12 March 2020

Lebih Bagus CERELAC Risenutri atau Promina Homemade?

Halo ibu-ibu semua. Mau bahas tentang MPASI-nya si boss baby (Arfan) lagi, nih. Sering ada yang bertanya, Kok sepertinya baby Arfan nggak pernah lihat GTM? Baby Arfan makan MPASInya kok bisa lahap banget, sih? Kok apa aja mau. Daripada penasaran, baiklah akan saya jawab di tulisan ini, ya.




Pertama, kok sepertinya nggak pernah GTM. Eits, jangan salah, Baby Arfan juga pernah GTM (gerakan tutup mulut) loh,. Kalau nggak salah dulu aku pernah sharing hal ini di status. Menurut saya, wajar aja bayi atau anak kecil GTM (kita aja orang dewasa kadang juga nggak nafsu makan) bukan? Nggak papa, asal jangan dibiarkan terlalu lama.

Kalau saya, ketika anak nggak mau makan, saya segera mencari tahu kenapa si kecil seperti itu. Soalnya 'kan ada banyak penyebab. Bisa jadi karena bosan dengan menu atau rasa makanannya. Bisa jadi karena sedang nggak nafsu makan, atau bisa jadi karena si anak lagi nggak enak perut atau ada masalah pada sistem pencernaannya. Setelah tahu si kecil kenapa, saya cari solusinya sesuai penyebabnya. Saya coba dengan mengganti menu MPASInya. Atau kalau dia lagi nggak enak perut, saya berikan Probiotics.

Baca juga: Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan Anak Dengan Ini

Kedua, kok bisa Arfan makannya lahap banget? Kalau teman-teman pengikut instagram @uwienbudi dan sering melihat IG Storynya pasti pernah lihat Arfan maemnya lahap. Itu terjadi mungkin karena ( ini asumsi saya pribadi #cmiiw) kami -keluarganya- mencontohkan makan dengan lahap. Jadi, Arfan meniru karena melihat setiap hari. Seperti saat sebelum makan, dia auto menadahkan kedua tangan karena kami punya kebiasaan berdoa sebelum makan, Arfan lihat, Arfan melakukan. Begitu juga kebiasaan yang lain seperti makan dan sebagainya.

Ketiga, Arfan kenapa bisa apa aja mau? Karena saya memberi dia MPASI homemade yang bervariasi. Setiap hari saya ganti menunya. Tujuannya, supaya dia mencoba berbagai macam rasa selama masa-masa awal pengenalan makanan. Selain itu supaya dia nggak bosan. Bayangin aja, kalo kita makan dengan sayur sop atau sayur bening aja tiap hari, atau sama ikan dan daging ayam setiap hari. Bukankah jadi bosan dan malah menurunkan nafsu makan? Sama halnya dengan bayi, Buibu.




Nah, supaya lebih gampang memberikan MPASI Homemade yang bervariasi setiap hari, saya mencampurnya dengan bubur polos CERELAC Risenutri yang mudah dibuat dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi pada saat masa pertumbuhan.

CERELAC Risenutri ini bubur polos dengan kandungan 10 vitamin dan 6 mineral, rendah gula, tinggi Zat Besi, sumber Protein, Omega 3, dan Omega 6. Rasanya plain, sehingga bisa saya jadikan bubur polos untuk MPASI homemade Arfan dan tinggal dikombinasikan dengan topping resep gurih ataupun manis.

Seperti hari ini, saya mengkreasikan bubur polos CERELAC Risenutri dengan Sup Ayam Bayam yang saya buat sendiri. Resepnya mudah banget loh. :)




Bahan:
- satu genggam daun bayam
- satu potong dada ayam
- 1 siung bawang putih

Cara membuat:
- Didihkan air, masukkan dada ayam yang sudah dicincang, masukkan bawang putih geprek. Setelah 5 menit masukkan daun bayam. Masukkan kaldu ayam (sedikit garam jika perlu). Masak lagi selama  5 menitan. Lalu angkat.

Ambil mangkuk kecil. Masukkan 5 sdm bubur polos CERELAC Risenutri lalu beri kaldu/sup Ayam Bayam yang masih hangat (40 derajat Celcius). Aduk rata bubur sampai menjadi lembut. Beri sayur bayam dan dada ayam yang sudah dihaluskan. Tinggal disuapin deh ke bayi.

Harga produk bubur polos CERELAC Risenutri (Harga Eceran Tertinggi) = Rp8.700,- bisa untuk 2 kali makan. Menurut saya rasanya enak. Tips sebelum memberikan makanan ke bayi, jangan lupa cobain dulu, kalau enak berikan ke bayi, kalau nggak enak jangan kesal kalo bayi nggak mau. Ini tips pernah saya dengar dari dokter sekaligus konselor Laktasi, lho.

Baca juga: Mengenal Stunting dan Bagaimana Mengatasi Gerakan Tutup Mulut (GTM) pada Anak

Selain bubur polos CERELAC Risenutri saya juga pernah mencoba MPASI dari merk lain yaitu Promina ala Homemade yang sudah ada rasanya (ayam brokoli labu kuning).


Bubur Polos CERELAC Risenutri vs Promina Homemade, bagus yang mana ya?


Sebelum saya tarik kesimpulan bagusan yang mana, yuk kita coba bandingkan terlebih dahulu. Setelah itu, teman-teman bisa memutuskan mau pakai MPASI yang mana.




Sama-sama MPASI yang mengusung tema homemade.

Sedangkan perbedaannya:
Dilihat dari packagingnya, kemasan Promina Homemade lebih besar. Di dalamnya terdiri dari 4 sct beras dan 4 sachet daging + 4 sct sayuran kering, sedangkan kemasan bubur polos CERELAC Risenutri lebih kecil. Di dalamnya ada 1 pouch bubur sereal. Namun, total berat bersih keduanya sama, yakni 100gr.
Bedanya, Promina harus dimasak terlebih dahulu sedangkan bubur polos CERELAC Risenutri cukup diseduh menggunakan air matang hangat. Promina sudah ada rasanya, sedangkan bubur polos CERELAC Risenutri rasanya netral/plain.

Promina Homemade adalah beras dan sayuran yang dikeringkan. Rasanya gitu-gitu aja setiap kali bikin. Sedangkan bubur polos CERELAC Risenutri adalah bubur polos mudah dikombinasikan dengan MPASI buatan bunda sendiri sehingga setiap hari bisa ganti menu dan rasa.
Bubur polos CERELAC Risenutri lebih banyak kandungan Omega 3 & 6 dibanding Promina ala Homemade. Pada bubur polos CERELAC Risenutri kandungan Omega 3 nya 140 mg/saji sedangkan Omega 6 nya 1500 mg/saji. Sedangkan pada Promina Omega 3 53 mg/saji Omega 6 273 mg/saji. Promina bisa diberikan pada anak 8 bulan ke atas sedangkan bubur polos CERELAC Risenutri mulai usia 6 bulan atau pertama kali makan MPASI.

Jadi, menurut pengalaman saya yang sudah mencoba keduanya untuk MPASI baby Arfan, saya memilih bubur polos CERELAC Risenutri karena kandungan gizinya lebih banyak. Saya juga bisa memberikan campuran topping MPASI rumahan yang lebih bervariasi dengan tetap memberikan sumber makanan yang sesuai dengan kebutuhan bayi dan rasanya enak.

Demikian, teman-teman yang bisa saya share kali ini. Semoga menjawab rasa penasaran teman-teman. Kalau ada yang mau bertanya, jangan sungkan untuk tinggalkan komentar atau DM saya, ya.



15 comments:

  1. Butuh kesabaran ekstra ya Mom kalau si kecil lagi GTM. Dan sampai sekarang aku tuh bingung GTM tuh gara-gara apa sih Mom penyebabnya?
    Emang bosen aja yah si kecil?

    ReplyDelete
  2. Nanti mau beliin ponakan saya deh, karna belum punya baby sendiri. Biar mamanya nggak capek masak bubur hihihi

    ReplyDelete
  3. waaa aku baru tau nih kalo ternyata mpasi juga ada yabg homemade, pastinya lebih terjamin ya teh, mau info ah ke temenku yg lagi mpasi juga

    ReplyDelete
  4. Sekarang jenis bubur untuk anak makin beragam ya mba, ibuku jealous lihat produk jaman now yg memudahkan orang tua seperti cerelac dan promina ini. Tinggal pilih sesuai kebutuhan anak aja 😊

    ReplyDelete
  5. Bubur polos gitu rasanya plain apa ada gurih-gurihnya mbak?

    Asik ya sekarang, ada bubur polos siap saji tinggal menambahkan sayuran atau lauk buat penambah rasa. Mblenger makan sayur bayam, besoknya dikasih kuah sop. Pingin manis, tinggal tambahin kuah kacang ijo

    Dibanding Promina, aku lebih tertarik Cerelac. Promina apakah bisa ditambahin sayur sendiri mbak, kan di dalamnya sudah mengandung sayuran kering?

    ReplyDelete
  6. Terima kasih bun sharingnya soal MPASI. Memang yang terpenting biar si kecil gak GTM ya variasi MPASI yang disediakan dan juga contoh dari orang dewasa di rumah ya bun terutama orangtua. Anak sebagai peniru yang ulung pasti niru dong kebiasaan orangtuanya, termasuk kebiasaan makan ini

    ReplyDelete
  7. Kadang kalau lewat di minimarket, pengin gitu nyobain cerelac, karena banyak varian rasa dan formulanya disesuaikan dengan umur, kalau gak salah, cerelac juga ada cookiesnya ya?

    ReplyDelete
  8. Dede Arfannya lebih suka bubur polos Resinutri ya Mbak, karena enak tuh dikasi topping sayur dan macem2 hehe...sehat selalu yaa Arfan

    ReplyDelete
  9. aku sempat hadir nih saat Sarwendah juga bebikinan MPASI untuk anaknya dengan cerelac Risenutri untuk penuhi kebutuhan asupan optimal anak-anak ya

    ReplyDelete
  10. Lebih praktis karena ada bubur instan yang bisa dipadukan dengan Mpasi dan tinggal pilih saja sesuai selera juga kebutuhan nya. Padahal dulu
    Aku pernah liat saudaraku bikin manual kayanya ribet aja gitu.

    ReplyDelete
  11. Iya, klo buburnya polosan gitu jadi mudah ya bagi mama untuk mengombinasikannya dengan berbagai lauk kesukaan si dedek. Sehat sehat terus ya Arfan :*

    ReplyDelete
  12. Aku dulu kasih promina homemade buat anakku. Sukak banget.mungkin kembali lagi ke anaknya juga yah mom. Lebih suka yang mana

    ReplyDelete
  13. Lahap banget si dedek, pasti enak ya dek rasanya. Hmm, kalo aku liat kepraktisannya dan pas aku lagi repot-repotnya kayanya bakalan pilih Cerelac dulu deh, baru nanti yang Promina

    ReplyDelete
  14. Kayaknya sih lebih Promina, kak. Alasannya lebih familiar aja sejak kecil udah ada haha 🤣

    ReplyDelete
  15. Senangnya ya kalo si kecil makannya lahap. Sehat-sehat tuk dede Arfan ya.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.