2 May 2018

Tips dan Resep Menikmati Susu Hamil Agar Tidak Eneg

Waktu awal-awal kehamilan ketiga ini, saya sama sekali nggak bisa minum susu. Padahal waktu hamil sebelumnya tuh saya termasuk rajin banget minum susu. Sekarang nggak tahu sebabnya apa saya merasa eneg atau mual saat minum susu.Waktu semester 1 sempat beli susu hamil sih, namun karena mual tadi jadi malah enggak diminum.

Terus saat periksa ke bidan bulan lalu, kata bidan sebaiknya tetap minum susu hamil. Saya harus tetap memperhatikan asupan nutrisi agar bayi di dalam kandungan tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Saya dikasih saran agar mengganti susu dengan makan eskrim atau yogurt dengan catatan nggak boleh setiap hari. Hal ini disarankan karena berat badan saya masih aman atau enggak kegemukan. Segitu pentingnya ya, minum susu saat hamil.



Iya, karena susu hamil ini sudah renah lemak dan tinggi kalsium

Untuk mencukupi kebutuhan gizi selama ini gimana dong kalau nggak minum susu hamil?
- Pertama, saya makan makanan seimbang sesuai dengan tumpeng kebutuhan gizi.
- Minum air putih lebih banyak. Ini agar saya tidak dehidrasi karena sering muntah.
- Lebih sering makan buah. 
- Saat trimester 1 memang susah makan akibat perubahan hormon yang menyebabkan mual, pusing dan lemas, maka dari itu saya minum suplemen ibu hamil saat trimester 1.

Untuk mengurangi rasa eneg saat minum susu, berikut tipsnya :
1. Minum susu setelah makan atau di siang hari
Minum susu di pagi hari biasanya langsung mual (dan dimuntahkan kembali akibat morning sickness). Coba deh minum susunya -apalagi jika dicampur dengan es- pas siang-siang yang panas.
2. Mengatur takaran susu
Minum susu 1 gelas perhari. Jika masih eneg, saya coba mengurangi takarannya. Jika segelas 150 ml + 3 sdm susu, bisa kita kurangin aja porsinya menjadi 70 ml+1-2 sdm susu.
3. Pilih susu ibu hamil dengan rasa berbeda
Jika eneg dengan rasa vanila, coba deh minum yang rasa coklat. Jika bosan dengan rasa coklat, coba deh dengan rasa jeruk, stroberi, atau mangga. SGM Bunda rasa susunya bervariasi lho.



Setelah trimester dengan drama lemas dan mual, kini tiba masa lahap makan dan aktif. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi di trimester 3 ini, saya makan dengan porsi yang lebih banyak dari sebelumnya. Lebih raweug. Ini sih membuat saya senang karena bisa makan banyak tanpa beban diet. wekeke. Lalu, saya juga mau minum susu hamil karena sudah nggak terlalu eneg (walaupun masih ada dikit rasa enegnya).

Oleh karena itu, saat minum susu hamil ini saya sering mencampur dengan bahan lain untuk mengurangi rasa enegnya. Eh, nggak disangka aja nih, minum susu hamil jadi sesegar ini jika isiasati dengan mencampur bahan lain. Saya seringnya mencampurnya dengan buah.

Saya mau berbagi resep minum susu hamil :

Coklat Lapis Alpukat


Resep ini saya adaptasikan dari resep yang tercantum pada kemasan susu SGM Bunda rasa coklat.
Bahan :
- 1 buah alpukat matang
- 3 sendok makan SGM Bunda rasa coklat ( saya pakai 4 sendok )
- es batu
- cocho granule
Cara membuat:
- Blender alpukat (tidah usah ditambah gula, ya)
- Blender es batu+4 senok makan SGM Bunda
- Siapkan gelas saji, masukkan alpukat dan SGM Bunda Coklat secara bergantian sehingga berlapis.
- Taburkan cocho granule di atasnya. Bisa juga dengan menaburkan sereal coklat.

Buah Naga mix SGM Bunda Jeruk


Bahan :
- buah naga
- 3 sendok makan SGM Bunda rasa jeruk
- 1 gelas es batu

Cara membuat:
- Potong dau buah naga
- Blender es batu+SGM Bunda rasa jeruk
- Masukkan potongan buah naga ke dalam gelas/mangkuk saji. Lalu tuangkan SGM Bunda jeruk yang sudah diblender.

Milkshake Buah Naga+ SGM Bunda Jeruk


Bahan :
- 1/4 butir buah naga ukuran besar
- 3 sendok makan SGM Bunda rasa jeruk
- 70 ml air es

Cara membuat : campurkan ketiga bahan, lalu blender. Nikmati dan habiskan sesegera mungkin agar tetap segar.

Ketiga resep tersebut rasanya sangat segar, lho. Nggak ada rasa eneg saat meminumnya. Saya jadi rajin minum susu nih tiap hari. Dengan SGM Bunda, cukup 1 gelas per hari sudah mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil (dan menyusui) karena mengandung PRESINUTRI yang tinggi Asam Folat & Vit B12, tinggi Kalsium & Vit D, tinggi zat besi & Vit C, tinggi Vit B1&B2.

Buat para ibu hamil, yuk jaga asupan nutrisi untuk kita dan bayi kita dan jaga kenaikan berat badan agar tidak kurang atau tiak berlebih.

Salam Bumil Happy :)



15 comments:

  1. bumil kreatif banget , dulu saya kurang suka minum susu hamil, sukanya minum UHT aja

    ReplyDelete
  2. Wow resepnya keren banget, sayang gatau nih dulu jadi ga minum. Susu bumil dehh

    ReplyDelete
  3. Dulu pernah minum susu pas hamil tapi ga lama hihi hanya di trimester pertama kalau ga salah :)

    ReplyDelete
  4. kreatif pisan teh :)sing sehat ya teh aamiin

    ReplyDelete
  5. Dengan menu yang variatif, bisa menghilangkan rasa mual saat menikmati susu hamil, ya, Teh

    ReplyDelete
  6. Sehat terus yaaaa. Resepnya kece dan patut dicoba

    ReplyDelete
  7. bumil selalu kece sekarang footonya ya

    ReplyDelete
  8. Kok aku malah kebita sama coklat lapis alpukatnya ya, kapan2 mau coba resepnya ah tapi yg dipake bukan susu hamil hahaha belum saatnya wkwk

    ReplyDelete
  9. Ngomong2, saya pernah denger katanya susu hamil bikin asi jadi ngga mau kluar setelah lahir? Bener ngga sih? Mohon penjelasannya. :)

    ReplyDelete
  10. Rajin banget bumil. Dulu saya tertekan tiap minum susu hamil. Sehat terus ya,bumil :)

    ReplyDelete
  11. Kasih tambahan es batu saja biasanya udah gak terlalu enek. Ini dapat tips kreatif lainnya, hehe. Makasih Mbak. ^^

    ReplyDelete
  12. teteh, kreatif banget sih.waktu hamil anak ke dua sempet cobain juga susu SGM Bunda yang rasa coklat. Enyakkk, enyakkk

    ReplyDelete
  13. wah kok bisa saya nyasar kesini ya bun, hehe... tapi tipsnya bermanfaat juga sih buat istri saya, good post bun...

    ReplyDelete
  14. Waaah keren..bisa dicobain nih biar nggak bosen kl pas minum susu makasih bun resepnya..sehat2 ya sampai lahiran amin

    ReplyDelete
  15. Dulu pas hamil, suka banget minum susu. Meskipun sering mual, tapi pas minum susu mah enggak :D

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyaak spam yang masuk.