16 September 2018

Tips Menyiapkan Bekal Praktis ala Emak Rempong


Assalaamu'alaikum... 
Emak-emak yang anaknya sudah sekolah, mana suaranya? :)
Menurut Emak, membuat bekal sendiri untuk anak-anak Emak yang sudah sekolah itu penting atau tidak, sih?

Menurut saya, kadang penting, kadang nggak penting. Iya, Mak. Menyesuaikan situasi dan kondisi saja. Setiap ibu dan keluarga 'kan kondisinya berbeda. Penting ketika kegiatan belajar anak membutuhkan energi ekstra seperti olahraga, misalnya. Atau ketika sekolah mewajibkan anak dibawakan bekal dari rumah.

Apakah setiap hari sempat membuat bekal? Jujur, enggak sempat kalau setiap hari mah. Harap maklum, saya adalah ibu dengan tiga anak. Si bungsu masih bayi. Bayangkan saja, Mak. Mengurus keperluan tiga bocah dalam satu waktu 'tuh rempongnya Subhanallah. Makanya saya kadang-kadang saja membuat bekal untuk Dhia. Jika tidak membawa bekal dari rumah, Dhia membawa uang saku. Jajan di warung sekolah saja. Saya percaya kalau Dhia tidak akan jajan sembarangan.

Saya tahum dalam sebuah bekal itu tidak hanya sebuah makanan yang dikemas. namun dalam setiap bekal yang ibu buat dengan cinta, akan membuat anak merasa gembira sekaligus bangga karena mamanya membuatkan bekal yang disuka. Anak bisa happy memperlihatkan bekalnya  ke temen-temennya. Sekotak bekal yang sangat lucu dan menarik dengan karakter idolanya.

Dalam bayangan saya, ketika saya membuatkan bekal atau bento dengan bentuk-bentuk yang lucu, anak akan memakannya dengan lahap. Namun pada kenyataanya, yang saya alami, bekal yang sudah dibuat dengan sejuta cinta terebut enggak dimakan sama sekali. Alasannya, tidak menyukai raanya. Sampai di rumah emak sedih karena bekal masih utuh tak tersentuh. Cuma ditowel sedikit atau hanya dimakan bagian yang anak suka. Sudah bangun lebih awal dengan mata mengantuk karena bayi ngajak begadang, pak pik pek di dapur dan berakhir dengan bekal nggak dimakan. Rasanya malah jadi mubadzir.

Apakah Emak termasuk yang ogah repot dengan segala keriweuhan/kerempongan pagi hari seperti saya?

Iya, mak. Saya maunya membuat bekal yang cepat dan praktis aja. Yang terpenting, bekalnya dimakan sama anak. Berikut ini tips ala emak beranak tiga membuat bekal praktis :

- Buat bekal yang simple dan mudah
Saat pagi hari, rasanya waktu berlari begitu cepat. Walaupun bangun lebih awal rasanya kok "Lhah, udah hampir hampir pukul 7. Anak-anak sudah harus berangkat sekolah." Jadi buatlah bekal yang sederhana, mudah dibuat, dan yang memerlukan sedikit waktu. Saya menghindari membekali anak yang memasaknya bisa sampai berjam-jam. Bakalan capek sendiri.

-Variasikan bekal setiap hari
Untuk anak yang bosenan, siasati dengan mengganti bekalnya tiap satu atau dua hari sekali.

- Bekali anak dengan sesuatu yang disukai
'Anaknya suka apa?' Itu yang penting. Anaknya suka buah, ya bekali dengan buah yang sudah dipotong-potong dan siap makan. Anaknya suka nasi dan lauk pauk komplit, ya bekali itu. Anaknya suka roti dan kue, ya bekali aja dengan roti dan kue.

Berikut ini adalah bekal Dhia beberapa hari yang lalu saat ada pelajaran olahraga. Sekedar informasi, Dhia tidak sekolah fullday. Di sekolah dari pukul 07.00 sampai pukul 12.00 saja. Maka dari itu, Dhia tidak pernah membawa bekal nasi dan lauk pauk komplit. Soalnya dari rumah sudah sarapan dan makan siangnya juga di rumah. Maka dari itu, bekalnya hanya cemilan seperti roti, kue, puding atau potongan buah.

Jujur, saya tidak pintar membuat bekal yang cantik dan menarik. Saat melihat bento buatan para ibu terpampang nyata di feed instagram, saya cuma bisa iri saja. Terima saja. karena kondisi sedang rempong, ya buat yang simple saja.
.

bekal sekolah

Ini bekal Dhia sekolah :

- 5 keping Julie's Chocomore
- 6 potong roti tawar dengan lapisan keju dan kismis
- 4 buah jelly
- 1 botol susu fermentasi ( kadang diganti dengan susu UHT )

Bekal di atas cukup untuk cemilan Dhia pada saat jam istirahat. Dhia pun masih bisa berbagi bekal dengan temannya. Oiya, saya tidak lupa selalu membawakan sebotol air mineral untuk Dhia.

Bekal Dhia saat les renang :

- satu porsi buah semangka yang sudah dipotong-potong
- satu bungkus Jullie's Peanut Butter Sandwich
- 1 botol air mineral

lomba bekal cinta julies


Jullie's Peanut Butter dan Chocomore ini adalah biskuit kesukaan saya dan anak-anak. Makanya saya selalu menyetok beberapa bungkus di rumah. Belinya nggak jauh, kok. Ada di Indomaret dekat rumah.

Kenapa saya dan keluarga saya suka Julie's Peanut Butter Sandwich dan Julie's Chocomore? Karena rasanya yang enak. Krim coklat dan kacangnya tebal, rasa cokelat yang pas, dan harganya terjangkau (sekitar 8.500-9000).

julies biscuit


Oiya, sudah tahu belum Mak? Saat ini, Julies sedang mengadakan lomba #BekalCintaJulies , lho. Caranya gampang banget. Like fanpage facebook Julie's Indonesia dan follow instagramnya. Upload kreasi bekal cintamu ke instagram atau facebook.

Yuk ikutan, Mak. Hadiahnya menarik banget :
- Juara utama mendapat hadiah senilai total Rp 5.000.000 berupa Tupperware/Lock&Lock set + Uang Tunai + Produk.
- 5 Pemenang hiburan mendapat hadiah senilai total Rp 1.000.000 berupa Tupperware/Lock&Lock set + Produk

Keterangan lengkap tentang lombanya, ada di link ini http://bit.ly/BekalCintaJulies
Lomba #BekalCintaJulies berlangsung dari 1-27September 2018

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.