28 February 2019

Cara Meningkatkan Penghasilan dari Blog

Halo semua!
Waktu tahu kalau KEB (Kumpulan Emak Blogger) mau mengadakan acara #KEBelajar di Bandung, saya langsung mendaftar. Apalagi melihat temanya yaitu 'Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan', iklan di blog tentu saja. Dan akhirnya pada Sabtu lalu, 9 Februari 2019, di Ngopi Doeloe Purnawarman Bandung, Alhamdulillah saya bisa datang. Saya senang karena acara dimulai tepat waktu. Sang MC -Raja Lubis memang terkenal tepat waktu, ya.



Pada sesi yang pertama, Mak Mira Sahid selaku founder KEB membahas tentang branding di media sosial. Tema ini sangat menarik terutama buat saya yang masih kesulitan menemukan jati diri dalam media sosial. Mak Pon (sapaan sayang member KEB untuk Mak Mira) menekankan pentingnya "pencitraan". Perlu banget loh, bahkan penting untuk seorang blogger dan influencer membuat konten yang menarik dan "menjual". Menjual dalam artian banyak engagment-nya, yaitu banyak like dan komentar yang datang secara organik, sehingga bisa menarik brand untuk memakai jasa kita.

Tips dari Mak Pon agar bisa menemukan branding diri adalah konsisten membuat konten dengan tema yang sama. Misalkan seperti teh Dyah Prameswarie dengan food blogger atau teh Efi Fitriyah dengan buku dan film, atau teh Erry Endriyati dengan K-Popnya. Nah, kita mau dikenal sebagai apa di media sosial? itulah yang perlu kita bangun dengan konsisten. Tahan diri untuk keluar dari tema citra diri.



Cara lain bisa dengan story telling. Sebuah foto bagus, namun captionnya biasa saja bisa kalah engagment dari foto biasa namun dengan story telling yang bagus. Apalagi jika digabungkan keduanya.

PR banget nih buat saya yang masih belum konsisten membuat konten dengan tema yang sama.

KEBelajar kali ini merupakan kolaborasi KEB dengan ProPS, jadi pemateri kedua adalah mbak Ilona Juwita selaku CEO ProPS. Jadi temen-temen, ProPS ini merupakan Google Channel Partner. Kendala-kendala yang sering kita hadapi saat hendak mendaftar atau memasang adsence di blog/website, mereka bisa tangani. Sebagai partnernya Google, ProPS bagaikan tangan kanannya Google yang bisa akses langsung jika ada masalah.

Sebagai blogger, menarik banget dong ya kalau blog kita bisa menghasilkan pundi-pundi. Gimana caranya supaya blog kita menghasilkan? Mbak Ilona menjelaskan, bisa melalui beberapa cara. Salah satunya adalah adsense. namun untuk blogger yang awam dengan adsense ini, buat saya membingungkan. Udah pusing ngurusin drama kehidupan, pusing mikirin adsense pula. makanya ProPS ini hadir untuk membantu kita. Yang perlu dilakukan hanyalah mengoptimalkan blog.



Menurut mbak Ilona, mengoptimalkan performa blog agar blog/website kita baik di mata Google, bisa dengan hal-hal berikut:
1. Pastikan sumber trafik hanya dan hanya dari sumber yang berkualitas.
2. Pastikan penempatan iklan berada di tempat yang memiliki keterlihatan dan potensi klik yang tinggi.
3. Pastikan setiap slot iklan menampilkan berbagai pilihan size.
4. Pelajari dan mencoba keseluruhan potensi revenue.



Menarik banget nih materinya. Waktu sejam lebih terasa sebentar. Karena keterbatasan waktu, mbak Ilona menyilakan siapa aja yang tertarik menambah penghasilan lewat blog untuk konsultasi langsung dengan timnya.

Teman-teman yang tertarik bisa ceki-ceki ke website ProPS atau kepoin instagramnya @props_indonesia

Mudah-mudahan ada workshopnya lagi dan pembahasan mendalam tentang ProPS ini. Karena kemarin itu kayak cuma kulitnya aja. KEB, ditunggu acara KEBelajar-nya selanjutnya, yaaa.


sumber foto: Ardian Kusuma ; KEB x ProPS

4 comments:

  1. Wuih, keren ada yang dengan tangan terbuka ngajarin tentnag adsense ya. Kan biasanya pada pelit2 bagi ilmu gituan, Mbak. Kalaupun bayar mehong banget.

    ReplyDelete
  2. keren acaranya
    keren ilmunya
    dan bakal aku bookmark mbak
    makasih sharinya :)

    ReplyDelete
  3. Duh ngomong-ngomong soal branding buku dan film, aku dah lama ga khatamin baca buku. Abis ini ku jadi membulatkan tekad buat tamatin buku lagi sebanyak-banyaknya hahahaha

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.