31 October 2020

Hitung Tendangan Bayi Peka Akan Kehadirannya

Halo, semua. 

Saya lagi teringat akan masa-masa kehamilan dulu. Rasanya amazing banget waktu pertama kali merasakan tendangan si utun (bayi di dalam kandungan). Bahkan ketika perut bergelombang karena gerakan bayi sampai saya video-in saking senengnya. Ada yang sama nggak nih suka merekam moment ketika bayi dalam kandungan bergerak-gerak lincah? hehe


Selama hamil, saya setiap bulan rajin periksa kehamilan. Saat mendengar detak jantungnya, hati ini menghangat. Terharu karena ada kehidupan di dalam rahim. :) 

Waktu usia kandungan memasuki usia trimester 3, rasa tak sabar ingin segera bertemu sang buah hati selalu menyelimuti setiap hari. Tak lupa saya pun mempersiapkan segala sesuatunya agar saat persalinan berjalan lancar. Dari persiapan fisik seperti streching setiap hari, prenatal yoga seminggu sekali, sesekali berenang, banyak jalan kaki, dan sebagainya. Pokoknya mempersiapkan fisik supaya kuat. Hingga persiapan psikis.

Saya dan kang Budi memperhatikan betul asupan makanan bergizi untuk ibu hamil dan melakukan pola hidup sehat seperti menghindari asap rokok, memakai produk yang aman untuk ibu hamil, dsb. 

Meski sangat penting untuk dicatat, menghitung tendangan bayi ini memang tidak mudah untuk diingat. Oleh karena itu Mama's Choice hadir untuk membantu mama hamil menghitung tendangannya dan peka akan kehadirannya.

Pada usia kehamilan trimester 3 ini atau menjelang persalinan, saya lebih ekstra memperhatikan perkembangan janin. Lebih sering berinteraksi, lebih sering menstimulasi dan lebih aware sama gerakannya. Tahu 'kan Ma, bahwa bayi di dalam kandungan pun merasakan apa yang dirasakan mamanya? 

Misalnya saja ketika mama stress, capek, merasa tidak nyaman dan sebagainya. Bayi akan menunjukkannya. Perut mama akan menegang dan keras. Kalo bahasa sundanya itu 'mreketengteng' . Perut keras sekali dan tegang. Bayi pun tidak bergerak untuk beberapa saat. Pada saat ini penting banget untuk ibu hamil istirahat yang cukup.

Baca juga: Kurangi Worry Alergi Detergent pada Bayi

Di usia trimester 3, saya juga lebih aware atau peka sama tendangan/gerakan bayi. Mama wajib waspada jika gerakan bayi lemah sekali atau ketika gerakan janin kurang dari 10 kali dalam waktu 1 jam. Gerakan kurang memang bisa mungkin janin sedang tidur, namun apabila Mama sudah bergerak, makan atau minum tapi gerakan janin tetap menurun, segera cek ke dokter. Makanya pada saat periksa kandungan rutin, bidan maupun obgyn akan bertanya "bagaimana gerakan bayinya?". 



Biasanya, Mama akan mulai merasakan gerakan janin di usia 18-20 minggu kehamilan. Namun, gerakannya mulai lebih aktif dan teratur di usia 26 minggu kehamilan. Nah, setelah usia kehamilan tersebut, ibu hamil disarankan mulai rutin #HitungGerakannya  untuk mengetahui bahwa janin masih aktif dan juga menghindari kondisi stillbirth.

Tahu istilah stillbirth kan Ma? Stillbirth atau kelahiran mati ini masih tinggi angkanya. Bagaimana cara mencegah stillbirth? Kita dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  • Istirahat yang cukup
  • Tidak lupa melakukan pengecekan rutin ke dokter kandungan
  • Menerapkan pola hidup sehat
  • Rutin menghitung tendangan atau gerakan janin dalam kandungan sejak usia kehamilan memasuki 26 minggu

Menghitung gerakannya/tendangan bayi ini penting banget ya Ma. Maka dari itu Mama's Choice sebagai provider produk-produk aman untuk mama dan buah hati, mengeluarkan Mama's Choice Kicks Counter Silicone Wristband gelang untuk membantu menghitung jumlah gerakan bayi.

Review Mama's Choice Kicks Counter Silicone Wristband

Buat kita yang rajin menghitung gerakan/tendangan janin, kehadiran gelang Mama’s Choice ini sangat membantu. Karena bisa bantu menghitung gerakan bayi setiap saat meski kita sedang repot dan tidak sempat mencatat di jurnal.

Material dan Tampilan:

Sesuai namanya, material gelang Mama's Choice ini terbuat dari silicon yang nyaman dipakai di pergelangan tangan. Silicon-nya ini lentur dan permukaanya lembut banget jadi nggak mengganggu di kulit.

Warnanya pink khas warna Mama's Choice banget. Terdapat angka 1 sampai 12, penandanya, serta logo dan tulisan Mama's Choice.



Kemasan:

Dikemas dalam kotak eksklusive berwarna putih-pink yang cantik. Di dalamnya terdapat bantalan untuk menyimpan gelang. Dengan kemasan secantik ini, cocok banget dijadikan kado untuk mama, teman, dan saudara yang sedang hamil, nih.

baca juga: Baby Liquid Cleanser by Mama's Choice

#MamaPeduli
Setiap pembelian Mama's Choice Kicks Counter Silicone Wristband ini berarti mama telah mendonasikan 1 gelang yang sama pada ibu hamil yang membutuhkan dan berada di daerah dengan jumlah bayi lahir mati terbanyak di Indonesia.

Harga: Rp 89.000 Rp 59.000

Dimana belinya?

Mama bisa membelinya di Official Shop Mama's Choice di Shopee yaa. Dengan menggunakan kode MAMAUWB, akan mendapatkan diskon 25.000 untuk minimal belanja 150.000

Cara Klaim Voucher lihat di foto, ya. :)


Bagaimana cara mudah untuk menghitung gerakan janin?

Apakah kalian berpikir akan ribet jika menyediakan waktu untuk menghitung jumlah tendangan janin? Apalagi bagi teman-teman yang working mom. Kalian bisa coba tips mudah #HitungGerakannya janin di bawah ini:

  • Hitung gerakan janin setiap hari di waktu yang sama saat janin sedang aktif
  • Pastikan janin sedang bangun. Anda bisa membangunkannya dengan mencoba berjalan, bergoyang, atau mengetuk perut secara perlahan
  • Lalu hitung gerakan janin setiap kali Mama merasakannya
  • Dalam waktu 2 jam, setidaknya janin harus bergerak sebanyak 10 kali
  • Perlu dicatat, bila dalam sekali gerak Mama merasakan janin menendang lebih dari satu kali dan berturut-turut, berarti itu tetap dihitung satu gerakan.
  • Gunakan Mama's Choice Kicks Counter Wristband untuk memudahkan Anda dalam menghitung
  • Semakin lama, Mama akan menemukan pola gerakan janin, dan janin yang sehat biasanya hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk mencapai 10 gerakan


Demikian yang bisa saya share ya, Manteman. Semoga bermanfaat. Untuk update informasi seputar kehamilan dan menyusui yuk follow instagram Mama's Choice @mamaschoiceid dan kunjungi websitenya www.mamaschoice.co.id

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.