1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

14 February 2018

Suplemen Ibu Hamil Trimester 1

Dear, teman-teman pembaca blognya Uwien. :)
Alhamdulillah, seperti yang sudah sering saya ceritakan beberapa bulan ini, saat ini saya tengah mengandung anak ketiga. Selama tiga kehamilan, ketiga-tiganya kondisinya berbeda. Iya, tiap ibu hamil memang memiliki kondisi yang berbeda satu dengan lainnya. Ini tergantung banyak faktor. Enggak bisa disamakan memang, namun dari pengalaman ibu hamil lainnya, kita bisa terinspirasi untuk mengambil yang baik dari mereka yang sudah berpengalaman. Ini sih menurut pendapat saya pribadi. Nggak tau kalau yang lain mah.

Di cerita saya kali ini, saya mau membeberkan apa saja suplemen makanan yang saya konsumsi selama hamil trimester 1. Nggak cuma saat hamil ketiga aja, tapi dari hamil pertama dan kedua juga. Ini artinya saya mengkonsumsi produk ini sejak 9 tahun yang lalu saat hamil Dhia.



Saat hamil, terutama pada trimester 1 (tiga bulan pertama) adalah masa-masa penting dimana janin sedang tumbuh dengan pesat. Perkembangan sistem saraf, otak, dan jantung bayi tentu membutuhkan banyak nutrisi untuk perkembangan yang sempurna (agar terhindar dari kecacatan). Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil pada trimester 1 antara lain : Asam Folat, Kolin, Omega 3, Kalsium, Zat Besi, Vitamin, Protein, dan Karbohidrat. Kesemuanya itu terdapat dalam berbagai jenis makanan. Makanya, saat hamil harus mengkonsumsi makanan yang bervariasi agar tercukupi kebutuhan nutrisi.

Ooooh, begitu mudahnya kau ngemeng. Boro-boro, Wiiin!! Yang ada, saat trimester 1 malah mabok mual muntah lemes tak bergairah. Jangankan untuk nelen makanan, rasanya nggak ada nafsu makan sama sekali. Bahkan tiap kali masuk makanan selalu keluar lagi.
Hihi, ini sih curhat colongan eike. :p

Pada saat hamil anak pertama, saya mengalami hal tersebut di atas. Mabok parah sampai saya harus berhenti kerja khawatir terjadi hal yang tak diinginkan sama janin. Di kehamilan kedua, tidak mengalami mabok, aman damai sejahtera sentosa. Dan pada kehamilan ketiga, yang saya kira bakalan lancar jaya (enggak mabok) ternyata mabok juga. *cry
Berat badan sampai turun 4 kilogram dari BB sebelum hamil. huhuhu


Maka dari itu, karena kebutuhan nutrisi dari makanan di trimester 1 saya rasa akan kurang, maka saya pikir harus mengkonsumsi suplemen makanan. Beruntung suami mensupport semua kebutuhan. Memang saya akui, pengeluaran saat hamil selalu membengkak, lebih banyak dari hari-hari biasa. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan 'ngidam', namun lebih besar kepada pemenuhan nutrisi untuk ibu hamil, sih. Alhamdulillah, walaupun saya banyak maunya, suami enggak pernah menganggap saya manja atau apalah. Semoga para suami lainnya juga seperti itu. Saya sedih saat mendengar cerita, bahwa ada teman (seorang suami) menganggap keinginan (ngidam) istrinya hanya halusinasi semata, rasa manja, dan banyak maunya. Duh, rasanya pengen marah sama teman saya itu. Masa' gitu sama istri yang tengah mengandung anaknya sendiri. :( Dia begitu karena saat meminta sesuatu lalu sudah dibeliin ternyata nggak dimakan sama istrinya.

Pengeluaran saat hamil memang membengkak, namun kalau kita percaya bahwa sudah ada rezeki untuk hal tersebut, maka akan ringan aja menjalaninya. Enggak banyak mengeluh tentang pengeluaran. Demi sehat. Karena kalau sakit, biaya justru akan lebih banyak lagi. Contohnya istri harus opname karena dehidrasi/kekurangan cairan akibat muntah terus.

Berikut ini adalah 3 suplemen yang saya konsumsi di Trimester 1 kehamilan. Dari hamil anak pertama hingga kini hamil anak ketiga. Siapa tahu bisa menjadi solusi buat teman-teman yang lagi hamil atau istrinya lagi hamil. Ketiganya adalah produk dari K-Link Indonesia :

1. K-Link Liquid Chlorophyll



Atau yang sering disebut Klorofil. Bentuknya cairan liquid berwarna hijau. Gunanya untuk menjaga kesehatan dan stamina ibu hamil karena bisa menambah tenaga. Mual dan muntah membuat saya jadi lemas dan lesu. Nah, pada Klorofil ini selain mengandung zat hijau daun yang diambil dari daun Alfafa, juga telah ditambahkan UIE (Universe Induced Energy) yaitu energi matahari pagi yang sangat banyak manfaatnya buat tubuh.

Saya minum ini setiap hari. Untuk mengkonsumsinya, normalnya 1 sendok makan/1 sloki tutup botolnya ditambahkan ke dalam segelas air putih. Tapi kalau saya, saya bikin dalam botol air minum. Satu botol air kira-kira 600 ml dicampur dengan 2 tutup botol Klorofil. Saya minum ini sepanjang hari. Alhamdulillah, lemesnya berkurang, saya terhindar dari dehidrasi walaupun terus saja muntah.
Yang enggak hamil pun sama bagusnya kalau minum ini.

Review lengkap tentang Klorofil, nanti saya tulis di blog ini pada artikel terpisah, ya.

2. Omega Squa Plus


Omega Squa ini mengandung zat gizi yang sangat diperlukan saat pertumbuhan janin di trimester 1 yaitu omega 3 EPA& DHA. Seperti yang kita ketahui, omega 3 ini untuk mendukung pertumbuhan otak, perkembangan sistem saraf dan retina mata janin.

Selain itu, Omega Squa Plus melancarkan aliran darah ibu hamil sehingga asupan oksigen ke janin berjalan lancar. Omega Squa juga meningkatkan kinerja jantung sehingga bisa mengurangi resiko bengkak pada bumil dan sesak nafas.

Selama tiga kehamilan, Alhamdulillah tidak pernah merasakan bengkak sama sekali. Kata bidan, jarang-jarang nih bumil enggak bengkak, berarti bagus. Padahal biasanya/umumnya bumil mengalami bengkak, kan? Teman-teman sering mengeluhkan bengkak saat hamil sampai-sampai jari tangan nggak bisa ditekuk. Biasanya, saya akan sarankan untuk minum ini dan minta suami untuk memijat kaki/tangannya pada saat mau tidur.


Saya minum Omega Squa 1 kapsul setiap hari, sebelum tidur. Namun dijeda dengan obat dari dokter (jika mengkonsumsi obat dari bidan/dokter). InsyaAllah akan saya minum sampai akhir trimester 2.

Untuk yang enggak hamil, Omega Squa ini berguna untuk melancarkan darah dan menyembuhkan berbagai penyakit seperti reumatik, asam urat, dan mencegah penyakit jantung koroner.



Review lengkap Omega Squa Plus juga akan saya tulis di blog ini.

3. K-Biogreen Organic

Biogreen terbuat dari bahan alami dari tanaman seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran, rumput laut, enzim makanan, dll. Berguna untuk menjaga kesehatan. Untuk ibu hamil ini membantu mencukupi kebutuhan serat dan mencegah sembelit.

Saya minum/makan K-Biogreen ini setiap pagi bangun tidur. Ini karena biasanya saya laper banget saat bangun pagi hari. Sementara untuk "mengganjal perut" agar tidak keroncongan sambil menunggu nasi dan sayur/lauk matang saya bikin ini. Yang saya rasakan adalah ketika perut lapar di pagi/siang/sore hari, akan timbul rasa mual. Kalau nggak segera diisi, maka berlanjut muntah.

Cara membuat : satu sendok takar (di dalam kemasan tersedia sendok takarnya) dicampur segelas air hangat kira-kira 300 ml. Atau sesuai kebutuhan aja, sih. Contohnya saya kadang enggak habis kalau banyak-banyak, jadi saya bikin satu gelas kecil+setengah sendok takar Biogreen. Ini juga sudah kenyang dan nahan lapar. Biogreen rasanya hambar/nggak berasa, makanya kadang saya campur madu, susu, atau jus buah. Nggak lupa saya kasih beberapa tetes Klorofil biar warnanya hijau menggoda/nggak pucat.


Untuk yang enggak hamil, bisa buat diet, lho.

Review lengkap juga akan saya tulis di artikel terpisah. Tungguin aja. :)

Belinya dimana, Win?


For your information, K-Link adalah perusahaan MLM syariah yang telah 15 tahun melayani masyarakat Indonesia dengan menyediakan produk-produk kesehatan berkualitas tinggi. Jadi, Anda nggak bisa beli sendiri. Teman-teman bisa membeli dengan nitip ke saya dengan ongkos kirim ditanggung pembeli (pengiriman dari kantor pusat K-Link di Jakarta). Katalog bisa teman-teman lihat di online store K-Link ini.

Kalau mau mencoba beli, boleh inbox saya di email uwienbudi@gmail.com atau japri di media sosial yang tertera di sidebar blog ini, insyaAllah semua media sosial saya aktiv.
Tapi kalau beli nitip sama saya, belinya dengan harga konsumen, ya. Keuntungan 20 % buat saya. hehehe

Maka dari itu, agar lebih murah 20 % dari harga yang tertera di katalog tersebut di atas, saran saya mending daftar jadi member aja. Biaya pendaftarannya Rp 50.000. Kalau teman-teman ingin membeli K-Biogreen misalnya, itu selisih harga konsumen sama harga member bisa buat daftar lho, masih kembalian lagi. Sehingga untuk membeli produk yang lainnya, Anda nggak lagi harus nitip ke saya dan tentu saja harga jadi lebih murah. :)

Daftar membernya gimana? isi form pendaftaran ini sampai selesai.

Oiya, kalau manteman yang pernah hamil, minum suplemen apa selain makan makanan bergizi? Share, dong.

35 comments:

  1. Omega boleh juga tuh mba. Pengen coba beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes, Mpo. Biar nggak darah tinggi. :)

      Delete
  2. Waduh turun banyak ya, sampai 4 kilo. Paksu gimana? Apa maem jadi lahap. Kata orang tua mah kalau bini nya gak napsu makan, yg doyan makan jadi paksu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paksu gak ada bedanya. Dari pas saya belum hamil juga nafsu makannya banyak :)

      Delete
  3. aku konsumsi klorofil n omega teh klo yang ketiga belum tahu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dua juga sudah bagus banget, Teh.

      Delete
  4. Aku ga hamil uwien, hamilnya 2 piring bikin buncit niy, palingan biar badan trus fit dan bergairah minum vit c aja plus madu.

    Ah, Bumiil ma debay sehat selalu ya, moga dilancarkan semuanya.

    ReplyDelete
  5. Kloropil itu minumaku waktu jaman kuliah dulu,lama banget habisnya ya Mbk...
    sehat2 ya bumil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwaaa, sudah lama kenal Klorofil ternyata. Aku pun, sebulan baru habis satu botol.

      Delete
  6. Sehat ya bumil dan dd bayii

    ReplyDelete
  7. Ternyata bagus untuk bumil ya. Saya sering minum yg k link klorofil itu. Untuk menjaga kesehatan aja.

    Semoga sehat dan lancar sampai kelahiran mbak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak biar sehat terus rutin minum Klorofil.
      aamiin, makasih ya mbak

      Delete
  8. Klorofil ya teh, emang bagus buat bumil yang ga bumil juga bikin ketagihan manfaatnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang nggak hamil berguna untuk cleansing, detok dan menjaga kesehatan

      Delete
  9. member ya mbak, aku pernah makan berapa ya omega sampai sepuluh botol sepertinya untuk menghancurkan sumbatan pembuluh darah di otak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap betul, melancarkan darah/ membersihkan pembuluh darah biar nggak hipertensi

      Delete
  10. Kalo favorit aku mah yg klorofil teh, tapi aku lagi gak hamil lho hehe cuma buat jaga stamina aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. penting juga diminum semua orang, bahkan ankku juga minum klorofil

      Delete
  11. Wah ini toh rahasia fit dan sehatnya bumil. Sehat terus dan lancar persalinannya nanti yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya buk, dibantu sama produk2 ini

      Delete
  12. Saya pernah rutin minum klorofil dari K-Link. Suka juga ma rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya kayak air putih aja, cenderung nggak ada rasanya.

      Delete
  13. Saya dulu minum suplemen juga. Dikasi dokter. Apa banget lah dulu pas hamil awal2 bulan kerjaannya tidoooorrr zzzzz, muntaahhhh hueeekkk, vertigo tweweeeeeewww, males mandiiiiiii, hasrat pengen mecin gede banget hahahaha. Ah lieur lah hamil trisemester I buat saya mah menyiksa, win XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Super sekali teh :D , beda-neda emang tiap ibu hamil mah.

      Delete
  14. perlu ya suplemen untuk kesehatan janin juga selain pola makan sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. suplemen untuk bantu aja, yg peling penting memang pola hidup dan makanan sehat

      Delete
  15. Aduh, semester pertama itu emang 'aduhai' belom ima mah ada semacam pendarahan, jadi agak2 bedrest. Sedap lah. Tapi ya itu katanya suplemen bagus banget, bisa bantu kondisi badan yg ga nerima makanan. Semangaaaaaaat! Lewat 3 bln, enak lagi, enak makan malah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh, udah lewat 3 bulan mah enak

      Delete
  16. Dulu saya juga mengonsumsi klorofil, Teh. Emang jadi enak di badan. Pencernaan lancar, kulit juga keliatan bersih. Sayang stokist di daerah saya dulu, udah gak ada lagi. Pindah, gak tau kemana.
    Kalau soal kehamilan memang beda-beda ya...saya mabok berat di kehamilan pertama. Tapi di kehamilan kedua aman sejahtera. :)
    Sehat-sehat dengan kehamilannya ya Teh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasih ya teh atas doanya.

      Kalau sekarang beli sudah bisa lewat online teh. lebih mudah dan sampainya cepet

      Delete
  17. Bumil memang harus banget minum suplemen tambahan buat jaga kesehatan diri dan baby. Sehat terus ya mbak ;)

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyaak spam yang masuk.