13 March 2022

Keseruan Blogger Day 2022

Setelah 2 tahun lalu nggak ikutan BloggerDay, tahun ini saya pun mencoba daftar dan alhamdulillah keangkut. Yeay! Senangnya bisa ikut seru-seruan lagi bersama 100 -an lebih blogger lainnya. 






Mau cerita dikit saat kenalan dengan Bloggercrony Community kira-kira tahun 2018. Aku sekedar tahu aja mbak Wawa sebagai founder dan mas Satto co-foundernya. Tahun 2018 BloggerDay dilangsungkan offline di Jakarta. Aku jadi penikmat keseruannya di sosial media saja. Kemudian tahun 2019, BCC menyelenggarakan BloggerDay di Bandung. Waktu itu pertama kali aku ikut BloggerDay yang pada saat itu diselenggarakan secara offline. Seru banget! Bahkan sampai sekarang nggak lupa dengan keseruan acaranya.

Yang mau baca boleh mampir ke sini: Keseruan BloggerDay 2019 di Bandung

Kemudian pandemi hadir di tengah kita, BloggerDay pun diselenggarakan secara online. Aku lewatkan 2x BloggerDay berarti.

BloggerDay 2022 kali ini diselenggarakan secara hybrid dimana sebagian BCC Squad berada di Hotel Aston Premier Simatupang Jakarta dan yang lainnya hadir via zoom cloud meeting dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Saya menjadi salah satu dari 100 blogger yang berkesempatan untuk mendapatkan souvenir BloggerDay 2022.




Sponsor souvenir ini dari Cera Production untuk BloggerDay 2022 berupa pin, stiker, dan kaos BCC Squad.

Sekedar informasi, Cera Production sebagai sponsor pendukung BloggerDay 2022 memproduksi souvenir kantor, seminar kit kantor, dll. cera Production merupakan perusahaan yang bergerak dalam production service (layanan produksi) untuk kantor swasta dan instansi yang memproduksi Premium Gift Set, Souvenir, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). Selama lebih dari 10 tahun, Cera telah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi. Saat ini Cera dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia.


Kembali ke BloggerDay 2022. Acara dimulai pukul 10 pagi, berlangsung kurang lebih selama 5 jam. As always, BloggerDay selalu memberikan kenangan tersendiri di hati para peserta (khususnya saya). Apa saja keseruannya? Baca sampai selesai, ya. :)

Scale Up Your Skill

Sesuai dengan tema BloggerDay 2022 yaitu #ScaleUpYourSkill, Bloggercrony Community memfasilitasi blogger member untuk terus belajar, menambah ilmu, mengupgrade keahlian, memantaskan diri menjadi pribadi yang unik dan terbaik versi masing-masing.
Ada 3 sesi webinar yang menghadirkan mentor kece yang sudah berpengalaman dengan keilmuan di bidangnya.




Mentor-metor kece ( #BCCMentor ) kali ini diantaranya:

Anwari Natari (mas Away, instagram: @anwarinatari) - Editor dan Dosen Bahasa Indonesia 
Tuhu Nugraha (mas Tuhu, instagram: @tuhunugraha) - Digital Bussines Consultant dan Trainer
Matahari Timoer (mas MT, instagram: @mataharitimoer) - Blogger dan Content Creator
Joe Candra P. (Joe, instagram: @joecandra18) - Blogger dan CEO of Seven Creative Media
Tsurayya Syarif Zain, S.Pd.I.,S.Psi.,M.A (@tsurayya_zain) - Praktisi Psikologi Pendidikan dan Founder Alfalah ed dan sayanganak.id

Acara dibuka oleh sambutan (((sambutan))) dari ketua BCC Akbar Muhibar. Kemudian dilanjut mbak Wawa dan mas Satto sebagai founder dan co-foundernya.
Mbak Wawa bercerita banyak seperti jatuh bangunnya BCC, kemudian kegiatan-kegiatan BCC hingga kini BCC telah 7 tahun selalu memberikan yang terbaik untuk membernya.

Di sini juga diperkenalkan lagi BCC Squad (sebutan untuk pengurus inti BCC).




Kemudian bagi-bagi hadiah. Di puncak perayaan Ulang Tahun BCC yang ke-7 ini memang bertabur hadiah dengan total 15 juta rupiah. Beberapa sponsor berasal dari member BCC sendiri yang tergabung dalam #BloggerPreuneur 


Setelah bagi-bagi hadiah, dimulailah Webinar pertama bersama Mas Away dan mas Tuhu.

Webinar 1

Membahas tentang Dunia Digital: "Metaverse dan Kejahatan berbahasa".

Mas Tuhu menyampaikan bahwa nanti kita bakalan bisa memilih jadi seperti apa, bentuk avatarnya seperti apa, "kehidupan" kita kayak gimana di dunia Metaverse. Banyak potensi dan risiko yang akan dihadapi. Dalam Metaverse, semua orang berinteraksi borderless. Ada tools yang membuat orang bisa mengerti bahasa lain. Tak perlu jago bahasa Inggris jika ingin berbicara dengan orang yang berbeda bahasa.

Suatu saat nanti di metaverse, interaksi terasa lebih real. Kita merasa punya dunia lain, benar-benar rasanya seperti bertemu langsung.



Pemaparan dari mas Tuhu memberikan sudut pandang baru bagi saya. Saya jadi teringat saat aak-anak saya bermian Roblox, dalam dunia Roblox mereka sedang lari-lari dan bermain Hide and Seek. Dalam dunia nyata mereka sedang duduk dan rebahan. Heboh sih, ada tertawanya, ada teriakannya namun mereka tetap duduk atau rebahan.

Mas Away sebagai mentor kebahasaan BCC dan ahli bahasa mengingatkan kita untuk hati-hati dengan perkataan, terutama kata sifat yang dijadikan makian. Saran dari mas Away adalah sebagai Blogger kita musti menggunakan deskripsi dengan baik.

Meski standard nilai dan regulasi tiap orang berbeda, namun tetap ada ketentuan tak tertulis di masyarakat tentang sopan santun, dan sebagainya. Kita perlu mengontrol diri sendiri. Apalagi yang punya anak. Sebagai orang tua perlu memperhatikan bahasa dan perilakunya. Be aware karena karakter yang terbangun di metaverse bisa terbawa dalam keseharian.

Selain hal di atas, hal yang memberikan sudut pandang buat saya adalah potensi metaverse mendatangkan keuntungan yang besar karenanya kemampuan story telling blogger dengan mitigasi berupa adab dan cara bertutur yang baik.

Webinar ke-2

Webinar kedua mentor kece kita adalah Mas Matahari Timoer (MT) dan Mas Joe Chandra . Mereka memberikan cara pandang tentang ngeblog secara organik dan monetizing. 



Webinar ke-3

Dimentori oleh kak Tsurayya Syarif Zain, S.Pd.I.,S.Psi.,M.A (@tsurayya_zain) - Praktisi Psikologi Pendidikan dan Founder Alfalah ed dan sayanganak.id

Di sini kak Tsurayya memberikan sudut pandang pentingnya mengembangkan diri sesuai dengan minat dan bakat yang telah dimiliki. Dan memiliki growth mindset agar pemikiran terus berkembang. Kenali potensi diri agar dapat beradaptasi mengikuti perkembangan zaman dan menjadi blogger yang ber-value.



Di akhir acara kemeriahan makin memuncak dengan dibgikannya berbagai macam hadiah. Ini BCC yang ultah, BCC juga yang kasih hadiah untuk para membernya. Senang sekali karena semua kebagian. hahaa

Terima kasih Bloggercrony untuk acara BloggerDay 2022 yang super keren. Selalu menjadi inspirasi untuk bloggers di Indonesia.

Terima kasih pula untuk sponsore yang telah mendukung acara ini:

Cera Production @ceraproduction

Aston Premier Simatupang @astonsimatupang

Mangrove Jakarta @mangrovejakarta.id

ID Cloud Host @idcloudhost

Kata Lensaku @katalensaku.photoworks

Ala Gyoza @alagyoza.id

Digie Food @digiefood.id 

Nyi Pede Souvenir @nyipedesouvenir 

Laluna Kithchen @lalunakitchen.co


Sampai ketemu lagi di Blogger Day 2023 tahun depan.



This entry was posted in

0 komentar:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.