About

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

07 April 2018

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak-anak dan Kiat Memberikannya

Jika anak Anda tidak mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon atau sarden beberapa kali dalam seminggu, memberi mereka suplemen minyak ikan atau fish oil setiap hari mungkin merupakan ide bagus. Fish oil mengandung asam lemak omega 3 (khususnya DHA dan EPA) yang diyakini para ahli, penting untuk perkembangan otak dan mata anak-anak. Ikan air tawar yang juga disebut sebagai ikan berlemak (tak jenuh) mengandung jumlah omega 3 tertinggi.



Secara umum, memang lebih baik jika anak-anak mendapatkan nutrisi dari makanan, seperti itu mereka akan mendapatkan keuntungan dari nutrisi atau zat gizi lainnya (seperti protein dan vitamin D yang ada pada ikan) secara bersamaan. Tapi anak-anak Anda mungkin tidak cukup makan ikan karena satu atau beberapa hal, mungkin karena ketidaksukaannya akan baunya yang amis atau karena trauma makan ikan yang berduri. Hal yang tepat untuk memberi mereka dosis omega 3 yang signifikan, terutama jika Anda mencoba untuk tidak mengolah ikan yang tinggi merkuri.

Panduan Diet 2015 untuk orang-orang Amerika, merekomendasikan bahwa anak-anak berusia 2 sampai 8 tahun baik mengonsumsi 3 sampai 6 ons ikan dan makanan laut per minggu kemudian anak-anak berusia 9 tahun ke atas bisa makan 8 sampai 10 ons per minggu. Jika Anda ingin mencoba suplemen sebagai gantinya, Anda harus tahu bahwa kita tidak memiliki bukti yang meyakinkan bahwa suplemen memberi manfaat signifikan yang sama seperti jika makan ikan.



Anda bisa menemukan suplemen omega 3 di supermarket, apotik maupun situs belanja online dalam bentuk cairan atau sirup, tablet kunyah, dan bentuk soft gel capsule, dan ada beberapa tambahan rasa untuk menutupi ‘aroma ikan’. Suplemen omega 3 bebas merkuri, karena banyak mengandung fish oil, sementara itu merkuri tidak disimpan dalam jaringan lemak, jadi aman. Jika keluarga Anda tidak makan ikan secara teratur, tanyakan kepada dokter anak Anda apakah anak Anda harus mengkonsumsi suplemen fish oil. Suplemen minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang menurut para ahli penting untuk perkembangan otak dan mata anak Anda. Dan fish oil mengandung nutrisi bermanfaat lainnya - seperti vitamin D, yang membantu menjaga kesehatan tulang.

Suplemen memang terasa sedikit mencurigakan, dan bisa jadi sulit memberikannya pada anak. Jika Anda memilih suplemen kunyah, periksa label dengan hati-hati karena mungkin suplemen itu menambahkan gula yang tidak dibutuhkan anak Anda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak-anak Anda dapat mengonsumsinya dengan teratur:

Sembunyikan rasa dalam sesuatu yang lain. Tambahkan beberapa cod fish oil ke botol susu anak Anda, jika anak Anda sudah tidak menggunakan botol, coba tambahkan minyak cod ke smoothie buah atau yogurt.


Gunakan cod fish oil rasa jeruk, lalu dicampur dengan saus apel dan kayu manis. Bisa dipakai untuk membuat bubur oatmeal yang lezat untuk sarapan pagi, atau sebagai tambahan saus di dalam sepotong roti sandwich yang lezat.
Minyak ikan  yang beraroma segar seperti jeruk atau lemon, bisa diaplikasikan pada roti sebelum Anda mengoleskan selai kacang atau selai buah. Selain itu, fish oil yang murni dapat dijadikan sebagai bumbu tambahan pada aneka jenis tumisan dan pasta, bisa juga sebagai campuran saus untuk salad sayur atau kukusan/panggangan sayur.

Kami sekeluarga termasuk yang mengkonsumsi minyak ikan secara rutin. Banyak manfaat yang didapat. Namun yang perlu diperhatikan, pilihlah minyak ikan yang telah terjamin kualitasnya.

12 comments:

  1. Saya masih ingat dulu masih usia SD sering diberi minyak ikan. Pas diminum kadang lengket di pangkal lidah. Hampir muntah jadinya,tapi ga kapok kok 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti makannya dibuka ya? nggak langsung telen, hihi

      Delete
  2. Katanya bagus buat nafsu makan juga ya ini :D Tapi emang kalau ngasih harus disembunyikan di makanan llain kesukaannya, kalau gak gitu gak mau anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau disembunyiin di makanan tetep kerasa baunya sih menurutku

      Delete
  3. mantap ini bu dulu saya menghabiskan 7 botol seperti ini nggakusah sebut produklah , Alhamdulillah sumbatan pembuluh darah membaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, produk yang itu memang bagus buat nyembuhin hipertensi maupun peyumbatan pembuluh darah

      Delete
  4. Udah lama nggak minum minyak ikan, jadi kepengen beli euy. Banyak banget ya manfaatnya :)

    ReplyDelete
  5. Sip, sudah target buat si kecil

    ReplyDelete
  6. Inget zaman sd, pas minyak ikan msh rasa original yg amisnya ampuuun bikin muntah hahahaha.. . Tp dicekokin trs ama papa.. Baru pas aku smu mulai ada yg rasanya enak :p. Trs yg kapsul. Zaman anakku skr, rasanya malah lbh enak dan ga ada amisnya ya mba :p..

    ReplyDelete
  7. Kayanya ada yang sudah dijual dalam bentuk cairan (sirup), mereknya lupa aku. Tapi masih pesimis beli, kali aja rasanya nggak enak buat anak.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyaak spam yang masuk.