9 Feb 2019

4 Gizi Penting untuk Dukung 1000 Hari Pertama Kehidupan si Kecil

Semua orangtua pasti menginginkan si Kecil bisa meraih cita-citanya kelak. Tak terkecuali saya. Untuk mendukung si Kecil meraih masa depan cemerlang, saya berusaha mengawalinya dengan memberi anak gizi baik selama 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Seribu hari pertama adalah  sejak bunda mengandung hingga si Kecil berusia 2 tahun. Itu lah mengapa ketika hamil, suami saya menyediakan berbagai jenis makanan bergizi.



Walaupun mual terasa, saya tetap memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan janin. Nggak hanya itu, saya juga selalu menjaga kesehatan diri dengan berupaya agar tidak kecapekan selama masa mengandung.

FYI, Inilah 4 zat gizi penting yang wajib dikonsumsi selama 1000 HPK:

1. Kalsium untuk membentuk tulang yang kuat sehingga mencegah penyakit osteoporosis di kemudian hari.
Sumber gizi bisa didapatkan dari: susu, kacang-kacangan, polong-polongan serta sayuran hijau. Saya suka sekali ngemil kacang almond. Waktu hamil, saya sering ngemil. Terkadang ingin sekali ngemil 'seblak' (seblak makanan super pedas dari kerupuk) namun saya tahan-tahan sekali, karena ini nggak baik untuk saya dan juga janin. Suami sengaja membeli raw almond agar cemilan saya bergizi.

2. Asam folat bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf.
Sumber gizi bisa didapat dari: sayur-sayuran hijau (brokoli, bayam, asparagus) biji-bijian (gandum, jagung, wijen). Saya masih ingat saat hamil hampir setiap hari makan jagung rebus, hehehe.

3. Kombinasi asam folat dan zinc serta multivitamin lain dapat mencegah persalinan prematur dan kelahiran dengan berat lahir rendah (BBLR).
Sumber gizi berasal dari: produk daging, produk susu, dan sereal. Walaupun agak eneg, saya tetap minum susu hamil lho waktu hamil.
baca juga: Tips Minum Susu Hamil Tanpa Eneg

4. Vitamin C dan vitamin E bermanfaat sebagai antioksidan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
Sumber gizi bisa didapat dari: buah-buahan (strawberry, jeruk, tomat, kiwi) kacang-kacangan, biji-bijian, sereal, dan minyak dari tumbuhan (kelapa sawit, zaitun, jagung).
Nah ini, saya mengkonsumsi EVOO saat hamil.

Semua upaya saya lakukan demi kesehatan saya dan janin. Alhamdulillah, baby boy lahir dengan sehat selamat dan sempurna, selain dari usaha saya dalam memenuhi kebutuhan gizi juga dari banyak do'a. Setelah bayi lahir, sempurnakan dengan ASI eksklusif dan MPASI yang sehat dan alami.

0 komentar:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.