1 Oct 2018

Serunya Bermain di Taman Balon Raksasa Funtopia Bandung



Kami sadar sepenuhnya akan bahaya gadget untuk anak usia dini. Kami juga sadar bahwa anak-anak kami mempunyai waktu yang banyak dalam bermain di dalam rumah. Mereka adalah generasi yang bahkan dari lahir sudah mengenal gadget. Saya tidak akan menyembunyikan fakta tersebut. Kadang saya pun merasa menjadi orang tua yang buruk karena mengijinkan anak memegang gadget masing-masing. Namun, saya tidak sepenuhnya "gila" membiarkan begitu saja anak-anak tumbuh bersama gadget / tanpa pendampingan dari saya. Oleh sebab itu saya memerlukan penyeimbang agar tidak berdampak buruk untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Berikut adalah cara kami (saya dan suami) agar gadget tidak berdampak negatif untuk anak-anak kami :

1. Mengawasi

Walaupun pada smartphone sudah dipasang aplikasi parental control, pada saat anak-anak menggunakan komputer, laptop atau smartphone, tidak boleh ada yang sembunyi-sembunyi di kamar. Semua berada dalam satu ruangan sehingga saya tetap bisa melihat apa yang mereka kerjakan dengan gadget/gawainya.

2. Membatasi Waktu

“Tanggung jawab kita sebagai pihak yang lebih dewasa, untuk membuat anak-anak tertarik pada aspek kehidupan sosial. Dalam hal ini, orangtua perlu menetapkan batasan yang konsisten terhadap penggunaan perangkat digital oleh anak dan menggantikannya dengan aktivitas bersama keluarga. Selayaknya perkembangan fisik dan kepribadian anak, perkembangan kreativitas terkait erat dengan pola asuh. Artinya peran orangtua sangat penting dan usia prasekolah merupakan rentang usia yang tepat untuk mengembangkan kreativitas mereka”. Tascha Liudmila, penulis buku Screen Time.

Screen Time untuk anak-anak, saya batasi waktunya dengan cara membuat jadwal kapan anak-anak boleh memegang gadgetnya. Kalau saya, saya mengijinkan mereka menikmati screen time pada waktu-waktu tertentu saja. Masing-masing diatur waktunya agar tidak melebihi batas aman yaitu 2 jam sehari. Walaupun terkadang lebih, pastikan jangan sampai berlebihan dan menggunakan gawai pada satu waktu. Untuk anak pertama yang usianya 9 tahun, saya mengizinkan waktu lebih karena dia belajarnya lewat laptop. Buku pelajaran beberapa ada di laptop dalam bentuk e-book. Anak belajar desain gambar juga di laptop. Namun saya batasi setiap 15-20 menit agar dielingi dengan istirahat. Sementara adiknya, saya kasih screen time lebih sedikit. Jadwal bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing keluarga, ya.

3. Mengajak anak-anak beraktivitas di luar rumah.




Setiap akhir pekan, saya tidak memberi waktu mereka main gadget atau gawai. Kalau menonton televisi masih saya izinkan namun tidak terlalu lama. Sebagai gantinya, saya berikan aktivitas yang membutuhkan banyak gerak fisik. Misalnya seperti menyiram tanaman, membantu mencuci sepeda, olahraga (lari pagi, main bola di depan rumah, hiking atau sekedar jalan-jalan ke bukit), camping, jalan-jalan ke mall, main di playground dan sebagainya. Yang penting setiap akhir pekan mereka akan lepas dari gawai.

Sabtu kemarin ( 29/09 ) saya pun mengajak mereka main di di Funtopia Bandung. Dari beberapa hari sebelumnya saya sudah sounding kalau mau mengajak mereka main ke taman balon raksasa. Betapa riang gembiranya mereka karena akan punya akhir pekan yang seru.



Buat teman-teman yang kemarin nanya-nanya, Funtopia ini digelar di Prabuwangi Park - Ex Arcamanik Driving Range, Bandung. Dibuka dari tanggal 27 September – 7 Oktober 2018. Harga tiket masuknya, weekdays Rp 50.000 dan weekend Rp 75.000. Sebetulnya saya sudah upload flyer di facebokk dan instagram jauh sebelum Funtopia ini dibuka untuk pembelian tiket early bird lebih murah yaitu Rp 40.000 untuk weekdays dan Rp 65.000 untuk weekend. Tiket Funtopia bisa dibeli di aplikasi Traveloka, ya. Untuk jam operasionalnya, weekend pk. 07:00–22:00 sedangkan weekdays pkl. 15:00–22:00.

Happy at Funtopia - Bandung

Oiya, jangan lupa membawa kaos kaki, ya. Karena setiap orang yang akan bermain diwajibkan memakai kaos kaki. Kalau lupa membawa kaos kaki, kamu bisa membeli di pintu masuk. Jangan lupa membawa topi dan payung agar tidak kepanasan atau kehujanan.

Senang sekali karena Beyond Screen Production menjawab kebutuhan masyarakat akan alternatif hiburan yang kreatif untuk seluruh keluarga. Supaya tidak bosan ke mall melulu.

BEYOND SCREEN PRODUCTION & TRAVELOKA PRESENTS “FUNTOPIA”

Ciptakan Momen Kebersamaan Keluarga Dengan Permainan Seru di Taman Balon Pertama dan Terbesar di Indonesia



Beyond Screen Production merupakan anak perusahaan dari event organizer Double Tape yang lahir sejak tahun 2015. Telah berkomitmen membawa alternatif kegiatan yang bermanfaat dan berkesan bagi seluruh anggota keluarga. Filosofinya adalah bisa menghadirkan solusi untuk menjawab tantangan yang dihadapi setiap orangtua pada era digital ini, dengan menyediakan kegiatan yang bisa mengasah kreativitas, kemampuan motorik dan sensorik, sekaligus menjadi sarana stimulasi yang baik sebagai alternatif pengganti screen time anak. Misinya adalah merancang konsep yang sesuai dan dibutuhkan masyarakat, melakukan perencanaan yang matang untuk pada akhirnya menghadirkan eksekusi yang ideal.

”Sebagai seorang ibu, saya menyadari bahwa interaksi langsung dengan dunia sekitar seperti keluarga ataupun alam, pasti lebih efektif dalam mengembangkan kreativitas dan mendidik si kecil untuk bersosialisasi. Berangkat dari kesadaran tersebut lahirlah konsep Funtopia, sebagai Taman Balon Pertama dan Terbesar di Indonesia, konsep ini tidak hanya menjadi pilihan kegiatan yang kreatif untuk anak prasekolah, tapi juga bisa dinikmati anak segala umur termasuk orangtuanya. Kapasitas dan ukuran setiap arena balon telah didisain sedemikian besar, kuat dan aman, agar bisa menjadi arena bermain untuk anak remaja, orangtua maupun orang dewasa. Seperti arena Mystery Maze, ini adalah arena balon yang paling tinggi dengan ukuran kurang lebih 13 meter atau sebanding dengan gedung berukuran 3,5 lantai. Jadi orangtua yang datang, jangan hanya sekadar mengamati anak bermain, tapi tidak perlu ragu untuk menemani dan ikut bermain serta menikmati taman balon raksasa Funtopia. Harapannya, Funtopia bisa menjawab kebutuhan masyarakat akan alternatif hiburan yang kreatif untuk seluruh keluarga selain mall”. Mia Lukmanto, pengelola Beyond Screen Production.

Di taman balon Funtopia ini memang tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa menikmatinya. Funtopia telah dirancang untuk bisa menampung pengunjung dari berbagai usia sehingga para remaja dan orangtua, bisa bebas bermain dan mengekspresikan kegembiraan mereka sebagai mana halnya anak-anak. Di Funtopia, semua pengunjungnya bisa melompat, merangkak, memasuki lorong, bermain perosotan dan lain sebagainya.



Funtopia sebelumnya telah diadakan di Jakarta pada bulan lalu. Yang di Bandung ini merupakan rangkaian kedua. Kemudian akan diadakan lagi di Surabaya pada 25 Oktober – 4 November 2018 mendatang.

Traveloka adalah perusahaan berbasis teknologi terdepan di kawasan Asia Tenggara yang menyediakan beragam produk perjalanan dan gaya hidup dalam satu platform. Traveloka telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 100 maskapai low-cost dan full service untuk rute domestik dan internasional. Menghadirkan pilihan lebih dari 200.000 rute di Asia Pasifik dan Eropa. Perusahaan ini memiliki akses inventori akomodasi terbesar di Asia Tenggara, yang bervariasi meliputi hotel, apartemen, guest house, homestay, resort dan villa. Traveloka menawarkan lebih dari 40 opsi pembayaran lokal yang berbeda untuk konsumen di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura dan Filipina, serta pelayanan customer service yang bisa dihubungi 24/7 dalam bahasa lokal. Aplikasi Traveloka telah diunduh lebih dari 40 juta kali, menjadikannya aplikasi pemesanan perjalanan yang paling populer di kawasan Asia Tenggara. Saat ini Traveloka menawarkan pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta api, paket pesawat dan hotel, aktivitas dan rekreasi, konektivitas, transportasi bandara, hingga direktori kuliner.



“Traveloka telah menjadi lebih dari sekadar perusahaan teknologi yang menyediakan sarana pemesanan perjalanan secara online. Sebagai perusahaan terkemuka di ranah digital, Traveloka juga mendukung kebutuhan gaya hidup penggunanya, tidak hanya dari sisi kebutuhan traveling tapi dari seluruh aspek, mencakup kebutuhan akan entertainment, seperti aktivitas, rekreasi, konektivitas, kuliner, hingga pertunjukan. Melalui produk Aktivitas & Rekreasi, Traveloka telah bermitra dengan ribuan partner di 327 destinasi domestik dan internasional. Kami berharap dengan hadirnya Funtopia di Traveloka, keluarga Indonesia dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan momen kebersamaan dengan keluarga, terutama saat akhir pekan.” Christian Suwarna, Senior Vice President Business Development Traveloka.

Oiya, untuk pengguna aplikasi Traveloka yang masuk di Funtopia, bisa bermain spin yang berhadiah voucher makan atau balon di booth Traveloka.



Taman dengan balon raksasa ini hadir dalam 7 bentuk karakter yang menarik bagi anak lho. Ada Old Octopus, Crown Castle, Mighty Mushroom, Caterpilar Cave, Bunny Boo, Mitery Maze, dan Traveloka Track.



MIGHTY MUSHROOM
Ada jamur raksasa yang tinggi sekali! Di dalamnya ada bunga-bunga matahari dan jamur-jamur kecil di sekitarnya, ada berbagai rintangan, berjalan dan berlari. Anak-anak bisa memanjat sampai atas tanpa khawatir karena di bawah ada alas yang membal dan kubus-kubus empuk.



OLD OCTOPUS
Balon gurita yang murah senyum. Senyum terus sepanjang hari, hahaha. Tentakel-tentakelnya bisa buat perosotan, lho.

CROWN CASTLE
Bentuk kastil atau istana yang di dalamnya luas sekali. Anak-anak bisa berlompatan di tengah kastil setelah melewati lorong untuk masuk.




CATERPILLAR CAVE
Caterpillar raksasa yang sedang berjalan di atas batu. Mahluk raksasa yang berwarna belang-belang hijau-kuning dan tersenyum dengan ramah. Kita bisa masuk lewat mulutnya. Di dalam sangat hangat, terang, banyak jonjot dan ruas yang harus dipanjat.



BUNNY BOO
Telinganya panjang dan kelinci lucu ini hanya memperlihatkan kepalanya saja dari dalam tanah. Kita bisa bermain di sekitarnya, naik di tangan dan berfoto dengan kelinci ini.

MISTERY MAZE
Balon udara yang ternyata di dalamnya jalannya berkelok-kelok. Kita harus menemukan jalan agar sampai di tengah kemudian menemukan jalan keluarnya lagi. Ayooo jangan sampai tersesat, ya!

TRAVELOKA TRACK
Ramai sekali di sini. Anak-anak bisa memanjat, meluncur, merangkak, bermain kolam bola dan kolam kubus, berlompatan dan berlomba dengan teman-teman baru bersama-sama.



Eits tunggu dulu. Keseruan tidak sebatas main. Funtopia juga menyediakan area untuk food and beverage . Jika lapar dan haus, kita bisa membeli di stand-stand makanan dan minuman yang ada di area Funtopia. Jika lelah, kita bisa duduk-duduk santai di kursi beanbag warna warni.

Oiya, jika kamu upload foto di instagram dengan mention dan tag akun @traveloka @funtopiaballonpark dan @beyondscreenproduction maka kamu bisa mendapatkan satu botol minuman gratis dengan menunjukan postingan tersebut di stand minuman.

Ada keseruan lainnya, lho, yaitu berbagai lomba seperti jingle dance, jingle song, fun visit, fun story, fun sketch, fun drawing dan fun props yang bisa kamu ikuti.



Lelah tapi senang sekali setelah bermain sepuasnya. Baby Arfan sampai tertidur pulas di rodanya setelah berkeliling melihat-lihat. Sepertinya sudah saatnya pulang dengan hati yang sangat gembira dan bahagia! Banyak sekali cerita yang anak-anak dapat di sini. Terima kasih Funtopia!



Oiya, buat yang masih pengen tahu, kepo-kepo, pengen lihat foto-foto keseruan di Funtopia, kamu bisa kunjungi website dan instagramnya ya


@funtopiaballonpark
@beyondscreenproduction
@traveloka 

11 comments:

  1. Asik banget pas nyobain Caterpillar cave haha, manjat2 di dalem perut balon ulat raksasa udah kayak ga inget umur hahaha.. Btw selamat teh uwien dapet voucher nih yeee..

    ReplyDelete
  2. asik betul ada funtopia ya teh altenatif permainan kekinian jadi pengen kesini lagi ya teh yuk main yuk

    ReplyDelete
  3. Seruuuu! Mau bawa nabil ke sana. Eh, ibunya bole ikut main ga, win?

    ReplyDelete
  4. Menyenangkan bisa bermain di sini... Anak2 terlihat sangat ceria dan menikmati.

    ReplyDelete
  5. Seru banget ya ikutan maceuh aku kemarin. Hahahaha

    ReplyDelete
  6. Waaa, pengeeeen.... deket rumahku lagian, asiiik

    ReplyDelete
  7. Anak remaja kayak Fauzan kayaknya masih mau nih dibawa main ke tempat kayak gini.

    ReplyDelete
  8. Seru banget yaaaa, ini tempatnya deket dari rumahku. Seru bawa anak-anak mumpung ada waktu. 😍

    ReplyDelete
  9. Penasaran, kira2 thn dpn, beyond screen production & traveloka bikin kegiatan apa lg ya

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyaak spam yang masuk.