07 December 2019

Peluncuran Buku Terbaru De Laras Aku dan Alam Semesta

Waktu di grup KEB (Kumpulan Emak Blogger) ada undangan untuk menghadiri launching buku anak, saya pikir jika saya ikut, saya bisa mengambil banyak pembelajaran dari acara ini. Benar saja, Sabtu , 30 November lalu banyak hikmah yang bisa saya petik.



Acara peluncuran buku barunya bu De Laras yaitu Aku dan Alam Semesta diadakan di perpustakaan ITB (Institut Teknologi Bandung). Saya datang bersama teman-teman dari KEB. Senang rasanya karena sudah lama tidak berkumpul bersama KEB.

Hadir sebagai narasumber bu De Laras -penulis buku Aku dan Alam Semesta, Mak Neng ( Tanti Amelia) sebagai ilustratornya, bapak Edi Wasidi -editor sekaligus perwakilan ITB Press, kang Ali Muakhir -editor dan penulis cerita anak, serta pak Arif mewakili prof Bambang Hidayat - Guru Besar ITB dan astronom yang turut serta memberikan pengantar dari buku Aku dan Alam Semesta.




Seperti yang dikatakan oleh para ahli, menyampaikan nilai-nilai lebih mudah dengan bantuan buku. Kami setuju, walaupun kami lebih sering dengan cara lisan dan perbuatan menyampaikan nilai-nilai kehidupan pada anak. Dengan mengobrol langsung akan lebih mengena di memori sang anak. Begitu juga dengan cerita pertama dari buku ini. Cerita masa kecil bersama ayah akan selalu terkenang sampai anak dewasa. 


Benar sekali karena saya pun mengalaminya. Saya masih ingat betul, waktu kecil saya bermain bersama ayah di bawah pohon kelapa, duduk diantara rerumputan. Bapak saya membuat wayang-wayangan dari tangkai daun singkong. Lalu kami main adu rumput. Kemudian dibonceng sepeda keliling desa. Kenangan itu sampai sekarang masih teringat jelas.



Bu De Laras menceritakan bahwa buku Aku dan Alam Semesta ini pun merupakan potongan-potongan cerita masa kecilnya.

Kemudian kang Ali Muakhir sebagai seorang editor dan penulis cerita anak menjelaskan, bahwa ketika kita menulis dan menerbitkan buku, harus jelas dulu untuk siapa buku itu ditulis, apakah untuk balita, remaja, atau yang lain. Begitu pula target marketing harus tepat. 


Selanjutnya Mak Tanti menceritakan proses pembuatan doodle untuk buku Aku dan Alam Semesta ini. Seru juga mendengarkan kisah dibalik pembuatan sebuah buku. Ternyata nggak semudah yang dibayangkan. Ada proses panjang dan cerita yang menarik dibalik pembuatan sebuah buku.



Buku Aku dan Alam Semesta ini saya bawa pulang. Kupersembahkan pada Dhia dan Akram supaya mereka bisa belajar tentang alam semesta dari buku.

Terima kasih bu De Laras karena telah menulis buku ini. Terima kasih Mak Neng Tanti Amelia untuk ilustrasinya yang menggemaskan, dan terima kasih KEB yang memberikan informasi adanya acara peluncuran buku ini.



Terima kasih juga untuk Faber Castle yang ngasih goodie bag seperangkat alat menggambar yang super bagus. Anak saya, Dhia yang suka sekali menggambar, teeamat gembira menerima oleh-oleh ini. :)


Selamat untuk bu Laras dan mak Tanti untuk peluncuran bukunya. Semoga sukses selalu.

6 comments:

  1. Terima kasih Mbak Uwien sudah hadir dan terima kasih juga sudah membuat review Event. Alhamdulillah kalau pertemuan yang lalu bisa bermanfaat. Semangat untuk menerbitkan buku ya mbak. Salam literasi

    ReplyDelete
  2. Wah seru banget nih Mbak acara launching bukunya, buku aku dan alam semesta ini

    ReplyDelete
  3. Saya jadi makin penasaran nih Mbak sama isi bukunya itu. Kelihatannya menarik nih

    ReplyDelete
  4. Wah dapat goodie bag nih ya Mbak. Mau dong lihat goodie bag nya nih hihi. Penasaran saya

    ReplyDelete
  5. Bukunya bagus banget nih kelihatannya. Acara launchingnya juga meriah nih

    ReplyDelete
  6. Wah keren banget nih Mbak bukunya. Selain itu memang cocok buat si kecil nih

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.