3 Nov 2018

Gendongan Hipseat Mooimom

Dear friends, welcome November.
Ngomongin soal gendongan bayi, jujur dari pas aku hamil anak ketiga, aku tuh berasa nge-blank gitu. Ku merasa : "Eh Oh ... kok zaman sekarang banyak banget jenis gendongan bayi, ya."
Aku sampai nggak hafal apa saja namanya. Soalnya waktu punya 2 bayi sebelumnya enggak ada yang neko-neko, deh. (Atau akunya aja yang kuper, ya? -_- )



Dari ke-kepo-an ku akan jenis-jenis gendongan masa kini yang seabrek itu, aku nanya-nanya ke beberapa teman yang saat itu sedang punya bayi. Aku juga searching di internet. Bahkan aku ikut grup-grup menggendong demi update informasi. Dan betul banget, zaman sekarang tuh emang banyak banget jenis gendongan. *trus kumerasa tuwak* :v

Setelah mencari informasi sana-sini, ternyata ada banyak jenis gendongan dengan masing-masing fungsi, diantaranya baby wrap, baby carrier, SSC, hipseat, ring sling, NBC dan lain-lain. Kalau yang dulu aku kenal sih cuma kain jarik dan ring sling doang.*lol

Nah, terus aku juga update informasi seputar cara-cara menggendong bayi dan seperti apa gendongan yang direkomendasikan oleh dokter anak. Salah satunya seperti gambar di bawah ini, nih. Bagaimana bayi seharusnya digendong agar bentuk tulangnya membentuk M-shape. Posisi ini untuk menghindari cedera atau hyp-dysplasia (DDH) pada bayi, katanya. ( DDH merupakan kondisi dimana adanya gangguan yang terjadi karena tulang panjang kaki lepas dari lengkung tulang panggul. sumber : hypdysplasia.org )

pic source : Baby-Doo
Q: Bukannya kalo posisi kayak gitu nanti kaki bayi jadi ngangkang?
A: Enggak, yaaa. Itu mitos jaman dulu.

Buat teman-teman new mom atau old mom yang punya bayi lagi atau yang udah lama nggak punya bayi, mending update deh informasinya. Banyak baca dan sampai tuntas cari tahunya, ya. :)

Sedikit cerita, dulu aku tuh tahunya cuma gendongan kain jarik sama ringsling. Dua gendongan ini yang aku pakai. Rasanya enggak nyaman di aku, karena pakai jarik aku nggak bisa pakainya. Udah belajar sih, tapi melorot lagi-melorot lagi, susah bikin simpulnya. Malah jadinya nggak aman buat bayi. Terus aku beli ringsling, lebih praktis karena tinggal tarik ujungnya aja. Tapi tetep enggak nyaman, bahu sebelah kanan dan tangan kiri sakit. Kedua gendongan ini pun enggak bisa lepas tangan.

Itu dulu. Sekarang, pas bayi ketiga baru lahir, aku menggendong pakai baby wrap. Baby wrap ini berupa kain panjang (panjangnya 4-5 meter) yang lentur. Aku pun belajar cara menggendong pakai ini. Caranya dibelit-belit gitu. Gendongan ini bagus dan recomended untuk bayi baru lahir. Nyaman banget di pundakku yang udah lama (5 tahun) nggak gendong. Bayi terbungkus sempurna, tangan bisa lepas dua-duanya. Kaki membentuk M-shape. Aku menggunakan gendongan ini sampai baby Arfan berusia 5 bulan.

newborn

Dan sekarang ... Arfan sudah masuk usia 6 bulan. Berat badan sudah lebih dari 7 kg. Dia udah nggak mau digendong pakai baby wrap karena pengennya dia bisa melihat-lihat sekitar. Sudah kepo ternyata sama sekelilingnya. Akhirnya sekarang, aku ganti gendongan, deh. Aku cari referensi dan rekomendasi dari temen-temen yang sudah mencoba banyak gendongan. Dan aku pun kepincut sama hipseatnya MOOIMOM. Produknya dijual di sini yaa --> H7001 - Lightweight Hipseat Carrier Gendongan Bayi.



Seneng banget waktu paket datang dan masih terbungkus rapi. Aku buka dalamnya enggak ada yang penyok. Savety packing sehingga produk aman hingga sampai rumah. Aku pilih warna Navy karena anakku cowok. Tadinya mau pilih warna terbarunya yaitu motif army, tapi ntar aku susah nyocokin sama OOTD aku. :p #MustiGituYaBuk



Yeaaa, beginilah penampakan hipseat Mooimom. Barang dan warnanya sesuai dengan gambar yang terpajang di website. Langsung deh aku pakai untuk jalan-jalan sore di sekitar rumah. Aku jalan sekitar 1 jam-an. Gendongnya bergantian posisi dari hadap depan dan hadap belakang. Anaknya seneng banget bisa digendong hadap depan gini.

Dari satu jam jalan sore itu, enggak berasa ya Allah. Tadinya kalo gendong Arfan pakai geos, tangan dan pundak udah nyeri-nyeri. Kali ini berasa ringan banget. Fix, aku masuk tim gendongan deh kalo gini, setelah sebelumnya tim stroller. lol




Fitur-fitur pada hipseat Mooimom

Setelah menggunakan gendongan ini selama seminggu, aku jadi tahu kenapa mommies banyak yang pengen punya gendongan ini. Di bawah ini aku mau kasih tahu fitur-fitur apa saja yang membuat gendongan ini terbaik versi hipseat.

1. Desain Ergonomis
Yang paling pertama aku cari saat memilih gendongan buat anak, adalah desainnya. Ternyata dibalik desain yang kece fashionable dan foto-able, cushion seat-nya Mooimom itu didesain ergonomis. Busa di dalam cushion seat terbuat dari busa berkualitas dan ramah lingkungan (klaim produk). Mencegah bentuk O pada paha bayi karena paha tersangga dengan baik. Cushion seat-nya lebar dengan kemiringan 30° membuat bayi tetap aman duduk digendongan.

Arfan terlihat nyaman, kan?


2. Bahan
(Klaim produk) Bahan terbuat dari 100% Pure Cotton yang lembut. Aku gak terlalu paham jenis-jenis kain sebenarnya, tapi pas aku raba, emang lumayan lembut sih. Aman untuk kulit bayi yang mudah tergores. Jahitannya jangan ditanya lagi, rapi banget dan kuat.
Tali bahu yang empuk tebal dan lebar nggak bikin cepat pegal. Dapat diatur sesuai kebutuhan/biar pas di badan dan nyaman untuk menggendong.
Busa cushion seat terbuat dari busa berkualitas dan ramah lingkungan, ada lapisan suede yang lembut. Busanya bisa dilepas-pasang.
Berat gendongan ringan banget, nggak lebih dari 1 kg.



3. Fitur

  • Strap pengunci bisa digerakan 360°, membuat bayi bebas bergerak. Ini mudah dilepas dan dipasang hanya dengan satu tangan. Mudah banget pakainya.


  • Ruang lengan yang besar, sehingga memudahkan tangan bayi leluasa bergerak. Arfan udah aktiv bergerak walaupun berada di gendongan. Apalagi saat ia diajak ngobrol sama orang atau melihat sesuatu yang menarik perhatian.
  • Bagian dalam kainnya berongga sehingga tetap ada irkulasi udara, nggak bikin bayi gerah saat digendong.
  • Waistband-nya lebar, dilengkapi dengan velcro/prepetan yang lebar dan strap pengencang yang kuat. Penguncinya juga lebar dan kokoh namun mudah dibuka.

  • Tambahan strap pengencang dan pengunci dibagian belakang membuat menggendong semakin mantab.

  • Ritsleting panel yang mudah dilepas pasang.

  • Terdapat kantong kecil disebelah kanan hipseat untuk menyimpan barang, handphone, atau uang receh.
  • Dilengkapi bantalan dibagian paha bayi, membuat kaki bayi bebas bergerak tanpa perlu khawatir kulit halus bayi tergores/lecet.
  • Logo Mooimom dan bordiran ubur-ubur di bagian depan menambah cute gendongan ini.
  • Dan semua strap-nya bisa dikencangkan/diatur dengan mudah.



Informasi tentang produk:

· Gendongan ini mampu menahan berat beban bayi hingga 20kg
· Saran usia pemakaian pada produk sih tertulis 3 bulan. Tapi menurutku, paling aman saat bayi sudah berusia 6 - 36 bulan atau setelah kepala bayi tegak dan bayi bisa duduk sendiri. Tidak disarankan untuk bayi baru lahir, ya Moms. Beli pas anak baru lahir nggak papa, tapi sabar dulu yaaa tunggu sampai bayi bisa menyangga kepalanya sendiri dan bisa duduk. :)
· Panjang waistband : 123 cm. Bisa digunakan untuk yang ukuran pinggang/perutnya XXL lho. qiqi

Tips Cara Perawatan & Pencucian:

· Keluarkan busa cushion seat sebelum dicuci
· Segera bersihkan kotoran dengan handuk basah, lebih disarankan handwash. Jika memakai mesin cuci, sebaiknya masukkan ke laundry basket. Jangan langsung dimasukkan ke mesin cuci karena jika terpuntir-puntir atau ketarik-tarik dapat merusak gendongan serta mengurangi daya tahannya. Jika menggunakan ikat, pakailah sikat gigi.
· Pencucian dipisahkan dengan pakaian yang mudah luntur.
· Gunakan detergen yang lembut, misalnya detergen khusus bayi. Jangan gunakan pemutih dan pelembut.
· Dijemur ditempat yang teduh/jangan terkena matahari langung karena dapat merusak warna.
· Jangan disetrika



Tips lain penggunaan gendongan hipseat:

- Selalu pastikan bayi pada posisi stabil, nyaman dan aman dengan strap terpasang agar bayi tidak terjatuh.
- Ketika menggendong bayi di depan menghadap ke dalam, selalu pastikan Moms bisa melihat dengan jelas wajahnya dan tidak ada yang menghalangi wajah bayi dan hidungnya.
- Ketika menggendong bayi menghadap depan, usahakan jangan terlalu lama. Maksimal 20 menit saja, yaa. Jika terlalu lama, bayi bisa mengalami over stimulasi. (Untuk info lebih silakan searching sendiri, ya:) )

Tips buat Moms yang mau beli hipseat: jangan terkecoh sama harga murah tapi kualitas jelek. Karena Beberapa merk lokal yang ada di pasaran banyak yang tidak mendukung gendongan M-shape atau bahannya cukup kasar untuk kulit bayi. Banyak juga yang di bawah standar keamanan produk bayi atau belum memiliki lisensi.

Apa yang aku suka dari gendongan hipseat Mooimom?
Semua yang aku sebutin di atas. Over all bagus banget karena dia produk premium. Dari system penguncinya yang bisa muter 360° dan mudah dilepas dan dipasang.
Bahannya, bentuk seat yang support M-shapenya.
Ringan, nggak bikin pegal karena titik beratnya menyebar dari dua pundak sampai ke pinggul.
Nyaman di ibu dan bayi.
Fashionable.

Apa kekurangannya?
Jika dilihat dari kacamata ku sebagai mantan QC (Quality Control) sebuah produk pakaian bayi dari USA, pada bagian depan masih sedikit kurang lembut. Soalnya  jika anak digendong menghadap depan, kain ini berentuhan langung sama dada anak. Kemarin beberapa kali, i kainnya ini malah diemut sama Arfan. Coba seandainya pada bagian depan ini diberi busa dan lapisan kain lagi yang lebih lembut seperti pada bagian kaki. Produk ini akan perfect dan terbaik.
Satu lagi adalah risletingnya. Untuk produk premium seperti Mooimom, resleting masih menggunakan risleting standart dan warnanya tidak menyesuaikan warna gendongannya. Kenapa nggak pakai resleting yang bagus sekalian, apalagi jika si kepala resletingnya menggunakan signature Mooimom.
Oiya, satu lagi, gendongan ini nggak muat di perut Abudi. Muat sih muat tapi dia merasa engap/sesak. (hahaha, itu sih DL - derita lo, Wien.)

Harga:

Sedikit cerita, aku kepincut sama hipseat Mooimom ini sejak hamil Arfan. Bertekad semoga nanti bisa punya. Harga waktu itu IDR 2.599.000. Tapiiii sekarang Moms bisa dapetin gendongan ini dengan harga khusus yaitu IDR 990.000. Oiya, Mooimom sering lho mengadakan bazaar di mall-mall di kota besar. Supaya nggak ketinggalan update informasinya, jangan lupa follow instagramnya, ya. Nggak cuma itu, Moms ... selain hipseat di website Mooimom itu menyediakan segala perlengkapan bayi, ibu hamil dan ibu menyusui.



"Sejak punya gendongan hipseat Mooimom, menggendong bayi jadi jauh lebih menyenangkan." 

~Uwien, Mom of 3.




Instagram : @mooimom.id
Facebook : Mooimom Indonesia

17 comments:

  1. Wagelaseh ini keren banget apalagi sale gede2an hihi sayang Gen udah punya hipseat dan jarang pake karena tiap hari geos😆

    ReplyDelete
  2. aku jadi keingetan sama cerita orang tua salah pilih gendongan buat anak yang berdampak serius pada kesehatan anaknya >,<

    mooimom ni bisa jadi salah satu rekomendasi gendongan berkualitas buat anak.

    ReplyDelete
  3. Kabita ih teeeh pengen punya buat ibrahim :")

    ReplyDelete
  4. Ya ampuuuun kebita ih diskonnya mayan banget yah, jadi pengen nyetok dari sekarang *padahal hamilnya aja belum 😂

    ReplyDelete
  5. Aku pun kenalnya jarik lungsuran dari ibu mertua. Wuaaah pengen ini nanti buat baby-ku. Moga-moga ada rezekinya dan bisa beli pas diskon

    ReplyDelete
  6. Wow cakep banget ya sekarang gendongan bayi tuh, dedek juga kayaknya nyaman dan happy. Btw itu lumayan pisan diskonnya, namun ku belum punya bayi 😂

    ReplyDelete
  7. Gendongan adalah investasi. Walo dipakenya paling sampe anak umur 3 tahun gitu? Tapi...kerasa banget emang penting buat pinggang, punggung, dan mood si ibu :')

    ReplyDelete
  8. asikkkk.. mbaa keren banget yaa hipseatnya warna navy gitu.. jadi bikin kece mbak yang bawa bayinya yaa hihih.. enak banget kayanya ya mempermudah ibu-ibu pas gendong bayinya yang semakin lama semakin besar dan berat pastinya heeheeee.. salam kenal ya mbaa

    ReplyDelete
  9. Sigana enakeun pisanya, si dedeknya pun tampak nyaman, hehehe..jadi inget dulu, masa-masa mupeng sama gendongna, kayaknya kabita weh tiap ada gendongan, dan gendongan nggak hanya nyaman untuk si anak tapi buat yang menggendong juga biar nggak nyeri taktak dan cangkeng heheheh

    ReplyDelete
  10. Wah ini mah masa lalu buatku, rwkomendasi buat ke cucu nanti wkwkwkwk

    ReplyDelete
  11. aku mah young mom ah alim old mom catet nyak teh punten ieu mah :D

    gendongan zaman now emang variasi banyak dari harga mursida sampe mihil tapi kembali lagi sih yah kenyamanan kantong mamak :D

    dan hipseat ini aku juga mendamba semoga ada rezekinya beli ini ah :)

    ReplyDelete
  12. Keliatan nyaman dan aman gitu Teteh ngegendong dedenya. 😍😍😍

    ReplyDelete
  13. enakeun emang win gendong pake hipseat ini yah ga pegel, anak pun bahagia.

    ReplyDelete
  14. Arfannnnn......kamu kok ngegemesin banget
    Asyik, sekarang produsen semakin berinovasi ya mbak Uwien ?

    ReplyDelete
  15. Lihatnya kayak ergonomis bgt nih gendongan hipseat Mooimom. Jadi pengen punya. Biar baby nyaman & emaknya juga gak pegel2...

    ReplyDelete
  16. Produk mooimoom ini 3mang berkualitas bagus ya mom. Aq baru nyoba beli korset, nyaman banget dipake. Kalo yg lain2 belum pernah nyobain sih, harganya belum terjangkau kantong wkwkwk

    ReplyDelete
  17. kece banget niih hipseat nya, jadi pengen juga.
    Produk MOOIMOM ada harga pasti ada kualitas, kereeenn ;)

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyaak spam yang masuk.