05 July 2019

Belajar Pijat Bayi Bersama Johnson's Baby

Hallo semuanya ...

Menjadi ibu memang tanggung jawabnya besar, karena tidak hanya melahirkan, memberi makan, dan membiayainya, namun juga memberikan kasih sayang yang banyak agar anak tumbuh dengan kecukupan kasih sayang. Maka, Bu ... Sebelum anak-anak kita lahir, persiapkan diri dengan baik, belajarlah banyak-banyak agar tidak menjadi ibu yang gagap tentang pengasuhan atau parenting. Salah satu dari sekian banyak ilmu tentang pengasuhan yang wajib dipelajari oleh ibu adalah pijat bayi.

Penelitian menunjukkan bahwa periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode penting bagi bayi, dimana pertumbuhan yang diperoleh dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya, sampai bayi beranjak dewasa.  Tidak hanya nutrisi yang cukup, namun penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan Ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi.



Memijat bayi setiap hari sangat mempengaruhi perkembangannya. Saya sejak anak pertama lahir, saya sudah belajar pijat bayi. Kemudian setelah bayi lahir, memijat bayi sendiri setiap hari setelah mandi. Dampaknya memang luar biasa. Bayi menjadi lebih anteng, tidak rewel dan tidak mudah sakit karena pijat bayi bisa meningkatkan imunitas.

Melalui sentuhan pada saat memijat bayi, akan membantu meningkatkan kesehatan psikologisnya. Saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat diserap dengan baik. Saya telah membuktikannya. Pengalaman saya dari anak pertama, saya selalu melakukan pijat bayi minimal sekali sehari. Fisik anak pertama sampai anak ketiga kuat-kuat. Salah satu tandanya mereka tidak mudah sakit dan bisa jalan pada waktunya. Anak pertama usia 10 bulan bisa berjalan; anak kedua 11 bulan; dan anak ketiga usia 12 bulan.

Pijat bayi merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan antara ibu dan bayi. Sambil memijat, ibu bisa sambil mengajak si kecil mengobrol dan bercanda. #SentuhanCinta yang lembut membuat bayi nyaman dan tenang. Produk yang dipakai untuk memijat juga menjadi salah satu hal penting dalam memijat. 


Bagaimana tahapan memijat bayi sendiri di rumah?

Sebaiknya lakukan pijat bayi saat anak dalam keadaan paling nyaman. Misalnya setelah mandi pagi atau sore. Jangan lakukan pijat bayi setelah makan, tapi juga jangan saat bayi lapar. Lakukan di ruangan yang cukup hangat, tidak berangin, dan jika memakai AC atur supaya tidak terlalu dingin kalau perlu matikan AC. 

Langkah-langkah memijat bayi:

1. Letakkan kedua telapak tangan ibu di atas dahi bayi dan pijat perlahan ke bawah mengarah ke dagunya.
2. Pijat area di atas alis, dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari. Pijat perlahan.
3. Pijat perlahan dengan membuat pola senyuman di atas bibir menggunakan ibu jari. Lakukan hal yang sama pada bawah bibir.
4. Letakkan kedua telapak tangan di tengah dada, gerakkan kedua telapak tangan ke atas sampai di bawah leher. Kemudian ke samping dan kebawah kembali ke tengah.
5. Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Pijat menyilang secara bergantian dari arah pinggang menuju bahu dan sebaliknya.
6. Gerakan membentuk huruf I L U pada perut bayi. Sering disebut gerakan I Love You. Gerakan ini bisa mencegah kolik atau kembung pada bayi. 
I: Pijat lembut dengan 3 ujung jari tangan membuat pola dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah
L: Buat garis di atas perut dari kanan atas ke kiri atas bayi. Kemudian, lanjutkan dengan membuat garis ke perut bawah.
U: Selesaikan dengan membuat huruf “U” terbalik dari perut sebelah kanan bayi. 



7. Tekan seluruh bagian perut menggunakan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Lakukan gerakan jari berjalan.
8. Pijat bagian lengan dengan cara membuat gerakan seperti menggulng atau memeras baju. Lakukan dari pangkal hingga ujung tangan. Lakukan hal yang sama pada kaki.
9. Pijat telapak tangan dan kaki menggunakan jempol. Gerakan ke atas secara bergantian jempol kanan dan kiri.
10. Gerakan sepeda.
Tirukan gerakan seperti sedang mengayuh sepeda. Perut bayi nyaman.
11. Pijat bagian punggung. Tengkurepkan bayi di paha ibu, lalu menggunakan telapak tangan usap dengan sedikit tekanan dari leher hingga bokong.
12. Tambahan, gunakan kedua ibu jari. Tekan dengan lembut di bagian bokong bayi. Ini supaya tulang duduk bayi kuat.

Belajar pijat bayi dimana?

Banyak kok kalau ibu mau belajar pijat bayi. Bisa belajar ke bidan, belajar melalui workshop offline, belajar di youtube dan sebagainya. Untuk belajar lebih detail ibu bisa mempelajarinya disini: Langkah-Langkah Pijat Bayi Lengkap



Sejalan dengan target pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia, JOHNSON’S® sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta.  



Program ini mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas. Dalam menjalankan kampanye ini   JOHNSON®  akan bekerja sama dengan Habitat for Humanity, Alfamart dan Shopee.

Dalam menjalankan kampanye tersebut, JOHNSON® bekerja sama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak  (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur. Tidak berhenti disitu saja, JOHNSON’S® juga melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia. Bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari JOHNSON'S untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bayi Indonesia mendapatkan perawatan yang terbaik.


Kabar baiknya, berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), angka kematian bayi di Indonesia menurun dari 32 per 1.000 kelahiran hidup pada 2012 menjadi 15 per 1.000 kelahiran hidup pada 2017. Meskipun demikian, untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), pemerintah menargetkan angka kematian bayi di Indonesia turun menjadi 12 per 1.000 kelahiran. 

Maka dari itu, ayo Bu ... Belajar #PijatBayi, supaya bisa memijat bayi sendiri di rumah. Ritual mandi dan pijat dengan menggunakan produk yang tepat untuk bayi seperti #JohnsonsBabyid adalah waktu ikatan yang tepat antara orang tua dan bayi. Hal tersebut juga dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi. Sehingga bayi bisa tumbuh dengan optimal.

With love,
Uwien
Mom of 3

Informasi lebih lanjut, kunjungi:


Instagram resmi JOHNSON’S® : @JohnsonsBaby_id 
Facebook @JohnsonsBabyIndonesia

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.