03 February 2021

Kapan Anak Mulai Belajar Membaca?

Membaca kerap dijadikan acuan pencapaian anak. Keluarga Kiddo pasti menerapkan tujuan dan visi untuk si kecil, bahkan sebelum mereka lahir. Faktanya, tiap anak berbeda dan istimewa dengan caranya masing-masing. Ada yang lebih cepat membaca dan ada yang tumbuh menyukainya. Lalu kapan anak belajar membaca dan kapan mereka harus lancar melakukannya?

kapan anak mulai belajar membaca


Tentukan Waktu Tepat, Kapan Anak Belajar Membaca

Pendidikan Usia Dini sebelum sekolah dasar bahkan tidak disarankan untuk mengajari si kecil membaca. Hal ini diberlakukan oleh Diknas untuk memastikan anak tidak terbebani dengan membaca. Jadi pertanyaan kapan anak belajar membaca bisa disimpulkan pada usia Sekolah Dasar. Apa saja fakta yang ada mengenai hal ini?

1. Usia satu tahun

Apakah tidak terlalu dini kalau anak belajar membaca sejak usia 1 tahun? Bisa jadi. Kalau cara belajarnya seperti mendengarkan cerita, melihat buku dengan ilustrasi yang banyak, anak tentu senang. 

Keluarga Kiddo bisa mengenalkan huruf dan pengucapannya terlebih dahulu. Berlatih dengan berbagai tulisan yang ada di ruang publik seperti perpustakaan, bioskop atau pinggiran jalan. Tentu selain menyenangkan juga tidak butuh banyak persiapan. 

2. Usia 2 – 4 tahun

Apakah usia balita sudah bisa diajari bagaimana membaca? Tentu. Mari Ayah dan Ibu mulai sesuai dengan usianya. Saat ini si kecil masih mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasarnya. Keluarga Kiddo bisa melatih anak untuk memegang benda seperti pensil, kapur, kayu dan benda lain yang aman. Anak bisa diajarkan membaca semuda usia ini, tentu dengan materi yang disesuaikan dengan usia. 

Latih anak untuk membuat garis, lengkungan atau bentuk dengan benda-benda tersebut. Fokuskan untuk bentuk yang menyerupai huruf. Sehingga, saat waktunya tiba untuk mengenalkan huruf, anak akan lebih siap. Ini adalah tahapan pengenalan yang lebih menitik beratkan latihan motorik. 

Baca juga: Usia Berapa Melakukan Toilet Training?

3. Usia 4-5 tahun 

Anak pada usia tersebut berada di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau TK (Taman Kanak-Kanak). Kapan anak belajar membaca saat mereka sudah masuk jenjang pendidikan ? Saat ini, pengajaran membaca adalah sebatas pengenalan huruf. Namun banyak sekolah yang mengenalkan buku bacaan anak-anak untuk dibaca sendiri dirumah. 

Pada usia ini hendaknya orang tua bisa dengan disiplin membawakan cerita sebelum tidur. Walau anak belum lancar membaca, namun mereka dapat mendengarkan suara ibu membacakan cerita untuk mereka. 

Pada usia ini juga anak mengembangkan sistem proprioseptif. Mereka dapat membayangkan bentuk huruf dengan menuliskannya, bernyanyi atau menuliskan pada punggung atau udara. Materi pun diajarkan sambil bermain dan bersenang-senang. Bisa dengan bernyanyi, menari atau melakukan kegiatan seni seperti menggambar dan melukis. 

Baca juga: Ide Permainan Anak Usia 4 Tahun

4. Usia 6-7 tahun 

Pengenalan bentuk huruf dan mengenal berbagai cerita pada usia Sekolah Dasar (SD) adalah hasil dari pembiasaan pada usia dini. Usia inilah yang dinilai paling ideal untuk belajar membaca dengan fokus dan setting belajar. Jadi, sesi main, bernyanyi dan menari digantikan dengan duduk manis, mendengarkan guru dan materi bacaan yang full tulisan. 

Anak bisa diajak mengeja, menyusun kalimat dan mulai membaca buku pelajaran. Pada usia ini, anak dapat dikenalkan dengan buku bacaan dengan jumlah kata yang disesuaikan dengan pilihan yang tersedia. Pada usia ini anak sudah lancar menggunakan pensil atau pulpen. Sehingga bacaan bisa dituliskan kembali atau ditarik kesimpulan.

Baja juga: Parenting Rasulullah

4. Usia 7-8 tahun

Kemampuan membaca diharapkan bisa lancar pada saat anak umumnya duduk di kelas 2 atau 3 SD. Suatu hal yang umum untuk membimbing anak pada usia tersebut. Dengan latihan yang cukup pada usia dini, saat anak mencapai usia masuk sekolah kemampuan baca sudah meningkat. 

Kapan anak belajar membaca tulisan panjang dan tanpa gambar? Anak perlu dibiasakan membaca tanpa para ayah dan ibu takut bacaannya terlalu panjang dan membosankan. Anak bahkan bisa diminta mencerita kembali, mempelajari tata bahasa serta hendaknya sudah tidak mengeja lagi. 

Ini adalah usia keemasan untuk menyebarkan kesukaan untuk buku dan kegiatan membaca. Kalau Keluarga Kiddo berhasil menerapkannya, maka Anda tidak akan kesulitan mengajak anak untuk membaca. Cari tema yang disukainya untuk membuat lebih semangat dalam membimbing anak. 

5. Usia 8 tahun ke atas

Secara umum, bila anak terlambat bisa membaca, pada usia 8 tahun hal ini sudah teratasi. Mereka mahir membaca dengan intonasi, tata bahasa dan pemahaman yang baik. Bila anak Anda masih belum bisa lancar membaca, maka sebaiknya Anda mulai mendampingi sang buah hati.

Kalau Anak mengalami kesulitan membaca pada usia ini, makan saatnya Anda melakukan pemeriksaan menyeluruh. Ada berbagai hal yang dapat menyiasatinya. Kamu bisa memeriksakan Anak untuk kemungkinan speech delay atau penyakit Disleksia. Karena, pada usia ini, secara umum anak sudah mahir membaca walau tidak lancar. 

Diharapkan, anak pada usia ini dapat menikmati berbagai bacaan seperti fiksi, non-fiksi, cerita pendek, novel dan masih banyak lagi. Jadi bacaan dijadikan media untuk mempelajari hal lain yang tidak Keluarga Kiddo bayangkan sebelumnya. 

Tidak mudah mengatakan dengan pasti kapan anak belajar membaca. Karena ada waktu yang tepat untuk seorang menguasai kemampuan ini. Jawaban bebasnya adalah sedini mungkin. Keluarga Kiddo perlu memberikan materi bacaan untuk membuat anak menyenangi terlebih dahulu hobi yang satu ini. 

Lancar membaca bukan satu keahlian yang dikuasai dalam waktu semalam. Ada tahapan yang perlu dilalui. Dengan demikian kegiatan membaca bisa menyenangkan bila sering dilakukan. Kunjungi kiddo.id jika keluarga Kiddo ingin memaksimalkan potensi anak dengan aktivitas yang seru dan pastinya positif seperti playdate, workshop bahkan sampai kelas online yang bisa keluarga Kiddo dan si kecil ikuti dari rumah.

Kelas online dari kiddo ini merupakan pembelajaran interaktif berbasis video (pre-recorded) untuk anak. Tiap series dari pembelajaran video ini bisa berisi 3 sampai 5 video dengan durasi 10-15 menit yang tentu tidak akan membuat si kecil bosan. Yuk tunggu apa lagi, langsung cek beragam kelasnya di kiddo.id ya.


Referensi:

https://m.kiddo.id/

https://mommiesdaily.com/2019/09/13/usia-ideal-anak-belajar-dan-bisa-membaca/#:~:text=Dokter%20Ajeng%3A%20Aktivitas%20belajar%20membaca,huruf%20dan%20angka%2C%20dan%20sebagainya.

https://www.halodoc.com/artikel/kapan-waktu-yang-tepat-anak-mulai-belajar-membaca

https://tirto.id/berapa-usia-tepat-bagi-anak-belajar-mengenal-huruf-dan-angka-ernp

https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/usia-berapa-seharusnya-anak-anda-mulai-membaca-/


0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.