06 December 2018

5 Wisata Ramah Anak dan Instragamable di Jogja

Halo semua! yeaaa .. tiket kereta api mudik ke Purworejo sudah di tangan. Begitu juga tiket pulang ke Bandung. Musti dari jauh hari belinya. Kalo enggak, biasanya sih nggak kebagian. Bisa blaik! Nah, Sekalian mudik, pengennya nanti mau main ke Jogja, nih. Banyak wisata di Jogja yang mampu memikat para turis untuk selalu datang lagi. Bukan hanya bisa dikunjungi oleh para orang dewasa saja, tapi yang ramah untuk anak-anak juga ada. Bahkan nggak hanya menawarkan wahana seru saja, lhoh. Ada pula sarana edukasi agar si kecil bisa bermain sambil belajar.

Ada sejumlah destinasi liburan di Jogja kekinian yang memungkinkanmu untuk membawa anak-anak. Jalan Bareng Bocah mah yang penting anak senang dan menikmati liburannya. Soal budget, kita bisa pilih yang murah meriah bahkan gratis, bisa juga wisata berbayar. Setelah searching sana-sini, saya akhirnya menemukan beberapa wisata di Jogja yang ramah anak. Mau tahu dimana saja lokasinya? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. The World Landmarks Merapi Park

instagram.com/klaudiacici
Ini nih salah satu tempat wisata di Jogja ramah anak dan low budget. Sesuai dengan namanya, di sini kamu akan disuguhkan berbagai landmark terkenal di seluruh penjuru dunia. Misalnya saja seperti:
menara Eiffel, menara Pisa, patung Liberty, jam Big Ben, Forbidden City Cina, dan lain sebagainya.
Bukan cuma bisa foto-foto aja. Kita juga bisa mengenalkan icon dari seluruh penjuru dunia pada anak-anak.

Setelah lelah menjelajah area wisata ini, kamu dan keluarga bisa istirahat di pendopo yang tersedia. Atau bisa juga sambil makan di cafe yang ada di dalam destinasi liburan di Jogja satu ini. Jadi jangan ragu lagi untuk datang ke wisata satu ini. Hitung-hitung sambil pemanasan sebelum berkunjung ke luar negeri yang sesungguhnya.

Alamat: Jalan Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Jogja
Jam buka: Senin-Jumat (09.00-16.30 WIB); Sabtu-Minggu (08.30-17.00 WIB)
The World Landmarks Merapi Park yang menawarkan harga tiket super terjangkau.
Tiket masuk: Rp 15.000.

2. The Lost World Castle

instagram.com/imam_arifin26

Wisata ramah anak di Jogja satu ini mungkin akan mengingatkanmu dengan kastil di zaman kerajaan Eropa. Nggak heran kalau destinasi liburan ini sukses menjadi pusat perhatian sampai saat ini. Area wisata yang ada di kaki Gunung Merapi ini memiliki beberapa bangunan unik yang akan membuatmu seolah nggak berada di Jogja.

Mulai dari kastil bergaya Eropa kuno, pohon-pohon bunga sakura, tenda-tenda indian, replika Stonehenge hingga patung dinosaurus pun ada di The Lost World Castle.
Untuk kamu yang gemar foto, tempat ini recommended untuk kamu. Tentu saja kamu bisa ajak si kecil untuk berpose. Sebaiknya kalau datang ke sini datang ketika cuaca cerah. Sebab kalau beruntung, kamu bisa menyaksikan kegagahan Gunung Merapi.

Alamat: Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Jogja
Jam buka: Senin-Jumat (07.00-18.00 WIB); Sabtu-Minggu (06.00-18.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 25.000


3. Sindu Kusuma Edupark


Sudah pernah menyaksikan film dengan format 2D, 3D atau bahkan 4D? Tapi bagaimana dengan 8D? Nah, di Sindu Kusuma Edupark ini kamu bisa menyaksikannya. Didukung dengan tekonologi Korea, Cinema 8D dijamin akan membuat kesan tersendiri bagi para penontonnya.

Selain itu, ada beberapa wahana yang ada di sini. Harganya pun cukup terjangkau, seperti:

Tarif cinema 8D: Rp 30.000
Tarif cakra Manggilingan (ferris wheel dengan ketinggian 48 meter): Rp 10.000
Tarif pit egrang (segway): Rp 40.000
Tarif montor tumbur (bumper car): Rp 10.000
Tarif panggon lunjak (trampolin): Rp 15.000
Tarif kursi mabur (flying car): Rp 15.000
Tarif sepur kluthuk (kereta): Rp 5000
Tarif sepeda mabur (flying bicycle): Rp 10.000
Tarif komidi putar: Rp 10.000

instagram.com/robbys_cool

Selain wahana berbayar, ada pula area yang nggak harus membuatmu menyediakan budget lagi seperti halnya Dino Park dan House of Batik. Tertarik untuk berkunjung ke wisata di Jogja satu ini? Mumpung bisa ajak si kecil juga untuk bermain sambil belajar. Khususnya mengenal kain batik yang merupakan warisan budaya Indonesia.

Alamat: Jalan Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jogja
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 09.30-23.00 WIB
Tiket masuk: Rp 7000 (tiket terusan); tapi ada beberapa wahana yagn memiliki tarif akses masuk sendiri.

4. Taman Pelangi Monjali


instagram.com/ratna_cherishouse

Kalau wisata di Jogja satu ini bisa dinikmati saat malam hari. Bagi yang seharian bekerja, recommended banget untuk datang ke sini sambil membawa si kecil. Keindahan warna warni pelangi buatan dalam bentuk lampion di sebuah taman yang mengelilingi Monumen Jogja Kembali (Monjali). Seru kan?

Tampat ini cocok banget untuk kamu yang punya hobi foto-foto. Warna-warni lampion semakin mempercantik hasil jepretan. Sambil foto-foto, kamu juga bisa mengenalkan beragam warna yang dihasilkan oleh lampion pada anak-anak Jadi liburan bisa sambil belajar, kan?

Puas foto-foto, ada beberapa wahana seru untuk hiburan si kecil, seperti trampolin, becak mini, bom bom car, perahu duyung, permainan bola air hingga puri hantu. Harga tiketnya murah cocok buat yang mencari tempat wisata low budget.

Alamat: Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Jogja
Jam buka: Senin-Kamis (16.30-22.00 WIB); Jumat-Minggu (17.00-23.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 10.000 (Senin-Jumat); Rp 15.000 (Sabtu-Minggu)


5. Taman Pintar


Belajar nggak melulu bikin bosan. Seperti halnya yang bisa dilakukan di Taman Pintar Jogja ini. Di wisata Jogja ini, si kecil pasti akan menikmati setiap wawasan yang diterimanya dengan suka cita.
Misalnya saja belajar tentang gelombang suara.

Perlu kamu ketahui, Taman Pintar menyediakan "Dinding Berdendang" dan "Pipa Bercerita" agar si kecil mudah memahaminya. Ada pula "Cakram Sprektrum Warna" yang memungkinkan si kecil memahami warna dengan mudah.

Masuk ke bagian indoor Taman Pintar, ada lebih banyak atraksi yang nggak kalah menarik. Mulai dari Ruang Sains & Teknologi hingga Ruang Profesi yang memperkenalkan si kecil pada beragam profesi sampai mengarahkannya pada cita-cita mereka.

instagram.com/irene.yualita

Selain itu, ada juga wahana di Gedung Oval yang memungkinkan si kecil untuk memperoleh informasi tentang sejarah terbentuknya alam semesta. Terowongan bawah air pun ada di sini. Apakah hanya itu saja? Tentu saja masih banyak wahana, seperti ada ruang dengan beragam jenis dinosaurus, bioskop 4 dimensi, laboratorium sains dan lain sebagainya.

Super lengkap dan dijamin si kecil akan suka. Jadi jangan ragu lagi untuk berkunjung ke Taman Pintar.

Alamat: Jalan Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Jogja
Jam buka: Selasa-Minggu (08.30-16.00 WIB)
Tiket masuk: Rp 10.000 (anak-anak); Rp 18.000 (dewasa)

Itulah beberapa wisata ramah anak dan instagramable di Jogja. Kamu, sudah pernah mengunjungi tempat wisata tersebut?

1 comment:

  1. Tempatnya kelihatan menarik semua. Tetapi, yang paling menarik adalah harga tiketnya murah meriah :)

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.