26 March 2020

Pengalaman Membuat Toko Online di AVANA



Suatu hari, dengan modal dan pengetahuan online marketing seadanya, saya posting dagangan saya di beranda facebook. Tak menyangka, banyak respon yang masuk hingga dagangan saya yang berupa hasil kerajinan tangan (atau biasa disebut craft) buatan saya sendiri banyak yang memesan. Saya setiap hari meluangkan waktu untuk berdagang. Mulai dari upload foto, mencatat pesanan, membuat, hingga mengemas dan mengirimkannya. Semakin lama, dari jualan hasil handycraft saya menambah dagangan berupa alat-alat craft.

Dari facebook pribadi, saya beralih ke marketplace karena berbagai alasan. Saya pun mulai gencar membuat promosi dengan menyebarkan tautan toko online saya di facebook maupun messenger. Alhamdulillah banyak yang menanggapi dan bertanya. Namun, saya berulangkali harus gigit jari karena calon customer tidak punya aplikasi e-commerce atau marketplace yang saya maksud dan berakhir dengan nggak jadi beli. 

"Mbak, mau pesan dakron dan kain flanel dong. Saya lihat harganya lebih murah dari lapal lainnya. Berapa ongkos kirimnya kalau ke Banyumas?" seorang calon pembeli bertanya.
"Halo, mbak. Ongkos kirim tergantung berapa banyak yang mau dibeli. Silahkan langsung buka aplikasi ****** untuk tahu secara rinci barang dan ongkos kirimnya." jawab saya.
"Yaah, Mbak. Saya nggak instal aplikasi itu." ujar calon pembeli lagi.

Meskipun pada zaman sekarang ini marketplace jadi idola para konsumen, namun ternyata masih banyak juga lho yang memang tidak mengunduh aplikasi-aplikasi marketplace dengan berbagai alasan. Dan mereka lebih nyaman berbelanja online menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, dan lainnya. Seperti beberapa teman sesama crafter yang lebih nyaman membeli lewat media sosial seseorang yang sudah dipercaya maupun berbelanja lewat webstore brand-nya langsung.



Setelah beberapa lama saya menggunakan aplikasi marketplace untuk jualan, ternyata toko saya di sana sepi-sepi aja. Ada transaksi sih, namun hasilnya belum sesuai apa yang saya harapkan meskipun sudah berbulan-bulan buka toko. Jadi, saya baru tahu kalau ingin toko kita berada di posisi teratas dalam pencarian dan terlihat oleh konsumen itu harus melakukan promosi dengan biaya tertentu. Tentu saja pos untuk beriklan ini belum termasuk dalam cost usaha saya karena modal yang pas-pasan.

Selain itu, di marketplace itu persaingan (menurutku) tidak sehat karena banting-bantingan harga. Ada yang sadis banget ngasih harga rendah. Yang pasang harga lebih mahal tentu saja akan kalah saing meskipun itu hanya beda seratus dua ratus rupiah. Serba salah memang, karena jika kita banting harga, maka keuntungan semakin sedikit. Bahkan bisa dibilang tidak untung sama sekali untuk biaya operasional.

Yang lebih menyebalkan lagi, toko sebelah dengan seenaknya mengambil foto karya saya (ini udah kejadian, ih sebel banget!). Padahal saya membuat foto itu dengan usaha yang nggak gampang.

Maka dari itu, saya mencari cara lain untuk berdagang selain lewat marketplace. Sesuai dengan target market saya yang sebagian besar adalah crafter, serta menurut pengamatan dan pengalaman saya menjual alat craft ini, saya akhirnya menemukan cara jualan yang lebih mudah tanpa meminta kepada calon pembeli untuk mengunduh atau memasang aplikasi marketplace di handphone-nya.

Berkenalanlah saya dengan AVANA. Salah satu brand Social Commerce Indonesia yang terpercaya dan banyak digunakan oleh pedagang online. Baru tahu ya dengan istilah social commerce ini?

Apa itu AVANA?

pic source: web Avana

Avana merupakan social commerce platform yang mempermudah para pengusaha, khususnya pelaku UKM, dan UMKM seperti saya untuk berjualan online. Dengan memodernisasikan media sosial seperti Facebook, Messenger, dan Instagram, para pembeli bisa melakukan transaksi pembelian sampai pembayaran di media sosial. Ini cocok banget dengan target market saya yang lebih suka berbelanja lewat facebook.

Para pelanggan saya dan calon pembeli Camaroong Craft kini tidak perlu meninggalkan laman media sosial ketika melakukan proses pemesanan dan pembayaran. Mereka bisa melakukan semua proses ini langsung di media sosial Camaroong Craft ini. Asyik! 

Saya sudah mencoba menggunakan AVANA ini. Kesan pertama saat membuat toko online di Avana adalah: gilaaak...!, semudah itu membuat webstore untuk brand dan toko saya sendiri, semudah itu upload barang dan semudah itu memperbaharui keterangan hingga stok barang. Semua bisa diatur pada satu dasbor Avana doang dan secara otomatis foto ter-upload juga di facebook page Camaroong Craft dan websitenya. Uwuwuwu ... Suka banget saya dengan Avana ini. Saya yang masih agak gaptek dalam mengelola website toko online pun cepet beradaptasi karena Avana menurutku tata letak pengaturannya sederhana dan mudah dimengerti. Saya bisa membuat webstore dengan tampilan keren tanpa pusing ngotak-atik HTML. Sesuka itu saya sama Avana. Langsung sayang. hihihi



Lebih Lanjut Tentang AVANA


Ketika saya membuat akun di Avana dan mulai menggunakannya untuk membuat toko, berarti saya telah punya tiga toko online sekaligus, lho. Ada tiga toko online utama AVANA yang bisa saya dapatkan, yaitu Webstore, Facebook store, dan Messenger store.  

  • Webstore


Webstore adalah toko online website. Berbeda dengan website pada umumnya, website dari AVANA memiliki kelebihan dapat menampilkan harga, promosi, kategori produk, sampai melakukan checkout di tempat. Tampilannya berbeda dengan website biasa. Ada dua jenis tema website yang bisa dipilih yaitu, tampilan biasa dan landing page. Saya menggunakam tampilan biasa untuk webstore Camaroong Craft di Avana. Tampilannya adalah seperti ini:

menurut saya, ini simple tapi keren dan cukup mudah digunakan


Atau klik aja link ini untuk melihat langsung webstore Camaroong craft. Siapa tahu berjodoh dan Anda melakukan transaksi. Ahseeegh!

Facebook Store


Facebook store adalah toko online facebook page. Konsepnya sama seperti facebook store. Facebook store ini sudah sepenuhnya terintegrasi ke webstore. Ketika saya mengupload produk di dasboar avana, maka secara otomatis produk ditambahkan di facebook store. Konsep pembayarannya juga bisa langsung disini. Facebook store page ini tidak punya tema seperti webstote. Berikut adalah tampilan facebook store Camaroong Craft yang dibuat menggunakan AVANA.



Messenger Store

Messenger store dari AVANA memberdayakan konsep chatting untuk berjualan. Jika pada biasanya aplikasi messenger ini hanya digunakan untuk broadcast pesan atau melakukan percakapan online, kini messenger ini bisa dijadikan katalog bisnis online, lho. Konsepnya sama seperti Facebook store, yaitu bisa melakukan checkout. Untuk Camaroong Craft, saya belum mencoba menggunakan messenger store, jadi belum bisa screenshot gimana tampilannya. Sebagai gantinya, berikut adalah contoh tampilan messenger store dari AVANA.



Cara Membuat Toko Online di AVANA

Caranya mudah dan sederhana.
1. Buka link berikut: https://avana.id/
2. Lalu coba membuat toko secara gratis. Anda bisa masuk menggunakan akun facebook maupun gmail. Beri izin AVANA untuk mengakses dan mengatur facebook fanpage kita.


3. Setelah berhasil masuk, beginilah tampilan dasbor Avana


4. Edit pengaturan toko dengan mengupload produk, mengatur metode pembayaran, dan mengatur informasi jasa pengiriman.


5. Produk sudah terupload secara otomatis di facebook store dan webstore
6. Untuk melihat bagaimana tampilan webstore dan favebook store milik kita, tinggal klik saja di bagian paling atas.

Semudah itu membuat toko online menggunakan AVANA Indonesia. Yang masih belum paham dan masih bingung banget, bisa lho bertanya dengan menghubungi kontak Avana Indonesia, whatsapp di +62 882-1104-7841

Sistem Pembayaran

Setelah mengetahui cara membuat toko online di Avana, mungkin teman-teman penasaran dengan cara pembayarannya? Apakah kita musti punya banyak nomor rekening?

Saya tahu, sebagai penjual, saya pun terkadang dihadapkan pada perbedaan rekening dengan pembeli. Pembeli maunya tuh kan transfer ke bank yang sama agar tidak terkena potongan admin. Jangan khawatir, di Avana Sistem Pembayaran Terintegrasi. Avana menerima pembayaran dari pelanggan lokal dan internasional melalui kartu kredit, online banking, dan lainnya. Kita sebagai penjual yang membuat toko online di Avana tak perlu ribet memikirkan bagaimana pelanggan transfer uang. Sistem pembayaran AVANA didukung oleh kurang lebih 10 akun bank di Indonesia. Selain itu, Anda bisa menggunakan AVAPay. Selain itu, sistem pembayaran dari AVANA mempermudah pengelolaan proses transaksi pelanggan ke saya lho

Fitur-Fitur di Avana

Apakah cuma itu saja keunggulan Avana? Enggak dong. Ada banyak fitur yang membuat penjual gaptek kayak saya sersa mempunyai asisten pribadi yang mengurusi webstore dan media sosial. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jualan di Media Sosial

Hubungkan media sosial dengan toko Anda dan jadikan pengikut Anda sebagai pelanggan.

  • Management Stok dan Produk

Dengan Avana kita bisa mengelola stok produk dengan mudah dan otomatis.

  • Management Order

Pada saat menerima order, kita akan menerima pemberitahuan lewat email. Tidak pelu lagi input manual melalui excel. Faktur, pembaruan nomor, dan penerimaan dikirim otomatis ke pelanggan kita.

  • Dasbor admin

Mudah digunakan karena semua berada dalam satu sistem.

  • Facebook Ads

Jika mau beriklan di Facebook tinggal jalankan iklan Facebook dengan mudah dalam satu platform.

  • Pelayanan Avana sedia setiap saat

Jika ada keluhan, Tim Avana siap membantu melalui obrolan langsung, Facebook, email, dan Whatsapp untuk memastikan toko kita berfungsi.

  • Promosi

Kita juga bisa menawarkan harga diskon atau kode kupon untuk meningkatkan penjualan untuk menarik pelanggan baru dan lama.

  • Sistem Pembayaran

Ketika kita membuat too online di Avana, kita bisa menerima pembayaran dari pelanggan lokal maupun internasional melalui kartu kredit, online banking, dan lainnya.

  • Unlimited Transaksi

Tidak ada batasan jumlah produk, bandwidth, pelanggan atau pesanan.

Pilih Paket Premium di Avana


Pilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis online. Saya bisa memilih sesuai budget saya mulai dari paket per bulan, 3 bulan, 6 bulan, sampai paket 1 tahun.

Untuk bisa mendapatkan Fitur Canggih di Avana, saya cukup membayar mulai dari  RP 250 K/Bulan. Atau jika dihitung per harian, saya hanya menginvest sebesar RP 8,400 per hari.

Dengan biaya segitu, saya sudah mendapatkan:
- Toko Facebook
- Webstore
- Auto Reply Comment Facebook
- Auto Chat Facebook Messenger
- Messenger Blast
- Messenger Store
- Unlimited Upload Produk
- Integrasi Payment Gateway
- Manajemen Order
- Manajemen Produk
- Manajemen Database Pelanggan
- Manajemen Kode Promosi
- Manager Toko


Nah, teman-teman, buat Anda yang ingin mempunyai toko online sendiri tanpa harus mendompleng dengan aplikasi marketplace, bisa nih dicoba karena mudah dan simple membuatnya. Serta sudah otomatis karena fitur-fitur yang tersedia di Avana lengkap banget.


Tulisan ini diikutsertakan pada blog competition Avana




Yuuk ikutan AVANA Blog Competition
Ada hadiah menarik ini:
- Juara 1: Rp3.000.000 + AVANA Advance Plan 3 Months seharga Rp 750.000
- Juara 2: Rp2.000.000 + AVANA Business Plan 1 Months seharga Rp 500.000
- Juara 3: Rp1.000.000 + AVANA Advance Plan 1 Months seharga Rp 250.000

Info dan keterangan lebih lanjut tentang lomba ini, langsung aja klik banner di atas yaa.ya :))



facebook: Avana Indonesia
instagram: @avana.id
This entry was posted in

20 comments:

  1. Wah iya betul, di marketplace memang kebanyakan konsumen cari harga termurah dan itu bikin seller yg ambil untung sedikit harus makin gigit jari. Tertarik deh sama avana, nanti aku coba kulik ah. Makasih mbak :)

    ReplyDelete
  2. Menarik banget Avana ini, Mbak. Sudah terintegrasi beberapa platform begitu, jadinya lebih praktis ya buat upload-upload-nya. Sepenglihatanku, desainnya juga "clean", jadi perhatian calon pembeli enggak keburu ke-distract sama gambar lainnya.

    ReplyDelete
  3. Sekarang apa apa pada dirumahkan, buka usaha online di Savana bisa jadi usaha kekinian ya Teh. Jadi ibu rumah tangga yg produktif dengan bisnis yang dijalankan pasti makin moncer. Eh ada lombanya juga ya

    ReplyDelete
  4. oh berarti tanpa mengunduh apps nya ini ya teh, jadi hemat space juga udah dimudahkan juga dengan kehadiran sosmed, aku jg mau coba berjualan disini

    ReplyDelete
  5. Kalau dengar dari cerita teman-teman yang punya online shop, menghadapi calon pembeli itu harus banyak sabar-sabar ya Mbak. Banyak yang masih nanya padahal keterangannya jelas-jelas ada di foto dan caption (Indonesia darurat membaca banget hhhhh). Makanya adanya AVANA ini semoga bisa memudahkan para buyer dan seller ya.

    ReplyDelete
  6. menarik nih hadiahnya jadi bikin semangat nulis eong kalo gitu hehe anyway goodluck ya kak

    ReplyDelete
  7. Super praktis pisan jualan online di Avana ya teh. Satu platform bisa dagang di 3 socmed . Bikinnya pun gampil pisan. Infoin ke adik aku ah yang punya usaha online. Hehe.

    ReplyDelete
  8. Menarik banget ya AVANA ini. Ngenalin kita sama Social Commerse. Yang ternyata banyak untungnya daripada toko online biasa dan juga marketplace. Gak ribet buat penjual atau pun pembeli. Kudu pada tahu nih para olshoper.

    ReplyDelete
  9. Aku juga kapan hari coba2 bikin toko online pakai AVANA, ternyata gampang ya? Dulu aku jualan online juga soalnya. Kyknya nanti kalau pandemi kelar dan masih selamet mau coba bikin usaha jualan online lagi deh :D (amiin)

    ReplyDelete
  10. Semakin banyak e-commerce baru di Indonesia ya, aku baru tahu soal e-commerce Avana ini, belum menjajalnya jadi pengen nyobain ah

    ReplyDelete
  11. Whaaa penasaran nih. Aku juga berjualan tapi lewat IG dan marketplace. Mau ah coba pake Avana

    ReplyDelete
  12. Jadi ini bikin sendiri dulu ya mbak? menarik banget ini mbak, kita yang ingin bisnis online bisa sekalian belajar juga ya.. ngga cuma nebeng di market places besar tapi bisa dari nol ini jika melalui avana ya

    ReplyDelete
  13. Senang ya kalau ada marketplace yang bisa mendorong dagangan kita maju. Avana memiliki banyak kelebihan nih, boleh juga dicoba

    ReplyDelete
  14. Aku kok jadi penasaran ya sama ini, sering lihat iklannya di IG sama FB. Kok kayaknya gampang, gak ribet gitu.

    ReplyDelete
  15. Pengen nyobain tapi usahanya juga belom ada, hihihi. Nanti kalau udah ada ide mau jualan apa, kayanya bakal nyobain pakai AVANA ini deh

    ReplyDelete
  16. APlikasi Avana ini sepertinya menarik, jadi penasaran pengen ubek-ubek dulu ah.

    Sudah lama pengen punya toko online (dan sudah bikin akun tapi stag),juga daftar jadi dropshipper juga masih diam di tempat. Siapa tau dengan Avana, bisa menjadi tool utk mewujudkan impian jualan online

    ReplyDelete
  17. Asik banget ya sekarang klo mau buka online shop. Kebantu banget dengan adanya avana. Apalagi untunurusan ngiklan. Klo sendiri kan agak keteteran.

    ReplyDelete
  18. Daku juga sempat mau untuk bisnis online sih, hanya aja kejujurannya memang kalau customer nggak punya dan malah bikin susah dia buat belanja ribet juga. Avana ini boleh juga nih diperhitungkan

    ReplyDelete
  19. Aihh keren avana. Bener benar saat ini , segala hal dipermudah dalam tehnologi penjualan. Siapapun bisa mengoperasikan.

    ReplyDelete
  20. Segampang itu ya teh avana ini. Kalo marketplace skrg susah karena banyak pesaing. Udah gitu bener bgt, pesaing2 banting harga gila2an. Ga kuat aku tuh hihii

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.