1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

13 May 2018

Ramadan Ekstra Sibuk dengan Kehadiran Bayi, Mending Belanja Online atau Offline?

Assalaamu'alaikum teman-teman...
Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, nih. Apa aja yang sudah dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan tahun ini? Sudah menyiapkan fisik dan psikis untuk berpuasa sebulan penuh? Udah menyiapkan resep untuk buka dan sahur selama sebulan? Sudah nyetok bumbu? Nyetok bahan makanan mungkin? Atau persiapan lain?



Kalau saya, saat ini sedang menyiapkan hati (eaaa) untuk menghadapi persalinan anak ketiga. HPL ( Hari Perkiraan Lahir ) dipresiksi sama dokter jatuh pada tanggal 14 Juni 2018 ini. Bertepatan sehari sebelum lebaran ya Allah. Tapi biasanya (dari persalinan yang suah-sudah) selalu maju sih tanggalnya. Dan semoga ini juga maju, nggak pas lebaran banget. aamiin. Tapi walau berharapnya maju, terserah dedek bayinya aja siapnya kapan. Yang penting sehat, selamat, lancar dan prosesnya cepat. aamiin

Persiapan lahiran saat ini sudah hampir semua disiapkan. Dari mulai dimana mau ngelahirin, perlengkapan dede bayi, peralatan yang dibawa saat ke bidan, dan insyaAllah biayanya juga.

Untuk dimana mau ngelahirin, saya dan Abudi berencana mau di bidan saja. Alhamulillah kondisi saya dan bayi dalam kandungan sejauh ini dalam kondisi baik tak kurang suatu apa (insyaAllah). Waktu bulan ini diUSG, kondisi bayi sehat, detak jantungnya normal, gerakannya aktiv, air ketuban cukup dan baik, letak placenta juga baik (nggak menutupi jalan lahir), tekanan darah saya normal, saya nggak ada keluhan. Mudah-mudahan semua baik dan lancar sampai nanti.

Untuk peralatann yang akan dibawa ke bidan sudah dimasukkan ke dalam satu tas khusus, jadi nanti pas datang kontraksi bisa langsung cusss aja berangkat.

Untuk peralatan dan perlengkapan dede bayi, sudah hampir 100% tersedia mulai dari baju sampai perlengkapan mandi.

Untuk berbelanja semua perlengkapan, saya sih 35:35 antara offline dan online. Sedangkan yang 30% nya didapat dari gratisan, hahaha.

Kenapa saya memilih belanja offline?
Bisa memegang barangnya, walaupun kadang ada yang harganya lebih mahal atau lebih murah daripada belanja online. Bisa deal ikhlas tawar-menawar dengan pedagang. Gak perlu ongkos kirim, walaupun jadinya kaki pegal saat berjalan dan memilih barang. Tidak takut ketipu (sudah transfer barang nggak datang, bahkan diblok sama penjual) hehehe

Kenapa saya memilih online?
Lebih praktis, saya nggak capek. Cuma di rumah, internet nyala, scroll-scroll marketplace. Klik barang yang disuka. bayar dengan e-banking dari smartphone. Barang datang. Beres!

Belanja online takut ketipu? Hemmm..Sekarang ini banyak kok marketplace yang menerapkan sistem aturan yang membuat pedagang nakal melakukan penipuan. Yang penting kita harus jeli dan pintar-pintar dalam memilih barang di toko online.

Selama beberapa tahun ini sejak makin maraknya toko online, alhamdulillah saya mah belum pernah tertipu dalam pembelanjaan online. Berikut ini saya kasih tips agar aman damai sentosa berbelanja online:

Saya biasanya mencari toko online terdekat.
Saya tinggal di Bandung, nggak mungkin saya memilih penjual yang ada di Bandar Lampung, meskipun barangnya bagus dan murah banget. Soalnya ini menyangkut ongkos kirimnya. Saya akan mencari penjual yang ada di sekitar Bandung. Atau paling banter daerah Jabodetabek karena ongkirnya enggak beda jauh. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online
secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

Saya biasanya memilih produk yang berkualitas dari kreator lokal.
Para kreator dan penjual lokal tuh produknya juga nggak kalah bersaing dengan prouk impor. Selain itu harganya juga lebih murah. Di Tokopedia mah lengkap, ada produk lokal maupun produk impor sehingga kita bisa membandingkan barang dan harganya. Tokopedia memiliki
koleksi macam-macam produk hasil kreasi pembuat lokal sampai brand terkenal dunia. 

Saya biasanya membandingkan harga setiap toko online di marketplace
Di marketplace Tokopedia ada banyak toko online berkualitas, kita harus jeli saja memilihnya. Cari yang sudah bayak review bagusnya. Untuk membeli perlengkapan bayi, saya bandingkan antara satu toko dengan toko lainnya. karena barang yang sama bisa berbeda harga. Cari aja yang paling murah dengan barang yang sama. hehehe.

Saya biasanya mencari promo dan barang diskonan.
Apalah da saya mah emak-emak pecinta discon. Lumayan selisihnya buat beli yang lain. Saya   jadi bisa menghemat pengeluaran dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan tahun 2018 ini, Tokopedia
memberikan kesempatan baru bagi kita (pembeli) dalam menikmati bulan Ramadan tanpa harus desak-desakan di Pasar Baru (Bandung mah andalannya Pasar Baru, kalo Jekardah sih Tanah Abang kali ya..
Kabarnya akan ada banyak rangkaian promo di sepanjang bulan Ramadan tahun ini. Wooow! saya bisa gunain nih untuk belanja keperluan seperti popok bayi dan keperluan lebaran nanti.



Saya biasanya memilih metode pengiriman yang paling cepat nyampenya.
Sebagai pembeli online, wajar kan ya kalo pengennya barang yang dipesan tuh pengennya cepat sampai. Pengen cepat-cepat dipegang atau dipakai. Saya biasanya memilih pengiriman yang sehari sampai. Saya membandingkan terlebih dahulu antara satu jasa pengiriman dengan pengiriman lainnya mana yang lebih hemat. Kalau sudah pernah mendapat pengalaman tidak menyenangkan dengan satu ekspedisi tertentu, saya biasanya nggak akan memakainya lagi. Di Tokopedia, memberikan banyak alternatif jasa pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan
melalui jasa transportasi online.

Memilih metode pembayaran yang asyik
Bayar-bayar saat beli online paling enak ya transfer bank melalui e-banking. Nggak perlu koprol ke ATM buat bayar-bayar. wkwk. Terus kalau yang nggak punya aplikasi atau e-banking gimana dong Win? kalau belanjanya di Tokopedia mah bisa bayar lewat minimarket, baik itu mau cash atau nyicil. Bisa juga lewat kartu kredit dan bayar dengan TokoCash / Saldo Tokopedia.

Teknologi semakin kesini makin memberi banyak kemudahan. Termasuk memberikan kemudahan kepada ibu hamil dengan bocah kecil ini. Sekarang nggak perlu gendong-gandeng bocah dibawa ke pasar grosir "cuma" buat belanja beberapa helai baju. Sekarang cuma pake daster atau bahkan nggak perlu mandi bisa belanja baju lebaran, hihihi.

Saya di Ramadhan ini akan ekstra sibuk lagi, karena akan lahir anak ketiga. By the way, kabarnya di Tokopedia ada kejutan pada 25 Mei 2018 ini, lhoh. Apa kejutannya? Coba deh sering-sering cek Tokopedia ya, buk-ibuk. Kita bisa beli baju baru buat lebaran dari bayik sampai orang tua. Dari perabot rumah tangga sampai kue lebaran juga ada. Membuat Ramadan kali ini semakin menyenangkan karena akan ada banyak discon di Ramadan Ekstra-nya Tokopedia.
Ramadan Ekstra sibuk kali ini , mungkin akan terasa lebih special. 

23 comments:

  1. Thanks mba buat sharing tipsnya :)
    Aku juga lebih suka belanja online daripada offline nih. Pospak buat anakku juga kebanyakan beli online, seringnya di shopee fawzia.babyshop sih soalnya harganya murah dan ada free ongkir^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang online lebih memudahkan, sih ya.

      Delete
  2. Ga kerasa ya..bulan depan teh uwien dah mo lahiran aja nih..mdh2an lancar2 n sehat2 semuanya ya teh๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, iya teh cepet banget ya rasanya

      Delete
  3. Wihiii Gemini squad bakalan lahir bentar lagi.. Udah lah mamah jangan kemana-mana lagi, belanja online udah paling cucok

    ReplyDelete
  4. Semoga lancar persalinannya nanti tteh

    ReplyDelete
  5. Belanja online emang praktis, tapi pernah beberapa kali zonk beli bajunya beda jauh sama di foto :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah kecewa begitu sih selama ini. MEmang kudu ati-ati ya milih penjual.

      Delete
  6. Wiiiien,
    Wah moga sehat terus dan dilancarkan semua sampai hari kelahiran yaaaah :)

    Enak banget zaman sekarang bisa belanja online tinggal klik doang dan banyak diskonan pulak.
    Zaman aku hamil mah, perut gede teh harus mondar mandir nyari kebutuhan bayi huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin doanya teeeeh. Iya nih sekarang gampang, tinggal klik-klik bayar dah beres

      Delete
  7. Sehat terusss ya Teteh dan bayi semoga lahirannya lancar. Aku juga biasanya mix belanja ada yg offline ada juga yg online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss, ada yang cocok dibeli di online ada pula yang harus offline ya

      Delete
  8. Sehat terusss ya Teteh dan bayi semoga lahirannya lancar. Aku juga biasanya mix belanja ada yg offline ada juga yg online.

    ReplyDelete
  9. Aku juga hobi banget belanja di Tokopedia karena ada diskon dan cashback hehe

    ReplyDelete
  10. Asiiiik saya suka diskon :)

    ReplyDelete
  11. Lancar3 teh, lahirannya.. belum pernah beli lewat tokopedia eung.. nanti mau coba.. ๐Ÿค— makasih infonya tgl 25 mau ah pantengin tokopedia hehe

    ReplyDelete
  12. Belanja Online aja. Jangankan riweuh sama bayi, aku aja anak udah gede2, lebih suka belanja Online. *Pemales orangnya* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya teh. aku juga lebih banyak belanja online-nya apalagi udah gede beuteung

      Delete
  13. Saya juga seneng belanja online jauh lebih praktis ya.. tapitetep sih ada beberapa barang tertentu yang harus milih langsung sih hehe..

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)