13 Dec 2018

Berapa Biaya Melahirkan di Bidan di Kota Cimahi?

Halo semua! Assalaamu'alaikum...
Alhamdulillah, tahun 2018 ini saya dikaruniai lagi seorang anak laki-laki. Alhamdulillah-nya lagi selama kehamilan dan persalinannya lancar plus cepet banget. Atas ijin Allah, saya melahirkan "hanya" di bidan dekat rumah tinggal saja. Dari awal kehamilan ke-tiga memang enggak berniat mau periksa atau melahirkan di Rumah Sakit, sih. Pun saat mengandung anak pertama dan kedua. Saya selalu bertanya saat periksa kandungan, berapa biaya melahirkan di bidan. Saya juga mencari tahu berapa biaya melahirkan di rumah sakit walaupun setelah tahu, saya buang jauh-jauh keinginan lahiran di RS walau hanya selintas pikiran saja. Naudzubillah (semoga tidak kejadian) saya melahirkan di rumah sakit. Dalam mindset saya bahwa melahirkan di RS itu pasti ada "apa-apa" entah itu sesar atau masalah dengan bayi dan ibu. Wallau alam itu juga mungkin yang jadi sugesti di alam bawah sadar bahwa periksa dan melahirkan nggak perlu di Rumah Sakit cukup di bidan saja, sehingga keadaan saya baik dan sehat. Wallau'alam ... mungkin juga karena do'a ibu. Banyak faktor sih untuk urusan persalinan mah.

Cerita persalinannya baca di sini ya: Welcome Baby Boy! 

Tunggu dulu. Saya bukan mau gimana-gimana sama ibu-ibu sekalian yang pengennya (dengan sengaja) lahiran di RS ya. Bisa jadi kan mungkin pengen di RS karena biar ada yang merawat pasca melahirkan, bisa menginap di RS sampai keadaan pulih, dan lain sebagainya. Ya kalau ada duitnya kenapa enggak, ya kan? Orang kaya mah bebas. Bisa bedain kan, sama yang terpaksa harus melahirkan di RS.



Banyak yang nanya ke saya: "Mbak, berapa sih biaya melahirkan di bidan?"
Waktu saya jawab cuma Rp 1.500.000, banyak juga yang kaget. Kok murah banget ya dibanding di rumah bersalin atau rumah sakit yang mencapai puluhan juta. Terus saya lanjut jawab: Apalagi bagi pengguna BPJS, 1,5 juta teh masih dipotong 700 ribu lagi. Melongolah. :D
Kebetulan waktu bulan Mei lalu saya ngelahirin, saya enggak punya BPJS, jadi bayarnya genap 1,5 juta.

Harga segitu sudah termasuk obat?
Iya. Sudah inlclude semuanya. Sudah termasuk makan 2x, kamar, infus, pembalut, imunisasi bayi, obat saat persalinan dan obat pasca persalinan. Waktu itu, saya melahirkan pukul setengah 9 malam. Menginap satu malam dan paginya sudah boleh pulang karena keadaan saya sehat tidak ada masalah.

Melahirkannya di bidan mana?
Di bidan dekat tempat tinggal aja. Cuma sekitar 6 menit berkendara. Dari beberapa bidan yang saya tahu bagus pelayanan dan kualitasnya, saya pilih Bidan Popy Fauziah A.Md KEB. Alamatnya di Jl. Sukarasa No.13, Citeureup, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat 40512.
Pilihan awal pengennya di bidan Purwanti yang di Utama Cimahi Selatan (tempat saya melahirkan anak ke-2), tapi karena pertimbangan jarak dari rumah, saya pilih bidan Poppy ini. Dan saya enggak menyesal melahirkan di sana.

Berikut ini alasan kenapa saya merasa puas periksa kehamilan dan melahirkan di bidan Poppy:
- Good Speaker
Saya pernah periksa di bidan yang nerangin keadaan bayi dan ibunya aja tersendat-sendat banyak a - e - a - e nya. Duh, saya yang menyimak jadi gemes sendiri. Sedangkan Bidan Poppy tuh dalam menyampaikan informasi tentang ibu dan bayi secara gamblang, lugas, panjang dan jelas.
- No Hard Feeling
Pernah merasa takut dan cemas setelah periksa kehamilan di bidan? Saya pernah dong, waktu anak pertama saya periksa di bidan A, difonis sungsang. Udah panik aja kan kalau dibilang gitu (?) Namun saya nggak mau langsung pasrah. Saya periksa ke bidan yang berbeda ternyata hasilnya bagus. Waktu hamil ke-3 pun sama, saya periksa ke bidan B katanya nggak yakin kepala ada di bawah :( , sementara periksa ke bidan Poppy hasilnya posisi bayi udah bagus.
- Bagus penanganannya
- Berpengalaman
Sudah ribuan ibu melahirkan di sini.
- Biaya melahirkan di bidan Poppy murah
Biasanya biaya melahirkan atau persalinan di bidan di satu kota mah sama. Sudah ditetapkan mungkin ya biayanya dari pusat. Gak tahu ding kalau di luar kota Cimahi berapa biayanya.

Tentang biaya persalinan ini memang realtif, ya. Ada yang menganggap segitu tuh udah murah banget ada yang mahal. Meskipun demikian, tetap saja yang namanya mau melahirkan mah biayanya harus dipersiapkan dari awal. Selain menyiapkan biaya melahirkan, juga menyiapkan biaya buat akikahnya.

Demikian yang bisa saya share tentang biaya melahirkan di bidan di kota Cimahi. Kalau ada yang mau ditanyakan, tulis aja di kolom komentar, ya. Semoga ibu-ibu sekalian yang akan segera melahirkan diberi kelancaran dan kemudahan dalam proses persalinannya. aamiin

2 comments:

  1. 2017 di Bidan Wisdy daerah Ngamprah Haji Gofur masih 1,7 teh sekarang 2jt dulu punya bpjs tp suami bayar cash aja heheh kasian soalnya pasti lama cair wkwkkw oia enak ya bidan yang udah pengalaman mah apalagi sekarang udah banyak yang gentle birth jadi gausah ke Bali heheh

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah....
    selain biaya persalinan yang terjangkau, bayi dan bundanyapun sehat...itu semua pasti karunia-Nya.
    selamat, sehat, bahagia dan harmonis selalu u/semuanya ya

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.