27 July 2019

Mesin Cuci Nggak Muter Kenapa Ya?

Tadi pagi saya dibuat kelabakan karena mesin cuci nggak mau muter (tidak mau berputar), nggak mau ngegiling cucian. Iya lah kelabakan, lhawong cucian udah sekeranjang penuh, baju-baju seragam anak-anak belum pada dicuci. *mungkin dia lelah, Wien! 



Hemm.. mau nyuci secara manual hoream pisan, males tenan ih. Udah terbiasa dengan mesin cuci selama 6 tahun kebelakang membuat aktivitas ngucek baju jadi membosankan. Semembosankan apa? Saya kalai ngucek pakai tangan tuh jadi ngantuk. Pernah nih waktu di rumah Simbok, aku ngucek baju sambil merem-merem tidur ayam pas lagi nyuci. hahaha separah itu bo'

Awalnya saya kira karena bajunya kebanyakan, si mesin cuci kepenuhan sampai nggak mau muter. Saya coba kurangi bajunya jadi setengah. Ternyata nggak mau juga. Wah curiga sensor airnya rusak nih!  Duuuh, jangan dooong. Mesin cuci kesayanganku.

Gak mau lama-lama dalam kegalauan, aku langsung bertindak. Seperti biasa, tiap kali ada peralatan rumah tangga yang rusak, saya selalu panggil suami buat benerin. Untungnya punya suami yang mau-an dan bisa-an.

"Bi, ini mesin cuci nggak mau muter kenapa ya? Tolong benerin dong."

Abudi yang lagi ngotak-atik benerin laptopku yang gak mau nyala itu segera bergerak.

Oiya, mesin cuci yang saya pakai itu merek Polytron yang Zero Press. Mesin cucinya satu tabung dan udah otomatis.

baca : Review Mesin Cuci Polytron Zerro Press

Sebelum membuka mesin mesin cucinya, Abudi searching dulu di youtube. Kalau menurut informasi di youtube, kenapa mesin cuci otomatis nggak mau muter cuma ada satu kemungkinan, selangnya putus. Selang apa? selang untuk water level. ya pokoknya ada selang kecil yang susah dijelasin apa namanya. hahaha maafkeun. aku kasih fotonya aja ya selang yang mana.



Pas udah dibongkar mesinnya dan dikencengin selangnya (sebelumnya emang agak longgar) lalu dicoba lagi diisi pakai air. Ternyata..  enggak bisa! hadeh

Perbaikan pertama sesuai video di youtube enggak bisa. Terus dicek-cek bagian sensor airnya. Saya sempat khawatir nggak bisa diperbaiki. Dunia kewarasan akan berkurang satu. ckckck

Akhirnya ... pas udah cek lebih teliti, ketemu. Ternyata kabelnya ada yang putus.




Alhamdulillah sudah ketemu penyebab kenapa mesin cuci nggak mau muter. Cuma putus kabel mah gampil. Tinggal sambungin doang dan beres.

Udah disambungin kabelnya mah, langsung bisa kembali seperti semula.
Horeeee!!!

Makasih my baby paus. :* 

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.