19 December 2022

Rekomendasi Diapers New Born Agar Liburan Happy Tanpa Ruam Popok

Punya tiga anak, memberi saya banyak pengalaman. Dari anak pertama hingga ke tiga. Pun untuk anak ke empat yang sekarang masih di kandungan. Ada satu kesimpulan yang membuat saya pro dengan penggunaan diapers atau popok sekali pakai. Yaitu kewarasan dan kedamaian hati. 

Sedikit cerita, dulu waktu anak pertama saya belum memakai popok sekali pakai. Dari bayi baru lahir hingga beberapa usia tahunan. Tahu nggak apa yang terjadi? Saya cepat lelah (meski anak baru satu). Tiap malam sering terbangun nggak cuma untuk memberi ASI, namun saya juga sering terbangun untuk mengganti popoknya sebab anak nangis karena bajunya basah. 

Tidak hanya mempengaruhi kualitas tidur bayi, kualitas tidur Ibu juga terganggu karena harus mengganti popok bayi lebih sering di malam hari. Padahal, Ibu membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk memproduksi ASI dan mencegah masalah nifas selama periode postpartum.
Saya jadi banyak cucian yang mana itu membuat lelah juga.

dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan, 
“Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk 
menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi 
lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.” 

Karena sayanya kurang tidur, anak pertama juga lebih sering kena omel karena pipis atau pup di celana. Padahal bukan salah anak juga kan. :'(

Itu yang dulu saya sesali. Kenapa dulu keukeuh nggak pakai popok sekali pakai aja.

Belajar dari Pengalaman


Berkaca dari pengalaman dan saya semakin banyak belajar ... untuk anak kedua dan ketiga, saya full memakai popok sekali pakai sejak bayi baru lahir. Rasanya happy banget. Jadinya, nggak masalah gitu karena anak enggak pipis dan pup di celana melainkan di diapersnya. Saya pun semakin tenang dalam mendampingi tumbuh kembang anak-anak.

Nah untuk anak keempat ini, saya pun akan tetap sama, akan menggunakan popok sekali pakai mulai sejak bayi baru lahir.

Saya mulai mencari popok mana nih dari puluhan merk popok yang beredar di Indonesia yang kualitasnya premium. Mulailah mencari tahu kesana kemari. Dari tanya ke teman, nyari artikel, konsultasi online, konsultasi ke konsultan ibu dan anak, dan sebagainya. 

Jatuhlah pilihan saya kepada MAKUKU SAP Diapers Slim. 




Ngomong-ngomong, apa itu teknologi SAP pada MAKUKU Diapers?


SAP merupakan singkatan dari Super Absorbent Polymer pada inti struktur diapers. Inti struktur SAP berbeda dengan bahan penyerap tradisional sepeti tissu, kapas dan busa. Pada saat air ditambahkan ke partikel SAP, maka akan muncul interaksi air/polimer yang dapat menciptakan jaringan penyimpanan molekul air. Oleh karena itu, penggunaan inti struktur SAP pada MAKUKU SAP Diapers Slim lebih efektif dalam menyerap cairan dan menguncinya sehingga tidak terjadi osmosis balik serta menjaga permukaan popok tetap kering.



Untuk persiapan menyambut anak ke empat, saya membeli yang NB (New Born) di e-commerce. Kenapa pilih MAKUKU? Berikut ini alasannya:

- MAKUKU adalah popok pertama di Indonesia yang menggunakan inti struktur SAP (super sehingga anti gumpal).
- Memiliki inti penyerap yang cukup efisien dalam keseluruhan popok
- Telah teruji ungggul dalam hal penyerapan SAP popok
- Lebih efektif dalam menyerap cairan dan
menguncinya sehingga menjaga permukaan popok tetap kering.
- Memiliki teknologi daya tampung yang lebih besar yaitu 500 ml sehingga tidak perlu terlalu sering ganti pada malam hari. 
- Ada "Jaminan Tidak Cocok, Uang Kembali"

Keunggulan:


1. Anti Gumpal / Anti-clumping (With New Generation SAP Core Structure Pertama di Indonesia), cocok untuk bayi baru lahir.
SAP adalah polymer hidrophilik yang memiliki kemampuan dapat menyerap cSAPan secara maksimal. Penyerapan merata dan strukturnya sangat stabil sehingga tidak menggumpal dan jatuh, membuat bayi tidak merasa berat saat bergerak. Dengan adanya bahan SAP ini maka terdapat 3 manfaat dari Popok MAKUKU :
- Tidak Menggumpal, sehingga membuat bayi lebih nyaman
- Penyerapan Merata, sehingga mengurangi kebocoran
- Daya serap yang tinggi dan cepat, sehingga menjaga permukaan tetap kering dan mampu secara efektif mengurangi ruam merah pada kulit bayi.




2. Ketebalan 1.6mm
Tahukah Moms Popok yang tebal belum tentu memiliki penyerapan yang besar dan baik. Walaupun popok MAKUKU SAP Diapers Slim mempunyai tebal hanya 1.6 mm, namun mempunyai daya serap yang tinggi, namun popok tidak menggumpal sehingga tidak terasa seperti memakai popok, mengurangi perasaan seperti ada benda asing, sehingga membuat kulit dan kaki bayi menjadi lebih nyaman untuk beraktivitas dan tidur nyenyak.

3. Mengunci CSAPan
Penyerapan cepat, mengunci cSAPan dengan baik, tidak ada osmosis, mengurangi ruam merah. Ketika bayi duduk ataupun digendong, popok tidak akan osmosis balik. Bagian bawah, samping, dan belakang tidak akan terjadi kebocoran.

4. Desain 3D Lembut Seperti Sentuhan Ibu. Lapisan permukaan 3D mengurangi kontak dengan kulit dan mepercepat penyerapan, meningkatkan sirkulasi udara hingga 60%


5. Wet Indicator
Popok MAKUKU memiliki fitur Wet Indikator sehingga mempermudah Moms untuk mengetahui apakah popok sudah penuh dan sebagai pengingat untuk mengganti popok. Ketika popok sudah penuh, garis kuning akan berubah warna menjadi warna biru. Khusus untuk ukuran NB terdapat bentuk “U” untuk melindungi tali pusar bayi.

6. Roll tape
Terdapat roll tape untuk membuang popok, hanya ada di popok MAKUKU tipe Celana.

7. Heat-press side (Khusus untuk tipe celana)
Sebagai penyambung dua sisi menggunakan alat ultrasonic / termokompresi (tidak menggunakan lem biasa) sehingga permukannya lembut agar mengurangi gesekan di pinggang, tidak membuat si kecil rishi, lebih mudah di robek pada saat mengganti popok. Karet elastis yang tidak terputus, sehingga membuat si kecil lebih nyaman dan mengurangi iritasi pada kulit bayi.


8. Certificate
Environmental Management System standard: ISO 14001:2015
Occupational Health and Safety Management System standard: ISO 45001:2018
Quality Management System standard : GB/T 19001-2016/ISO 9001:2015

Komposisi: Non-Wovens 38%, PE Breathable Film 3%, Absorbency Core 53%, Glue 6%,
Elastic 1%


Bayi Bahagia saat Liburan Tanpa Drama Ruam Popok


Dari pengalaman mengasuh tiga anak, pastinya saya pernah mengalami drama ruam popok pada anak. Dramanya pernah sampai parah banget, pernah juga ringan. 
Dari beberapa kejadian, dapat saya simpulkan kalau Ruam popok pada bayi dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:
- Kontak terlalu lama dengan urine dan tinja di popok sehingga memicu iritasi pada kulit bayi yang sensitif
- Gesekan, misalnya karena popok yang terlalu ketat atau popok terlalu kasar 
- Tipe kulit sensitif
- Iritasi terhadap produk yang baru digunakan, seperti sabun, bedak tabur bayi, detergen, atau bahan pelembut pakaian
- Pengaruh jenis makanan baru, yang mengakibatkan perubahan komposisi tinja serta frekuensi buang air besar
- Infeksi bakteri atau jamur, karena kulit tertutup popok terlalu lama sehingga menjadi lembap dan hangat

Saya dan suami suka Jalan Bareng Bocah, anak-anak saya sudah diajak berpergian sedari bayi. Saat pergi-pergi tentu saja lebih aman dan nyaman kalau pakai diapers. Memakai diapers yang nyaman dan mempunyai daya tampung lebih besar adalah pilihan terbaik.

Branding Director MAKUKU, Lucky Zheng menyampaikan, “Sebagai Top Brand dalam kategori Diapers Baby Kesayangan dari Mom & Kids Choice Award, peningkatan daya tampung popok pada MAKUKU SAP Diapers Slim tidak hanya ditujukan bagi peningkatan kualitas tidur yang ideal bagi bayi, tetapi juga untuk menjaga kualitas tidur yang baik bagi Ibu. Selain daya tampungnya yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi, MAKUKU SAP Diapers Slim dan MAKUKU SAP Diapers Comfort juga meningkatkan kualitasnya dengan teknologi inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). Teknologi ini mampu menyerap lebih banyak cairan dan menguncinya sehingga menekan risiko ruam popok.”

Daya tampung yang besar membuat tidak harus gonta-ganti popok saat di perjalanan. Membuat acara jalan-jalan jadi lebih menyenangkan.

Oh iya, jangan lupa ya Moms... pada saat bepergian lepaskan dengan benar diapernya. Cara melepaskan:
1. Setelah popok terpakai, buka bagian perekat pada popok
2. Buang kotoran bayi ke dalam toilet
3. Gulung popok dengan bagian kotor di dalam
4. Ungkus popok dengan perekatyang ada di bagian samping
5. Buang popok ke dalam tempat sampah

Setelah beli MAKUKU New Born untuk persiapan kelahiran anak ke empat saya, kemudian  merabanya dan menguji coba, saya nggak heran sih banyak para ibu yang jatuh cinta dengan MAKUKU. Karena kualitasnya sebagus itu, gak diragukan lagi kualitasnya yang premium. 

Dimana Belinya dan Berapa Harganya?

MAKUKU sebagai pelopor popok dengan inti struktur SAP hadir dalam pilihan MAKUKU SAP Diapers Pro Care, MAKUKU SAP Diapers Slim, MAKUKU SAP Diapers Comfort dan MAKUKU SAP Diapers Balance Care. Popok MAKUKU hadir dalam tipe perekat (ukuran Newborn, S, M) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL).

 Seluruh varian MAKUKU SAP Diapers kini telah tersedia di e-commerce kesayangan, anda dapat berbelanja online dengan mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia.

Yang saya beli ini adalah MAKUKU SAP Diapers Slim. Beli Official Store MAKUKU di Shopee dengan harga Rp 55.710

Instagram: @makuku.indonesia.official
Tiktok: @makukuindonesia.official

0 komentar:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.