gelembung (bula) tidak boleh sembarangan dipecah atau dikelupas.
6. Jika luka bakar luas dan parah (sudah muncul tanda kemerahan atau melepuh), segera bawa ke dokter atau rumah sakit, dengan membalut luka/menuup luka dengan plastik wrap terlebih dahulu.

Sekarang sudah ada Mebo untuk pertolongan pertama pada luka bakar ringan. Jadi sediakan di koak P3K agar sewaktu-waktu kena luka bakar ringan bisa teraasi dengan segera.



Product Knowledge Mebo dan Mederma


Menurut pemaparan dari bapak Hermawan Helmy, Brand manager Mebo-Mederma.

MEBO



Salep berwarna kuning kecoklatan dengan aroma minyak wijen. Mengandung bahan alami tanpa bahan kimia sintesis. Diformulasikan tanpa antibiotik. Mengandung inyak wijen dan Cera Flaa / Yellow Bees Wax.

Kegunaan: membanu meringankan luka bakar ringan
Komposisi: Coptidis Rhizoma, Phellodendri chinensis Corex, Scutellariae Radix



Cara  pemakaian:
Mebo hanya untuk pemakaian luar. Oleskan tipis pada luka, ulangi setiap 4-6 jam. Selama menggunakan Mebo, jangan menutup luka dengan perban atau bahan lainnya.

MEDERMA

Setelah luka kering dan tertutup, lanjutkan pengobatan pada bekas luka bakar ringan menggunakan Mederma.


Klaim produk:
Haluskan dan samarkan bekas luka dalam 8 minggu, namun hasil akhir mungkin berbeda pada masin-masing individu.

Komposisi:
Mederma mengandung bahan alam Cepalin, Allantoin dan Aloe Vera yang bekerja tidak hanya di permukaan kulit namun juga meresap ke dalam kulit.

Cara menggunakan:
Gunakan Mederma segera setelah luka tertutup.
Untuk luka lama, cara menggunakannya adalah oles tipis pada bekas luka sambil ditekan-tekan ringan. Gunakan 3x sehari rutin setiap hari.



Setelah menyimak pemaparan dari dokter dan brand managernya, saya jadi tercerahkan bagaimana mengatasi luka bakar ringan dan bagaimana harus bertindak jika terkena luka bakar.

Selanjutnya, ada blogger Semarang, mbak Ika Puspita yang sharing tentang perjalanan beliau dari ngeblog akhirnya bisa jadi blogger ambasador combiphar dan diajak keliling Indonesia mengikuti events yang diselenggarakan oleh Combiphar. Event Mebo Mederma adalah events Combiphar yang ke 7 dari berbagai kota di Indonesia. Beliau suka berbagi lewat tulisan di blognya, berbagi hal positif tentunya. Mantab, ya..  Sukse terus mbak Ika. :)

mbak Ika Puspita dan MC


Selanjutnya, ada cooking demo oleh eksekutive chef dari Harris Hotel. Chef memberikan tips tentang peletakan barang-barang di dapur dan bagaimana tips agar aman di dapur. Diantaranya:
- Di dapur khususnya di atas kompor harus ada exhaust fan atau jika tidak ada, minimal ada ventilasinya untuk sikulasi udara.
- Sedia APAR (alat pemadam api ringan) di dapur.
- Gunakan peralatan dapur yang aman.
- Pastikan tata letak peralatan dapur tepat dan tidak menimbulkan bahaya ketika digunakan. Misalnya, tinggi meja kompor kira-kira 80 cm, jangan meletakkan barang elektronik di dekat kompor
- Dapur mempunyai pencahayaan yang cukup.
- Letakkan barang-barang yang berbahaya di tempat yang tidak terjangkau oleh anak-anak
- Menyediakan obat luka bakar seperti Mebo dan Mederma di kotak P3K

cooking demo ang menyenangkan bersama eksekutive chef Harris otel


Setelah memberikan tips aman beraktivitas di dapur, Chef Asep memperagakan bagaimana cara memasak yang benar, cara mengiris yang aman. Saya sebagai ibu yang kurang pandai memasak menyimak dengan seksama. :D

Masakan matang dan peserta mencicipi masakan chef. Enaaaak.

Sebagai penutup acara, Combiphar bagi-bagi doorprice yang banyak banget. Ada pouch, travel bag, sampai Mi band 3. Selamat yaa untuk para pemenang.

pemenang doorprice


Terima kasih Mebo-Mederma Combiphar serta Women's Community untuk acara yang bagus dan bermanfaat ini. Semoga tahun depan ada event di Bandung lagi, ya. :)

#mebocombiphar #medermacombiphar #mebomedermawomenscommunity #combiphar #bandung


beroto dengan seluruh peserta


0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.