1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

24 January 2018

Tips Belanja Lukisan Abstrak Online Agar Rumah Makin Artistik

Beberapa waktu lalu, saya dan Abudi mengunjungi kakeknya anak-anak di rumahnya. Saat kami datang, beliau tengah memberi makan ikan di kolam kecil yang beliau buat sendiri. Aku suka dengan cara beliau merawat rumah sehingga rumah menjadi nyaman asri dan enak dipandang. Diantara berbagai macam dekorasi rumah dan ornamen, lukisan abstrak adalah salah satu pajangan artistik di rumah mertua saya. Babeh (begitu kami memanggil ayahnya Abudi) menyukai jenis lukisan ini. Karya seni ini beliau pajang di ruang tamu, ruang keluarga juga di kamar beliau. Dari pandangan saya yang awam dengan seni lukis khususnya lukisan abstrak, menurutku gambarnya tuh nggak jelas bahkan terkesan ngasal. Namun kata Babeh justru di sanalah letak keindahannya.



Lukisan abstrak terpopuler dan cocok untuk rumah minimalis. Rumah babeh yang terdiri dari empat lantai di daerah Margaasih, Bandung ini memang lumayan banyak menyimpan lukisan. Bagi penyuka gaya rumah minimalis seperti beliau, lukisan abstrak paling pas jadi hiasan, katanya. Kata Babeh, dalam menempatkan lukisan atau dekor rumah itu harus pinter-pinter milih supaya pas dengan konsep rumah. Perhatikan komposisi warna juga ukuran kanvasnya.

Waktu ngobrol-ngobrol dengan beliau, Babeh banyak bercerita dan memberikan saya saran saat memilih lukisan untuk dekorasi rumah. Katanya, sekarang ini banyak lukisan yang sedang populer seperti:

Kanvas atau panel lebih dari satu. Saat ini kata babeh sedang populer banget lukisan yang memakai kanvas lebih dari satu yang punya kesatuan komposisi warna juga desain. Bentuk kanvasnya ada yang potrait ataupun landscape bahkan campuran keduanya. Lukisan ini terlihat modern dan unik. Kekhasan model ini adalah tidak menggunakan frame sehingga kanvas digantung apa adanya.
Gambar minimalis. Biasanya pelukis hanya membuat gambar abstrak ukuran kecil dan sengaja menyisakan ruang kosong sehingga lebih menyatu dengan desain interior ruangan.
Batik painting. Produk ini dibuat selayaknya pembuatan batik pada kain. Gambarnya memang terlihat ramai. Babeh bilang nggak masalah biarpun gambarnya ramai asal penempatannya yang benar yaitu di dalam ruangan.



Kami lanjut ngobrol lagi. Babeh memberikan tips pada kami yang awam tentang cara memasang lukisan abstrak agar suasana rumah semakin indah. Pemasangan yang mainstream biasanya kan hanya digantung begitu saja di tembok. Babeh ngasih tips bahwa lukisan juga bisa ditata dengan cara-cara yang nggak biasa. Nah, berikut cara memasang lukisan yang nggak biasa:

Menyimpannya di atas lemari atau rak begitu saja.
Menyandarkannya begitu saja di dinding. Paling cocok jika ukuran lukisan lumayan besar dan kurang pas kalau disimpan di atas rak atau lemari.
Tempel asal dengan memakai selotip. Ada satu lukisan yang memang Babeh pasang dengan menggunakan selotip di ruang keluarga di lantai dua. Cara ini cukup bikin koleksi beliau terlihat semakin artistik.
Pakai perabotan khusus untuk display. Alat ini biasanya terbuat dari kayu. Kita tinggal menggantungkan frame pada paku yang sudah dipasang pada kayu tersebut.
Memanfaatkan tangga sebagai rak buku gratis. Hal ini pun dilakukan Babeh untuk tangga menuju lantai tiga. Di rak ini juga ada beberapa koleksi lukisan yang ukurannya kecil.

Panduan beli lukisan abstrak online agar tak salah ukuran:

Beberapa lukisan di rumah Babeh, ada yang beliau lukis sendiri namun banyak juga yang beli di street galery. Ada juga yang beliau beli lewat toko online. Saat hunting lukisan abstrak, beliau selalu memastikan kalau ukurannya pas sehingga enak dilihat saat dipajang serta nggak merusak konsep rumah yang sudah ada. Agar tidak salah ukuran, sebelum membeli harus mencari dan memilih toko online yang trusted. Ada satu toko yang jadi pilihannya. Tahun lalu, beliau membeli satu lukisan abstrak di Qlapa.com, marketplace yang menyediakan berbagai macam produk handmade, salah satunya adalah lukisan abstrak.



Oke, saya pun ikut penasaran dengan marketplace ini. Soalnya baru denger ada marketplace khusus menyediakan barang-barang handmade. Oh ya ampuuun, racun banget niiih. Saya yang menyukai barang-barang handmade enggak bisa nahan godaan. huhuhu.

Saya lalu bertanya ke Babeh, gimana cara belanjanya. Cara berbelanja di sana cukup mudah ternyata. - Kita cukup memasukkan keyword produk yang kita inginkan di kotak pencarian.
Nah, untuk mempersempit pencarian, pakai keyword yang lebih spesifik sesuai jenisnya, misalnya lukisan abstrak.
- Selanjutnya, cek bagian detail produk, di sana ada penjelasan mengenai media, cat yang digunakan, proses pembuatan serta ukuran kanvas. Penjual juga biasanya memberikan panduan mengenai rentang lebar dinding yang tepat untuk pemasangan karya seni ini. Jadi memudahkan banget buat milih-milih.
- Selanjutnya tambahkan ke keranjang dan step seperti belanja online pada umumnya.

Lho, emangnya aman kalau belanja lukisan abstrak online?
 Aman kok, asal belinya di tempat yang tepat yaitu Qlapa.com. Di sini kita bisa mendapatkan produk handmade langsung dari pengrajinnya. Termasuk lukisan. Di sini ada banyak pilihan desain yang...oh yaampun keren-keren. Tinggal sesuaikan saja dengan selera dan kebutuhan. Kata Babeh sudah banyak yang memilih nyari lukisan di sini karena fotonya real dan proses belanjanya gampang. Salah satunya ,ya , Babehku ini. Gimana, minat untuk mencobanya?



Obrolan dengan Babeh memang enggak bisa sebentar. Apa saja beliau ceritain. Obrolan kami berlanjut ke cara merawat lukisan abstrak agar warna tetap “matang”. Oh ya ampun, obrolannya nggak jauh sama koleksi-koleksi beliau. maklumin aja gaes, dengerin aja. hihi

Perawatan ini penting banget lho untuk benda-benda seni, karena tanpa perawatan yang benar, keindahan karya seni ini akan berkurang. So, ikuti tips perawatan ala Babeh berikut ini, ya:

Hindari dari dinding lembab serta usahakan ruangan tempat penyimpanan mendapatkan pencahayaan cukup. Tidak terlalu gelap, juga tidak terkena sinar matahari langsung.
Gunakan paku yang kokoh dan tebal seperti paku baja. Nggak mau kan lukisan kesayanganmu jatuh dan rusak gara-gara pakunya nggak kuat menopang?
Bersihkanlah ketika diperlukan, misalnya kalau debunya sudah tebal. Saat membersihkan, jangan menyentuhkan tangan langsung pada lukisan. Cukup pegang bagian pinggirnya saja. Gunakan kain micro fiber atau sikat lembut agar tidak merusak cat.

Obrolan kami terhenti sebentar karena sudah waktunya makan siang. Di ruang makan sudah ada menu kesukaan beliau sayur asem dan penyempurnanya (nggak usah dibilangin kalau ada ikan asin+sambal terasi+krupuk udang nanti ngiler loh, lol). Di ruang makan ini juga tergantung sebuah lukisan abstrak yang entah apa artinya.

Kalau manteman sendiri, dekorasi apa yang disuka dan paling banyak menghiasi rumah?

8 comments:

  1. Klo ada lukisan rumah jd berasa makin berwarna ya teh :D

    ReplyDelete
  2. Samaaa saya juga suka lukisan dan bunga untuk dekorasi rumah hehe

    ReplyDelete
  3. lukisannya menambah nuansa rumah jadi lebih berwarna

    ReplyDelete
  4. lukisan abstrak ini susah dipahami maknanya tapi tetap indah dipandang mata sih menurutku

    ReplyDelete
  5. Mantap nih lukisan nya, cocok untuk penghias ruangan

    ReplyDelete
  6. Benar juga, kalau ukurannya agak besar dan ingin menambah nilai artistik nya, bisa kita sandarkan begitu saja di dinding.. lebih cool

    ReplyDelete
  7. Lukisan abstrak itu aesthetic ya, rumah jadi lebih bagus kalau ada lukisan emang.

    ReplyDelete
  8. Bagus nih lukisan abstrak, nggak kefikiran juga sih kalau lukisan abstrak bisa mempercantik rumah.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyaak spam yang masuk.