17 July 2020

Supplier Sembako untuk Usaha Kuliner

Dulu saya dan a Budi pernah menggeluti usaha di bidang kuliner. Pada awal pembukaannya, Alhamdulillah berjalan dengan baik. Bahan baku saya dapatkan di supplier sembako di pasar induk yang lengkap serta murah. Lama kelamaan, karena sudah langganan membeli di penjual yang sama, kami minta kepada penjualnya untuk mengirim barang ke alamat usaha kami. 

Beberapa Minggu berjalan nggak ada masalah. Lalu tiba-tiba suatu hari si penjual nggak mengirim barang yang kami pesan. Nggak memberikan kabar sebelumnya. Panik dong karena kami ada pesanan. Sementara bahan baku nggak ada, apa yang mau diolah? Mau membatalkan orderan nggak bisa juga, karena itu akan mengurangi kepercayaan pelanggan kepada kami.

Masalah lain dengan supplier sembako juga pernah kami alami waktu menjadi pemasok salah satu merek keripik singkong terkenal. Bahan utama yang dikirimkan berbeda jenis dengan jenis singkong sebelumnya. Alhasil, keripik yang dhasilkan pun nggak sebagus biasanya karena jenis dan kualitas singkongnya berbeda. Dapat SP dong dari manajemen kripik singkong terkenal itu. Huhuhu, sebuah pengalaman berharga untuk usaha kami. Harusnya punya supplier jangan satu aja nih. 

Supplier Sembako untuk Usaha Kuliner


Memilih supplier untuk usaha kuliner ini susah banget nemu yang benar-benar bangus, terpercaya, dan kredible. Namun sekali mendapat supplier yang pelayanan, produk, dan kredibilitasnya bagus maka usaha insyaAllah akan berjalan lancar. 

Seperti usaha ayam bakar milik  seorang  teman. Beliau membuka sebuah restoran yang menyediakan ayam bakar. Dari beliau membuka resto ayam bakar tersebut sampai sekarang sudah jalan bertahun-tahun, untuk rasa serta dan kualitas daging ayamnya tuh nggak berubah sama sekali. Tetap empuk, enak dengan rasa yang tetap sama, ukurannya masih sama, dan wow-nya lagi harganya pun masih sama. 

Saya tanya ke ibu pemiliknya, katanya, beliau membeli ayam untuk usaha kulinernya itu dari satu supplier yang memang mempunyai peternakan sendiri. Serta memilih ayam yang masih muda dengan umur sekian hari. Jadi meskipun setiap hari beliau membuat ayam bakar ribuan porsi, rasanya tetap sama. Beliau juga memastikan ayam-ayam itu halal (disembelih dengan cara Muslim) dan memastikan kehalalannya.

Waaah salut saya tuh dengan beliau. Memilih supplier restoran memang harus jeli. Karena jika tidak, maka usaha kita menjadi taruhannya.

Tips Memilih Supplier Sembako


Nah, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih supplier sembako maupun memilih supplier restoran agar Anda tidak mengalami hal seperti yang saya alami.

Perhatikan Produknya

Pada saat awal pencarian supplier, yang pasti dilihat adalah kondisi produknya. Bagaimana produk yang supplier punya apakah berkualitas atau tidak. Bagus atau tidak. Dan sesuai dengan yang Anda butuhkan atau tidak. Bila perlu, minta sample-nya. Seperti yang dilakukan teman saya tersebut di atas yang memastikan penyembelihan ayamnya atau memilih supplier restoran yang terjamin kehalalannya. 

Perhatikan kapasitas supplier

Ini penting sekali dilakukan. Pilih supplier yang bisa menyediakan produk yang banyak. Jika suatu saat usaha Anda berkembang, si supplier tetap bisa menyediakan pemintaan Anda. Sehingga Anda tidak perlu mencari suplier lain.

Seperti yang dilakukan teman saya di atas. Beliau langsung “ngambil” di peternakan langsung. Selain karena harga yang lebih murah, ketika restonya maju seperti sekarang tetap mendapat kualitas ayam yang sama.

Perhatikan Track Record Supplier

Pada saat mencari supplier sembako untuk usaha kuliner Anda, sebaiknya mencari tahu informasi dari berbagai sumber. Bisa dari media sosial maupun dari website supplier (jika sudah memiliki keduanya).

Perhatikan Kerjasama yang Jelas

Kerjasama yang jelas itu ada perjanjian jelas, kalau perlu hitam di atas putih agar menghindari kejadian yang tak diinginkan. Misalkan dengan adanya jaminan kualitas yang terjaga maupun jaminan pengembalian barang.

gofresh supplier sembako restoran


Dimana Bisa Mendapatkan Supplier Sembako yang Terpercaya?


Sudah tahu belum? Sekarang tuh sudah ada supplier kebutuhan bahan baku usaha yang mudah diakses lewat smartphone, lhoh. Coba  pakai GoFresh, Supplier Bahan Baku Restoran termasuk supplier sembako, termasuk daging sapi/ayam, sayuran, telur dan lainnya.

Dengan layanan GoFresh, kita tuh dapat kemudahan pada saat proses pemesanan, terus ada jaminan ketersediaan dan kualitas bahan. Nggak hanya itu, kita diuntungkan dari segi harga yang relatif murah, serta bisa melakukan penjadwalan pemesanan dari supplier. Gofresh ini hanya bisa digunakan bagi Mitra Usaha Gojek yang sudah menggunakan aplikasi GoBiz.

Keunggulan Menggunakan GoFresh untuk mencari Supplier Sembako

Selain bisa mendapatkan sembako dan kebutuhan restoran yang segar, Anda juga mendapat beberapa kemudahan diantaranya:
  • Gratis Biaya Pengiriman untuk minimal pembelanjaan Rp 300.000
  • Pilihan waktu pengiriman fleksibel yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda
  • Pilihan metode pembayaran yang beragam, bisa menggunakan GoPay, Virtual Account, Alfamart, bank Permata, saldo GoBiz dan kartu kredit.
Yuk, gunakan GoFresh untuk kemudahan mencari supplier sembako maupun kebutuhan restoran Anda. 

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.