19 February 2021

Bunda Wajib Tahu, Berikut 5 Menu Sarapan yang Sehat dan Bergizi untuk Anak

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/healthy-food-children-eat-fruits-vegetables_9046374.htm#page=1&query=healty%20food%20for%20kids&position=8


Sarapan menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan, karena besar sekali manfaatnya bagi tubuh. Jadi penting bagi setiap orangtua agar membiasakan anak anak untuk sarapan di pagi hari.

Dalam hal ini, tentu anda ingin memberikan asupan gizi terbaik bagi buah hati tercinta. Maka dari itu, berikut ide menu sarapan yang sehat dan bergizi untuk anak yang dapat anda coba.

1. Roti dan Telur

Anak anak terkadang ada saja yang enggan mengonsumsi makanan berat seperti nasi di pagi hari. Jadi anda bisa menggantinya dengan menu lain yang juga mempunyai kandungan karbohidrat seperti roti. 

Karbohidrat adalah salah satu sumber energi yang terbesar untuk anak, disebutkan bahwa mereka membutuhkan setidaknya 50 hingga 60 persen dari total kalori. Oleh karena, sebaiknya para orang tua mengetahui pedoman makanan gizi seimbang, agar pola makan anak dan keluarga bisa terkontrol dengan baik dan tidak berlebih.

Lalu, telur sendiri begitu baik dikonsumsi sebagai menu sarapan, karena bisa meningkatkan rasa kenyang serta membantu menjaga kadar insulin dan kestabilan gula darah.

Selain itu, bagian kuning telur memiliki kandungan zeaxanthin dan lutein. Dimana antioksidan tersebut dapat membantu mencegah risiko gangguan mata. Di sini anda bisa mencoba telur orak arik atau lainnya.

Telur yang mempunyai kandungan protein tinggi, diklaim mampu menjaga tubuh agar tetap kenyang sehingga membuat anak jauh lebih fokus dan siap dalam beraktivitas. Ini menjelaskan bahwa asupan protein penting untuk diberikan di pagi hari.

2. Smoothies

Menu sarapan yang sehat dan bergizi untuk anak dengan kandungan protein tinggi lainnya yakni smoothies. Menariknya lagi, menu satu ini bisa anda hidangkan dengan cara yang super praktis karena hanya memerlukan alat berupa blender.

Anda pun bisa mengkreasikannya sesuka hati, misalnya dengan menggunakan campuran dari madu, yogurt, buah buahan beku, susu, maupun oatmeal. Bahan bahan ini juga dapat menjaga tulang sui kecil dan sistem pencernaannya.

3. Sereal atau Oatmeal

Oat merupakan biji sereal utuh yang memiliki banyak manfaat dan keuntungan, bahkan bahan ini dibilang jauh lebih baik dibandingkan beras.

Ini karena sereal dari biji bijian tersebut mengandung serat, antioksidan, vitamin B, protein, dan mineral seperti tembaga, magnesium, zat besi, juga zinc yang baik untuk tubuh.

Menu sarapan yang sehat dan bergizi untuk anak satu ini dapat mengurangi risiko dari penyakit jantung, mencegah diabetes serta kenaikan berat badan, hingga memiliki dampak baik pada kesehatan pencernaan.

Agar terasa nikmat, anda bisa menghidangkan oatmeal dengan yogurt, susu rendah lemak, maupun buah buahan yang disukai buah hati.

4. Buah Buahan Sehat

Tentu sudah bukan rahasia lagi jika buah buahan mengandung berbagai vitamin, yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Bahkan buah buahan juga memiliki kandungan serat serta air yang tinggi, sehingga sangat mengenyangkan. Beberapa jenis buah yang bisa anda pilih sebagai menu sarapan di antaranya pisang, buah beri, atau jeruk.

5. Greek Yogurt

Bila dibandingkan dengan yogurt biasa, greek yogurt mempunyai kandungan protein yang jauh lebih tinggi sehingga dinilai lebih bergizi. 

Terlebih yogurt ini mempunyai konsentrasi probiotik yang baik, jadi mengonsumsinya bisa membantu usus sekaligus sistem pencernaan bekerja dengan baik. Tidak heran jika greek yogurt tepat menjadi menu sarapan yang sehat dan bergizi untuk anak.


Itulah beberapa menu sarapan yang bisa anda hidangkan untuk anak. Berbagai kandungan yang dimiliki oleh bahan bahan di atas, dinilai sangat baik dan memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan Program 12 Hari Realfood Stay Fit yang bisa dikonsumsi oleh anak usia 1 tahun ke atas. Dengan kandungan ekstrak sarang walet dan Epidermal Growth Factor (EGF) mampu meningkatkan sistem imun tubuh, meningkatkan daya ingat, hingga menemani si kecil untuk tetap aktif sepanjang hari.

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.