1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

05 January 2018

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Bolehkah ibu hamil makan durian? Seringkali ibu hamil atau bahkan yang enggak hamil pun penasaran dengan hal ini. Suami saya juga penasaran sih, karena istrinya ini pas nyidam kepengin banget makan durian. Lalu karena ada hembusan gosip kalau ibu hamil gak boleh makan durian, jadi was-was juga mau beliin, katanya.



Awalnya saya juga bertanya-tanya bener nggak sih ibu hamil nggak boleh makan durian? Kata orang-orang sih buah durian itu panas, kandungan alkoholnya tinggi, bisa membuat janin gugur, dan lain-lain. Ada pula teman-teman saya yang menghindari sekali buah ini (padahal ya kepengin makan juga pas nyidam). Ambil jalan aman aja untuk kehati-hatian.

Saya setuju banget. Ibu hamil tuh harus menjaga asupan makanannya karena saat hamil apalagi masih hamil muda (trimestes 1) sampai usia 4 bulan itu kondisi janin masih sangat rawan.

Perhatikan Kondisi Rahim dan Kesehatan

Sebelum ibu hamil memutuskan mau makan durian atau enggak, sebaiknya perhatikan kondisi si ibu hamil, ya. Kalau anak pertama sebaiknya jangan makan deh karena kita kan belum tahu kondisi rahim kita kuat atau enggak. Saya pas hamil pertama juga nggak berani makan durian. Takut iya, belum tahu kondisi rahim juga iya. Selain itu, dulu saya masih percaya sama mitos-mitos tentang buah durian. Lalu saya masih tinggal deketan sama keluarga suami, jadi takut diomelin aja sih sama mereka. lol

Sedangkan saat ini saya hamil anak ke-tiga. Setidaknya bisa/punya feeling lah gimana kondisi badan sendiri. Kalau nggak yakin mah mending jangan makan. Karena kondisi rahim tiap wanita kan beda-beda, ada yang makan durian setelahnya merasa perutnya panas, mual-muntah, pusing, dan lain-lain; adapula yang enggak ngaruh. Alhamdulillah saya enggak ada pengaruh apa-apa sih sejauh ini.

Buat yang pernah keguguran atau kondisi rahimnya lemah kataku sih mending jangan. Oiya, kalau masih penasaran, tanyakan atau konsultasikan aja ke dokter, ya, biar jelas. Karena kalau cuma browsing mah kadang jawabannya nggak sesuai sama kondisi kita masing-masing.

Perhatikan Banyaknya Durian yang Dimakan

"Wiiin, jangan banyak-banyak makan duriannya!! Bisa menggugurkan kandungan." kata temanku waktu lihat saya upload foto durian di sosmed.
Iya lah, saya juga tahu ada batasannya. :))

Durian Montong ini emang idolaku banget.
Segala sesuatu yang berlebihan mah pasti enggak baik. Makan durian buat saya sih cuma untuk menghilangkan hasrat kepengin yang menggebu-gebu dan tak tertahankan. Beberapa bulan lalu (usia kandungan 2 bulan) saya dibeliin durian Montong sama Abudi. Walaupun saya suka banget, karena lagi hamil saya cuma makan satu biji doang. Aslinya mah kurang banget!
Tapi itu cukuplah buat menghilangkan ences ini.

Oiya, kayaknya perlu juga pilih-pilih jenis duriannya. Saya pilih durian Montong aja yang jelas. Buahnya tebal dan rasanya enak, enggak nyereng banget. Ada kan durian yang rasanya kerasa nyereng gitu seperti banyak alkoholnya seperti durian pahit dari Medan, rasanya tuh manis dan ada nyereng-nyerengnya. Durian Purworejo juga katanya ada nyerengnya, ya? (kata yang udah makan sih, soalnya saya belum pernah makan Durian Purworejo). Lalu durian yang biasa dijual di pinggir jalan itu, yang dijualnya 25-50 ribuan, biasanya juga rasanya enggak jelas, kadang manis kadang zonk, enggak enak.

"Wiiin, jangan banyak-banyak makan durian Montongnya!!!!" kata temanku satu lagi.
"Iyaaaa, cyiin. Aku juga tau. hehe"
"Jangan banyak-banyak soalnya harganya mahaaaal!"
*lol

Bagaimana dengan olahan durian?

Ya sama aja sih. Boleh makan, tapi yang harus diingat jangan banyak-banyak. Soalnya bagi durian mania/durian holic mah, bisa kalap kalau sudah makan durian. lol. Saya kadang juga makan eskrim durian, pancake durian, dan olahan durian lainnya kok. Tapi porsinya dikit aja sekadar mencicipi.

pancake durian

Jadi gimana? Masih penasaran apa boleh ibu hamil makan durian? Banyak baca tentang kandungan gizi buah durian, mitos-mitos tentang buah durian untuk ibu hamil, dan sebagainya. Masih enggak yakin setelah browsing? Tanyakan langsung ke dokter ya, minta penjelasan selengkap-lengkapnya. Kalau jawabannya beda dengan apa yang saya tulis, boleh banget dong dishare pengetahuannya dengan saya di kolom komentar.

Salam Bumil Happy :)

10 comments:

  1. nggak hamil saja bu nggak boleh makan banyak durian, apalagi kalau penderita hipertensi kalau sedikit ma hnggak apa kan

    ReplyDelete
  2. Imut banget duriannya, warna warni lagi.
    Aku setuju, apapun itu kalau kebanyakan jadinya ga bagus yaa teh Uwien, ga hamil juga kebanyakan makan durian mah bisa mabok

    ReplyDelete
  3. Dlu waktu hamil si ken aku jg makan durian mbk. Pas trimester kedua. Cm gk brani bnyak2 mbk win. Soalnya duren khas sini itu sprti yg mbk win sebutin di atas. Ada nyereng2nya.
    Sehat selalu ya bumil. Amin 😊

    ReplyDelete
  4. memang durian itu menggiurkan dengan aromanya bagi yg suka ya, anak sulungku baunay saja dia sudah gak suka. sekarang aku agk lagi mkn durian krn perutku sekarang suka berontak

    ReplyDelete
  5. Saya enggak sempet makan durian pas hami, tapi kalau nanas mah suka bahkan karena nanas pagi-pagi besok nya langsung lahiran, sehat terus bumilll

    ReplyDelete
  6. Ahahaha baca ini saya teringat masa-masa hamil dulu, mbak. Kebetulan banget rezeki kena musim buah melulu, mulai dari mangga, durian, rambutan, kasturi, cempedak, semuanya ada di 9 bulan kehamilan saya.
    Durian saya dulu beraninya 3-4 potong, lebih dari itu suami udah beda natapnya. Takut kebanyakan kali ya, soalnya kami pecinta durian. Hehe

    ReplyDelete
  7. Kebanyakan makan durian juga bikin pusing xD

    ReplyDelete
  8. boleeeh... asal aku dikasih hahahha... enggaklah, boleh aja kok asal ga berlebihan...

    ReplyDelete
  9. Karena punya pohon durian (cie gaya) saat hamil Kalki dan Kavin hampir selalu nyicip durian sebutir dua butir, syukurlah nggak ada masalah serius dengan kehamilan saya. Saya nggak terlalu suka olahan durian, selalu aja makan buahnya yang asli :P

    ReplyDelete
  10. Pas hamil Neyna tuh ngidam montong nyari2 dapet di superindo cibabat tea teh hahaha udahannya cuman makan secolek abis itu ngidam pancake durian lagi2 cuman abis sebiji wkwkwk..gpp sih asal emang jangan berle..bihan :P

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)