10 September 2019

Beauty Class bersama Lakme dan Indonesian Female Bloggers

Hai semua...
Sebagai ibu dari tiga orang anak yang masih kecil, saya merasa dandan (ber-make up) tuh sesuatu yang jarang saya lakukan. Tapi meskipun jarang ber-make up, saya selalu usahakan untuk tetap merawat kulit. Waktu ada pengumunan di grup facebook Indonesian Female Bloggers akan mengadakan acara beauty class di Bandung, saya sangat tertarik dan nggak pikir panjang langsung aja daftar. Beruntung, saya salah satu yang terpilih diantara 20 blogger lainnya.



Sekilas tentang Indonesian Female Bloggers (IFB). Komunitas IFB dibentuk pada Desember 2015 oleh madam Yonna Kairupan, seorang Makeup Artist, Vlogger, Blogger, Videographer. Saat ini IFB telah beranggotakan lebih dari 2000 member dari berbagai tempat, profesi, serta berbagai macam minat dan bakat. Kalau manteman mau gabung ke grup atau komunitasnya, tinggal klik banner IFB yang ada di sidebar blog ini, ya.



Sabtu 7 September lalu, bertempat di Reds Dipo, Dipatiukur Bandung saya datang dengan riang gembira. Siap menerima ilmu berdandan dari MUA (Make Up Artist) kak Upay Munandar  ( instagramnya @upaymunandar ). Pas masuk ke ruangan belakang di Reds Dipo, ya ampun yang datang dedek-dedek gemesh semua. Malu akutu. Namun nggak ada kata terlambat untuk belajar, ya khaaan. Apalagi acara ini didukung penuh oleh LAKMÉ Makeup, yang mana sejak sering ngepoin video para beauty vlogger saya sedikitnya tahu bahwa brand make up LAKMÉ  itu salah satu yang banyak direkomendasikan sama mereka.

Tentang Lakme Kosmetik

LAKMÉ kosmetik ini merupakan produk Unilever. Saya baru tahu, nih. Sebelumnya Unilever belum pernah mengeluarkan kosmetik, adanya juga skincare yha khaaan(?) Di Indonesia, Lakme hadir sejak tahun 2017 atau 2 tahun lalu. Itu berarti sebentar lagi akan ultah yang ke-3 dong. Kira-kira anniversary-nya LAKMÉ bakal ngundang blogger nggak ya? hehe



Meskipun baru mau 3 tahun di Indonesia, namun merek LAKMÉ kosmetik ini ternyata sudah ada sejak 50 tahun yang lalu di India. LAKMÉ kosmetik ini ada sejarahnya, lho manteman. Jadi ceritanya (seperti yang dituturkan oleh kak Upay), ada seorang perempuan asal Perancis bernama Simone Tata yang menikah dengan laki-laki asal India bernama Tata (itu lhoh yang punya Tata Stell, Tata Motor, dan sebagainya).

Tata: "Mbak Simone, kamu mau nggak menikah sama aku?"
Simone: "Yaudah, kalo kamu mau nikahin aku, kasih aku perusahaan, dong.
(Apakabar kamu yang mau nikahin gadis pas diminta beliin make-up dan skincare bilangnya "Aku mencintaimu apa adanya" ??) lol

Terus ... Kenapa nama mereknya jadi LAKMÉ ? Ternyata, karena nama Simone Tata ini kalau di India namanya Laksmi, terus akhirnya jadi LAKMÉ. Selain di India, LAKMÉ kosmetik ini juga sudah ada di Eropa Timur. Karena sukses banget nih perusahaan, LAKMÉ di India menggandeng artis papan atas Karisma Kapoor dan Karina Kapoor sebagai brand ambassadornya. Sementara di Indonesia, brand ambassadornya tuh Agnez Mo sama Syahrini (kalau nggak salah #cmiiw yaa).

Karisma Kapoor, Karina Kapoor, Agnez Mo
😂

Selanjutnya kak Upay menjelaskan beberapa langkah basic skincare supaya kulit wajah tetap sehat walau sering memakai make-up. Saya yakin, kalian teman-teman pembaca bisa mendapatkan informasi seputar kecantikan dan make-up di beauty blogger kesayangan Anda, tapi biarin yaa saya tulis lagi disini supaya saya nggak lupa.

Step by Step Skincare untuk sehari-hari dan tips penggunaannya dengan benar:

1. Membersihkan Make Up
Menggunakan make up remover Lakme yang ini.



Tips dari kak Upay: membersihkan make up dengan make up remover sapukan kapas ke arah atas, bukan ke bawah. Setelah itu, untuk membersihkan sisa-sisa make up gunakan cleansing milk atau micelar water. Untuk tipe kulit kering, membersihkan make-up bisa memakai baby oil, olive oil, vco, dll. Kenapa harus doble, ya biar bersih total atuh shayy.

2. Mencuci Muka
Step selanjutnya adalah cuci muka menggunakan facial wash. Selama ini cara kita cuci muka udah bener atau belum? Kayaknya sih belum ya? (kamu aja kali Wien :D)
Nah, kata kak Upay, para dokter dermatologi melakukan penelitian gimana caranya mencuci muka. Caranya adalah gunakan ujung jari. Karena ujung jari kita kan ada sidik jari  yang ber 'tekstur'. Ini bisa berfungsi sebagai scrub alami lho.

3. Toner
Setelah mencuci muka sebaiknya menggunakan toner. Toner banyak fungsinya salah satunya untuk mengecilkan pori-pori. Tips: simpan toner di lemari es.

4. Serum / treatment Essence / emultion
5. Moisturiser
6. Sunblock
Sunblock ini salah satu item yang harus dipakai untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa membuat kulit muka ada flek hitam bahkan bisa jadi kanker kulit.

Setelah itu baru deh bisa mulai makeup-in wajah.



Aniway, belajar make-up bisa aja di youtube dengan nonton para beauty vlogger dan MUA. Tapi ternyata ikut beauty class offline lebih jelas. Kak Upay ngajarinnya enakeun, sih. Menjelaskan step by stepnya jelas dan ngasih contohnya juga mudah ditiru(khususnya buat yang awam seperti saya).

Langkah pertama
- CC Cream
Menggunakan CC Cream Lakme yang ini.



Kalau menurut kak Upay, menggunakan CC cream itu nggak perlu banyak-banyak. Cukup keluarkan sedikit lalu totol-totoin di 5 bagian wajah (dahi, kedua pipi, hidung, dagu) lalu meratakannya ngak perlu pakai sponge supaya creamnya nggak terbuang sia-sia karena menempel di sponge/beauty blender.

- Cushion
Pada acara ini, blogger yang hadir menggunakan cushion ini.



Ini sungguh kejutan karena kami merupakan yang pertama menggunakan cushion terbaru dari LAKMÉ 9to5 Reinvent. Bahkan saat event berlangsung, produk ini belum ada di pasaran (katanya baru ada di pasaran minggu depan). Review detail produknya saya tulis di blogpost terpisah, ya. Biar puas reviewnya. hehe
Cara menggunakan cushion itu cukup di-taptap aja, jangan dipulas. Coveragenya mantab. Satu layer aja udah bisa menutupi bekas jerawat.

- Compact Powder
Menggunakan bedak LAKMÉ yang ini:



Untuk langkah selanjutnya mah seperti langkah menggunakan make-up pada umumnya seperti: gambar alis, poles eye shadow, eye liner, mascara, blush on, countouring, dan higliter.



Dan ini dia foto saya  sesudah beauty class. Aslinya nggak PD ya ampun.



Sambil menunggu teman-teman yang lain selesai, peserta beauty class yang hadir disuguhin coffee break sama Reds Dipo. Terima kasih Reds Dipo yang menyediakan tempat yang nyaman untuk acara ini dan coffee breaknya. Tempatnya berada di pusat kota Bandung dan mudah dicari. Suasananya adem karena masih banyak pepohonan di sekitarnya. Beberapa sudutnya juga lumayan instagramable. Seperti satu sudut yang ada rak buku dan hiasan dindingnya yang oke.



Oiya, sebelum  pulang dari sini saya dibawain goodie bag yang isinya bikin tambah bahagia dan bibir jadi berwarna. Apalagi kalu bukan perona bibir (duh bahasnya kok ya perona bibir lol). Ini dia, ada 4 warna lip crayon dengan warna nude yang bisa dipakai sehari-hari.



Ada 4 macam mini matte lip crayon LAKMÉ Classics Reinvent: peachy, fiery, taffy, dan mauvey. Saya coba swap-swap di tangan terlihat kaaan warnanya bagus banget. Nude. Saya suka nih warna-warna kalem seperti ini. Cocok dipakai untuk daily make up.

Waktu saya coba pulaskan di bibir, kesan pertama tuh lembut dan nempel (istilah inteleknya tuh 'pigmented' kayaknya) dan nggak bikin bibir kering. Untuk ketahannya saya belum nyoba bisa tahan berapa lama. Gimana kalau aku tulis rebiew di blogpost terpisah? hehe



Untuk menutup artikel ini, aku mau mengucapkan terima kasih buat LAKMÉ make up, IFB yang sudah mengundang saya, dan Reds Dipo untuk venue Beauty Class kali ini. Saya jadi nambah ilmu dan nambah teman. Acara ditutup dengan foto bersama. Sampai jumpa di acara selanjutnya, ya. :)



11 comments:

  1. Sudah kuduga ini mirip Laksmi Teh bener aja ya ternyata Simone Tata jadi Laksmi dan kepeleset jadi Lakme..Duh berbunga pastinya Simone

    Aku teh pengen ikutan sayangnya aku ga bisa karena aku ge ga bisa dandan teh hanya alakadarnya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi aku. Makanya ini ikutan kelasnya. Alhamdulillah jadi bisa bedain mana kuas untuk blush on ama buat highliter. Jadi tau angel brush juga, wkwk

      Delete
  2. Mantap euy Storie nya Lakme ini... Satu sisi aku sedih gak bisa ikut ini. Huehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, euy. Dia mah mau dinikahin teh dikasih persahaan.

      Delete
  3. Acara ini khusus Blogger perempuan ya, mbak Uwien.. saya gak ikutan akh, cukup tahu ajah, hehe...

    ReplyDelete
  4. (((Agnes Mo))) ngakak teh hahahaa kapan2 kita foto2 lagi yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. asyiiiique. Seru ya foto2 bareng tuh. Bikin bahagia :D

      Delete
  5. Cakep banget mba sayang aku ngga bisa ikutan btw aku belum pernah pake Lakme jadi makasih banyak ya infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya San. Nexttime moga bisa dateng ke event bareng, ya. :)

      Delete
  6. Udah lengkap banget deh ini review dan event reportnya, senang ya bisa hadir di beauty class ini

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.